Mengenal Apa itu Evernote dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Berkembangnya dunia digital memudahkan siapa saja dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Termasuk pula dalam mencatat semua aktivitas yang ada. Jika dahulu sebagian dari kita menggunakan catatan manual, kini bisa menggunakan aplikasi seperti Evernote. Aplikasi ini mampu menyimpan catatan dalam berbagai format, seperti Office dan PDF. Selain itu juga bisa menyimpan foto dan dapat digunakan selama terdapat koneksi internet. Apa saja keunggulan dan cara menggunakannya? Berikut ulasannya yang bisa kamu simak.

Manfaat Evernote

Sebagai aplikasi catatan digital tentu memiliki banyak manfaat dan kegunaan. Khususnya bagi kamu yang sibuk dan memiliki banyak agenda yang padat. Keberadaannya tentu sangat membantu, dan melansir dari The Verge, berikut beberapa manfaatnya yang bisa kamu nikmati.

  • Sebagai notebook

Mencatat berbagai hal penting adalah fungsi utama Evernote. Di sini kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini sebagai sebuah notebook. Notebook yang dirancang ini memang beda dari lainnya, terutama pada fitur ini dapat kamu atur privacy-nya. Sehingga tidak bisa diketahui oleh siapapun kecuali kamu sendiri.

  • Untuk membuat checklist

Di aplikasi ini kamu juga dapat membuat checklist dengan mudah. Kamu hanya membuat rincian daftar apa saja yang akan dikerjakan dan apa saja yang ingin dibuat. Adanya fitur otomatis membuatmu semakin mudah melakukan pengecekan ulang nantinya ketika diperlukan.

  • Membuat voice note

Evernote pun tidak sekadar dapat membuat informasi yang berbasis teks. Lebih dari itu, ia bisa menyimpan semua informasi dalam bentuk suara dalam fitur voice note. Kalau kamu tipe orang yang kurang begitu suka dengan mengetik, fitur satu ini juga sangat membantu dalam efektivitas penggunaannya.

  • Bisa untuk berbagi

Keunggulan lainnya adalah, informasi yang sudah dibuat dapat disimpan dan dibagikan dengan pengguna yang lain. Semisalnya kepada teman dan kerabat sesama pengguna. Hal ini membuat kamu lebih efisien dan penyampaian informasi dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

  • Setting reminder dan mengembalikan data yang hilang

Selain itu, Evernote bisa dijadikan sebagai reminder segala aktivitasmu. Semua informasi yang telah dibuat juga akan disinkronkan dengan kalender, laptop maupun smartphone. Kelebihan lainnya adalah memiliki kemampuan untuk mengembalikan data-data yang hilang. Kamu cukup memilihnya pada menu trash.

Cara menggunakan

Lalu, bagaimana menggunakan Evernote ini? Caranya pun sangat mudah dan bisa kamu lakukan di mana saja dan kapan saja. Langkah pertamanya adalah kamu perlu membuat akunnya terlebih dahulu. Setelah membuat akun tersebut, lantas download softwarenya di Play Store. Untuk ukuran filenya sendiri adalah kurang lebih 60 MB. Jenis Evernote pun beragam dan bisa kamu download sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi gadgetmu.

Langkah kedua, setelah didownload maka kamu masukkan kembali akun yang kamu buat tersebut. Kemudian, jika kamu sudah memasukkan data yang sudah dibuat sebelumnya, maka aplikasi bisa kamu gunakan. Sebagai langkah awal, tidak ada salahnya buat kamu untuk melakukan uji coba terlebih dahulu mengenai keunggulan dan kemudahan yang diberikan oleh Evernote.

Baca Juga: Trello, Aplikasi Berbasis Web untuk Memudahkan Kolaborasi Kerja

Cukup mudah bukan menggunakan Evernote untuk kebutuhan dan keperluan sehari-hari? Selain menggunakan aplikasi ini, penting pula bagi seorang pebisnis muda yang menggunakan teknologi terkini dalam mengelola website. Oleh karena itu kebutuhan layanan hosting menjadi kunci utamanya. Untuk layanan hosting terpercaya di Indonesia, kamu bisa menggunakan Dewaweb sebagai partner bisnis terbaikmu.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia