Cara Membuat Cloud Storage Pribadi di Nextcloud

Cara Membuat Cloud Storage Pribadi di Nextcloud

Nextcloud adalah perangkat lunak (software) open source untuk membuat cloud storage pribadi. Cloud storage merupakan teknologi penyimpanan data digital di Cloud.

Dengan cloud storage, kamu bisa menyimpan data dan secara otomatis akan disinkronisasi ke semua perangkat (device). Dengan memanfaatkan cloud storage, data tidak akan mudah hilang dan bisa dengan mudah diakses dari mana dan kapan saja.

Layanan cloud storage kebanyakan menawarkan penyimpanan gratis, tetapi jika membutuhkan tempat yang lebih, kamu harus membayar sesuai kebutuhan. Untungnya ada cara lain, salah satunya adalah membuat cloud storage pribadi di Nextcloud.

Baca Juga: Apa itu Cloudflare? Pengertian, Fungsi dan Fitur Unggulannya

Apa itu Nextcloud?

NextCloud Cloud Storage Dewaweb

Nextcloud adalah sebuah software open-source yang pertama kali dikembangkan pada tahun 2016. Software ini dibuat untuk membuat cloud storage pribadi. Fitur-fitur yang ada pada Nextcloud bisa dibilang setara dengan fitur-fitur yang disediakan oleh layanan cloud storage seperti Dropbox atau Google Drive.

Apakah Nextcloud ini gratis? Jawabannya tentu saja! Semua perangkat lunak (software) yang bersifat open source pastinya gratis dan bebas untuk diguna-kembangkan oleh siapa saja.

Untuk menggunakan Nextcloud, kamu dapat menginstall server software-nya di server Linux dengan gratis, sementara client software-nya bisa di-install di komputer Windows, OS X, dan Linux. Untuk mobile device (perangkat telepon genggam), Nextcloud bisa digunakan di Android dan iOS.

Baca Juga: Mengenal Nextcloud – Private Cloud Storage

Apa itu Cloud Storage?

Cloud storage adalah sebutan untuk sebuah space online yang bisa digunakan untuk menyimpan data-data. Sama dengan jenis cloud computing lainnya, keamanan cloud storage juga bisa dibilang tinggi, jadi kamu tidak perlu khawatir tentang keamanan data.

Cloud storage sendiri memiliki cara kerja yang simple. Pengguna tinggal upload file dan folder mereka dari komputer atau perangkat yang terhubung internet. Nanti jika memerlukan data tersebut, kamu tinggal download saja dari cloud storage-nya. Pada umumnya, data yang sudah di upload ke cloud storage terenkripsi dan hanya bisa diakses dengan user yang login.

Cloud storage personal ini memberi opsi yang sama dengan layanan cloud storage pada umumnya. Kamu bisa menyimpan data, melakukan sync antar device, membagikan file dan mengakses konten dari smartphone. Tetapi, ada beberapa keuntungan yang bisa didapat dari private cloud storage dibanding dengan jika hanya menggunakan layanan cloud storage.

Kemudian, apa saja contoh cloud storage? Berikut adalah empat contoh cloud storage terbaik dan gratis yang bisa kamu coba:

  • One Drive: ini adalah layanan cloud storage dari Microsoft. Kamu dapat menyimpan berbagai jenis file di layanan ini seperti foto, video, dokumen, dan lainnya. Salah satu kelebihannya adalah kombinasinya dengan program Microsoft Office seperti Word, Excel, dan Power Point.
  • Dropbox: Dropbox merupakan layanan penyimpanan awan yang paling banyak disukai karena memiliki banyak fitur dan mudah digunakan. Di sini, kamu bisa menyimpan file berukuran besar. Layanan ini dapat diakses dari berbagai platform seperti web, Mac, Windows, Linux (Ubuntu, Debian, Fedora, dll), iOS, Android, BlackBerry, dan Kindle Fire.
  • iCloud: iCloud merupakan penyimpanan khusus untuk pengguna Mac dan iOS. iCloud mampu melakukan back up atas kontak, kalender, bookmarks, notes, foto, dan data-data lainnya.
  • Google Drive: Google Drive merupakan storage yang paling familiar milik perusahaan raksasa Google. Google Drive dapat digunakan secara gratis oleh semua pengguna Google dan dapat secara mudah menggunakan file di Google Drive secara bersamaan.

Fitur-Fitur NextCloud

Berikut ini adalah beberapa fitur NextCloud:

nextcloud user interface cloud storage dewaweb

1. File sync dan file share

Tentunya fungsi utama cloud storage adalah untuk menyimpan data. NextCloud mempermudah proses upload, sync, sharing, dan download file mereka dengan user interface yang mudah untuk dinavigasi dan digunakan. Seperti yang bisa kamu lihat di atas, di interface ini kamu bisa melihat kuota user dan juga memberi pilihan sharing yang lebih mudah. Kamu bisa langsung share melalui email, URL, dan bahkan media sosial.

2. Keamanan yang terjaga

Untuk keamanan, NextCloud menyediakan two-factor-authentication, kemampuan untuk membatasi login ke rentang IP tertentu serta alur masuk berbasis token baru untuk klien. Tidak hanya itu, NextCloud juga menyediakan end-to-end encryption untuk file-file yang kamu upload ke cloud storage-nya.

3. NextCloud talk

Untuk mempermudah komunikasi, NextCloud menyediakan fitur teks, audio, dan video chat. Ini adalah software open-source yang dikhususkan untuk melakukan meeting. Dengan keamanan end-to-end encryption, mereka menjamin bahwa tidak akan ada pihak ketiga yang tahu siapa, kapan, dan apa isi pembicaraannya.

Baca Juga: 6 Keunggulan Cloud Hosting untuk Website Kamu

Cara Install NextCloud

Bagaimana cara membuat dan menggunakan cloud storage di Nextcloud? Berikut ini Dewaweb akan memberitahumu bagaimana cara install NextCloud 13 pada Ubuntu 18.04.

Adapun syaratnya adalah kamu harus memiliki sebuah web server sebelum bisa mulai instalasi. Untuk tutorial ini, kamu disarankan menggunakan Ubuntu 18.04 atau lebih tinggi karena menggunakan PHP7. Tutorial ini juga akan menginstal Apache sebagai web server.

1. Install Software

  • Buka terminal dan masukkan command berikut:
# apt-get install apache2 libapache2-mod-php7.0 bzip2

# apt-get install php7.0-gd php7.0-json php7.0-mysql php7.0-curl php7.0-mbstring

# apt-get install php7.0-intl php7.0-mcrypt php-imagick php7.0-xml php7.0-zip

2. Memilih Database

  • Sekarang setelah kamu melakukan setup environment, kamu tinggal memilih database yang akan mendukung instalasinya. Untuk tutorial ini, kami akan menggunakan MariaDB/MySQL.
  • Untuk meng-install software MariaDB/MySQL:
# apt-get install mariadb-server php-mysql
  • Kalau kamu lebih suka menggunakan MySQL:
# apt-get install mysql-server php-mysql
  • Selama proses instalasi kamu akan diminta untuk memasukkan root password.
  • Masukkan password yang kuat. Kalau kamu tidak memasukkan password, mereka tidak akan memberikan password. Ini bisa jadi tidak aman jadi jangan lupa ubah ya!
  • Sekarang kamu akan diminta untuk masuk ke database dan kamu akan diminta memasukkan password-nya:

$ mysql -u root -p

  • Setelah kamu masuk, kamu tinggal buat database baru:
CREATE DATABASE nextcloud;
  • Lalu kamu perlu membuat user yang akan terhubung ke database:
CREATE USER 'nc_user'@'localhost' IDENTIFIED BY 'YOUR_PASSWORD_HERE'
  • Langkah terakhir adalah memberikan privileges untuk user baru:
GRANT ALL PRIVILEGES ON nextcloud.* TO 'nc_user'@'localhost';

FLUSH PRIVILEGES;
  • Setelah kamu selesai, kamu tinggal klik Ctrl-D lalu keluar.

3. Install NextCloud

  • Di langkah ini, kamu perlu men-download software-nya dan meng-extract-nya dengan menggunakan kode di bawah ini.
# cd /var/www

# wget https://download.nextcloud.com/server/releases/latest-13.tar.bz2 -O nextcloud-13-latest.tar.bz2

# tar -xvjf nextcloud-13-latest.tar.bz2

# chown -R www-data:www-data nextcloud

# rm nextcloud-13-latest.tar.bz2
  • Sekarang, kamu perlu membuat file baru di /etc/apache2/sites-available/nextcloud.conf. Kamu bebas menggunakan editor apa saja dan masukkan lines berikut ini:
Alias /nextcloud "/var/www/nextcloud/"

<Directory /var/www/nextcloud/>

Options +FollowSymlinks

AllowOverride All

<IfModule mod_dav.c>

Dav off

</IfModule>

SetEnv HOME /var/www/nextcloud

SetEnv HTTP_HOME /var/www/nextcloud

</Directory>
  • Setelah itu, kamu tinggal mengaktifkan website baru dan aktifkan Apache mods yang diperlukan NextCloud dengan kode di bawah berikut ini:
# a2ensite nextcloud

# a2enmod rewrite headers env dir mime

# systemctl restart apache2

4. Proses Instalasi

Setelah selesai memilih database, saatnya untuk meng-install semuanya. Ikuti langkah di bawah:

  • Masukkan URL http://your_ip_address/nextcloud dan kamu akan langsung dihubungkan ke layar login NextCloud.
  • Pilih username dan password administrator, lalu kamu dapat memilih folder data.
  • Kemudian klik “Storage & Database” untuk memilih database yang kamu pilih selama langkah 2.
  • Isi semuanya dan jika kamu telah mengikuti semua langkah dengan benar, kamu seharusnya melihat aplikasi File seperti di bawah ini:

nextcloud cloud storage install dewaweb

  • Ta-da! NextCloud sudah berhasil di-install.

Kenapa Menggunakan Cloud Storage Pribadi?

Mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa menggunakan cloud storage pribadi jika bisa menggunakan layanan cloud storage yang sudah ada? Tentunya karena layanan cloud storage tersebut memiliki kekurangan.

Mereka memiliki limit penyimpanan. Jika membutuhkan storage lebih, maka kamu akan dikenakan biaya. Selain itu, kamu juga sebenarnya meletakkan data-datamu ke tangan perusahaan yang bisa saja menggunakan atau mengubah-ubah data kamu tanpa izin.

Dengan cloud storage personal, kamu akan memiliki kontrol penuh atas data, user, dan aset informasi yang ada di cloud storage. Dengan kontrol penuh, datamu juga akan lebih aman karena cloud storage hanya dibuat khusus untukmu.

Tidak hanya itu, cloud storage personal juga memiliki performa yang lebih efisien dan performa jaringan yang lebih baik karena private clouds disebarkan di firewall yang ada pada intranet. Kalau ingin melakukan kustomisasi pada hardware atau resource lainnya, kamu juga bisa melakukannya dengan mudah.

Simpulan

Nextcloud adalah software open-source yang tentunya gratis untuk membuat sebuah cloud storage pribadi.

Cloud storage pribadi akan lebih menguntungkan dibandingkan cloud storage yang sudah ada (Dropbox, Google Drive, iCloud) karena data akan jauh lebih aman dan ruang penyimpanannya lebih besar.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat, ya! Kamu juga bisa membaca kumpulan artikel informatif lainnya di blog Dewaweb.

Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks. Salam sukses!