online-marketing-panduan-untuk-pemula-dewaweb-blog

Online marketing atau pemasaran online adalah segala aktivitas atau usaha pemasaran produk atau jasa melalui atau menggunakan media internet. Meski begitu, secara strategi, online marketing lebih sering dimanfaatkan sebagai langkah awal dalam membangun reputasi sebuah usaha. Banyak orang menggunakan online marketing sebagai strategi untuk memperkenalkan nama mereka kepada publik.

Dalam menggunakan online marketing, suatu perusahaan bisa membangun reputasinya dengan menjadi aktif di media sosial. Banyak calon konsumen menggunakan internet untuk mencari informasi. Dengan memanfaatkan medium internet, sebuah perusahaan bisa memperkenalkan nama mereka kepada publik dan mendorong calon konsumen untuk mencari informasi lebih lanjut tentang perusahaan tersebut.

Ada berbagai strategi yang bisa dilakukan dalam online marketing. Tapi yang perlu diperhatikan adalah cara-cara untuk memasarkan bisnismu dalam online marketing berbeda dengan advertising. Strategi online marketing lebih fokus untuk mempromosikan nama bisnismu secara halus agar tidak terlihat seperti sedang mengiklankan suatu bisnis.  Karena kebanyakan online marketing bersifat personal dan sering disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan konsumen, strategi ini sendiri juga sering digunakan untuk membangun hubungan dan koneksi antara sebuah bisnis dengan konsumen mereka.

Strategi Online Marketing

Fokus kepada konsumen

Marketing selalu dimulai dengan konsumen. Dalam bisnis apapun, konsumen harus selalu menjadi prioritas. Pastikan dirimu sendiri bahwa kamu bisa memahami apa saja yang diinginkan konsumenmu. Mulailah dengan menanyakan beberapa pertanyaan seputar bagaimana konsumenmu pertama menemukan brand milikmu dan bagaimana pengalaman mereka dengan brand-mu. Selain itu, kamu juga bisa membuat buyer persona. Secara singkat, buyer persona adalah karakter yang menjadi konseumer ideal bagi produkmu. Untuk menciptakan buyer persona, kamu bisa memulainya dengan menentukan status demografinya seperti umur, pendidikan, bidang pekerjaan, dan sebagainya, serta apa yang mereka ingin dan butuhkan dari produk yang kamu tawarkan.

Selain mengetahui konsumen sendiri, kamu juga perlu mempelajari bagaimana mereka membuat keputusan untuk membeli produkmu. Beberapa pertanyaan yang bisa kamu ajukan untuk lebih memahami pola pikir mereka dalam memutuskan sebuah pembelian adalah:

  • Bagaimana mereka pertama menemukan bisnismu?
  • Apa yang membuat mereka tertarik untuk menjadi konsumen produkmu?
  • Bagaimana cara konsumen memutuskan apakah mereka akan membeli suatu barang?

Melalui pertanyaan-pertanyaan ini, kamu bisa lebih memahami bagaimana seorang pembeli menjadi tertarik dan memutuskan untuk membeli produk yang kamu tawarkan.

Dewaweb cashback 30%

Ikuti Conversion Funnel

Jika kamu sudah memahami pola pikir konsumen, buatlah diagram yang disebut dengan Conversion Funnel. Diagram ini adalah salah satu konsep penting dalam online marketing. Bentuk funnel sendiri bisa berbeda-beda, tergantung pada kebutuhan.

Conversion funnel merupakan pengembangan dari AIDA model atau dikenal sebagai purchase funnel, yang merupakan bagian dari marketing tradisional. Kamu bisa melihat AIDA model di diagram bawah ini.

Online-Marketing-Purchase-Funnel-AIDA-Model-Dewaweb

Awareness – Konsumen menyadari atau mengetahui adanya suatu jenis produk barang atau jasa.

Interest – Konsumen mulai menunjukkan ketertarikan kepada produk barang atau jasa tersebut.

Desire – Konsumen mulai memiliki keinginan untuk membeli produk barang atau jasa tersebut.

Action – Konsumen mengambil langkah selanjutnya untuk membeli barang atau membayar jasa.

Berdasarkan AIDA model di atas, kita bisa membentuk conversion funnel untuk online marketing. Conversion funnel memiliki bentuk yang berbeda-beda, tergantung pada keperluan sebuah perusahaan. Salah satu contoh dari conversion funnel adalah diagram di bawah ini:

conversion-funnel

Awareness – Pada tahap awal, konsumen menyadari atau mengetahui adanya suatu jenis produk barang atau jasa.

Consideration – Di tahap ini, konsumen menunjukkan ketertarikan kepada produk yang tawarkan dan mulai berpikir untuk membelinya.

Conversion – Ini merupakan tahap yang penting di mana konsumen yang tadinya hanyalah calon konsumen atau potential consumer akhirnya membeli produk, menjadikan mereka sebagai konsumenmu. Ini bisa dilakukan dengan memberi informasi kepada mereka agar mengenal produk lebih dalam.

Loyalty – Di tahap ini, konsumen diharapkan menjadi pelanggan setia dari bisnismu.

Advocacy – Pada tahap ini, konsumen diharapkan memberi tahu orang lain mengenai produk yang kamu tawarkan sehingga semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli darimu.

Dari kedua model di atas, kamu bisa melihat bahwa semua funnel memiliki tujuan yang sama, yaitu:

  • Mengenalkan produk kepada sebanyak mungkin calon konsumen
  • Membangun ketertarikan bagi calon konsumen
  • Memberikan informasi kepada calon konsumen agar mereka memiliki keinginan kuat untuk membeli produk barang atau jasa yang kamu tawarkan.
  • Calon konsumen menjadi konsumen tetapmu dan membeli produk barang atau jasa dari brand-mu.

Dengan memiliki conversion funnel, kamu dapat menyusun strategi online marketing dengan lebih baik dan matang. Sesuaikan aktivitas online marketing-mu dengan susunan conversion funnel sehingga tidak ada langkah yang terlewatkan.

Gunakan content marketing untuk berhubungan dengan konsumen

Dalam online marketing, content marketing berperan besar dalam membangun hubungan dengan konsumen dan calon konsumen. Selain itu, content marketing juga berperan dalam meningkatkan brand awareness bisnismu agar orang-orang mengetahui keberadaan bisnismu.

Content marketing yang baik harus dimulai dengan sebuah konsep cerita yang menarik bagi konsumen. Storytelling untuk content marketing bisa menyulitkan untuk ditulis karena content marketing tidak boleh berperan sebagai media untuk menjual produk yang kamu tawarkan, melainkan untuk memperkenalkan brand-mu kepada publik. Selain itu, kamu juga bisa mengukuhkan diri sebagai ahli di bidangmu melalui content marketing.

Content marketing tidak hanya dalam bentuk tulisan. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat content marketing yang menarik bagi calon konsumen, misalnya video. Selama video yang kamu buat relevan dengan produkmu, mereka boleh bersifat menghibur atau mengedukasi. Konten-konten seperti ini juga dapat membantumu untuk  meningkatkan brand awareness.

Selain video, e-book atau buku elektronik adalah jenis content marketing lain yang bisa kamu buat. Kamu bisa merilis buku elektronik di website-mu. Infografik juga bisa menjadi jenis content marketing yang kamu gunakan untuk menjelaskan topik-topik yang kompleks.

Infografik membantu membahas sebuah topik yang kompleks secara simpel sehingga mudah dimengerti. Jenis content marketing lain yang mungkin tertarik untuk kamu coba adalah Webinar. Secara singkat webinar merupakan versi online dari seminar. Biaya yang dibutuhkan tidaklah terlalu banyak dan webinar juga bisa diakses oleh banyak orang dari mana saja. Kamu bisa mengundang expert untuk menjadi salah satu pembicara di webinar yang kamu adakan.

Gunakan email marketing untuk berhubungan langsung secara lebih personal dengan konsumen

Dari semua strategi online marketing, email marketing merupakan strategi yang paling personal. Hampir semua orang memiliki kebiasaan untuk memeriksa kotak masuk email mereka hampir setiap saat. Ini membuat email marketing menjadi salah satu strategi terkuat di online marketing.

Email marketing adalah cara lain untuk berkomunikasi secara langsung dengan audiens dan konsumen. Kamu bisa mengirim email sebulan sekali atau seminggu sekali, memberi ringkasan tentang hal-hal menarik apa yang terjadi dalam bisnismu dalam seminggu atau sebulan terakhir, atau biasa disebut dengan highlight.

Sebelum mengirim email kamu perlu menyiapkan mailing list. Bagaimana cara menambah email di email list-mu? Kamu bisa memanfaatkan strategi content marketing yang disebutkan di atas untuk mengundang orang-orang ke website-mu dan membuat mereka tertarik untuk berlangganan email dari website-mu.

Kendala yang mungkin dihadapi adalah banyaknya pelanggan email yang mengabaikan sebuah email karena mereka menganggapnya sebagai spam atau subjek email kurang menarik. Oleh karena itu, perhatikan tiga hal ini dalam menggunakan email sebagai strategi marketing: konten, relevansi, dan kepentingan email tersebut.

Subjek email adalah hal pertama yang dibaca oleh penerima emailmu. Maka dari itu, kamu harus memastikan bahwa subjek emailmu menarik sehingga penerima akan lebih tertarik untuk membuka email tersebut. Meski begitu, ingat juga untuk memberi subjek email yang sesuai dengan isi konten email.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah pengiriman email. Bayangkan jika kamu harus mengirim ribuan email ke mailing list. Terdengar merepotkan, bukan? Gunakanlah marketing automation software. Singkatnya, marketing automation adalah software yang digunakan untuk mempermudah kegiatan pemasaran di berbagai platform online seperti email, media sosial, website, dll. Kamu bisa menjadwalkan kapan kamu hendak mengirim email sehingga kamu tidak perlu mengirim ribuan email secara manual.

Email marketing memberikanmu kesempatan untuk fokus pada pengalaman konsumen dengan brand-mu. Email darimu juga diharapkan bisa membuat penerima email berubah menjadi konsumen setia. Isi emailmu bisa digunakan untuk berbagi isi content marketing sehingga di saat bersamaan, kamu sekaligus membangun hubungan dengan penerima email.

Gunakan affiliate marketing

Mungkin kamu pernah mendengar tentang affiliate marketing, yaitu proses pemasaran internet di mana seseorang menjual produk milik orang lain. Affiliate marketing kini sudah menjadi model bisnis internet yang cukup populer. Jika terjadi penjualan, maka seorang affiliate marketer akan mendapatkan komisi yang besarnya ditentukan oleh pemilik produk.

Jika kamu memutuskan untuk mengaplikasikan affiliate marketing, kamu tidak perlu khawatir. Kamu hanya perlu memberikan komisi kepada orang yang membantu menjualkan produkmu jika ada yang membeli produk tersebut melalui orang itu. Intinya, kamu hanya akan mengeluarkan uang jika mereka berhasil menjual produkmu.

Agar orang-orang mau bergabung dengan program affiliates-mu, yakinkan bahwa proses untuk bergabung dalam program ini tidak rumit. Perlakukan para affiliates selayaknya business partner. Pada dasarnya, kamu bekerja sama dengan mereka untuk mencapai tujuan yang sama, yaitu menjual produk barang atau jasa yang kamu tawarkan.

Social media marketing

Yang dimaksud dengan social media marketing tidak sekadar memiliki sebuah halaman Facebook atau akun Twitter. Diperlukan strategi untuk memasarkan bisnis dengan menggunakan media sosial. Hal pertama yang harus dilakukan adalah melihat ketertarikan konsumen idealmu terhadap sesuatu di media sosial. Setelah itu, kamu bisa memilih media sosial mana yang paling efektif utnuk digunakan sebagai sarana pemasaran bisnismu.

Untuk social media marketing, kamu boleh menggunakan analytic tools untuk membantumu memantau statistik media sosial yang kamu gunakan. Berdasarkan hasil analisa, kamu juga akan bisa terus mengoptimasi dan memperbaiki strategi media sosial pemasaranmu.

Hal penting yang harus diperhatikan adalah manfaatkan visual di media sosial. Jarang orang yang mau membaca banyak text, terutama di platform seperti Instagram dan Twitter. Ingat bahwa kebanyakan orang menggunakan social media untuk terhubung dengan teman-temannya, mencari photo, dan mencari hal-hal entertaining lainnya. Pastikan bahwa konten social media Anda entertaining dan terintegrasi dengan konten Anda yang lain, seperti blog dan video. Jika digabungkan, mereka bisa meningkatkan traffic.

Salah satu keuntungan dari menggunakan social media adalah social media memperbolehkan Anda berinteraksi langsung dengan konsumen Anda. Pastikan post anda di social media dapat membuat konsumen dan followers Anda terlibat. Share dan retweet di social media sangatlah berarti karena mereka membantu memberikan free exposure untuk perusahaan Anda. Selain itu, manfaatkan social media untuk berkomunikasi secara langsung dengan konsumen Anda. Dengarkan apa yang konsumen Anda sampaikan melalui social media. Manfaatkan itu untuk meningkatkan brand experience agar sesuai dengan keinginan mereka.

Coba gunakan pay-per-click marketing

Pay-per-click (PPC) marketing adalah ketika kamu membayar setiap kali iklanmu yang muncul di mesin pencari atau search engine diklik. Pada intinya, kamu membeli traffic website melalui iklan yang dipasang di hasil penelusuran mesin pencari. Setiap iklan tersebut diklik, kamu akan membayar mesin pencari. Untuk menjalankan PPC, kamu harus melakukan riset dan memilih keyword yang tepat. Setelah itu, kamu harus menggunakan keyword tersebut dan memilih PPC landing pages yang akan membuat pengunjung tertarik dengan produk yang kamu tawarkan.

Jika kamu ingin mencoba menggunakan metode ini, kamu harus berhati-hati mengenai strategi yang kamu ambil karena metode ini membutuhkan uang. Ada baiknya kamu lakukan percobaan dengan mengeluarkan uang dalam jumlah kecil sebelum mulai memberikan budget lebih besar untuk melakukan strategi ini.

Optimasi SEO website-mu

Mungkin kamu sudah sangat sering mendengar tentang optimasi SEO. Tetapi SEO merupakan hal yang penting dan berpengaruh dalam online marketing. Kamu tidak mungkin membahas online marketing tanpa membicarakan SEO.

Dalam online marketing, pastikan bahwa SEO dan user experience-mu selaras. Pada dasarnya user experience berpengaruh besar pada SEO. Saat ini, user experience merupakan faktor yang membantu search engine untuk menentukan apakah website-mu akan muncul di halaman pertama atau tidak. Jadi pastikan bahwa pengunjung tidak akan mengalami masalah saat mengunjungi website milikmu.

Ketika mengoptimasi SEO, jangan lupa perhatikan bagian teknis dari SEO dan tidak hanya memerhatikan strategi-strateginya saja. Bayangkan SEO sebagai penghubung antara kamu sebagai penulis dengan search engine, untuk memberitahu mereka bahwa website-mu memiliki konten berkualitas untuk kata kunci tertentu.

Simpulan

Content marketing merupakan bagian besar dari SEO. Jangan lupa untuk membuat konten yang menarik, dalam berbagai jenis content marketing seperti yang sudah disebutkan di atas. Jika kamu ingin tips lebih banyak mengenai optimasi SEO, Dewaweb memiliki artikel yang memberimu panduan lengkap untuk mengoptimasi SEO website-mu.

Jangan lupa juga untuk tetap melakukan unggahan konten secara rutin. Selain memberikanmu kegiatan konstan tiap minggunya, para audiensmu juga akan terbiasa dengan jadwalmu, nantinya hal ini bisa memberikanmu keuntungan juga, yaitu jika kontenmu ditunggu oleh audiens, setidaknya kamu sudah mendapatkan audiens yang akan menonton/membaca konten yang kamu unggah. Satu hal lagi yang harus kamu perhatikan, jika kamu berniat mengunggah konten dalam bentuk video ke website, pastikan website-mu tidak lelet atau eror sehingga bisa diandalkan untuk menayangkan video, sebab penayangan video melalui website juga bisa menambah angka views, lho. Selamat mencoba!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia