One Drive VS Dropbox Mana yang Terbaik?

Menjaga keamanan data agar tidak mudah rusak atau hilang adalah hal penting yang perlu diperhatikan saat kita menggunakan IT. Terlebih bila kamu mengandalkan perangkat keras, apabila sewaktu-waktu rusak maka data pun akan hilang. Oleh karena itulah, sebagai solusinya kamu perlu menggunakan layanan storage berbasis cloud computing. Hingga saat ini ada beberapa jenis layanan penyimpanan berbasis cloud computing.

Namun, ada dua yang banyak digunakan oleh masyarakat yakni OneDrive dan Dropbox. Lalu, manakah yang lebih baik dari keduanya? Simak ulasannya berikut ini.

Sekilas tentang One Drive

OneDrive adalah layanan cloud computing yang dikeluarkan oleh Microsoft. Layanan ini sebenarnya merupakan bagian dari layanan Windows Live yang memungkinkan para penggunanya untuk menyimpan file maupun data tertentu. Layanan One Drive diluncurkan pada 1 Agustus 2007 lalu dengan nama SkyDrive. Dari tahun ke tahun, One Drive terus mengalami perkembangan. Berikut kelebihan dan kekurangan dari One Drive yang perlu kamu tahu.

  • Kelebihan

One Drive memiliki beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan. Terlebih lagi bila digunakan untuk kepentingan bisnis dan perusahaan. OneDrive Business di sini memiliki nilai lebih bila dibandingkan menggunakan fitur gratis. Salah satu kelebihannya kamu bisa langsung mengedit atau mengolah data yang ada secara langsung dari browser seperti Microsoft Office.

Aplikasi ini juga memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar hingga 1 TB atau 1000 GB bila kamu meng-upgradenya. Selain itu, OneDrive juga bisa digunakan di berbagai OS seperti android, Mac OS, iOS, Windows dan Windows Phone. Tidak hanya bisa terintegrasi dengan office online saja, kamu bisa mengatur sendiri tata letak sesuai yang diinginkan. Fitur inilah yang tidak dimiliki oleh layanan lainnya.

  • Kekurangan

Dibalik kelebihannya, OneDrive juga memiliki kelemahan tersendiri. Salah satunya adalah dapat terjadi error bila panjang path document lebih dari 256 karakter. Dari segi upload, terkadang perangkat ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Terlebih kalau kamu mengupload file dalam ukuran cukup besar, dan bisa saja terjadi kesalahan saat proses upload. Hal ini akan membuat pengguna menjadi tidak nyaman.

Apa itu Dropbox?

Aplikasi cloud storage selanjutnya adalah Dropbox. Sama-sama diluncurkan pada tahun 2007, Dropbox menawarkan kemudahan bagi para penggunanya dalam hal penyimpanan data secara praktis dan efisien. Meskipun begitu, Dropbox memiliki kelebihan dan kelemahan sebagai berikut.

  • Kelebihan

Keunggulan Dropbox sebagai media penyimpanan cloud computing adalah fiturnya yang fleksibel dan bisa diakses di mana saja. Hal ini dikarenakan Dropbox bisa dioperasikan di semua OS mulai dari android, Mac, Ubuntu dan sebagainya. Keunggulan lainnya adalah memiliki layanan file sharing dengan direct download. Dengan kata lain, bila kita klik link yang diberikan maka file bisa langsung didownload secara otomatis.

Selain itu, Dropbox memiliki keunggulan dalam hal kemudahan sinkronisasi. Salah satunya adalah mudah dalam melakukan pemindahan folder dan cepat. Dari segi keamanan Dropbox dilengkapi layanan keamanan dua langkah. Kamu pun bisa mengatur empat digit kode agar orang lain tidak bisa mengakses data pribadi.

  • Kekurangan

Kelemahan Dropbox terletak pada kapasitas penyimpanannya. Bila kamu menggunakannya secara gratis maka kamu hanya mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 2 GB saja. Jumlah tersebut bisa dibilang kecil untuk media penyimpanan. Apabila kamu ingin mendapatkan kapasitas lebih maka harus menggunakan versi berbayar. Versi berbayar tersebut beragam mulai dari 9.99 US$ untuk per bulannya atau untuk per tahunnya sebesar 99 US$. Sementara itu untuk kapasitas 100 GB adalah 19.99 US$ per bulannya dan 199 US$ per tahunnya.

Baca Juga: 5 Fungsi VPN terhadap Aktifitas Internet

Jadi, manakah yang terbaik untuk kamu gunakan antara OneDrive dengan Dropbox sebaiknya perhatikan kebutuhannya. Bila kamu menginginkan kapasitas penyimpanan besar, maka One Drive bisa kamu pilih. Sedangkan untuk akses cepat maka sebaiknya gunakan Dropbox. Namun, dalam menunjang keduanya kamu juga membutuhkan jaringan internet yang disediakan oleh layanan hosting terpercaya.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia