Categories: Business

Mengenal William Tanuwijaya, Pendiri Tokopedia

Kalimat “Usaha Keras Tidak Akan Mengkhianati Hasil” nampaknya pantas disematkan kepada William Tanuwijaya, pendiri Tokopedia, marketplace asal Indonesia yang bisa mendominasi pasar sekaligus menyediakan platform dengan kualitas terbaik untuk para pelaku bisnis dalam memasarkan produk mereka.

Ketika semua orang sudah tahu, bahkan sudah pernah memakai Tokopedia, mereka tidak tahu bagaimana kerasnya jalan yang harus dilalui William dari mencari ilmu, merantau hingga menjadi pendiri Tokopedia yang tentunya bukan usaha yang mudah. Banyak masalah yang harus dilalui William hingga akhirnya dia bisa menjadi salah satu CEO terbaik yang memimpin perusahaan sebesar itu.

Tumbuh di Pulau Sumatera

William Tanuwjiaya lahir pada tanggal 11 November 1981 di Pematangsiantara, Sumatera Utara. Dari lahir hingga lulus SMA, William melakukan itu semua di sana. Walau tumbuh di keluarga dengan ekonomi yang pas-pasan dan perlu perjuangan keras untuk menyekolahkan anaknya, orang tua William ingin memberikan yang terbaik untuknya.

Hal itu dibuktikan dengan ayah William yang memintanya merantau ke Jakarta demi melanjutkan kuliah di sana. Dengan mantap, William menerima tawaran itu dan dia memulai perjalanannya ke Jakarta, tapi tidak dengan menunggukan transportasi pesawat terbang, melainkan kapal laut.

Perjalanan selama empat hari dia tempuh agar bisa sampai di Jakarta. Pelabuhan Tanjung Priok menjadi saksi bisu langkah pertama William dalam mencari ilmu sekaligus membangun kariernya kelak. Dan Universitas Bina Nusantara menjadi wadah untuk William dalam menyerap ilmu yang berguna untuknya.

Berkembang di Ibu Kota

Memasuki tahun kedua perkuliahannya, William harus mendapatkan kabar buruk. Ayahnya, yang meminta dia secara khusus untuk merantau ke Jakarta, jatuh sakit. Demi menyambung hidup di Jakarta, William akhirnya bekerja sebagai penjaga warnet shift malam yang lokasinya dekat dengan kampusnya. Di sanalah William merasakan akses internet secara besar-besaran karena dia bisa memakainya sepanjang waktu. Kecintaan terhadap dunia digital muncul dengan sendirinya.

Melihat bagaimana kesuksesan Google membuat William terinspirasi untuk mendapatkan pengalaman yang sama dan ambisi yang sama: membuka usaha berbasis internet. Namun dia tidak menjalankan hal itu langsung setelah lulus kuliah pada tahun 2003. Sebelumnya, William melanglang buana di beberapa perusahaan pengembang software hingga industri game untuk mencicipi kerasnya pekerjaan yang nantinya akan dia hadapi ketika membuka usaha sendiri.

Tahun 2007, William sudah mantap untuk membuka Tokopedia. Bahkan dia meminta bantuan temannya, Leontinus Alpha Edison, untuk bekerja sama dengannya dalam membangun Tokopedia. Tapi kesulitan kembali dia dapatkan. Selama dua tahun, William keliling ke banyak pemodal untuk mencari suntikan dana bagi Tokopedia, sayangnya dia selalu ditolak.

Untungnya, tahun 2009, ada pemodal yang mempercayai William sekaligus Tokopedia. Kucuran dana pun datang dan William berhasil membuka usaha yang akan membuat namanya terbang tinggi hingga ke langit ke tujuh.

Berdiri sebagai sosok membanggakan

Tokopedia dibentuk untuk menjadi tempat berkumpulnya para penjual untuk memasarkan barang mereka sekaligus menjadi tempat berkumpulnya para pembeli yang membutuhkan barang-barang tertentu. Itu adalah misi pertama dari Tokopedia. Dan perlu waktu hingga 5 tahun hingga akhirnya Tokopedia mendapatkan apa yang mereka inginkan yaitu kepercayaan dari para konsumen serta kepercayaan dari para pemodal.

Tahun 2014, Tokopedia mendapatkan suntikan dana sebesar $100 juta dari Softbank Internet and Media dan Sequoia Capital. Dana besar itu menjadi titik balik dari Tokopedia setelah sukses promosi dan branding secara masif. Kualitas pun ditingkatkan pula. Hasilnya pada tahun 2016, William mendapatkan pengakuan dari berbagai media ekonomi. Ia mendapatkan suntikan dana besar lagi dari Alibaba Group.

Memasuki tahun 2019, Tokopedia telah berhasil merasuk ke dalam top of mind masyarakat Indonesia dan William sang pendiri tokopedia juga berdiri sebagai sosok yang membanggakan keluarganya karena berkat hasil kerja keras, usaha dari orang tua dan tekad yang bulat, dia sukses menjadi pendiri website marketplace asal Indonesia yang mendapatkan pengakuan dunia.



Dewaweb Team

Share
Published by
Dewaweb Team
Tags: Tokopedia William Tanuwjiaya

Recent Posts

  • Content Marketing
  • Digital Marketing

Kamu Wajib Paham! Inilah Bedanya Copyright, Trademark, dan Patent

Copyright adalah hal penting dalam dunia bisnis yang harus diperhatikan agar bisnis berjalan lancar dan bisa mendapatkan keuntungan yang pantas.…

7 hours ago
  • Business
  • Online Business

Inilah Bedanya Investasi Saham dengan Trading Saham

Investasi menjadi kata yang sering didengar pada beberapa waktu terakhir hingga detik ini. Hal ini dikarenakan terbukanya jalan lebar di…

1 day ago
  • Digital Marketing
  • Tips & Tricks

Android vs iOS: Mana yang Lebih Sesuai dengan Kebutuhan Kamu?

Bidang smartphone telah cukup kacau selama dekade terakhir. Menyusul rilis iPhone asli pada tahun 2007, pasar menjadi berantakan. Banyak perusahaan…

2 days ago
  • News & Releases

3 Rekomendasi Anime Terbaik di 2019 yang Wajib Kamu Tonton

Tidak lengkap rasanya bila kamu menghabiskan tahun 2019 ini tanpa menyaksikan anime terbaik. Bagi pecinta anime, kamu patut berbahagia karena…

3 days ago
  • Content Marketing
  • Digital Marketing

6 Rekomendasi Aplikasi untuk Mengedit Foto di Android dan IOS

Aplikasi untuk mengedit foto saat ini tidak hanya dibutuhkan bagi para penggiat fotografi. Kamu yang ingin mendapat banyak likes dan…

4 days ago
  • Digital Marketing
  • Email Marketing

Cara Membuat Signature di Gmail, Outlook, dan Yahoo

Keberadaan signature pada email akan membuat pesan Anda terlihat memiliki ciri tersendiri dan lebih terkesan profesional. Sayangnya, meski mafaatnya begitu…

5 days ago