Mengenal Layanan DNS Google, Google Public DNS

Mengenal Layanan DNS Google, Google Public DNS

Anda pasti sudah dengar istilah DNS. Tapi apakah Anda sebenarnya tahu apa itu DNS? Tahukah Anda kalau di luar sana juga tersedia layanan server DNS publik? Nah, kalau belum tahu, kami akan bahas semuanya di artikel ini termasuk juga layanan DNS Google yang diberi nama Google Public DNS.

Apa itu DNS Server

Domain Name System atau lebih dikenal dengan istilah DNS adalah salah satu fondasi internet, tetapi banyak orang yang tidak tahu bahwa mereka menggunakan DNS setiap harinya saat mereka memeriksa email atau menggunakan smartphone mereka.

DNS adalah sebuah direktori yang berisikan nama dan nomor. Nomor yang dimaksud disini adalah alamat IP yang digunakan komputer untuk berkomunikasi satu sama lain.

Kebanyakan orang membandingkan DNS dengan fitur contact pada handphone Anda yang berisi nama dengan nomor handphone mereka. Bedanya, DNS digunakan untuk menyimpan data semua IP address yang ada di dunia.

Saat internet masih berusia lebih muda, orang-orang masih bisa dengan mudah mencocokan IP address dengan komputer tertentu. Tetapi dengan semakin banyaknya device dan jaringan yang ada, tentu mencocokan IP address dengan komputernya memakan waktu dan tidak mungkin dilakukan.

Selain membuat direktori untuk semua perangkat ini, kata-kata digunakan untuk memungkinkan orang terhubung ke situs yang berbeda bagi kebanyakan orang, mengingat kata-kata lebih mudah daripada mengingat set angka tertentu. Inilah mengapa kita membutuhkan DNS untuk menerjemahkan URL yang kita masukkan ke browser ke IP Address yang dituju.

Baca juga: Apa itu DNS? Penjelasan, Cara Kerja, dan Jenisnya

Simak Video Tutorial Cara Mengamankan DNS berikut:

Google Public DNS: Layanan DNS Google

Layanan open DNS Google yang bernama Google Public DNS adalah salah satu layanan DNS yang paling terkenal dan banyak digunakan. Tentunya value dari nama Google sendiri sudah mendorong orang untuk memilih Google Public DNS dibanding pilihan lainnya. Selain itu, DNS Google ini juga menawarkan layanan yang cepat dan stabil.

Manfaat Menggunakan DNS Google

Google memiliki layanan DNS Publik mereka tersedia di jaringan anycast global yang menyediakan semua manfaat dari anycast untuk semua query yang dibuat untuk mereka.

Resolver anycast bisa memberikan dorongan kecepatan kepada Anda dengan memungkinkan browser Anda untuk membuat permintaan ke server nama terdekat yang tersedia. Selain itu, Google juga sudah mengambil banyak langkah untuk menguruangi latensi di permintaan DNS.

Tidak hanya cepat, DNS Google juga aman untuk digunakan. Salah satu masalah yang lebih besar dengan resolver yang tersedia untuk umum adalah kemungkinan bahwa mereka dapat digunakan dalam serangan Denial of Service dan Amplification dengan membuat permintaan kecil yang mengembalikan respons besar.

Google telah mengambil sejumlah langkah untuk melindungi server dari beberapa serangan yang paling umum dan memonitor resolver mereka dengan hati-hati untuk memastikan tidak ada yang dapat menyalahgunakan layanan mereka.

Selain memantau server mereka, Google Public Resolvers juga sepenuhnya mendukung DNSSEC yang memungkinkan mereka untuk menjamin tanggapan yang mereka tawarkan adalah asli dan dari sumber yang berwenang.

Baca Juga: 10 Fungsi VPN Terhadap Aktivitas Internet yang Perlu Kamu Tahu

Cara Pakai DNS Google

Kalau Anda sudah tertarik untuk menggunakan DNS Google, Anda tinggal mengkonfigurasi pengaturan Anda. Ini akan bervariasi berdasarkan sistem operasi dan perangkat yang Anda gunakan.

Anda juga mungkin perlu mengatur kembali kontrol administratif komputer Anda untuk mengubah pengaturan ini, tetapi Anda harus dapat menyesuaikan pengaturan DNS untuk sistem Anda di mana pun Anda akan menyesuaikan pengaturan jaringan lainnya.

Secara khusus, Anda harus menggunakan IP addres Google yang tersedia untuk publik, atau bahkan hanya alamat IPv4, sebagai server DNS Anda.

Alamat IP DNS Publik Google (IPv4)

8.8.8.8

8.8.4.4

Alamat IPv6 IP Publik Google 

2001: 4860: 4860 :: 8888

2001: 4860: 4860 :: 8844

Server DNS Publik Lainnya

Kebanyakan server DNS biasa bersifat private. Jadi mereka memberikan layanan ke sebuah perusahaan yang memiliki dan mengkonfigurasi DNSnya sendiri. Jadi satu perusahaan tidak bisa menggunakan DNS milik perusahaan lain.

Meski begitu, di luar sana juga tersedia public DNS server atau server DNS publik. Siapa saja bisa menggunakan DNS ini. DNS publik ini biasa digunakan orang untuk browsing yang lebih cepat dan lebih aman. Anda bisa menggunakan server ini sebagai alternative dari server DNS private.

Di luar sana ada berbagai layanan DNS publik. Berikut adalah beberapa layanan DNS publik yang popular:

OpenDNS

IP Primary: 208.67.222.222

IP Secondary: 208.67.220.220

OpenDNS bisa dibilang sebagai pemain lama di layanan ini. Sudah banyak orang yang menggunakan OpenDNS dan mengatakan bahwa OpenDNS adalah layanan berkualitas dan tidak kalah dari layanan publik DNS lain seperti Google Public DNS.

Bagi Anda yang memiliki anak dan khawatir dengan konten yang bisa diakses oleh anak Anda, Anda bisa menggunakan layanan OpenDNS Family Shield. Layanan ini memblokir konten-konten dewasa dan bisa digunakan pada server 208.67.222.123 dan 208.67.220.123.

DNSWatch

IP Primary: 84.200.69.80

IP Secondary: 84.200.70.40

DNSWatch fokus pada transparansi dan kebebasan jadi DNSWatch tidak mensensor apapun. Mereka juga menjamin bahwa tidak ada informasi yang mereka simpan di server mereka dan resolver mereka tidak digunakan untuk mengumpulkan data Anda.

Tujuan utama mereka adalah untuk memberikan layanan internet yang efisien untuk semua.

Comodo Secure DNS

IP Primary: 8.26.56.26

IP Secondary: 8.20.247.20

Salah satu server yang mudah digunakan seperti Google adalah Comodo Secure DNS. Anda hanya tinggal memasukkan alamat server mereka dan Anda sudah bisa langsung menggunakannya.

Salah satu kelebihan Comodo Secure DNS adalah kemampuannya untuk mencapai 15 nodes di seluruh dunia. Di setiap benua, setiap node memiliki beberapa server siap untuk melayani pengguna lokal.

Selain itu, Comodo Secure DNS juga menjamin bahwa mereka aman dari malware dan scam. Mereka selalu memperbarui block list mereka agar selalu aman.

Nah, ada satu lagi nih DNS yang pasti terkenal dan sudah dipercaya yaitu dns Google yang dikenal dengan nama Google Public DNS.

Simpulan

Di artikel ini, kami sudah membahas tentang apa itu DNS dan layanan DNS publik. Layanan ini bisa membantu Anda untuk browsing atau melakukan aktivitas internet dengan lebih cepat dan aman. Selain itu, kami juga sudah membahas layanan DNS Google.

Layanan DNS yang sering disebut sebagai DNS publik terbaik ini sudah pasti aman untuk digunakan. Selain itu, DNS Google juga bisa dibilang lebih cepat dibanding DNS lainnya.

Kalau ada dari Anda yang ingin berbagi informasi tentang DNS, jangan lupa tinggalkan komentar di kolom komentar ya! Semoga artikel ini membantu!