Domain NET: Kredibel, Mudah Diingat, dan SEO Friendly

Domain NET: Kredibel, Mudah Diingat, dan SEO Friendly

Jika domain .id dikhususkan untuk website yang basis servernya di Indonesia, maka domain .NET adalah ekstensi khusus untuk perusahaan yang bergerak di bidang teknologi atau jaringan (network).

Bila dibandingkan dengan .com, domain net mungkin masih belum populer di beberapa orang. Maka dari itu, kali ini Dewaweb akan membahas secara lengkap apa itu domain net hingga kegunaannya. Langsung saja simak yuk!

Apa Itu Domain .NET?

Domain net adalah salah satu bagian dari top level domain (TLD) yang berasal dari kata net yang berarti network (jaringan) sehingga biasanya digunakan perusahaan atau organisasi yang bergerak di bidang teknologi atau jaringan.

Awalnya, domain net diluncurkan tahun 1985 bersamaan dengan lima ekstensi lain seperti .com, .edu, .gov, .mil, dan .org. Selain itu .NET juga bagian dari gTLD (generic top level domain). Artinya siapapun pengguna bebas menggunakannya tanpa ada  syarat khusus.

Hal inilah yang membuat pengguna memilih domain net sebagai alternatif apabila domain .com sudah digunakan. Namun, karena sudah banyak yang menggunakan bahkan tidak hanya bidang jaringan, membuat domain net identitasnya semakin tergeser. Itu artinya .net sudah semakin diterima oleh para pengguna.

Baca Juga: Tips Memilih Nama Domain yang Tepat

Fungsi Domain .NET

Sekarang kamu sudah tahu apa itu domain net, kemudian apa saja sih fungsi domain .NET bagi para pengguna? Berikut di antaranya:

1. Digunakan untuk situs yang berhubungan dengan jaringan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, domain net dikhususkan untuk website yang berhubungan dengan jaringan atau networking. Misalnya perusahaan yang bergerak di bidang layanan IT, perusahaan komputer, atau layanan internet lainnya.

2. Digunakan bagi bisnis seputar dunia internet

Fungsi berikutnya dari domain net yaitu digunakan oleh mereka yang menjalankan bisnis seputar dunia internet. Di antaranya seperti blogger, content writer, freelancer, dan yang lain.

Biasanya mereka memiliki website pribadi yang diisi dengan konten-konten menarik atau sesuai tema blog mereka. 

Baca Juga: Panduan Cara Membuat Blog Sendiri dari Nol Sampai Jadi! [Update 2022]

Keunggulan Domain .Net

Meskipun domain net belum sepopuler .com namun ada beberapa keunggulan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan domain ini pada situs. Diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Kredibel

Pada saat itu domain .net diluncurkan bersamaan dengan .com, maka dari itu kamu tidak perlu meragukan kredibilitasnya. Selain itu, .net juga masih menjadi bagian dari top level domain.

Dibuktikan hingga saat ini sudah lebih dari 13 juta pengguna yang memakai ekstensi .net ini.

2. Tidak membutuhkan syarat khusus

Keunggulan kedua yaitu tidak membutuhkan syarat khusus. Ketika kamu hendak menggunakan domain .NET tidak ada syarat khusus yang dipenuhi, berbeda jika dibandingkan dengan ekstensi seperti .co.id, .or.id, atau ekstensi lain.

Sehingga kamu bisa mendaftar dengan domain .NET secara mudah untuk beberapa situs sekalipun.

3. Mudah diingat

Keunggulan selanjutnya dari domain net ini yaitu mudah diingat. Domain .net sendiri pelafalannya sangat mudah dan pendek, hal ini akan membuat orang lain lebih mudah mengingat dan menghafal nama domain kamu.

Namun, hal ini juga dibantu oleh nama situsnya. Oleh karena itu pastikan kamu memiliki nama situs yang singkat jelas dan mudah diucapkan. Sehingga pengunjung website akan lebih mudah mengingat dan familiar dengan situs kamu.

4. Tersedia banyak pilihan

Domain .com mungkin lebih sering ditemui dibandingkan .net, namun hal ini justru membawa dampak baik yaitu tersedia banyak pilihan untuk nama domain berekstensi .net karena belum banyak yang memakai

Kamu bisa lebih leluasa memilih nama domain yang ideal dan sesuai dengan bisnismu. Di samping itu ketersediaan domain .com semakin menipis sudah banyak yang menggunakan.

Baca Juga: Rekomendasi Ekstensi Domain untuk Keperluanmu

5. SEO friendly

Terakhir namun paling penting, domain ini memiliki kredibilitas yang tinggi di mata pengguna. Otomatis .net juga terlihat terpercaya oleh mesin pencari. Sehingga, ketika kamu menggunakan domain ini tidak perlu khawatir dengan performa SEO nya. Di search engine sendiri, domain .net juga tidak kalah populer rankingnya dengan .com. 

Baca Juga: Panduan Lengkap SEO Update 2022

Tertarik Menggunakan Domain .NET?

Sudah lebih paham kan apa itu domain net? Domain .NET adalah salah satu ekstensi top level domain yang banyak digunakan untuk perusahaan yang bergerak di bidang networking atau jaringan.

Namun, saat ini penggunaan .NET tidak hanya sebatas itu, lebih luas lagi .NET juga digunakan oleh para pemilik situs pribadi. Jika kamu tertarik menggunakan domain .NET, kamu bisa membelinya di Dewaweb tentunya dengan harga terjangkau. Cek di sini!

Semoga artikel ini membantumu, ya. Kamu juga bisa membaca kumpulan artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks yang pastinya bermanfaat untuk menambah wawasanmu seputar dunia digital dan pengembangan website. Salam sukses!