Mengenal Struktur Navigasi Web, Jenis-Jenis, dan Tips Membuatnya

Mengenal Struktur Navigasi Web, Jenis-Jenis, dan Tips Membuatnya

Pernahkah kamu menemui website menarik tetapi kesulitan mencari halaman tertentu? Alih-alih membuang waktu, kebanyakan orang lebih memilih meninggalkan situs tersebut dan mencari alternatif lain. Struktur navigasi web berperan penting sebagai penunjang kenyamanan pengguna.

Bounce rate website bisa terus membesar bila pengunjung sulit menemukan halaman yang mereka cari. Bukan itu saja, tidak menutup kemungkinan website dicap kurang baik di mata search engine. Oleh karena itu, kamu dapat berkonsultasi dengan UI/UX designer guna mengatasi struktur navigasi yang buruk.

Lantas, apa itu navigasi web? Apa manfaat dan tips membuatnya? Tenang saja, di artikel ini Dewaweb akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut secara lengkap. Simak sampai selesai, ya!

Baca Juga: 10 Kesalahan dalam Membuat Desain Website yang Perlu Dihindari

Apa itu Struktur Navigasi Web?

Struktur navigasi web adalah bagian dari desain website untuk memudahkan pengunjung mengakses halaman-halaman yang ada di website tersebut. Navigasi web biasanya berupa menu berisi link yang mengarah ke page lain. Dengan navigasi yang baik, memungkinkan pengunjung masuk ke halaman yang mereka inginkan secara cepat dan mudah.

Teknologi yang digunakan navigasi web disebut dengan hyperlink dan hypertext. Sesuai namanya, hyperlink merupakan tautan yang mengarahkan pengguna pada URL tertentu. Sementara hypertext adalah teks yang memuat hyperlink untuk menghubungkan website dengan halaman.

Adapun istilah lain yang perlu kamu ketahui, yaitu internal link dan external link. Internal link mengarahkan pengunjung ke halaman tertentu di lingkup domain yang sama. Sedangkan external link mengarahkan pengguna ke luar website atau domain, termasuk halaman dan server web terpisah. Nah, navigasi web menggunakan internal link untuk mengarahkan pengguna ke halaman lain di domain atau website yang sama.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Website Pertamamu (Tanpa Koding!)

Jenis-Jenis Struktur Navigasi Web

Struktur navigasi web memiliki berbagai jenis, diantaranya yaitu:

Struktur navigasi global

Struktur navigasi jenis ini memiliki menu dan link yang dibuat sama persis di semua halaman, termasuk tata letaknya. Desain struktur navigasi global umumnya cukup sederhana sehingga membantu pengguna ketika ingin mengakses halaman seperti kontak, layanan, beranda, dan lain sebagainya. Desain yang tidak terlalu rumit menjadikan menu navigasi jenis ini banyak digunakan pemilik website.

Contoh struktur navigasi global bisa kamu lihat di header situs Dewaweb.

contoh struktur navigasi global header

Struktur navigasi hirarki

Struktur navigasi hirarki merupakan jenis navigasi web yang sering digunakan oleh situs portal berita. Menu yang disajikan dibuat berbeda pada setiap halaman yang dibuka. Contoh navigasi hirarki bisa kamu temui di website berita seperti The New York Times.

Menu yang ditampilkan di halaman beranda berisi link yang diarahkan ke kategori tertentu. Tetapi, ketika kamu klik salah satu kategori maka menu navigasinya pun berubah menjadi sub-kategori.

contoh struktur navigasi hirarki

Misalnya, di halaman Sports menunya menampilkan tautan ke sub-kategori lain seperti College Football, Soccer, Golf, dan Tennis.contoh struktur navigasi hirarki

Struktur navigasi linier

Berbeda dengan jenis lainnya, di navigasi web linier kamu tidak akan menemukan baris menu layaknya navigasi global dan hirarki. Di setiap halaman hanya terdapat satu menu berisi link yang mengarahkan pengunjung ke page berikutnya. Struktur navigasi linier benar-benar simpel karena hanya menyajikan satu menu saja. Ibarat sebuah buku, website dengan navigasi jenis ini tiap halamannya harus dibaca secara berurutan.

Struktur navigasi lokal

Struktur navigasi lokal juga berbeda dengan navigasi hirarki dan global. Internal link tidak ditautkan di baris header, melainkan pada isi konten halaman. Jenis navigasi satu ini sering digunakan di website informasi umum, majalah, dan blog. Internal link yang disematkan bertujuan untuk mengarahkan pengguna ke halaman lain terkait.

Contoh struktur navigasi web lokal bisa kamu temukan di beberapa postingan blog Dewaweb. Internal link disematkan di tengah-tengah isi konten dan diarahkan ke artikel lain yang topiknya relevan.

struktur navigasi lokal

Struktur navigasi campuran

Jenis yang terakhir adalah struktur navigasi campuran, dimana navigasi web ini tidak memiliki aturan dan dibuat sesuka hati. Kamu selaku pemilik website bebas menentukan kemana link akan diarahkan, termasuk desain dan tata letaknya. Bisa dikatakan juga bahwa navigasi campuran adalah gabungan dari beberapa struktur navigasi web yang telah disebutkan sebelumnya.

Baca Juga: Navigasi dan Cara Instal Aplikasi dari Marketplace Dewacloud

Manfaat Struktur Navigasi Web

Penggunaan struktur navigasi web bukan hanya bermanfaat untuk pengguna saja. Terdapat sejumlah keuntungan yang bisa diperoleh untuk website itu sendiri. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Bagus untuk SEO

Internal link membuat suatu halaman lebih mudah ditemukan oleh mesin telusur seperti Google. Terlebih jika jumlahnya cukup banyak, Google akan menganggap bahwa halaman tersebut cukup penting. Selain itu, kualitas internal link juga berpengaruh terutama jika berasal dari halaman yang telah memiliki ranking SERP.

User experience mengalami kenaikan

User experience menjadi salah satu indikator SEO yang cukup penting. Pasalnya, hal ini berkaitan dengan CTR, bounce rate, dan average time duration. Jika user experience atau UX website dinilai kurang baik, segera benahi dan perbaiki.

Durasi kunjungan meningkat

Adanya referensi dan related post berfungsi meningkatkan potensi durasi kunjungan. Selain itu, halaman yang sering dikunjungi akan lebih mudah ditemukan oleh pengunjung dan direkomendasikan search engine.

Crawling lebih cepat

Jika kamu memiliki halaman yang telah terindeks, kamu dapat menambahkan internal link dari page lain. Hal ini memungkinkan robot crawler Google merayapi halaman baru agar lebih cepat terindeks.

Baca Juga: Web Crawler: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Tips Membuat Struktur Navigasi Web

Berikut ini adalah beberapa tips membuat struktur navigasi web:

Buat rancangan dasar

Sebelum membangun sebuah website, kamu tentu sudah membuat rancangan dasar seperti menu dan sub-menu yang akan ditampilkan. Sebaiknya hindari penggunaan menu berlebihan karena cenderung membuat pengguna bingung. Jika sudah disiapkan, selanjutnya kamu hanya perlu memilih jenis struktur navigasi mana yang paling cocok dengan website.

Letakkan menu navigasi di tempat yang strategis

Selanjutnya kamu perlu meletakkan menu navigasi di tempat yang strategis. Perlu diketahui bahwa pembuatan navigasi lebih mengedepankan kemudahan daripada kebebasan kreativitas. Oleh sebab itu, letakkan menu di tempat yang familiar bagi kebanyakan pengguna internet.

Gunakan menu navigasi yang responsif

Menggunakan menu yang responsif berfungsi untuk membuat pengunjung betah dan tertarik dengan halaman website. Menu navigasi yang menarik tentu jauh lebih baik dibandingkan tampilan menu monoton. Kebanyakan orang saat ini lebih menyukai segala hal yang cepat, instan, dan mudah.

Manfaatkan breadcrumbs

Jika website memiliki banyak halaman dan kategori halaman, sebaiknya kamu manfaatkan breadcrumbs. Fitur ini memungkinkan pengguna mengetahui posisi mereka ketika berkunjung ke suatu halaman. Untuk menggunakan breadcrumbs, kamu harus memakai tema yang sudah mendukung fitur tersebut.

Gunakan taksonomi

Tujuan penggunaan taksonomi adalah untuk mengelompokkan konten atau halaman dalam satu kategori. Taksonomi atau lebih dikenal dengan sebutan tag akan membantu pengunjung mengakses konten dan halaman yang relevan dengan topik terkait.

Baca Juga: 12 Cara Maintenance Website dengan Benar, Lengkap!

Sudah Tahu yang Dimaksud Struktur Navigasi Web?

Dari penjelasan di atas kamu tentu sedikit mengerti apa itu navigasi web, mulai dari jenis, manfaat, hingga tips membuatnya. Struktur navigasi web adalah bagian penting dari desain website yang kehadirannya berfungsi untuk memudahkan pengunjung mengakses halaman lain. Navigasi web yang baik memberikan sejumlah manfaat, termasuk meningkatkan kualitas SEO dan durasi kunjungan website. Semoga bermanfaat dan salam sukses online, ya!