Mengenal Versi Windows Server 2008 R2

Mengenal Versi Windows Server 2008 R2

Bagi kamu pengguna Cloud Server Indonesia (VPS) berikut adalah informasi perihal versi Windows Server 2008 R2 bagi kamu pengguna atau baru berencana menggunakan VPS.

Artikel ini akan membantumu mengetahui lebih banyak tentang Windows versi 2008 R2. Yuk, langsung simak!

Baca Juga: Jenis VPS untuk Membangun Website Terbaik, Apa Saja?

Windows Server

Windows Server adalah suatu brand sistem operasi server yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa Microsoft Corporation yang mendukung manajemen tingkat enterprise, penyimpanan data, aplikasi, dan komunikasi. Sistem operasi ini berperan sebagai server atau data center yang berperan dalam pengelolaan jaringan server.

Sistem operasi server ini pertama kali dirilis pada 24 April 2003, yaitu Server 2003. Berikut ini beberapa edisi dari software sistem operasi server milik Windows dari awal hingga sampai saat ini.

  • Server 2003
  • Server 2003 R2
  • Server 2008
  • Server 2008 R2 (akan dibahas di artikel ini)
  • Server 2012
  • Server 2012 R2
  • Server 2016
  • Server 2019

Adapun fungsi utama dari sistem operasi server ini adalah untuk mengatur dan mengelola konfigurasi server dari perangkat server yang terhubung ke jaringan komputer.

Berikut ini adalah beberapa fungsi lainnya yang dimiliki:

  1. Membantu melakukan banyak layanan dalam pengoperasian sebuah sistem operasi berdasarkan server penyimpanan.
  2. Support terhadap server yang terbaru dalam hal konfigurasi hardware, software, dan layanan.
  3. Membantu mengelola serta mengontrol klien dan sistem operasi yang terhubung ke jaringan untuk mendukung jaringan.
  4. Membantu menyediakan jaringan bersama yang dapat memudahkan user (penjaga keamanan atau administrator) dengan berbagai proses, seperti misalnya proses manajemen
  5. Memberikan izin pengguna untuk mengakses serta mengelola server melalui antarmuka (user interface) atau CLI (koneksi internet).

Baca Juga: 7 Jenis Sistem Operasi Komputer selain Windows, Mac, dan Linux

Windows Server 2008 Mendukung Sistem Klien dengan Windows Vista

Sebelum versi 2008 R2, hadir lebih dahulu yakni Windows versi 2008. Sistem operasi yang dirilis oleh Microsoft ini adalah hasil pengembangan dari Windows versi 2003. Sebelumnya sempat dinamakan “Longhorn” namun kemudian dibatalkan.

Windows server 2008 mendukung sistem klien dengan versi Windows Vista yang mana mirip seperti halnya pada Windows versi 2003 dan juga Windows XP. Versi beta pertama dari sistem Windows versi 2008 diperkenalkan sejak 2005 silam.

Dua tahun kemudian, Microsoft meluncurkan versi beta ke-3 yang mana terdapat banyak pembaruan (update) daripada Beta versi sebelumnya. Setelah melakukan banyak perbaikan, sistem operasi Windows versi 2008 kemudian resmi diluncurkan dan dirancang menggunakan kode yang sama selayaknya Windows Vista.

Bahkan, hampir sebagian besar teknis yang dimiliki sistem operasi versi 2008 juga dimiliki oleh Windows Vista. Hanya saja, versi 2008 bisa dikatakan lebih baik karena telah dilakukan banyak perbaikan misalnya proses instalasi yang lebih mudah, pencatatan dan diagnosa yang lebih baik, dan keamanan yang jauh lebih andal.

Windows Server 2008 R2

Windows 2008 R2 adalah sistem operasi khusus untuk sebuah server buatan Microsoft yang diluncurkan pada tanggal 22 Juli 2009 dan baru bisa digunakan secara umum mulai tanggal 22 Oktober 2009. bersamaan dengan rilisnya Windows 7. Windows 2008 R2 merupakan versi kedua dan pengembangan dari versi sebelumnya, yakni versi 2008.

Adapun Windows 2008 R2 memiliki fitur antara lain Clustering, BitLocker drive encryption, multipath I/O, WINS, SAN Management, dan Removable Storage Management.

JIka ingin meng-install-nya, kamu memerlukan spesifikasi perangkat seperti berikut:

  • Prosesor 1,4 GHz x86 / 64
  • RAM 512 MB (disarankan 2GB)
  • Layar Super VGA
  • Ruang disk 32 GB

Sebagai informasi, versi server 2008 R2 ini hanya tersedia untuk platform 64-bit. Namun demikian, jika aplikasimu berbasis arsitektur 32-bit masih tetap dapat berjalan di sistem operasi ini.

Baca Juga: Mengenal Linux: Sistem Operasi Open Source dan Gratis

Perbandingan versi Windows Server 2008 R2

Berikut ini adalah perbandingan beberapa versi dari Windows 2008 R2:

1. Standard Edition R2

Windows 2008 R2 Standard hanya tersedia versi 64-bit. Mendukung penggunaan maksimal 4 CPU dan 32 GB RAM. Windows versi Standard Edition ini sangat cocok untuk layanan web, DNS, remote access, dan aplikasi layanan lainnya.

Baca Juga: Cara Install Webuzo Untuk VPS

2. Enterprise Edition R2

Selanjutnya adalah versi Enterprise Edition R2 yang menyediakan fungsionalitas dan skalabilitas lebih besar dari Standard Edition. Versi Enterprise Edition R2 ini tersedia untuk versi 64-bit serta mendukung penggunaan hingga 8 CPU dan 2 TB RAM.

Enterprise Edition R2 memiliki kemampuan virtualization dan mobility untuk pengguna perangkat mobile dan juga mendukung penghematan energi dan manajemen server yang lebih mudah.

Baca Juga: Cara Instalasi dan Setup PHP, WebServer CWP di VPS CentOS

3. Datacenter Edition R2

Versi Datacenter Edition mewakili tingkatan paling “atas” dari Windows 2008 dan ditargetkan untuk perusahaan yang membutuhkan stabilitas dan uptime maksimal. Versi ini ditujukan untuk kelas enterprise.

Datacenter Edition mendukung virtualisasi dengan intensitas tinggi, cocok digunakan untuk aplikasi yang tergolong “Mission Critical”, serta memerlukan tingkat high availability yang tinggi. Versi ini tersedia hanya dalam versi 64-bit dan mendukung hingga 2 TB RAM, dengan minimal 8 prosesor serta maksimal 64 prosesor.

Baca Juga: Panduan Lengkap VPS Hosting Indonesia

4. Windows Web Server 2008 R2

Sistem operasi jenis ini pada dasarnya adalah versi Windows 2008 R2 yang dirancang khusus dan utama untuk memberikan layanan web. Termasuk di dalamnya Internet Information Services (IIS) 7.0 bersama dengan layanan yang terkait seperti protokol SMTP dan Telnet. Versi ini tersedia dalam versi 64-bit yang hanya mendukung hingga 4 prosesor. RAM-nya dibatasi hingga 32 GB.

Baca Juga: Perbedaan Linux VS Windows, Sistem Operasi Mana Pilihanmu?

Simpulan

Demikian artikel ini. Semoga bisa membantumu memilih versi sistem operasi server jenis 2008 R2 yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan lupa juga untuk selalu memilih VPS Windows Indonesia yang terpercaya di Dewaweb, ya!

Kamu juga bisa membaca kumpulan artikel informatif lainnya di blog Dewaweb, mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks. Salam sukses online!