Mencegah Serangan Jaringan Komputer Ilegal dengan Nmap

Mencegah Serangan Jaringan Komputer Ilegal dengan Nmap

Setiap pengguna pasti menginginkan keamanan jaringan pada komputernya, berbagai cara dilakukan demi terhindar dari serangan hacker dan data tetap aman. Salah satu cara mencegah serangan jaringan komputer yakni dengan nmap.

Nmap adalah aplikasi yang akan membantu kamu dalam memeriksa sistem pada jaringan komputer. Nah, agar kamu bisa segera melindungi komputer dari serangan, pelajari lebih lengkap apa itu nmap dan bagaimana cara menggunakan nmap. Langsung saja simak yuk!

Apa Itu Nmap?

nmap adalah

Network Mapper atau biasa disebut dengan nmap adalah tool open source yang digunakan untuk membantu mengaudit serta mengeksplorasi keamanan suatu jaringan.

Pada September tahun 1997 lalu nmap diciptakan oleh Gordon Lyon atau biasa dipanggil Fyodor Vaskovich. Gordon Lyon merupakan seseorang yang ahli pada bidang komputer terutama tentang keamanan komputer serta programmer open source.

Selain menekuni bidang komputer, ia juga ahli dalam menulis. Di samping mengembangkan nmap, ia juga mendirikan Honeynet Project.

Karena bersifat open source, kamu bisa menggunakan nmap tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun, selain itu kamu dapat menemukan aplikasi ini di berbagai platform mulai dari Microsoft Windows, Linux, Mac OS, OpenBSD, FreeBSD, NetBSD, dan masih banyak platform lain. 

Baca Juga: Network Security: Pengertian, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya

Fungsi Nmap untuk Keamanan Jaringan Komputer

Setelah tahu apa itu nmap, selanjutnya di bawah ini terdapat fungsi nmap hingga dapat menciptakan keamanan suatu jaringan komputer.

1. Berfungsi sebagai host discovery

Fungsi pertama nmap adalah memeriksa sebuah jaringan, sekalipun dalam skala yang besar namun dapat dilakukan dalam waktu yang singkat.  NMAP dapat bekerja pada host tunggal dengan cara menggunakan IP raw sebagai penentu nama dari host yang disediakan pada jaringan tersebut.

IP raw ini berfungsi untuk melihat dan mengetahui layanan apa saja yang tersedia dengan nama dan versi aplikasi di dalamnya, kemudian sistem operasi lengkap dengan versinya, serta jenis firewall serta paket filter yang digunakan.

Nmap memudahkan pengguna dalam mendapatkan informasi mengenai jaringan maupun host tersebut.

2. Berfungsi melakukan port scanning

Fungsi nmap selanjutnya adalah memindai scanning pada port jaringan komputer. Port sendiri merupakan nomor yang digunakan untuk membedakan aplikasi yang satu dengan lainnya dalam sebuah jaringan.

Karena biasanya terdapat port pada masing – masing aplikasi yang terinstall di komputer. Dengan nmap, kamu dapat memindai masing-masing port tersebut serta mengetahui aplikasi apa saja yang sudah terpasang.

3. Berfungsi sebagai discover vulnerabilities dan version detection

Yang dimaksud dengan discover vulnerabilities yakni, nmap berperan dalam menemukan kerentanan yang dapat terjadi pada sebuah jaringan. 

Sedangkan version detection yaitu bertugas untuk mengecek dan memeriksa setiap layanan jaringan yang terdapat dalam perangkat jarak jauh. Selain itu juga menentukan nama aplikasi apa yang dipasang lengkap dengan versi aplikasinya.

4. Berfungsi sebagai OS detection

Di sini, nmap berfungsi dalam mendeteksi karakteristik sistem operasi dan perangkat keras dari perangkat jaringan tersebut.

Baca Juga: Apa itu Hacker? Inilah Pengertian, Jenis, dan Serangannya

Cara Kerja Nmap

Sekarang, kamu sudah tahu apa saja fungsi aplikasi nmap, selanjutnya kamu juga perlu tahu bagaimana nmap dapat membantu keamanan jaringan. Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, di bawah ini terdapat cara kerja nmap adalah sebagai berikut.

Cara kerja nmap mirip ketika kita mengirim data dari komputer satu ke komputer lainnya. 

Nmap memiliki cara kerja yaitu mengirimkan sebuah paket pada target tujuannya dengan bantuan IP raw. Oleh karena itu, dapat ditentukan host mana saja yang saat itu sedang aktif. 

Selain itu nmap juga melakukan bruteforce pada port host yang aktif ke port list baik dengan filter, close, maupun open.

Tidak hanya sampai di situ, nmap adalah tools yang dapat melihat dan mengecek sebuah sistem operasi apakah sudah terinstal dengan lengkap dengan versi yang digunakan. Untuk mendapatkan informasi tersebut, secara khusus nmap dibantu dengan port yang sedang aktif.

Baca Juga: Waspada Stealer Malware! Ini Pengertian & Cara Mengatasinya

Cara Menggunakan Nmap

Agar kamu bisa mencegah serangan jaringan komputer secara ilegal dengan nmap, berikut ini cara menggunakan nmap yang dapat kamu ikuti.

  • Periksa masing – masing port yang sedang berstatus open dengan mengetikkan nmap<host?IPtarget>.
  • Setelah itu periksa port secara teliti dan spesifik pada mesin target dengan cara menuliskan nmap –p <host/IP target>.
  • Apabila port sudah diperiksa, lakukan pemeriksaan pada servis yang sedang berjalan atau aktif saat itu dengan mengetikkan nmap – sV<host?IP target?.
  • Setelah itu adalah memeriksa port mesin target yang terdapat dalam satu segmen dengan cara nmap<host/IP target>.
  • Langkah terakhir adalah mengidentifikasi sistem operasi dengan cara menuliskan –O <host/IP target>.

Itulah cara menggunakan nmap agar terhindar dari jaringan komputer yang ilegal. 

Sudah Mengerti Cara Agar Terhindar dari Jaringan Komputer Ilegal ? 

Sampai sini kamu sudah tahu kan apa itu nmap? Nmap adalah sebuah aplikasi yang dapat mengaudit sebuah keamanan jaringan sehingga kamu akan terhindar dari jaringan yang ilegal.

Terdapat berbagai fungsi nmap yang bisa kamu dapatkan mulai dari port scanning, host discovery, OS detection, dan masih banyak fungsi lainnya.

Untuk kamu yang ingin tahu lebih banyak terkait keamanan jaringan dan komputer, yuk baca lebih lanjut pada blog Dewaweb dan dapatkan berbagai tips serta tutorial mengamankan jaringan. Semoga membantu ya!