Mengenal OpenCart: Solusi Membuat Toko Online Terbaik

Mengenal OpenCart: Solusi Membuat Toko Online Terbaik

Bagi kamu yang ingin membangun toko online, ada banyak solusi shopping cart yang bisa gunakan, salah satunya adalah OpenCart. Shopping cart yang satu ini banyak digunakan di seluruh dunia karena simple untuk digunakan. Di artikel ini, kami akan membahas lebih dalam tentang apa itu OpenCart, mulai dari pengertian, fitur dan kegunaannya.

Langsung saja simak artikel ini ya!

Baca Juga: 25+ Tema Toko Online WordPress Gratis Terbaik

Apa itu OpenCart?

OpenCart adalah sebuah solusi shopping cart open source yang bisa digunakan dengan gratis dibawah license GNU GPL. Jika Anda membutuhkan source code untuk OpenCart, Anda bisa menemukannya di GitHub. Anda bisa mendownload source codenya secara gratis dan Anda bisa membangun toko online Anda sendiri.

Project sistem shopping cart berbasis Perl ini sendiri dibuat pada tahun 1998 oleh Christopher G. Mann. Tetapi sayangnya, OpenCart sempat dihentikan pada tahun 2000. Di tahun 2009, nama OpenCart kemudian digunakan oleh Daniel Kerr untuk sistem shopping cart open source miliknya yang dibangun dengan menggunakan PHP. Sampai pada February 2008, OpenCart sudah memiliki tiga versi berbeda.

Baca Juga: Tutorial PrestaShop: Panduan Lengkap Membuat Website Toko Online

Fitur dan Keunggulan OpenCart

Bagi Anda yang ingin membangun toko online dengan OpenCart, Anda bisa menggunakan fitur-fitur dari OpenCart untuk membuat toko online yang benar-benar bagus. Berikut ini adalah beberapa fitur OpenCart yang bisa dijadikan pertimbangan Anda untuk memilih solusi shopping cart yang satu ini.

Pengelolaan Katalog Produk

Dengan OpenCart, Anda bisa mempublish product dan mengatur mereka sesuai dengan kategorinya. Dengan OpenCart, pemilik toko bisa menggunakan lebih dari 50 bidang produk yang telah ditentukan seperti nama, deskripsi produk, harga, dan bahkan identifikasi produk unik seperti SKU atau UPC, dimensi, pilihan, atribut, dan sebagainya.

Untuk memudahkan customer Anda menemukan produk yang mereka inginkan, mereka memiliki sistem filter. Anda juga bisa menjual produk digital seperti software, music, atau ebooks melalui toko OpenCart Anda dengan cara mengupload file dan meng-attachnya ke produk individual.

Proses Pembayaran dan Pengiriman Barang

OpenCart memiliki lebih dari 50 plugin pembayaran yang berbeda dan puluhan extension untuk shipping atau pengiriman. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan plugin pembayaran dan shipping dari developer pihak ketiga.

Secara default, OpenCart memperbolehkan Anda menggunakan payment gateway seperti PayPal, Amazon Payments, dan masih banyak lagi. Selain itu, mereka juga menawarkan metode pembayaran melalui transfer bank dan cash on delivery (COD).

Untuk pengiriman barang, mereka mengintegrasikan gateway pengiriman barang seperti FedEx, UPS, dan masih banyak lagi. Sampai saat ini, OpenCart Marketplace menawarkan lebih dari 600 plugin pengiriman barang dan lebih dari 1000 extension pembayaran.

Menerima Order dan Mengatur Customer

Setelah Anda membuat katalog produk dan mengkonfigurasi pembayaran dan pengiriman, Anda bisa memulai menerima order. OpenCart menawarkan manajemen order dan customer.

Anda bisa menerima, memproses, dan memodifikasi order, mengeluarkan invoice, dan mencetak slip packing. Selain itu, Anda bisa melihat dan memodifikasi akun customer, mengelompokkan customer, dan melihat sejarah belanja mereka.

Setelah Anda membuat order di toko yang dibuat dengan OpenCart, customer bisa meninggalkan review tentang produk Anda. Review ini kemudian di-display di halaman produk.

Baca Juga: SEO untuk E-Commerce: Panduan Lengkap dan Cara Optimasi

Mengadakan Promosi dan Diskon

Jika Anda mengadakan promosi, OpenCart menawarkan beberapa pilihan untuk melakukannya. Anda bisa mengatur harga special untuk setiap produk dan masa promosinya. Selain itu, Anda juga bisa mengatur harga untuk produk dalam jumlah besar.

Kalau Anda ingin menawarkan diskon ke customer, Anda bisa membuat kupon kode diskon dengan OpenCart, mengirimnya melalui newsletter ke customer dan track kinerja campaign melalui marketing campaign tracking OpenCart.

Membuat Laporan dan Melihat Analytics

Kalau Anda menggunakan OpenCart, Anda bisa menggunakan OpenCart untuk membuat laporan dan melihat analytics. Jenis-jenis laporan yang bisa mereka buat adalah sebagai berikut:

  • Sales Reports (Laporan Penjualan)
  • Product Report (Laporan Produk)
  • Customer Report (Laporan Customer)
  • Marketing Report (Laporan Marketing)

Walaupun OpenCart tidak memiliki sistem analisis built-in di dalamnya, Anda bisa menggunakan tracking code dari Google Analytics untuk menghubungkan OpenCart Anda dengan akun Google Analytics Anda.

Fitur Tambahan Lainnya

Tidak hanya fitur-fitur di atas, OpenCart juga menawarkan beberapa fitur tambahan yang berguna bagi pemilik toko online seperti:

  • Mengatur beberapa toko di interface admin yang sama
  • Mendukung pembayaran secara recurring melalui PayPal
  • Tracking system affiliate
  • Built-in Newsletter
  • Feed product kustom
  • Dan masih banyak lagi

Baca Juga: 15 Template WordPress eCommerce Terbaik

Extension dan Plugin OpenCart

Seperti kebanyakan shopping cart open source, OpenCart memiliki sistem extension mereka. Anda bisa menggunakannya untuk menambahkan fitur baru ke toko online Anda. Ada ribuan extensions aplikasi OpenCart yang tersedia online untuk berbagai kegiatan seperti:

  • Plugin pembayaran
  • Integrasi pengiriman
  • Tools marketing
  • Extensions performance dan optimisasi
  • Memperbaiki manajemen produk dan order
  • Dan masih banyak lagi

Fitur-fitur OpenCart sebenarnya sudah cukup untuk membuka toko onlne, tetapi dengan bertumbuhnya toko online Anda, Anda mungkin akan membutuhkan beberapa extensions. Extensions ini bisa membantu Anda untuk:

  • Mengimport dan export katalog produk dan data orderan
  • Meningkatkan performance toko Anda dan optimasi SEO
  • Menjalankan campaign marketing dan promosi Anda dengan OpenCart
  • Membuat laporan yang lebih lengkap dan analytics yang lebih dalam

Selain itu, jika Anda ingin menggunakan gateway pembayaran atau shipping yang lain, kemungkinan besar Anda juga akan membutuhkan extension dari pihak ketiga.

Kalau Anda ingin mendownload extensions OpenCart, Anda bisa menemukan banyak extensionnya di internet. Tetapi kalau Anda mengutamakan keamanan, Anda disarankan untuk mendownload atau membeli extensions dari OpenCart Marketplace resmi. Disini, Anda bisa mencari extensions dengan lebih mudah.

Selain itu, Anda juga bisa membaca review dari customer lain sebelum memilih. Anda juga bisa meminta refund jika Anda tidak puas dengan extensions yang Anda pilih dari OpenCart marketplace.

Baca Juga: Cara Membuat Website Toko Online, Mudah Hanya 6 Langkah!

Apakah OpenCart Pilihan yang Tepat?

Dengan banyaknya solusi shopping cart di luar sana, mungkin Anda bertanya-tanya apakah OpenCart adalah pilihan yang tepat untuk toko online Anda.

OpenCart bisa menjadi pilihan yang tepat jika:

  • Mau membangun toko online dengan budget yang lebih murah
  • Memiliki keterampilan teknis basic atau memiliki developer di team Anda karena ini akan memudahkan penggunaan OpenCart
  • Tidak masalah dengan mencari solusi online jika membutuhkan bantuan
  • Hanya membangun toko online dan tidak akan mengubah website menjadi lebih dari e-commerce

Sayangnya, kamu mungkin lebih baik mencari solusi lainnya jika:

  • Ingin membuka toko online tanpa perlu repot mengurus detail teknis
  • Ingin membangun toko online berskala besar
  • Ingin membuat toko online yang tidak membutuhkan maintenance yang banyak
  • Ingin membuat toko online sebagai bagian dari website Anda yang memiliki menu lain seperti blog

Gunakan Hosting Terbaik dengan OpenCart

Kalau Anda ingin menggunakan OpenCart, Anda perlu memerhatikan web hosting Indonesia apa yang Anda gunakan. OpenCart ini benar-benar gratis dan bisa di download dari website resmi OpenCart dan GitHub.

Tetapi, tentunya Anda membutuhkan cloud hosting murah untuk meng-host toko online Anda. Agar toko online Anda bisa berjalan dengan baik, Anda memerlukan hosting yang bisa dipercaya.

Sebagai provider cloud hosting terbaik di Indonesia, Dewaweb menawarkan berbagai hosting tercepat dengan harga terjangkau dan lengkap dengan backup data online dan SSL certificate agar Anda bisa membangun toko online yang stabil.

Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi halaman paket hosting murah Dewaweb. Untuk toko online, kami sarankan Anda memilih paket Warrior.

Baca Juga: Online Shop, Marketplace, dan E-Commerce: Apa Bedanya?

Simpulan

Kalau membahas solusi shopping cart open source, OpenCart adalah pilihan yang baik. OpenCart sudah ada untuk beberapa tahun dan banyak digunakan orang.

Karena teknisnya sederhana dan harganya terjangkau, OpenCart banyak digunakan oleh developer dan pemilik toko online di seluruh dunia. Jadi OpenCart akan selalu ada dalam waktu dekat. Tidak ada salahnya Anda mencoba dan melihat apakah ini cocok untuk Anda. Semoga artikel ini membantu!