Apa itu Page View? Cara Meningkatkan Page View dengan Optimal

Apa itu Page View? Cara Meningkatkan Page View dengan Optimal

Apakah jumlah page view situsmu tidak mencukupi? Ingin pengunjung bertahan lebih lama dan melihat konten lainnya? Membuat pengunjung bertahan di website lebih lama memang cukup sulit, terlebih mendorong mereka untuk membaca konten lainnya. Ini adalah fokus utama dari pengukuran page view. Dalam menganalisa data pengunjung website, page view adalah suatu pengukur yang penting untuk diperhatikan.

Kebanyakan pengunjung yang datang ke website tidak memiliki waktu untuk melihat-lihat lebih dari satu halaman. Bounce rate lalu akan meningkat setiap pengunjung meninggalkan website dengan hanya satu page view.

Meskipun page views yang rendah bukanlah pengukur kualitas konten website, namun ini berarti bahwa pengunjung tidak tertarik dengan konten lainnya. Hal ini bisa jadi karena navigasi blog yang kurang. Rendahnya page views juga menunjukkan kualitas user experience (UX) yang buruk.

Simak penjelasan apa itu page view, fungsi dan cara meningkatkan jumlah page view di website supaya mendapat banyak traffic. Baca sampai akhir ya!

Apa itu Page View?

Page view adalah perhitungan jumlah halaman pada website yang dibuka oleh pengunjung. Page view atau PV merupakan metrik yang mengukur jumlah total halaman yang dilihat. Pageviews adalah salah satu elemen penting jika kamu berkecipung dalam Google Analytics untuk menganalisa performa website atau konten di dalamnya.

Cara menghitung jumlah page view adalah setiap satu user membuka halaman situsmu sebanyak satu kali, maka page view dihitung satu. Jika user yang sama membuka halaman lain di website yang sama tersebut, maka jumlah page view akan ikut bertambah. Apabila kamu sedang membaca sebuah artikel di suatu website dan melakukan refresh sebanyak tiga kali, maka Google Analytics akan menghitungnya menjadi 3 pageviews.

Sebenarnya ada istilah lain selain pageview, yaitu unique pageview. Meski sekilas terlihat sama, namun nyatanya kedua hal ini berbeda. Simak penjelasan selanjutnya ya!

Baca Juga: 5 Keunggulan Domain ID untuk Website Kamu

Page Views vs Unique Visitors

Meningkatkan page views website harus menjadi salah satu tujuan penting bagi setiap webmaster. Dari sudut pandang user experience, page views adalah indikasi kualitas sebuah website yang jauh lebih penting dibanding “visits” atau unique visits”. Contohnya:

  • Website A: unique visitors 21.000, page views 22.512
  • Website B: unique visitors 19.271, page views 53.165

Jika melihat dari data di atas tentu akan berpikir bahwa website A jauh lebih unggul dengan kualitas website yang tinggi karena jumlah unique visitsnya. Padahal website A tidaklah lebih unggul karena jumlah page viewsnya yang sedikit.

Website A:

Rata-rata page views per visit: total page views/unique visitors= 22512/21000= 1.1

Ini menunjukkan bahwa setiap pengunjung tidak tertarik untuk membaca konten lainnya di website ini. Pengunjung hanya akan membaca satu konten lalu menutup website.

Website B:

Rata-rata page views per visit: total page views/unique visitors= 53165/17251= 3.08

Ini menunjukkan bahwa website B jauh lebih unggul dibanding website A karena berarti pengunjung membaca atau melihat setidaknya tiga halaman sebelum akhirnya meninggalkan website kamu. Ini juga berarti bahwa website B memiliki kualitas user experience yang lebih baik serta berhasil memaksimalkan setiap unique visitors untuk melihat konten lainnya. Selain itu, jumlah rata-rata page views setiap kunjungan yang tinggi juga menunjukkan bahwa website B menawarkan konten ke pengunjung yang sesuai.

Jika dilihat dari kacamata finansial, page views yang lebih tinggi memberikan pemasukan yang lebih baik (baik melalui AdSense, penjualan, CPM, dan lainnya).

Manfaat Meningkatkan Page Views

Ada beberapa alasan penting dan manfaat meningkatkan page views website, yaitu:

Meningkatkan pendapatan melalui iklan

Jika kamu berencana untuk menjual ruang untuk iklan di website, maka sebagian besar pengiklan ingin mengetahui jumlah page views kamu karena page views berhubungan langsung dengan seberapa sering kontenmu dilihat dan seberapa sering iklan tersebut terlihat.

Page views yang tinggi dapat meningkatkan pendapatan dari iklan. Secara garis besar, semakin tinggi page views, semakin banyak pula pendapatan dari iklan dan nilai website juga akan semakin naik.

Meskipun kamu tidak berencana memasukkan iklan dalam website, iklan online bisa berbentuk apa saja mulai dari iklan banner yang sederhana, link afiliasi ke post dari sponsor dan featured content.

Meningkatkan conversion rate atau tingkat konversi

Semua website memiliki tujuan dan jika tujuan website kamu adalah bisnis tentu, kamu ingin meningkatkan tingkat konversi.

Salah satu cara untuk membuat pengunjung membeli produk atau menggunakan jasa adalah dengan bergabung dengan email list atau membuat mereka bertahan di website kamu dalam durasi selama mungkin.

Semakin lama pengunjung menghabiskan waktu di website, semakin mudah untuk mendapatkan kepercayaan mereka dan membuat mereka membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Kedua manfaat di atas adalah alasan mengapa page views wajib menjadi prioritas utama dalam meningkatkan penjualan, pendaftaran, dan langganan.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Website yang Baik dan Benar

5 Cara Meningkatkan Jumlah Page View Website

Hal yang menguntungkan dari cara meningkatkan page views adalah tidak membutuhkan strategi yang kompleks. Meningkatkan page views hanya membutuhkan perencanaan yang baik mengenai desain website dan konten yang diberikan.

  1. Berikan Link yang Relevan

Cara meningkatkan page view yang pertama adalah menambahkan link. Banyak pemilik website yang memasukkan link ke dalam artikel hanya karena membaca bahwa Google menghargai konten yang memiliki link eksternal. Ini menyebabkan mereka memasukkan link yang tidak relevan dengan isi konten mereka.

Mengapa link penting dalam meningkatkan user experience?

  • Link dapat membantu memberikan jawaban. Jika hanya sebagian kecil pembaca yang akan bertanya mengenai suatu hal dalam artikel, kamu bisa memberikan link untuk mereka.
  • Link dapat membantu pembaca dalam eksplorasi topik yang kamu bahas. Saat kamu menulis sesuatu, tentu harus memilih lingkup pembahasan. Jika ada topik terkait yang menarik tetapi kamu tidak memiliki ruang untuk menjelaskannya, kamu dapat memberikan link agar pembaca bisa terus megeksplorasi topik terkait.
  • Link dapat membangun kepercayaan dan kredibilitas. Link pada post yang berdasarkan data yang kuat membuat pembaca akan lebih mempercayai informasi yang kamu berikan.

Lalu, apakah kamu harus memasukkan link internal atau eksternal? Jawabannya adalah memasukkan link yang memberi penjelasan yang paling sesuai, baik di website kamu maupun website lain.

Perlu diperhatikan bahwa artikel yang sangat relevan dengan artikel yang sedang kamu tulis akan lebih baik dibanding artikel di website lain karena pembaca sudah terbiasa dengan gaya tulisanmu.

Link internal juga memiliki manfaat lebih yaitu meningkatkan jumlah halaman website yang dilihat oleh pengunjung.

Website yang baru belum memiliki konten yang terlalu banyak dan berkualitas untuk dijadikan internal link, namun website yang sudah membuat konten selama bertahun-tahun sudah memiliki banyak konten yang berkaitan yang dapat dijadikan internal link.

Link eksternal bisa kamu gunakan sebagai strategi promosi konten, dimana strategi ini membantu membuat website terlihat lebih terpercaya oleh mesin pencari.

Selain itu, manfaat utamanya adalah jika kamu memberikan link ke sumber yang terpercaya, pengunjung akan berterima kasih karena telah membawa mereka ke website yang sangat baik dan mereka bisa berubah menjadi pembaca setia.

Meskipun tidak semua link akan di klik oleh pengunjung, namun kamu bisa mendapatkan tambahan sekitar 10-20% page views.

  1. Optimasi Kecepatan Loading Website

Cara lainnya untuk meningkatkan page view adalah mengoptimalkan performa situs. Jika memiliki sebuah konten yang panjang tentu akan memasukkan gambar agar lebih mudah dibaca. Namun banyaknya gambar juga mempengaruhi kecepatan loading website kamu terutama bagi mereka yang membaca menggunakan ponsel.

40% pengunjung akan menutup website jika loadingnya membutuhkan waktu lebih dari tiga detik. Loading website yang laman dapat mempengaruhi jumlah page views, belum lagi tujuan conversion rate dan optimasi mesin pencari.

Baca Juga: 15 SEO Tools Murah, Gratis, dan Terbaik untuk Menganalisis Website Kamu

Ada banyak rewards bagi website yang bisa memberikan loading website yang cepat sehingga ini juga harus menjadi prioritas kamu. Kami telah memberikan beberapa tips mempercepat loading website yang bisa dikuti.

Kamu bisa menggunakan website analytic data untuk melihat apakah pengunjung lebih banyak menggunakan ponsel atau PC untuk melihat website.

Dengan cara ini, kamu bisa membuat konten yang sesuai. Misalnya, pengunjung lebih banyak menggunakan PC sehingga artikel dengan gambar yang banyak tidak mengganggu. Tetapi, jika pengunjung kamu kebanyakan menggunakan ponsel, lebih baik membuat konten dengan format berbeda.

  1. Desain Website yang Simpel

Membuat desain website yang sederhana adalah salah satu cara meningkatkan page view website kamu. Tulisan atau isi website harus jadi fokus saat pengunjung membaca artikel. Jika kamu membuat tulisan sulit untuk dibaca, pembaca tidak akan merasa antusias untuk mengunjungi halaman website kamu lainnya.

Meskipun setiap website memiliki desain yang berbeda, ada 3 hal yang biasanya membuat pembaca terganggu. Berikut cara untuk menyelesaikan masalah tersebut.

  • Minimalkan atau hilangkan sidebar

Sidebar adalah elemen sebuah blog yang sering terlupakan. kamu harus memikirkan dengan baik apa yang akan kamu masukkan dalam sidebar, tetapi sidebar tidak terlalu penting.

Salah satu media blog yang sekarang sedang populer adalah Medium. Medium populer karena mudah dibaca dan tidak ada gangguan seperti sidebar. Pemilik website yang menggunakan layout simple seperti Medium mampu meningkatkan tidak hanya page views mereka namun juga conversion rate hingga 26-71%.

Jika kamu tetap ingin menggunakan sidebar, hanya masukkan informasi penting seperti biodata, link untuk populer dan top post, link ke produk atau jasa.

  • Optimasi penggunaan scroll down top menu

Menu di bagian atas blog yang bergerak seiring kamu membaca artikel tentu bisa mengganggu. Tetapi, jika kamu memang ingin menggunakan teknik ini pilihlah hanya beberapa menu yang penting.

kamu bisa melakukan tes dengan membandingkan sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan teknik ini dan pengaruhnya terhadap pengunjung. Jika tidak mengganggu, kamu tetap bisa menggunakannya.

Tetapi, jika mulai menambahkan header, footer, tombol berbagi ke media sosial atau sidebar, kamu hanya akan membuat pengunjung tidak betah seberapa bagus pun konten.

  • Tunda atau jangan gunakan pop-ups.

Meskipun pop-ups meningkatkan conversion rate melalui email subscription, namun pop-ups juga mengganggu para pengunjung. Alhasil, jumlah pengunjung kamu akan turun dan page views berkurang.

Jika ingin menggunakan pop-ups, tunda waktu kemunculannya. Jangan biarkan pop-ups muncul di saat website loading, tunggu setidaknya 10-60 detik.

Biarkan pembaca menikmati konten kamu selama sekitar 30 detik hingga satu menit, maka menutup sebuah pop-ups yang simple tidak akan terlalu mengganggu.

  1. Konsistensi Sangat Penting

Kredibilitas akan ditunjang oleh konsistensi. Desain website dan isi konten harus konsisten karena pembaca yang sudah beberapa kali mengunjungi website kamu sudah mengetahui bentuk website.

Ada dua faktor utama yang perlu dipertimbangkan dalam konsistensi dan user experience.

Brand bisa dikenali dengan berbagai cara tetapi akan lebih mudah jika dikenali melalui logo. Jika kamu ditunjukkan sebuah logo brand terkenal, tentu akan langsung mudah menebak brand tersebut.

Apapun produk atau jasa yang ditawarkan, disarankan menggunakan logo tersebut di seluruh bentuk komunikasi: blog, email, produk, atau landing pages.

Style

Style meliputi skema warna, tipe font yang digunakan, ukuran font, layout, writing tone, dan lainnya. Menjadi konsisten membantu pembaca tahu ekspektasi mereka untuk blog Anda, yang juga meningkatkan user experience mereka. Jika ingin menunjukkan kreativitas, cukup tunjukkan melalui konten dibanding melalui desain website.

  1. Konten yang Menarik

Meskipun sudah membuat pengunjung tertarik dengan keempat tips di atas, konten tetap merupakan bagian paling penting karena tidak mungkin pembaca mau membaca konten yang tidak menarik.

Konten yang menarik membuat pembaca ingin membaca konten lainnya sehingga kesempatanmu untuk meningkatkan page views semakin tinggi. Tingkatkan kualitas konten dan jumlah traffic dan jumlah halaman yang dibaca juga meningkat.

Konten yang menarik biasanya merupakan konten yang komprehensif, mendalam, informatif, menghibur, mudah diakses, dapat dipercaya, dan bermanfaat. Selain meningkatkan page views, konten yang bermanfaat juga akan memberikan “share triggers” dimana pembaca akan lebih mungkin untuk membagikan konten tersebut ke media sosial mereka.

Baca Juga: 6 Perbedaan Blog dan Website yang Wajib Kamu Ketahui

Sudah Paham Tentang Page View?

Page view adalah metrik untuk mengukur jumlah halaman pada website yang dibuka oleh pengunjung. Memaksimalkan page views website memberikan banyak manfaat, mulai dari meningkatkan potensial penghasilan dari iklan hingga meningkatkan tujuan conversion rates. Google juga menyukai website dengan bounce rate yang rendah, jumlah page views yang tinggi per pengunjung, durasi selama mengunjungi website, dan lainnya.

Cara meningkatkan page views website tidak harus selalu menyusahkan. Konten yang menarik, desain yang sederhana, loading website yang cepat, serta pemberian link terutama link internal dalam artikel kamu adalah beberapa cara yang juga membantu mengoptimasi website dan user experience.

Lakukan satu per satu dan bersabar serta ukur dan lakukan tes dalam menerapkan tips di atas. Jangan frustasi jika sesuatu yang kamu coba tidak membuahkan hasil. Beberapa metode mungkin dapat bekerja dengan baik di website lain, tetapi belum tentu memberimu hasil yang baik pula.

Pada akhirnya, kamu harus mengetahui target audience dan bereksperimen dengan berbagai cara berbeda untuk mengetahui cara yang paling sesuai dan memberikan hasil paling baik. Dalam meningkatkan page views, harus banyak bersabar karena ini bukanlah metode yang bisa bekerja dalam semalam.  Semoga artikel ini membantu!