dewaweb-blog-terima-pembayaran-dengan-mudah-menggunakan-payment-gateaway

Payment gateway di Indonesia memang berkembang sangat pesat seiring perkembangan teknologi internet dan tentunya antusias para penggunanya, termasuk bagaimana masyarakat jadi suka berbelanja online dan berjualan di toko online. Mungkin Anda juga merupakan salah satu pihak yang tertarik untuk menggunakan jasa dari payment gateway ini. Tapi apakah Anda benar-benar telah memahami cara kerjanya? Bagaimana dengan MidTrans sebagai payment gateway, apa yang membuatnya layak dicoba?

Baca dahulu:

Memahami Payment Gateway

Jika sudah, mari kita kenali salah satu penyedia jada payment gateway populer di Indonesia yang berikut ini!

Apa itu MidTrans?

MidTrans adalah salah satu layanan payment gateway yang ada di Indonesia. Teknologi dari MidTrans ini bisa menjadi salah satu cara untuk memajukan bisnis Anda. Caranya adalah dengan pengembangan teknologi yang memfasilitasi pembayaran/transaksi secara online.

Hingga kini, sudah ada puluhan bank telah melakukan kerja sama dengan layanan payment gateway tersebut, yaitu termasuk Bank dari BUMN semacam Mandiri dan BNI. Pada sisi lain, telah berkembang ribuan toko online di Indonesia yang telah bekerja sama dengan MidTrans.

Cara Kerja Payment Gateway Umumnya

Setelah si customer memutuskan untuk beli sebuah produk atau jasa yang ada pada website e-commerce tertuju, customer akan mengikuti sesi pembayaran informasi terkait transaksi yang disampaikan lewat koneksi internet ke sumber payment gateway. Setelah itu, sistem payment gateway itu akan meneruskan informasi tersebut ke prosesor pembayaran dari bank yang digunakan penjual. Barulah prosesor pembayaran itu meneruskan informasi transaksi yang diterima ke asosiasi dengan menjelaskan juga bahwa kartu yang digunakan merupakan jenis Mastercard atau Visa. Seterusnya bank terkait bakal menerima permintaan yang diajukan dan mengirimkan balasan ke prosesor beserta kode khususnya. Kode ini nantinya yang akan memperlihatkan apakah transasksi itu sudah berhasil atau tidak. Terakhir, prosesor pembayaran akan mengirimkan pesan tersebut ke payment gateway lagi, kemudian barulah diteruskan ke website penjual sekaligus kepada pemegang kartu.

Bila Anda masih bingung dengan penjelasan sistem kerja dari e-payment gateway ini, kami akan jelaskan secara sederhananya. Bila pembeli sudah melakukan pembelian pada website, selanjutnya pemesanan dan metode pembayaran bakal diteruskan untuk verifikasi ke bank yang ditentukan penjual. Prosesnya tidak akan memakan waktu banyak, rata-rata hanya menghabiskan 5 detik saja. Setelah itu, pembeli dapat melakukan proses pembayaran seperti biasa, barulah penjual dan pembeli mendapat notifikasi suksesnya transaksi.

Jadi, intinya cara kerja payment gateway adalah duatu sistem mengotorisasi proses pembayaran setiap kali ada transaksi dari si pembeli ke si penjual.

Sistem yang disemat begitu tentunya menambah nilai jual dari toko online milik Anda sendiri. Mengapa? Karena butuh aktivasi akun yang benar-benar terpercaya untuk memanfaatkan teknologi ini. Jadi, ada sejumlah syarat yang perlu user penuhi. Hal ini secara tak langsung bisa membuat consumer yakin. Begitu mengetahui bahwa bisnis online tersebut menerapkan sistem payment gateway, user merasa transaksi sudah aman (secure). Tak akan ada kecurigaan ataupun kekhawatiran bahwa transaksi adalah transaksi bodong atau penipuan baik bagi kedua belah pihaknya.

Cara Kerja MidTrans sebagai Payment Gateway

Cara kerja dari payment getaway MidTrans Indonesia ini juga sama saja seperti payment gateway umumnya, sangat praktis. Pertama, Anda bisa daftarkan toko online milik Anda sendiri dengan cara terhubung ke merchant admin portal MidTrans dalam mode testing. Pada fase kali ini, Anda bisa mencoba berbagai macam pengaturan yang telah disediakan tanpa perlu mengubah apapun.

Berikutnya, silakan lanjutkan pendafaran dengan memenuhi sejumlah dokumen yang ada. Dokumennya berupa persyaratan yang berikutnya akan diverifikasi oleh MidTrans sendiri.

Kelengkapan-kelengkapan ini menjadi penting agar Anda segera bisa menerima pembayaran dari online bisnis yang dijalankan. Dokumen yang harus dipenuhi ada beberapa yaitu KTP dan NPWP. Keduanya supaya Anda diberi otoritas masuk ke sistem pembayaran card payment atau transfer via bank. Akun yang Anda miliki bisa pula dimanfaatkan untuk bisnis baik yang sifatnya perorangan maupun kolektif semacam sebuah perusahaan.

Terakhir Anda bisa mengintegrasikan teknis yang sudah tersedia ke website bisnis online/e-commerce milik Anda dengan tim developer. Ini dilakukan supaya bisa memudahkan proses check out dari pelanggan.

Jangan khawatir soal kesulitan dalam mengintegrasikannya. Mengapa? Sebab pada MidTrans, ada banyak sekali pilihan untuk berbagai platform yang bisa Anda pakai.

Biaya Penggunaan MidTrans

Dengan memakai jasa Midtrans Indonesia juga berarti Anda hanya perlu membayar ketika proses pembayaran/transaksinya telah berhasil. Harga yang dikenakan juga telah termasuk dengan biaya proses dari bank maupun sistem deteksi fraud. Jadi, ya Anda tidak perlu khawatir dengan biaya awal, biaya maintainance atau dikenakan berbagai macam biaya/tarif lainnya.

Dewaweb cashback 30%

Kemudahan Midtrans juga bisa Anda coba sendiri nantinya ketika menerima pembayaran dari pembeli toko online yang berbelanja pada Anda. Pilihan yang tersedia beragam sekali, antara lain tranfer, debit, pembayaran kartu, e-wallet, dan bahkan juga bisa melalui konter semacam indomaret. Biaya yang dikenakanpun sangatlah bervariasi serta terjangkau, tidak lebih dari 5000 Rupiah setiap transaksi.

Inovasi dalam MidTrans

Selain payment gateway yang telah dijelaskan secara sederhana sebelumnya, sebenarnya ada lagi inovasi yang bisa Anda nikmati ketika memakai jasa layanan satu ini. Salah satunya adalah Iris. Iris inilah yang bisa mempermudah dan menyederhanakan proses pengiriman dana yang ada untuk partner maupun vendor yang terlibat. Tak hanya itu, ada Aegis juga. Ageis bisa Anda manfaatkan untuk mendeteksi dan meminimalisir fraud dalam transaksi di bisnis online Anda.

Inovasi ini sederhananya bisa menghindarkan diri Anda dari kebocoran transaksi yang rentan di era perkembangan digital ini. Selain itu juga sebenarnya bisa memaksimalkan keuntungan bisnis yang sedang Anda jalankan. Ketiga ada lagi inovasi yang disebut sebagai Prism. Prism akan memandu si customer, membuat link pembayaran, serta merekomendasikan produk terbaru apa saja didalam satu chat platform yang ditampilkan.

Intinya, semuanya itu bisa saja dikombinasikan untuk mempermudah proses payment gateway  sehingga bisnis e-commerce baik dari segi pembeli maupun penjual dapat saling menguntungkan.

Simpulan

Dengan membaca artikel ini, Anda jadi lebih mengenal salah satu payment gateway populer di dunia bisnis yang satu ini. Artikel ini merupakan bentuk komitmen kami sebagai provider web hosting terbaik dan VPS Indonesia berkualitas. Kami ingin mendukung kesuksesan online Anda di era digital ini. Silakan tinggalkan komentar dan baca juga berbagai artikel lain terkait pengembangan bisnis dan pengembangan website di blog kami. Selamat mengembangkan usaha Anda, semoga berhasil ya!