Cara Mendapatkan Kode EPP untuk Transfer Domain

Cara Mendapatkan Kode EPP untuk Transfer Domain

Kode EPP adalah salah satu hal terpenting yang dibutuhkan ketika kamu akan melakukan transfer domain ke registrar lain. Tanpa kode EPP, kemungkinan besar kamu tidak bisa mentransfer domain ke layanan hosting manapun. Pasalnya, EPP code bisa dibilang sebagai bentuk verifikasi terkait kepemilikan domain asli. Oleh sebab itu, selaku pemilik nama domain sudah selayaknya kamu memperhatikan hal tersebut.

Untuk mengenal EPP code lebih lanjut, kali ini Dewaweb akan jelaskan informasinya secara ringkas dan jelas. Simak ulasannya sampai akhir, ya!

Baca Juga: Expired Domain: Penjelasan dan Cara Mencari Expired Domain Berkualitas

Apa itu EPP Domain

Kode EPP Domain adalah kode rahasia berupa kombinasi huruf dan angka yang digunakan untuk memindahkan domain ke registrar lain. EPP merupakan akronim (singkatan) dari Extensible Provisioning Protocol yang berarti sebuah kode otorisasi sebagai bukti kepemilikan nama domain.

Setiap domain memiliki kode EPP unik dan berbeda satu sama lain. Pemilik sah domain berhak untuk mengetahui atau memiliki kode tersebut. Meski begitu, beberapa layanan menerapkan ketentuan dimana pemilik domain baru bisa mendapatkan kode setelah jangka waktu tertentu.

Di Dewaweb, kode EPP menjadi salah satu syarat wajib jika ingin memindahkan domain dari hosting lama. Kamu akan diminta memasukkan kode EPP sebelum melakukan order transfer domain. Setelah berhasil, domain kamu berhak mendapatkan perpanjangan masa aktif tambahan selama satu tahun.

Adapun syarat nama domain yang dapat dipindahkan ke hosting Dewaweb, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Domain harus dalam keadaan aktif (belum expired).
  • Kamu sudah memiliki kode EPP domain.
  • Nama domain tidak di-lock.
  • Email administratif domain masih aktif dan dapat diakses.
  • Fitur proteksi Whois telah dinonaktifkan.

Baca Juga: Apa itu Exact Match Domain dan Pengaruhnya untuk SEO

Fungsi EPP Domain

Fungsi EPP Domain yaitu sebagai bukti yang memverifikasi kepemilikan resmi sebuah domain. Kode EPP terdiri dari rangkaian angka, huruf, dan simbol yang dikombinasikan secara acak sebagai bentuk keamanan. Kode tersebut juga berguna untuk mencegah terjadinya kejahatan online seperti pembajakan domain.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kode EPP diperlukan ketika ingin memindahkan domain ke layanan lain. Jika kamu pernah melakukan jual beli domain, maka kode EPP sangat dibutuhkan untuk proses transfer nama domain.

Pembeli hanya perlu mendaftar akun baru di registrar lain, kemudian melakukan transfer domain dengan melengkapi persyaratan-persyaratan tertentu. Nah, memasukkan kode EPP adalah salah satu syarat wajib bagi siapapun yang ingin memindahkan domain.

Baca Juga: 10 Domain Name Generator untuk Mencari Nama Domain yang Sesuai

Cara Mendapatkan Kode EPP Domain

Berikut ini adalah cara mendapatkan EPP Domain Code di Dewaweb:

  1. Buka halaman Dewaweb.com pada browser.
  2. Di pojok kanan bagian atas, klik ‘Account’, masukkan username dan password milikmu lalu klik ‘Login’.cara mendapatkan epp domian-login dewaweb
  3. Setelah masuk, klik logo avatar bertuliskan “Hi, user” di bagian kanan atas, lalu klik ‘Dashboard’.cara mendapatkan kode epp domain-buka dashboard
  4. Klik ‘Manage Domains’, kamu akan dibawa ke halaman berisi daftar domain milikmu.cara mendapatkan epp domain-manage domain
  5. Pilih nama domain yang ingin kamu ketahui kode EPP-nya, lalu klik ‘Edit’.
  6. Selanjutnya, klik tab ‘Pengaturan’ > ‘Ambil EPP Code’.ambil kode epp
  7. Selesai, kode akan dikirimkan melalui email.

Jika kamu merasa kesulitan, misalnya tidak ada opsi Ambil EPP Code, atau sudah berhasil namun belum menerima email, maka kamu dapat menghubungi CS Dewaweb. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur live chat support 24/7 sehingga bisa terhubung dengan Dewaweb kapanpun.

Baca Juga: Mengenal Istilah Top Level Domain dan Kegunaannya untuk Website

Sudah Tahu Cara Mengetahui Kode EPP Domain?

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kode EPP Domain adalah sebuah kode keamanan yang digunakan untuk memindahkan atau mentransfer domain ke registrar lain. Kode dibuat secara acak dengan mengombinasikan huruf, angka, dan simbol hingga terbentuk sebuah kode unik.

Setiap nama domain memiliki kode EPP masing-masing sebagai bukti kepemilikan domain yang sah. Karena bersifat rahasia, pastikan kode EPP milikmu dijaga dengan baik, ya!

Kamu juga bisa membaca kumpulan artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks yang pastinya bermanfaat untuk menambah wawasanmu seputar dunia digital dan pengembangan website. Salam sukses!