Aplikasi Bermanfaat untuk Media Hiburan, Apa Saja Jenisnya?

Aplikasi Bermanfaat untuk Media Hiburan, Apa Saja Jenisnya?

Aplikasi adalah istilah yang mungkin sering terdengar di kehidupan sehari-hari. Terlebih di era serba digital seperti sekarang, di mana hampir semua orang menggunakan aplikasi untuk menunjang berbagai aktivitas. Sebut saja seperti belanja, hiburan, belajar, bekerja, dan masih banyak lagi.

Namun, pernahkah kamu berpikir apa itu aplikasi berdasarkan sudut pandang ilmu komputer? Melalui artikel ini, Dewaweb akan menjelaskan secara lengkap informasi seputar aplikasi mulai dari pengertian, fungsi, hingga jenis-jenisnya. Yuk, simak penjelasannya sampai selesai.

Apa yang Dimaksud dengan Aplikasi?

Secara harfiah, aplikasi adalah istilah yang diambil dari bahasa inggris ‘application’ yang berarti penggunaan atau penerapan. Dengan kata lain, aplikasi merupakan suatu penggunaan perangkat lunak (software) yang dijalankan untuk melakukan tugas tertentu.

Aplikasi bekerja dengan cara menggunakan operating system (OS) perangkat untuk menjalankan berbagai fungsi. Aplikasi akan berkomunikasi dan meminta layanan kepada teknologi lain pada perangkat melalui Application Programming Interface (API).

Adapun istilah ‘App’ yang merupakan sebutan umum untuk sebuah aplikasi. Istilah ini sering digunakan terutama untuk aplikasi sederhana yang biasanya dapat di-download secara free alias gratis. Selain itu, aplikasi juga tersedia untuk berbagai perangkat seperti smartphone, desktop, hingga jenis televisi tertentu.

Berikut beberapa pengertian aplikasi dari para ahli:

  • Harip Santoso – aplikasi adalah suatu kelompok file seperti class, form, dan report yang saling berkaitan untuk menjalankan tugas atau aktivitas tertentu.
  • Ali Zaki dan Smitdev Community – aplikasi adalah serangkaian komponen yang berfungsi untuk mengolah data dan pembuatan dokumen.
  • Sri Widianti – aplikasi adalah perangkat lunak yang berperan sebagai front-end dalam sebuah sistem untuk mengolah data dan menghasilkan informasi yang berguna, baik bagi orang-orang maupun sistem terkait.
  • Hengky W. Pratama – aplikasi adalah sebuah unit perangkat lunak yang dirancang untuk melayani kebutuhan seperti perniagaan, game, advertising, atau segala aktivitas yang hampir dilakukan oleh manusia.

Berdasarkan pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa aplikasi berfungsi untuk menunjang berbagai kegiatan dan mempermudah pekerjaan. Dalam hal ini, kegiatan yang dimaksud termasuk komunikasi, media informasi, hiburan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 15 Aplikasi Edit Video di HP & PC yang Cocok untuk YouTuber

Fungsi Aplikasi

Setelah memahami apa itu aplikasi, kamu juga perlu mengetahui fungsi-fungsinya. Seperti yang telah Dewaweb singgung, aplikasi secara umum dirancang untuk memberikan kenyamanan dan mempermudah aktivitas. Lebih jelasnya, berikut beberapa fungsi aplikasi yang harus kamu ketahui.

1. Dapat memudahkan pekerjaan seseorang

Adanya aplikasi dapat memudahkan pekerjaan seseorang di berbagai bidang. Kamu hanya perlu mencari dan mengunduh aplikasi dengan fungsi tertentu di Play Store atau App Store. Misalnya, kamu ingin menerjemahkan bahasa asing, cukup download aplikasi translator dan biarkan mesin bekerja untuk menerjemahkan bahasa yang kamu inginkan.

2. Sebagai media hiburan

Selain memudahkan pekerjaan, aplikasi juga bisa dimanfaatkan sebagai media hiburan. Ada berbagai macam aplikasi hiburan yang dapat kamu pilih, contohnya seperti game, musik, film, komik, dan masih banyak lagi. Aplikasi semacam ini dibuat agar pengguna tidak merasa bosan atau jenuh.

3. Media komunikasi

Fungsi aplikasi selanjutnya adalah sebagai media komunikasi. Adanya aplikasi memungkinkan kamu bertukar pesan, ngobrol, dan berbagi informasi dengan orang lain dari jarak jauh. Contoh aplikasi ini yaitu WhatsApp, Line, Facebook, Telegram, dan sebagainya.

4. Sebagai pembaharuan kabar terkini

Aplikasi juga berfungsi sebagai pembaharuan kabar terkini. Melalui aplikasi, kamu bisa mendapatkan berita atau informasi terbaru sehingga tidak akan ketinggalan update. Selain itu, kamu dapat mengikuti perkembangan berita kapanpun dan dimanapun dengan mengaktifkan notifikasi. Contoh aplikasi ini yaitu Google News, CNN, Detik, Kompas, dan sebagainya.

Jenis-Jenis Aplikasi

Berdasarkan pengembangannya, aplikasi terbagi menjadi tiga jenis, yakni aplikasi web, desktop, dan mobile. Untuk memudahkan pemahamanmu, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Aplikasi Web

Sesuai namanya, aplikasi web adalah program, aplikasi, atau perangkat lunak yang diakses melalui web browser. Berbeda dengan aplikasi pada umumnya, web app tidak memerlukan proses instalasi software sama sekali. Kamu dapat langsung mengaksesnya via browser dengan koneksi internet. Beberapa contoh aplikasi berbasis web yang terkenal adalah Google Drive, Canva, Gmail, e-commerce, dan masih banyak lagi.

Manfaat Aplikasi Web

Aplikasi web memiliki manfaat dan kelebihan yang tidak bisa kamu temui pada jenis aplikasi lain. Berikut beberapa manfaat aplikasi web:

1. Dapat menghemat storage

Dari sisi user, menggunakan web app dapat menghemat lebih banyak ruang penyimpanan. Hal ini dikarenakan instalasi program dilakukan bukan pada perangkat, melainkan server. Aplikasi web benar-benar ramah storage sehingga pengguna tidak perlu khawatir karena tidak akan membuat memori perangkat penuh.

2. Lebih mudah diakses

Selain hemat storage, aplikasi web juga lebih mudah diakses oleh pengguna. Mereka hanya memerlukan koneksi internet untuk mengakses aplikasi lewat browser dari mana saja. Selain itu, kemudahan akses ini juga memberikan pengalaman lebih baik sehingga berpotensi meningkatkan jumlah pengguna.

3. Bebas platform

Manfaat web app selanjutnya adalah bebas platform, dimana penggunaannya tidak dibatasi oleh operating system perangkat. Sederhananya, semua jenis device dapat mengakses aplikasi melalui web browser.

4. Lebih hemat biaya

Manfaat aplikasi web terakhir adalah lebih hemat biaya. Pasalnya, pembuatan aplikasi berbasis web relatif lebih murah dibandingkan mobile app. Selain itu, web app dinilai lebih mudah dikembangkan, di-maintenance, dan diperbarui.

Baca Juga: 10 Aplikasi Web Server Terbaik Untuk Deployment Website

2. Aplikasi Desktop

Aplikasi desktop adalah perangkat lunak yang berdiri sendiri serta instalasinya berada langsung pada perangkat desktop seperti laptop dan komputer. Berbeda dengan web app, aplikasi jenis ini memiliki kontrol yang lebih fleksibel dan dapat dijalankan tanpa koneksi internet. Terlepas dari itu, aplikasi desktop dibatasi oleh hardware sehingga lebih sulit diperbarui.

Manfaat Aplikasi Desktop

Meskipun sulit di-update karena fungsinya dipengaruhi oleh perangkat keras, aplikasi desktop memiliki sejumlah manfaat yang tak kalah menarik. Berikut beberapa manfaat aplikasi desktop:

1. Development lebih cepat

Pengembangan aplikasi berbasis desktop lebih mudah dan cepat untuk membangun Graphical User Interface (GUI). Proses coding pun cenderung menggunakan bahasa pemrograman standar serta menyediakan akses tools dengan tingkat lebih rendah namun kinerjanya tetap optimal.

2. Lebih aman

Seperti yang telah disebutkan bahwa aplikasi desktop diinstal dan dijalankan langsung pada perangkat komputer. Semua data program disimpan pada sistem dimana hal ini akan mempersulit peretas untuk mendapatkan akses. Alhasil, informasi dan data penting pun lebih terjamin keamanannya.

3. Performa lebih stabil

Dibandingkan web app, aplikasi desktop jauh lebih unggul dalam segi performa dan stabilitas. Pada aplikasi ini, kamu tidak akan menemui delay atau loading ulang ketika membuka menu atau fitur tertentu. Selain itu, aplikasi desktop juga tidak bergantung pada koneksi internet sehingga performanya lebih stabil selama memori perangkat mencukupi.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Remote Desktop Gratis Terbaik Untuk PC 2022

3. Aplikasi Mobile

Aplikasi mobile adalah aplikasi yang dikembangkan dengan berbagai program dan dapat diakses di perangkat seluler seperti tablet dan smartphone. Aplikasi ini biasanya akan mengikuti sistem operasi perangkat itu sendiri. Dengan kata lain, aplikasi mobile yang sama bisa jadi memiliki antarmuka yang sedikit berbeda tergantung OS-nya.

Saat ini, ada dua OS yang merajai pasar smartphone yaitu android dan iOS. Perangkat dengan sistem operasi android dapat mengunduh aplikasi mobile di Play Store. Sedangkan bagi pengguna iOS, aplikasi bisa di-download melalui App Store.

Manfaat Aplikasi Mobile

Sebagai jenis aplikasi paling populer, mobile app menawarkan beberapa manfaat dan keunggulan, di antaranya:

1. Bisa diakses secara offline dan online

Beberapa mobile app memungkinkan user mengakses aplikasi secara offline. Setiap perubahan data disimpan di penyimpanan lokal yang nantinya akan disinkronkan kembali secara online ketika perangkat terhubung ke jaringan internet.

2. Mengutamakan keamanan dan kenyamanan

Pembuatan aplikasi mobile pada dasarnya mengutamakan kenyamanan dan keamanan pengguna. Seluruh aplikasi yang ada di Play Store atau App Store memiliki standar tertentu yang harus dipenuhi sebelum dirilis. Di sisi lain, ada banyak tools manajemen software yang bisa dimanfaatkan oleh developer untuk meningkatkan sistem keamanan dan pengalaman pengguna yang lebih baik.

3. Potensi SEO

Meskipun mobile app tidak dapat dijalankan di platform website, namun aplikasi mobile berkesempatan muncul pada hasil pencarian Google. Untuk mengoptimalkan SEO, ada beberapa elemen yang perlu diperhatikan seperti judul atau nama aplikasi, kategori, deskripsi, keyword field, dan sebagainya. Selain itu, developer juga perlu memperhatikan kualitas konten di dalam aplikasi.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Penyimpanan Sandi

Kesimpulan

Sampai di sini, kamu tentu sudah paham apa itu aplikasi mulai dari pengertian, fungsi, hingga jenis-jenisnya. Aplikasi adalah sebuah program atau perangkat lunak yang dikembangkan untuk menunjang kegiatan manusia. Setidaknya, aplikasi memiliki empat fungsi utama, yakni untuk memudahkan pekerjaan, sebagai sarana komunikasi, hiburan, dan media pembaharuan informasi terkini.

Bagi kamu yang berniat membangun aplikasi, sebaiknya gunakan layanan hosting dan domain terbaik dari Dewaweb. Dewaweb menggunakan teknologi server terbaru dan dapat diandalkan dari AMD EPYC (Rome). Selain menghasilkan workload aplikasi super cepat, Dewaweb juga dilengkapi sistem keamanan premium dari Cloudflare Magic Transit tanpa biaya tambahan, lho! Yuk, gunakan layanan Dewaweb sekarang.