Mengenal Chat GPT yang Dapat Meringankan Pekerjaan Manusia

Mengenal Chat GPT yang Dapat Meringankan Pekerjaan Manusia

Chat GPT adalah salah satu teknologi artificial intelligence (AI) baru yang dapat meringankan pekerjaan manusia. Kecerdasan buatan ini memungkinkan kamu untuk menemukan solusi, saran, atau jawaban dari pertanyaan apa pun dalam waktu singkat.

Akhir-akhir ini, ChatGPT semakin populer dan mulai banyak digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari bisnis, pendidikan, hingga informasi dan teknologi. Apa alasannya?

Yuk temukan jawabannya di sini! Melalui artikel ini, Dewaweb akan membahas tentang apa itu chat GPT secara detail, mulai dari cara kerja, manfaat, hingga kelebihan dan kekurangannya. Pastikan simak pembahasannya sampai akhir, ya!

Apa Itu Chat GPT?

Chat GPT adalah teknologi AI berupa program kecerdasan buatan jenis chatbot atau obrolan online. Teknologi ini menggunakan pemrosesan bahasa yang canggih sehingga dapat memahami konteks suatu pertanyaan serta menjawabnya secara alami.

GPT sendiri merupakan singkatan dari generative pre-trained transformer yang menunjukkan bagaimana program ini menghasilkan output layaknya bahasa manusia.

Istilah ‘pre-trained’ mengindikasikan bahwa ChatGPT perlu dilatih terlebih dahulu untuk memahami pertanyaan. Arsitektur program ini dirancang sedemikian rupa agar dapat melakukan pemrosesan bahasa alami, seperti pengenalan wacana, penerjemahan, dan generasi teks.

Hingga saat ini, Chat GPT terus dikembangkan dan dilatih melalui large language model dan RLHF agar mampu memprediksi kata berikutnya serta memahami respon yang diharapkan pengguna.

Selain itu, OpenAI selaku pengembang juga membuka kesempatan bagi seluruh user untuk terlibat dalam melatih program ini dengan cara memberikan feedback berupa upvote atau downvote ketika program digunakan.

Lalu, berapa biaya yang diperlukan untuk mengakses ChatGPT? Kamu bisa menggunakan program ini secara cuma-cuma alias gratis. Namun, kamu juga dapat berlangganan ChatGPT Plus untuk mendapatkan fitur lebih lengkap dengan tarif Rp295 ribu per bulan.

Baca Juga: 4 Contoh Penerapan Artificial Intelligence di Kehidupan Sekarang

Cara Kerja Chat GPT

Chat GPT bekerja dengan cara mempelajari sejumlah besar data berisi pola bahasa manusia. Program ini dilatih menggunakan machine learning canggih untuk mendidik algoritma yang dapat menjalankan tugas tanpa instruksi manusia.

Alhasil, program ini mampu memahami maksud dari pertanyaan atau perintah serta menghasilkan teks yang relevan secara alami layaknya bahasa manusia.

Namun, bagaimana ChatGPT bisa menghasilkan jawaban yang tepat dan natural? Supaya lebih paham, simak prosesnya di bawah ini.

cara kerja chat gpt

  1. Input – Pengguna mengirimkan instruksi, pesan, atau pertanyaan melalui chatbot.
  2. Tokenisasi – Setiap kata pada pertanyaan yang diinput akan dibagi, diurutkan, dan diproses oleh model.
  3. Embed input – Di tahap ini, teks yang sudah melalui proses tokenisasi akan diubah menjadi vektor agar program dapat memahami konteks pertanyaan.
  4. Pemrosesan model – Chat GPT menghasilkan respon yang relevan dan alami menggunakan model bahasa yang sudah dilatih.
  5. Output – Jawaban atau solusi yang dihasilkan akan dikirimkan kembali ke pengguna melalui chatbot dalam bentuk teks.

Untuk menggunakan ChatGPT, kamu bisa mengaksesnya melalui web browser tanpa harus mengunduh aplikasi apa pun, lho!

Kamu hanya perlu membuka website resminya di https://chat.openai.com/, kemudian tulis perintah atau pertanyaan melalui chatbot sama seperti aplikasi chat pada umumnya. Dalam beberapa detik ChatGPT akan merespon dan menjawab semua pertanyaanmu.

Baca Juga: Mengenal Augmented Reality: Benda Digital Bisa Seperti Nyata

Manfaat Chat GPT

Chat GPT adalah program AI yang bisa dijadikan sebagai solusi untuk berbagai keperluan, seperti pekerjaan, pendidikan, hingga IT. Lantas, apa saja fungsi dari kecerdasan buatan ini? Berikut beberapa manfaatnya:

1. Menulis surat lamaran dan resume

Menulis surat lamaran dan resume merupakan salah satu hal penting ketika mencari pekerjaan. Sayangnya, tidak semua orang dapat membuatnya secara efektif.

Dengan ChatGPT, kamu bisa mencari contoh format surat lamaran dan resume yang menarik. Selain meningkatkan kualitas dokumen, program ini juga dapat mempercepat proses penulisan dengan berbagai penyesuaian.

2. Menjadi komposer musik dan membuatkanmu lagu

Bagi kamu yang ingin membuat lagu atau menjadi komposer musik, ChatGPT bisa dimanfaatkan untuk mencari inspirasi, lho!

Kamu dapat memulainya dengan menginput beberapa informasi, seperti genre, suasana, dan tema lagu melalui chatbot. Program ini akan memberikan ide-ide baru tentang pembuatan lagu sesuai dengan preferensi yang kamu inginkan.

3. Membantu programmer menyelesaikan isu code

Untuk programmer, ChatGPT dapat membantu menyelesaikan isu atau masalah kode yang rumit. Kamu hanya perlu memasukkan kode yang ingin diperbaiki kemudian program akan memberikan beberapa bantuan, seperti saran, penjelasan isu, hingga memberikan contoh kode untuk mengatasi masalah.

4. Menjawab berbagai macam soal

ChatGPT dapat menjawab soal dari berbagai bidang studi, seperti matematika, bahasa inggris, fisika, dan lain sebagainya. Dengan menginput pertanyaan yang jelas, program akan memberikan jawaban yang tepat beserta penjelasan yang mendasarinya.

5. Memberikan saran kehidupan dan aspek lain

ChatGPT dapat memberikan saran tentang kehidupan dan aspek lain, seperti kesehatan mental, karier, percintaan, dan banyak lagi. Kamu bisa menggunakan program ini untuk menemukan pandangan atau perspektif baru mengenai masalah yang sedang dihadapi.

Namun, saran yang diberikan tidak selalu relevan dengan kondisi pribadi. Kamu tetap perlu mengevaluasi diri atau berbicara dengan orang lain yang bisa memberikan dukungan personal.

6. Menjelaskan ulang suatu konsep menjadi lebih sederhana

Manfaat selanjutnya adalah menjelaskan ulang suatu konsep dalam bentuk sederhana. ChatGPT dapat mengemas teori atau konsep yang tergolong rumit menjadi lebih mudah dicerna. Hal ini berguna untuk membantu pelajar atau mahasiswa dalam memahami materi-materi kompleks.

7. Menulis esai

Kamu dapat menggunakan kecerdasan buatan untuk membantu menulis esai, baik tugas sekolah, kuliah, maupun keperluan profesional. Dengan menginput beberapa preferensi seperti topik, gaya bahasa, dan judul ingin dibahas, program akan menghasilkan referensi yang relevan sebagai kerangka penulisan esai.

Baca Juga: Chatbot Bisnis: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Kelebihan dan Kekurangan Chat GPT

Karena kemampuannya dalam memberikan jawaban, ChatGPT menjadi program yang populer dan menarik banyak perhatian orang. Namun, program ini juga tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu pertimbangkan. Berikut kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan Chat GPT

  • Menjawab pertanyaan – AI ini mampu menghasilkan jawaban yang relevan dan akurat untuk berbagai pertanyaan dalam waktu singkat.
  • Diksi human friendly – Selain cepat, Chat GPT juga mampu menyajikan jawaban yang mudah dicerna oleh manusia.
  • Mudah diakses – Program AI ini dapat diakses langsung melalui web browser tanpa memerlukan instalasi atau perangkat khusus.
  • Kemampuan adaptasi kueri – Program ini mampu beradaptasi terhadap penyesuaian kueri untuk memahami konteks pertanyaan yang diinput pengguna.

Kekurangan Chat GPT

  • Kebenaran jawaban tidak mutlak – ChatGPT bekerja berdasarkan input pengguna dan memerlukan akses ke sejumlah data untuk memberikan jawaban. Jika data yang tersedia terbatas, program ini bisa saja mengirimkan jawaban yang kurang akurat atau bahkan salah.
  • Tidak memahami realita – Jawaban AI ini terkadang kurang sesuai dengan keinginan pengguna. Misalnya, kamu mencari cara membetulkan headset yang tidak terdeteksi. Program ini hanya merespon berdasarkan kueri sehingga jawaban yang diberikan mungkin saja bersifat umum dan kurang kontekstual.
  • Masih perlu diperbarui – ChatGPT hanya bisa mengakses informasi yang diterbitkan pada September 2021 ke belakang. Oleh karena itu, program masih perlu di-update karena tidak dapat memahami informasi dan isu terbaru setelah waktu tersebut.

Baca Juga: Natural Language Processing (NLP): Penjelasan & Contoh Penerapannya

Kesimpulan

Chat GPT adalah program kecerdasan buatan berbasis teks yang dapat meringankan pekerjaan manusia di berbagai bidang. Program ini memungkinkan kamu untuk mencari jawaban, saran, solusi, atau memecahkan masalah dengan cara yang lebih efektif.

Kendati demikian, kamu tetap harus melakukan cross check dari sumber terpercaya untuk memastikan kebenaran informasinya, ya!

Ingin tahu lebih banyak informasi tentang teknologi yang sedang berkembang? Kamu bisa mengunjungi blog Dewaweb untuk menemukan artikel menarik lainnya. Selain teknologi, Dewaweb juga membahas topik seputar website, digital marketing, cyber security, dan banyak lagi.