mengatasi error 503 valid rcpt pada email outlook featured image

Apakah kamu menggunakan Outlook dari Microsoft sebagai aplikasi pihak ketiga untuk mengurus email? Jika ya, apakah kamu sering mengalami error Valid RCPT? Pada artikel ini kamu akan mempelajari cara mengatasi Error 503 Valid RCPT pada email Outlook.

Microsoft Outlook

Outlook atau Microsoft Outlook adalah aplikasi atau software yang mendukung kebutuhan email. Kamu bisa melakukan kostumisasi nama email, menggunakan email domain, email Outlook, ataupun email lainnya. Selain digunakan untuk kebutuhan email, Outlook juga bisa digunakan sebagai kalender, jadwal kerja, catatan, dan jurnal.

Tujuan Microsoft membuat Outlook adalah untuk memudahkan pengguna memenuhi kebutuhan email. Namun sayangnya, Outlook sangat rentan terkena virus yang biasanya dikirimkan melalui lampiran (attachment) email.

Oleh karena itu, jika masih aktif menggunakan email Outlook, kamu wajib menginstal antivirus yang up-to-date dan melakukan scanning pada komputer atau laptop yang kamu gunakan dan memastikannya bersih dari segala jenis malware atau virus. Namun, jika terlanjur mengalami error 503 Valid RCPT, kamu dapat mempelajari cara mengatasi error 503 Valid RCPT pada email Outlook di bawah ini.

Cara Mengatasi Error 503 Valid RCPT pada Email Outlook

1. Buka Outlook

Pertama, buka aplikasi Microsoft Outlook kamu. Setelah itu, kunjungi menu File -> Info -> Account Settings.

Mengatasi Error 503 Valid RCPT pada Email Outlook account info

2. Accounts & Repair

Cara Mengatasi Error 503 Valid RCPT pada Email Outlook account repair

Lalu, pilih menu Accounts dan klik Repair.

More Settings

Pilih More Settings.

Outgoing Mail

Pilih Outgoing Mail.

Cara Mengatasi Error 503 Valid RCPT pada Email Outlook pop account settings

Selanjutnya, beri tanda centang pada pilihan “My outgoing (SMTP) requires authentication” dan pastikan option “Use same settings as incoming mail server” juga sudah dipilih atau dicentang.

Kemudian coba kembali pengiriman email kamu melalui Outlook.

Simpulan

Kendala Error 503 Valid RCPT ini didapatkan saat melakukan pengiriman email ke luar atau outgoing, kemudian mendapatkan bounce back seperti di bawah ini.

Your message did not reach some or all of the intended recipients

Subject: 

Sent: 

The Following recipient(s) cannot be reached:

[email protected]’ on ‘date’ 

503 Valid RCPT command must precede DATA

Namun, jika kamu mengikuti langkah mengatasi Error 502 Valid RCPT ini, kendala di atas seharusnya sudah dapat diatasi. Kendala tersebut bukan terjadi pada provider email, hosting atau akun cPanel kamu. Melainkan dari aplikasi pihak ketiga yang kamu gunakan, yaitu Microsoft Outlook.

Demikian artikel ini, jangan sungkan untuk meninggalkan ide-ide topik yang ingin kamu baca di blog Dewaweb. Semoga artikel ini membantu!

Daftar dan tonton webinar Dewatalks