Categories: Business Online Business

Mengenal Business Model Canvas dan Value Proposition Canvas untuk Membangun Sebuah Startup

Memulai bisnis pada masa kini tidak lagi sesulit beberapa tahun lalu. Kemajuan teknologi dan berbagai peluang yang lahir di dunia bisnis membuat membuka usaha bisa dilakukan kapan saja. Salah satu jenis usaha yang sedang naik daun dalam beberapa tahun terakhir adalah startup. Dengan startup, maka semangat berbisnis ala milenial sangat terasa dan efeknya kepada masyarakat bisa terasa dampaknya.

Ketika kamu ingin membangun bisnis, maka kamu memerlukan perencanaan yang baik agar kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal saat sudah menjalankan bisnis tersebut. Salah satunya adalah menggunakan Business Model Canvas. Tapi apa yang dimaksud dengan hal ini dan mengapa perlu digunakan untuk membangun sebuah startup? Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Business Model Canvas

Business model canvas adalah sebuah model bisnis yang dibuat dan dirangkai sedemikian rupa agar bisa menghasilkan satu rencana jangka panjang sekaligus melihat apa saja yang perlu dilakukan ketika ingin membangun bisnis.

Dengan business model canvas pula, maka apa yang harus kamu lakukan bisa terlihat. Namun tidak hanya melihat ke arah dalam saja alias ke bisnis yang mau kamu buat, tetapi juga melihat ke arah luar alias kepada para pesaing dan juga pasar dari jenis bisnis yang nantinya kamu bangun sehingga kamu bisa mendapatkan hasil maksimal dengan cepat seiring berjalannya perjalanan.

Lebih sederhana lagi, business model canvas adalah business plan. Jadi dengan cara yang pertama kali diperkenalkan oleh Alexander Osterwalder ini, maka ada alat visual satu halaman saja yang membuat startup bisa melihat segalanya tanpa perlu membuat dalam berpuluh-puluh halaman.

Di dalam business model canvas ada sembilan area yang dibahas yaitu Customer Segments, Value Propositions, Channels, Customer Relationship, Revenue Streams, Key Activities, Key Resources, Key Partners dan Cost Structure. Namun saat ini, mari berfokus kepada Value Propositions. Apa itu value propositions?

Value Propositions Canvas

Merupakan salah satu bagian dari business model canvas, value propositions canvas adalah sebuah penjabaran dalam melihat bagaimana menciptakan value untuk para konsumen. Value ini salah satunya adalah manfaat. Jadi dengan melihat ini, maka kamu bisa tahu apa saja manfaat yang bisa didapatkan para konsumen ketika menggunakan bisnis kamu nantinya.

Value propositions canvas tidak hanya melihat manfaat saja, tetapi juga kebutuhan konsumen, membantu memecahkan masalah dari para konsumen dan apa saja yang harus kamu kerjakan nantinya. Penilaian secara sistematis dan terstruktur memang menjadi keunggulan dari value propositions canvas.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada visual yang terdapat di business model canvas. Dan di value propositions canvas, tentunya juga ada. Dibagi dalam dua bagian yaitu Customer Segments dan Value Propositions itu sendiri. Namun di masing-masing bagian itu, juga ada pembagian lagi.

Untuk customer segments ada customer jobs, gain dan pain, sedangkan untuk value propositions, ada products & services, pain relievers dan gain creators. Untuk penjelasan masing-masing bagian, berikut ulasannya.

Customer Segments

  • Customer jobs

Melihat pekerjaan apa saja yang bisa dilakukan demi memenuhi kebutuhan konsumen kamu dan apa saja yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

  • Customer Gain

Melihat manfaat apa yang diharapkan dan bisa didapatkan oleh konsumen.

  • Customer Pain

Melihat sisi negatif dari pembiayaan yang tidak disukai oleh konsumen hingga risiko yang bisa didapatkan mereka.

Value Propositions

  • Products & Services

Melihat proporsi nilai dari produk dan jasa yang ditawarkan kepada konsumen dan menentukan mana yang terbaik untuk konsumen.

  • Pain Relievers

Melihat usaha dalam membuat kerugian kepada konsumen berkurang seperti berhemat dan mengurangi risiko.

  • Gain Creators

Melihat bagaimana produk dan jasa yang kamu tawarkan bisa memberikan keuntungan kepada konsumen.

Bagaimana? Apakah sudah jelas mengenai business model canvas dan value proposition canvas? Semoga startup yang ingin kamu bangun bisa berjalan dengan mulus dan sukses.



Dewaweb Team

Share
Published by
Dewaweb Team
Tags: business model canvas model bisnis Startup

Recent Posts

  • Content Marketing
  • Digital Marketing

Kamu Wajib Paham! Inilah Bedanya Copyright, Trademark, dan Patent

Copyright adalah hal penting dalam dunia bisnis yang harus diperhatikan agar bisnis berjalan lancar dan bisa mendapatkan keuntungan yang pantas.…

8 hours ago
  • Business
  • Online Business

Inilah Bedanya Investasi Saham dengan Trading Saham

Investasi menjadi kata yang sering didengar pada beberapa waktu terakhir hingga detik ini. Hal ini dikarenakan terbukanya jalan lebar di…

1 day ago
  • Digital Marketing
  • Tips & Tricks

Android vs iOS: Mana yang Lebih Sesuai dengan Kebutuhan Kamu?

Bidang smartphone telah cukup kacau selama dekade terakhir. Menyusul rilis iPhone asli pada tahun 2007, pasar menjadi berantakan. Banyak perusahaan…

2 days ago
  • News & Releases

3 Rekomendasi Anime Terbaik di 2019 yang Wajib Kamu Tonton

Tidak lengkap rasanya bila kamu menghabiskan tahun 2019 ini tanpa menyaksikan anime terbaik. Bagi pecinta anime, kamu patut berbahagia karena…

3 days ago
  • Content Marketing
  • Digital Marketing

6 Rekomendasi Aplikasi untuk Mengedit Foto di Android dan IOS

Aplikasi untuk mengedit foto saat ini tidak hanya dibutuhkan bagi para penggiat fotografi. Kamu yang ingin mendapat banyak likes dan…

4 days ago
  • Digital Marketing
  • Email Marketing

Cara Membuat Signature di Gmail, Outlook, dan Yahoo

Keberadaan signature pada email akan membuat pesan Anda terlihat memiliki ciri tersendiri dan lebih terkesan profesional. Sayangnya, meski mafaatnya begitu…

5 days ago