Mengubah Bahasa Moodle menjadi Bahasa Indonesia featured image

Mengubah Bahasa Moodle menjadi Bahasa Indonesia

Demi mempertahankan keberlangsungan pendidikan di Indonesia, saat ini pemerintah sedang menggalakkan pemanfaatan e-learning untuk kebutuhan belajar online, salah satunya menggunakan Moodle. Sayangnya, bahasa default Moodle adalah Bahasa Inggris yang tidak dimengerti oleh semua orang. Di artikel ini, kita akan mempelajari cara mengubah Bahasa Moodle menjadi Bahasa Indonesia.

Agar dapat memenuhi kebutuhan e-learning, sebagian orang memilih penyedia layanan seperti Google Classroom karena tidak ingin repot. Padahal sebenarnya, ada lebih banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh dengan menggunakan Learning Management System (LMS) seperti Moodle. Selain itu, kamu juga bisa melakukan kustomisasi LMS sesuai kebutuhanmu.

e-Learning

e-Learning adalah suatu teknik pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dalam prosesnya. Konsep ini diharapkan dapat menunjang proses pembelajaran tanpa terhalang oleh jarak. Namun, tentu saja daerah yang ingin menggunakan e-learning harus memiliki koneksi internet dan perangkat yang memadai.

Moodle

Moodle adalah salah satu CMS (Content Management System) yang digunakan sebagai media pembelajaran online, alias e-learning. Ada dua dashboard yang digunakan di Moodle, yaitu dashboard untuk Pengajar (guru atau dosen) dan Murid. Melalui LMS Moodle, pengajar bisa menambahkan kelas online, membuat kuis, forum, atau assignment untuk siswa.

Moodle juga berbasis open-source, yang artinya siapa saja bisa menggunakan dan memodifikasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Kamu sendiri pun bisa mengembangkan e-learning sendiri tanpa perlu repot-repot merekrut developer, mengingat biayanya terkadang cukup mahal. Caranya, kamu bisa memanfaatkan hosting dan domain dengan harga bersaing yang tersedia di Dewaweb.

Baca Juga: Panduan Moodle untuk Pemula

Persiapan

Ada beberapa hal yang perlu disiapkan untuk mengubah bahasa Moodle:

  1. Memiliki akun hosting atau VPS yang aktif.
  2. LMS Moodle sudah terinstal. Jika belum, kamu bisa menghubungi Ninja Support Dewaweb kapan saja melalui helpdesk (ticket support), live chat, atau telepon.

Baca Juga: Cara Instalasi Moodle di cPanel Hosting

Mengubah Bahasa Moodle menjadi Bahasa Indonesia

Login ke sebagai Administrator

Login ke website Moodle kamu sebagai Administrator.

Instal Language Packs

Setelah men-download plugin, instal plugin tersebut melalui, klik menu Site Administration -> Language-> Language Packs.

Pada Available Language Packs, pilih bahasa yang kamu ingin instal, yaitu Bahasa Indonesia (id), lalu klik Install Selected Language Pack(s).

Language Settings

Setelah itu, kembali ke Site Administration -> Language -> Language Settings.

Ubah bahasa default dengan bahasa yang sebelumnya sudah kamu instal, yaitu Indonesian (id). Lalu hilangkan tanda centang pada “Language auto detect”, “Display language menu”, “Cache language menu”, dan “Cache all language strings”. Kemudian klik Save Changes.

Mengubah Bahasa pada User Moodle

Mengubah bahasa di Moodle juga perlu dilakukan pada masing-masing profil. Setelah login, klik pojok kanan atas -> Preferences -> Preferred Language -> pilih Indonesian (id) -> Save Changes.

Nantinya, ini akan mengubah bahasa pengguna Moodle menjadi Bahasa Indonesia.

mengubah bahasa moodle menjadi bahasa indonesia berhasil

Tampilan di atas menunjukkan bahwa mengubah bahasa di Moodle menjadi Bahasa Indonesia telah berhasil.

Baca Juga: Cara Install Moodle di VPS CentOS 7 – [Update 2020]

Simpulan

Jika ingin menjajal bahasa lain selain Inggris dan Indonesia, kamu bisa mengubah sendiri di Moodle melalui Language Packs. Namun, jika ingin melakukan migrasi hosting agar kamu bisa menikmati bantuan dari Ninja Support 24/7 Dewaweb, kamu bisa menghubungi Dewaweb.

Selain itu, kamu bisa juga mengambil paket khusus cloud hosting untuk CBT dan e-learning agar semua konfigurasi dan keamanan server dikelola oleh Dewaweb. Jadi, kamu tak perlu repot mengurus hal-hal teknis dan cukup fokus dengan penggunaan Moodle.

Tenang, aplikasi Moodle milikmu akan disimpan di data center terbaik di Indonesia (Equinix DCI) dengan kapasitas unlimited bandwidth dan konfigurasi cloud server yang sudah dioptimalkan sehingga bisa menangani ribuan siswa yang login sekaligus. Segera klik tautan kirimkan tiket agar bisa mendapatkan harga terbaik khusus untukmu.

Demikian artikel tentang cara mengubah bahasa Moodle menjadi Bahasa Indonesia ini, jangan sungkan untuk meninggalkan ide-ide topik yang ingin kamu baca di blog Dewaweb. Semoga artikel ini membantu!