Mau Jadi SEO Specialist? Ini Tugas, Skill, dan Gajinya

Mau Jadi SEO Specialist? Ini Tugas, Skill, dan Gajinya

SEO specialist adalah orang yang memiliki keahlian dalam meningkatkan visibilitas website. Mereka menjadi ‘maestro’ yang membawa situs web menuju ranking tertinggi di mesin pencari, serta meningkatkan trafik dan konversi, di mana ini merupakan hal penting dalam mencapai kesuksesan digital.

Berdasarkan sebuah riset yang dimuat di laman Semrush, 53% dari seluruh trafik website merupakan hasil dari pencarian organik. Bahkan, 70% marketer menganggap search engine optimization (SEO) mampu menghasilkan prospek jauh lebih tinggi dibandingkan iklan berbayar. Ini menunjukkan bahwa SEO berpengaruh besar terhadap perkembangan website/bisnis.

Apakah kamu penasaran dan mulai tertarik menjadi SEO specialist? Yuk, intip apa itu SEO specialist, tugas, skill yang diperlukan, serta prospek kerja dan gajinya di sini!

Apa Itu SEO Specialist?

SEO specialist adalah sebuah profesi yang berfokus pada optimasi mesin pencari untuk memperbaiki ranking website. Ini dilakukan dengan cara menerapkan teknik-teknik tertentu, seperti keyword research, optimasi konten, link building, dan lain sebagainya.

Seorang SEO specialist bertanggung jawab dalam membuat strategi konten yang baik untuk di-publish pada website. Konten tersebut biasanya berisi target kata kunci agar memperoleh ranking tinggi di berbagai mesin pencari, seperti Google, Yahoo, dan Bing.

Adapun pekerjaan SEO ini memerlukan keterampilan dalam marketing, search engine optimization, data analysis, Google Ads, dan pembuatan konten yang SEO-friendly. Ini diperlukan agar upaya SEO yang diterapkan membawa dampak positif terhadap website/bisnis. Sebut saja seperti peningkatan visibilitas dan trafik, brand awareness, konversi, hingga memperluas jangkauan bisnis.

Apa Saja Tugas SEO Specialist?

Tugas paling umum SEO specialist adalah meriset kata kunci yang sesuai untuk website. Lebih dari itu, profesi ini juga memiliki tugas lain seperti membangun backlink, mengaudit struktur website, dan banyak lagi. Berikut pembahasannya:

  • Riset keyword: Untuk menganalisis dan mengidentifikasi kata kunci yang sering dicari oleh pengguna.
  • Mengaudit arsitektur dan struktur situs web: Untuk meningkatkan peringkat organik dengan meninjau profil backlink, user experience (UX), dan struktur website lainnya.
  • Membangun backlink: Untuk meningkatkan otoritas dan ranking website dengan mendapatkan tautan balik dari situs lain.
  • Meninjau konten situs web: Untuk memastikan apakah konten sudah SEO-friendly atau belum. SEO-friendly yang dimaksud meliputi penempatan kata kunci, tidak keyword stuffing, menambahkan internal dan eksternal linking, dan sebagainya.
  • Mengoptimalkan halaman web: Mengedit tag HTML, alt text, dan sebagainya untuk memudahkan search engine dan pengguna memahami isi konten.
  • Meningkatkan aksesibilitas: Untuk memastikan website dapat diakses dengan mudah, baik oleh pengguna maupun mesin pencari.
  • Memantau perubahan algoritma mesin pencari: Untuk memastikan praktik-praktik SEO yang diterapkan pada website sejalan dengan algoritma terbaik mesin pencari.
  • Membuat laporan SEO web: Untuk mengetahui metrik terkait kemajuan website, seperti peringkat organik, trafik, bounce rate, dan lain sebagainya.

Skill yang Harus Dikuasai SEO Specialist

Setelah memahami apa itu SEO specialist dan tugas-tugasnya, kamu juga perlu mengetahui skill yang harus dikuasai spesialis SEO. Ini mencakup hard skill dan soft skill seperti yang akan dibahas di bawah.

Hard skill untuk SEO Specialist

Berikut beberapa hard skill yang harus dikuasai SEO specialist:

1. Keahlian riset

Spesialis SEO harus mampu melakukan riset yang mendalam terkait kata kunci, tren-tren terbaru, perilaku pengguna, dan kompetitor. Ini melibatkan penggunaan berbagai metode riset untuk mengidentifikasi peluang serta mengembangkan strategi SEO terbaik pada website.

Menurut Hubspot, melakukan riset keyword sangat membantu dalam menemukan target kata kunci sekaligus menentukan kueri yang dicari oleh audiens. Berdasarkan riset tersebut, kamu dapat merancang strategi konten dan pemasaran yang lebih efektif.

Untuk mempermudah riset, kamu bisa menggunakan keyword tools gratis seperti Ahrefs Keyword Generator, Google Keyword Planner, Ubersuggest, dan sebagainya. Tentu terdapat batasan tertentu pada akun gratis, sehingga akan jauh lebih baik lagi jika menggunakan atau meng-upgrade-nya ke versi berbayar.

Baca Juga: 9 Cara Riset Keyword, Bisa Tembus Halaman Pertama Google

2. Kemampuan teknis

Untuk menjalin komunikasi yang efektif dengan developer, SEO specialist harus memiliki pemahaman tentang hal-hal teknis seperti optimasi kecepatan halaman, markup schema, pengalihan sisi server, dan teknis lainnya yang memengaruhi kinerja SEO. Keterampilan mengedit kode HTML, CSS, JavaScript, dan bahasa pemrograman lainnya juga penting dalam memperbaiki masalah teknis yang mungkin ditemukan pada website.

Menurut Webology, hanya 22,9% dari semua pekerjaan SEO yang memerlukan kemampuan teknis sebagai analis SEO. Sedangkan, 77,1% perekrut lebih memilih “ahli strategi SEO” yang cenderung berfokus pada keterampilan non-teknis. Meski begitu, skill-skill teknis seperti yang dijelaskan sebelumnya menjadi nilai lebih yang sangat menguntungkan.

3. Paham SEO tools

Selain keahlian riset dan teknis, SEO specialist juga harus paham tentang berbagai tools SEO. Ini sangat membantu dalam menganalisis data, melacak kinerja kampanye, dan mengidentifikasi bagian-bagian yang perlu diperbaiki.

Selain itu, terdapat beberapa tools dengan fungsi yang sama, namun fitur-fitur di dalamnya mungkin berbeda. Di sinilah peran SEO specialist diperlukan untuk menentukan alat mana yang paling cocok dalam menjalankan praktik SEO.

Menurut Webology, 63,4% perekrut yang meng-hire pekerjaan SEO membutuhkan kandidat yang memiliki pengalaman dengan tools tertentu. Contoh SEO tools paling populer di antaranya adalah SEMrush, Google Search Console, dan Screaming Frog.

Baca Juga: 11 SEO Tools Gratis & Terbaik 2024, Optimasi Website Makin Mudah!

4. Mampu mengaudit situs web

Terakhir, SEO specialist harus mampu mengaudit situs secara menyeluruh untuk mengetahui kinerja SEO. Ini mencakup banyak aspek, mulai dari identifikasi masalah teknis, konten, hingga tautan yang memengaruhi peringkat SEO.

Dengan kemampuan tersebut, seorang spesialis SEO dapat memberikan saran dan menentukan langkah terbaik serta membuat daftar prioritas yang berdampak besar terhadap perkembangan situs. Ini bukan sebatas peningkatan kualitas pada mesin pencari saja, tetapi juga pada orang-orang (user) yang mengunjungi website.

Soft skill untuk SEO Specialist

Berikut beberapa soft skill yang harus dimiliki SEO specialist:

1. Kemampuan analisis data

SEO specialist harus mampu menganalisis sekaligus menafsirkan data yang diperoleh dari upaya-upaya SEO. Ini mencakup banyak hal, termasuk peringkat keyword, trafik, dan perilaku pengguna. Dengan begitu, spesialis SEO dapat membuat keputusan terbaik bagi website berdasarkan temuan dari analisis tersebut.

2. Problem-solving

Kemampuan selanjutnya adalah problem-solving atau pemecahan masalah. Kemampuan ini sangat diperlukan mengingat SEO sendiri melibatkan banyak aspek dinamis, seperti perubahan algoritma, kompetisi, perilaku pengguna, teknologi baru, dan lainnya. Maka dari itu, SEO specialist dituntut untuk selalu berpikir kreatif dalam mencari solusi terutama ketika terjadi perubahan pada aspek-aspek tersebut.

3. Kerja sama tim dan komunikasi

Selain analisis dan pemecahan masalah, penting bagi SEO specialist untuk dapat berkomunikasi dan bekerja sama. Misalnya, bekerja sama dengan tim developer untuk menambahkan fitur-fitur baru, berkomunikasi dengan tim penulis untuk menghasilkan artikel SEO-friendly, atau dengan tim UI/UX untuk menghasilkan desain web yang menarik serta user-friendly.

4. Selalu ingin tahu

Terakhir, soft skill yang harus dimiliki SEO specialist adalah rasa ingin tahu dan keinginan untuk terus belajar. Seperti yang diketahui, SEO tergolong sebagai industri yang kompetitif di mana persaingan akan selalu ada. Oleh karena itu, spesialis SEO mesti “haus” pengetahuan terhadap segala hal tentang SEO untuk meningkatkan keterampilan mereka.

Prospek dan Gaji SEO Specialist

Berkarier sebagai SEO specialist memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Menurut Webology, SEO berkembang pesat melebihi bidang pekerjaan lainnya. Bahkan, ketika seluruh dunia mengalami krisis COVID-19, jumlah lowongan pekerjaan untuk posisi ini tidak terpengaruh sama sekali.

Selain itu, gaji SEO specialist juga cukup tinggi, lho! Menurut Glassdoor, gaji rata-rata spesialis SEO di Indonesia adalah sekitar Rp6,3 juta per bulan. Ini belum termasuk komisi, tips, dan tunjangan lainnya yang jika dijumlahkan estimasi penghasilan per bulannya bisa mencapai Rp30,9 juta. Sangat menggiurkan, bukan?

gaji seo specialist di indonesia

Langkah-Langkah Menjadi SEO Specialist

Setelah memahami apa itu SEO specialist, tugas, prospek kerja dan gajinya, kamu tentu penasaran bagaimana cara menjadi SEO specialist. Secara umum, ada tiga langkah utama yang perlu ditempuh untuk berkarier di bidang ini, di antaranya sebagai berikut:

1. Pahami apa itu SEO

Pertama, penting untuk memahami apa itu SEO (Search Engine Optimization). SEO adalah upaya-upaya untuk mengoptimalkan peringkat website di halaman hasil mesin pencari (SERP), yang pada gilirannya dapat meningkatkan visibilitas situs. Ini dilakukan dengan cara memenuhi kebutuhan pengguna serta memberikan pengalaman terbaik berupa konten yang relevan dan berkualitas.

Jika dikaji lebih luas, SEO terbagi menjadi empat kategori, antara lain:

  • SEO on-page: Optimasi elemen-elemen dalam website seperti judul, deskripsi, tag header, penempatan kata kunci, dan sebagainya.
  • SEO off-page: Optimasi faktor-faktor eksternal web seperti backlink, social media marketing, dan lain-lain.
  • Local SEO: Optimasi SEO untuk target daerah tertentu. Contohnya mendaftarkan website/bisnis di Google Maps, mencantumkan NAP (name, address, phone), dan sebagainya.
  • Technical SEO: Optimasi elemen-elemen backend seperti website responsive, kecepatan, keamanan, dan banyak lagi.

2. Ikuti kursus SEO

Untuk memperoleh pengetahuan SEO dengan cepat, kamu bisa mengikuti kursus yang tersedia secara online ataupun offline. Melalui kursus, ada banyak hal yang dapat dipelajari, mulai dari pengetahuan dasar SEO hingga topik-topik rinci seperti riset kata kunci, analisis data, algoritma, dan sebagainya.

Setelah menyelesaikan kursus, kamu biasanya akan memperoleh sertifikat yang berguna ketika melamar kerja. Berdasarkan data dari Webology, 64,3% pekerja SEO tidak memerlukan gelar apa pun, 28,7% memerlukan gelar sarjana, dan 7% yang memerlukan gelar master. Ini menunjukkan bahwa siapa pun dapat menjadi SEO specialist tanpa memandang latar belakang pendidikan asalkan memiliki kompetensi.

Namun, menurut Teal Labs, ada beberapa jurusan kuliah yang paling cocok untuk SEO jika berencana menempuh jalur formal. Di antaranya yaitu jurusan ilmu komputer, IT, marketing, ilmu kepenulisan, statistik, dan ilmu komunikasi.

3. Mulai belajar sembari praktik

Setelah memahami dasar-dasar SEO dan mengikuti kursus, mulailah belajar secara otodidak sembari praktik agar apa yang telah dipelajari bukan sebatas teori saja. Kamu dapat memulainya pada website sendiri dengan topik yang paling disukai sehingga lebih nyaman dalam pembuatan kontennya.

Untuk urusan hosting, kamu bisa gunakan layanan dari Dewaweb. Hanya dengan Rp30 ribu per bulan, kamu dapat menikmati paket hosting murah berkualitas yang di dalamnya sudah include RankMath Pro tanpa biaya tambahan alias GRATIS.

Baca Juga: Apa itu RankMath? Ini Pengertian, Fitur, & Menu yang Dimilikinya

Terlepas dari itu, belajar SEO ternyata tidak sesingkat yang dipikirkan banyak orang. Menurut bka content, belajar dasar-dasar SEO memang bisa dilakukan hanya dalam beberapa saja. Namun, untuk menguasai SEO dengan lancar setidaknya memakan waktu 6-12 bulan.

Tertarik Jadi SEO Specialist?

SEO specialist adalah profesi yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam meningkatkan peringkat website di mesin pencari. Tujuannya untuk meningkatkan visibilitas situs atau bisnis serta meningkatkan trafik organik. Semua itu dilakukan dengan menerapkan praktik-praktik optimasi seperti riset keyword, audit website, membangun backlink, dan banyak lagi.

Dengan prospek dan gaji yang menggiurkan, apakah kamu tertarik menjadi seorang SEO specialist? Jika iya, jangan lupa pastikan sisi server website-mu aman dan cepat sehingga mampu mendukung praktik SEO yang dijalankan.

Untungnya, Dewaweb menyediakan cloud hosting andal yang mampu mendongkrak performa hingga 40x lebih cepat menggunakan web server LiteSpeed Enterprise. Selain itu, data website-mu dijamin aman karena Dewaweb dibekali fitur keamanan lengkap, mulai dari Premium Anti DDoS Protection, Imunify360 WAF, SSL Grade A, dan sudah tersertifikasi ISO 27001 untuk menjaga keamanan informasi sesuai standar prosedur keamanan kelas dunia. Yuk, beli hosting Dewaweb sekarang!