Mengenal Twitch Platform Live Streaming Terpopuler

Tahukah kamu apa itu Twitch? Ini adalah sebuah platform live streaming video milik Twitch Interactive, anak perusahaan Amazon.com. Dibeli Amazon pada tahun 2014 lalu dengan harga cukup fantastis, yakni 970 USD atau setara Rp3,66 triliun. Situs ini sangat populer di kalangan gamer karena berfokus pada video game live streaming. Penasaran dengan informasi lengkapnya? Cek artikel berikut ini!

Semakin berkembang di bawah naungan Amazon

Sebelum berkembang sebagai platform Live Streaming terpopuler seperti saat ini, Twitch lebih dulu dikenal sebagai bagian dari Justin.tv. Baru di tahun 2014 perusahaan ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Statistik menunjukkan angka yang luar biasa. Platform ini telah mempunyai 140 juta unique visitor per bulan. Dengan 15 juta pengguna aktif setiap harinya.

Menariknya, dari 15 juta pengguna aktif tersebut, statistik menunjukkan bahwa nyaris setengahnya menghabiskan waktu sekitar 20 jam. Twitch juga telah mempunyai 2,2 juta brodcasters per bulan, dengan 35% di antaranya menyaksikan tayangan melalui mobile phone. Dilihat dari sisi konten, jumlah menit game yang telah mengudara bahkan mencapai angka 241 miliar, sejalan dengan jumlah orang yang menonton bersamaan (current count), yaitu 622 ribu orang.

Perkenalkan kategori baru bertajuk IRL

Situs yang cukup berkontribusi terhadap munculnya tren live streaming ini merasa sudah saatnya untuk membuka pintu live streaming bagi semua orang. Keinginan tersebut diwujudkan dengan hadirnya kategori baru bertajuk IRL yang diperkenalkan pada bulan Maret 2017 lalu. IRL yang merupakan singkatan ‘In Real Life’ hadir sebagai kategori yang mengemas semua video non-gaming.

Melalui saluran IRL ini, Twitch memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming video apa saja. Saluran yang biasanya berada di 10 besar saluran paling banyak ditonton ini menghadirkan IRL sebagai kategori terbaru setelah sebelumnya meluncurkan kategori non-gameCreative” yang ditujukan bagi komunitas yang menampilkan penciptaan karya seni dan karya kreatif di 2015, dan ”Social eating” yang terinspirasi dari fenomena Muk-bang Korea pada tahun 2016.

Salah satu streaming video yang populer digunakan oleh pengguna IRL adalah vlogging harian, baik yang dilakukan secara langsung (live) ataupun direkam terlebih dahulu. Pada dasarnya, Twitch berkeinginan agar komunitas penggunanya tak hanya aktif saat berada di depan monitor dan keyboard saja, namun juga dimanapun mereka berada. Kategori IRL yang ditambahkan ini membuat platform ini bersaing dengan Facebook Live dan Periscope.

Sukses dan populer lewat Twitch

Twitch menarik tak hanya karena memberikan streamer kesempatan mempunyai satu kanal yang khusus didedikasikan untuk dirinya, namun juga karena bisa sukses dan populer karenanya. Tak percaya? Gamer bernama Tyler ‘Ninja’ Blevins sukses memiliki pendapatan miliaran rupiah per bulan dari Twitch.

Blevins yang sempat melakoni pekerjaan sebagai gamer konvensional beralih menggunakan Twitch untuk menampilkan keahlian gaming-nya. Pendapatan utamanya berasal dari permainan Fortnite yang ia tampilan live streaming melalui platform ini. Berkat kesuksesan dan kepopulerannya, Blevins bahkan menjadi gamer pertama yang menjadi model di halaman depan ESPN the Magazine, membuatnya setara dengan atlet olahraga dunia seperti Kobe Bryant dan Muhammad Ali.

 

Itulah informasi mengenai Twitch, platform live streaming terpopuler saat ini. Bagi kamu yang ingin membagikan konten-konten menarik, bisa jadi ini saat yang tepat bagimu untuk menggunakan aplikasi live streaming canggih ini. Semoga bermanfaat!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia