dewaweb-blog-fitur-baru-instagram-igtv

Semenjak kehadirannya, Instagram sudah mengalami banyak perubahan. Dari yang bermula sebagai platform untuk berbagi gambar dengan filter, Instagram menjadi platform bagi pembuat video dengan fitur video 1 menit dan Instagram Stories. Sekarang, Instagram sedang mencoba membuat TV untuk mobile. Instagram ingin menjadi platform bagi video creator untuk berbagi hasil karya mereka dengan 1 juta pengguna Instagram. Hal ini baru saja direalisasikan dengan fitur baru Instagram, yaitu IGTV.

Baca juga: Trik Instagram 2018 Untuk Meningkatkan Followers dan Engagement

CEO Instagram, Kevin Systrom mengatakan bahwa aplikasi ini didesain untuk memudahkan orang-orang menonton video dari handphone. Systrom juga mengatakan bahwa kebanyakan aplikasi video mengharuskan Anda untuk browsing atau mencari dulu melalui direktori. IGTV mengambil karakteristik TV dimana ketika Anda membuka IGTV, Anda dapat langsung menonton video. Selain itu, IGTV menyediakan mode “lean back” dimana ini diperkirakan akan menjadi fitur dimana Instagram bisa meletakkan ads.

Apa itu IGTV?

IGTV adalah fitur Instagram yang memperbolehkan pengguna mengupload video dengan durasi lebih panjang. Fitur ini bisa dibilang adalah salah satu cara yang bisa dimanfaatkan oleh influencers, brands, dan semua user Instagram untuk membuat video untuk follower mereka. IGTV sendiri dibuat dengan format yang sama dengan Instagram Story, bedanya hanya ada pada durasi video. Jadi video IGTV akan memiliki format vertical. IGTV tersedia di dalam aplikasi Instagram dan ada juga aplikasi IGTV sendiri untuk Android dan iOS.

Perbedaan antara IGTV dan Instagram adalah, di IGTV, Anda tidak akan melihat feed, gambar, dan stories. Jika Anda menggunakan fitur video yang ada di IGTV, Anda hanya bisa mengupload video atau Instagram stories sepanjang 1 menit. Sementara di IGTV Anda bisa mengupload video 10 menit dan account yang lebih besar bisa mengupload video sampai 1 jam. Selain itu, IGTV juga menyebut akun Anda sebagai channels. Jika Anda membuat akun IGTV, Anda akan diminta untuk membuat channel baru. Channel ini nantinya akan dihubungkan langsung dengan profil Instagram Anda.

Lalu apa bedanya IGTV dengan YouTube? IGTV hanya fokus pada video-video vertikal. Instagram memilih format ini karena ini adalah bagaimana orang-orang menggunakan handphone. Jadi Anda tidak perlu memutar handphone Anda untuk menikmati videonya.

Untuk saat ini, IGTV juga tidak memiliki ads, walaupun Systrom mengatakan bahwa ads mungkin akan mulai muncul nantinya. Systrom menambahkan bahwa karena creators menghabiskan banyak waktu membuat konten IGTV, Instagram akan menawarkan creator ini cara untuk memonetisasi konten mereka nantinya. Untuk saat ini, Instagram belum akan membayar creators atas konten-konten mereka.

Baca juga: Strategi Marketing Instagram Untuk Bisnis Anda

Cara Menggunakan IGTV

Sekarang kami akan membahas bagaimana cara menggunakan IGTV. Seperti yang sudah kami sebut di atas, Anda bisa mendownload IGTV dari App Store atau Play Store Anda.

Setelah itu, ketika Anda membuka aplikasi IGTV Anda, Anda akan melihat layar seperti di bawah ini.

IGTV-login-Dewaweb

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, karena IGTV terhubung dengan Instagram Anda, maka Anda bisa langsung klik pada tulisan “Continue as ….”. Anda juga bisa pilih pilihan “Switch Account” di bagian kiri bawah jika Anda ingin login dengan akun lain; tinggal masukkan detail login akun tersebut.

Setelah login, Anda akan langsung melihat videonya. Tenang saja karena video di background memang akan langsung menyala. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena soundnya secara default akan off. Untuk mencari video yang Anda inginkan, Anda tinggal scroll ke samping di bagian bawah.

IGTV-homepage-Dewaweb

 

Direktorinya sendiri dibagi menjadi 4 kategori yaitu, For You, Following, Popular, dan Continue Watching.

 IGTV-Kategori-For-You-Following-Popular-Continue-Watching-Dewaweb-

For You. Untuk bagian ini, IGTV akan menampilkan video-video yang mereka rasa Anda akan suka.

Following. Di bagian following, Anda bisa melihat video dari IGTV milik account-account yang Anda follow.

Popular. Di bagian ini, Anda akan melihat video-video yang sedang popular di IGTV. Popular bisa dibilang sama dengan fitur Explore di Instagram.

Continue Watching. Bagian ini adalah tempat dimana Anda bisa melanjutkan menonton video-video yang sudah Anda buka sebelumya tapi belum sempat Anda selesaikan.

Kalau Anda sudah menemukan video yang ingin Anda tonton, Anda tinggal klik layar videonya dan pilihan video di bawah akan hilang sehingga Anda bisa menonton videonya full screen. Ingat ya, IGTV hanya ada dengan format vertikal. Jadi kalaupun Anda mencoba untuk memutar handphone Anda, video akan tetap vertikal.

Sama seperti Instagram, Anda juga bisa meninggalkan informasi dan link di bagian info. Kalau Anda mau melihatnya, Anda tinggal klik judul video di bagian atas video.

Lalu bagaimana dengan engagement? Anda bisa me-like dan meninggalkan komen di video orang-orang. Anda hanya perlu meng-tap tombol like yang berbentuk hati dan tombol komen di bagian bawah video. Instagram juga menyediakan beberapa reaksi emoji jadi Anda juga bisa langsung memilih. Selain itu, Anda juga bisa mengirim video IGTV melalui direct message di Instagram.

Cara Memulai Channel IGTV

Jika Anda ingin memulai channel IGTV Anda sendiri, Anda bisa pilih settings yang ada di bagian kanan, di atas pilihan video.

IGTV-buat-channel-Dewaweb

Setelah itu, pilih pilihan Create Channel di bagian atas. Kemudian pilih Next sampai akun Anda dibuat. Untuk mulai mengupload video, Anda hanya perlu klik pada profile picture Anda yang ada di samping tombol Settings.

IGTV-Upload-Video-Dewaweb

Anda tinggal klik pada tombol + di bagian kanan dan Anda sudah bisa mengupload videonya. Untuk kebanyakan account, video hanya bisa berdurasi 10 menit. Perlu diperhatikan bahwa Anda tidak bisa merekam video langsung di aplikasinya. Jadi, Anda perlu merekam video itu secara terpisah dengan misalnya menggunakan kamera handphone Anda. Baru kemudian Anda upload video tersebut ke IGTV dari Camera Roll atau Gallery handphone Anda.

Baca juga: 5 Video Template Gratis 2018 

Follow Instagram @dewaweb

IGTV juga tersedia di dalam aplikasi Instagram

Bagi Anda yang tidak ingin mendownload aplikasi IGTV, Anda juga bisa mengakses IGTV langsung dari aplikasi Instagram.

IGTV-Aplikasi-Instagram-Dewaweb

Anda tinggal klik lambang TV yang ada di sebelah tombol direct message. Fitur-fiturnya pun sama dengan aplikasi IGTV sendiri.

Simpulan

Di artikel kali ini, kami sudah membahas semua tentang fitur terbaru Instagram, IGTV. Fitur terbaru dari Instagram ini tentunya bisa sangat membantu tidak hanya influencers tetapi juga para bisnis untuk berbagi konten dengan follower Anda. Dengan semakin populernya video marketing, Anda bisa memanfaatkan IGTV di strategi marketing video dan Instagram Anda untuk menambah jangkauan audience Anda agar menjadi lebih luas. Menarik, bukan? Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan sungkan untuk meninggalkan pertanyaan di kolom komen ya! Selamat mencoba fitur baru Instagram ini!