dewaweb-blog-waspada-menentukan-domain-dan-pemiliknya

Jika Anda ingin mulai membangun bisnis Anda di era digital, Anda perlu membaca artikel dari Dewaweb kali ini. Setelah Anda siap membangun semua perencanaan bisnis, Anda mungkin sudah sampai pada tahap menyiapkan website Anda sendiri. Ketika Anda ingin mempersiapkan website, Anda pastinya harus menentukan domain apa yang tepat bagi website Anda dan siapa yang beperan untuk membeli atau mengurusnya bagi perusahaan Anda.

Perhatikan, Anda tak perlu tergesa-gesa. Mengapa? Karena nama domain ternyata sangat berperan dalam mensukseskan bisnis Anda, terutama soal bagaimana representasi bisnis Anda di internet. Tak hanya itu, di masa yang akan datang akan ada kemungkinan-kemungkinan buruk tertentu jika Anda tidak berhati-hati dalam menentukan siapa pengurus domain Anda.

Dewaweb cashback 30%

Bagaimana menentukan nama domain bisnis yang bagus dan siapa orang yang tepat untuk mengurusnya, itu semua akan kami bahas satu per satu. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya!

Bagaimana Menentukan Domain Bisnis yang Tepat?

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah cara menentukan nama domain yang tepat bagi bisnis Anda. Nah, untuk menentukan nama domain itu, Anda bisa baca panduan lengkap dari kami yang  berikut ini:

12 Tips Memilih Nama Domain yang Tepat

Sebagian besar orang memang lebih memilih membeli domain lama dengan nama domain yang diperbaharui buat website mereka. Mengapa sih orang-orang mau melakukan ini? Ini karena sebenarnya ada satu fakta menarik dibalik expired domain/domain lama. Domain lama sudah punya domain authority dan backlink yang cukup.

Oleh karena domain authority itu juga, website bisa semakin mudah menempati peringkat bagus di mesin telusur semacam Google. Selain itu, ada juga beberapa domain lama yang memang dibeli oleh orang-orang untuk tujuan branding. Jadi apakah tidak apa-apa kalau membeli domain lama? Ya OK saja.

Namun, sebelum membeli domain yang kedaluwarsa, Anda harus mempertimbangkan terlebih dahulu beberapa hal. Kami jelaskan dalam artikel berikut ini:

Cara Mencari Expired Domain Berkualitas

Hal-hal yang Perlu diwaspadai!

Berikut adalah hal-hal ideal yang harus dipertimbangkan dalam mengurus domain:

  • Tunjuklah orang yang punya sikap bertanggungjawab dan memang paham urusan bisnis domain ini. Di masa yang akan datang, mungkin saja ada skenario terburuk dimana orang tersebut sudah tak bekerjasama lagi dengan Anda, jadi mohon pikirkan baik-baik siapa yang dipercaya untuk mengurus domain Anda sedari awal.
  • Siapkan informasi yang akurat dalam mendaftarkan nama domain.
  • Jangan pakai alamat email orang tertentu, usahakan buat satu alamat email khusus untuk mengurus domain bagi bisnis Anda.
  • Set email Anda agar dapat secara otomatis diteruskan ke beberapa kontak email sekaligus (orang-orang yang berkaitan dengan urusan manajemen domain Anda).
  • Usahakan untuk tidak memakai email domain perusahaan karena alamat email itu bisa kedaluwarsa dan pengaturan DNS-nya bisa diubah. Jika sudah demikian, maka Anda tidak dapat menerima pemberitahuan perpanjangan domain Anda. Kode otorisasi maupun info penting lainnya juga tidak bisa diketahui. Jadi, pakailah email gratis terpercaya semacam Gmail.
  • Kalau sampai tetap terjadi masalah pada waktu yang akan datang, cobalah hubungi tim registrar domain. Mereka bisa kasih tahu langkah-langkah apa yang tepat untuk atasi masalah Anda. Seringkali, orang salah dengan beranggapan bahwa penyedia jasa hostinglah yang turut bertanggungjawab dan bisa membantu masalah ini. Untuk kasus kepemilikan tertentu, tim registrar itu bisa bantu Anda alih pemilik dan memberi tahu apa saja langkah yang perlu dilakukan untuk dapatkan otorisasinya.