Panduan Cara Membuat Channel Youtube

Panduan Cara Membuat Channel Youtube

Pernah mendengar nama PewDiePie atau di Indonesia mungkin kita mengenal nama-nama content creator seperti Raditya Dika atau Atta Halilintar? Mereka adalah orang-orang yang bisa dibilang sukses meraup keuntungan hingga miliaran rupiah dari channel Youtube lewat konten-konten yang menghibur. Ya, saat ini Youtube memang dikenal sebagai salah satu platform paling menguntungkan bagi para content creator. Tentu penting untuk kalian mengetahui cara membuat channel youtube.

Tak heran jika saat ini banyak selebriti hingga masyarakat umum berlomba-lomba membuat channel Youtube dengan berbagai macam konten. Tertarik dengan cara  membuat channel youtube untuk dirimu sendiri? Berikut ada panduan dan tips yang bisa membuat channel milikmu semakin dikenal banyak orang.

Simak Video Tutorial Menghasilkan Uang Melalui Youtube Berikut:

Mulailah membuat akun Youtube

Hal yang paling penting sebelum kamu membuat channel Youtube adalah pastikan kamu memiliki akun Google terlebih dahulu. Setelah akun Google dibuat saatnya kamu memulai membuat akun Youtube dan selanjutnya membuat channel Youtube sesuai kebutuhan. Langkahnya mudah saja dan berikut beberapa hal yang perlu kamu lakukan.

  • Langkah pertama dalam membuat akun atau channel adalah dengan mengunjungi halaman Youtube terlebih dahulu.
  • Jika kamu sudah mengunjungi halaman yang dituju kemudian klik bagian ‘Sign In’ yang berada di pojok kanan atas layar.
  • Kemudian, masukkan email ke halaman Youtube tersebut. Pastikan email tersebut benar-benar aktif dan dibuat khusus untuk channel Youtube saja, sehingga tidak membingungkan aktivitas lainnya.
  • Setelah halaman Youtube berhasil dibuat, klik foto yang ada di pojok kanan atas dan klik bagian ‘Settings’. Dari sana kemudian muncul pengaturan akun dan kamu bisa memilih ‘Create a New Channel’ untuk membuat channel baru.
  • Setelah muncul pilihan ‘Create Channel’, kamu wajib mengisikan nama untuk channel tersebut. Sebaiknya gunakan nama yang sesuai dengan isi konten yang ada dan pilihlah nama yang mudah diingat dan tetap unik.
  • Bila kamu ingin menggunakan channel Youtube untuk bisnis, maka bisa klik tulisan ‘Use a Bussiness or Other Name’ yang berwarna biru. Kamu juga perlu memasukkan nama brand yang diinginkan saat masuk laman ‘Brand Account’ dan klik tombol ‘Create’.
  • Channel kamu pun sudah dibuat, dan selanjutnya kamu bisa mengisinya dengan cara mengunggah video yang sudah disiapkan.

Tips membuat channel kamu makin dikenal

Setelah kamu berhasil mencoba cara membuat channel Youtube tersebut, penting juga untuk memperhatikan beberapa tips berikut agar channelmu makin dikenal banyak orang. Apa saja? Yuk simak!

  • Buat judul menarik

Judul adalah hal terpenting untuk menjelaskan mengenai video di channel Youtube kamu. Selain judul juga terdapat deskripsi yang perlu kamu tuliskan. Rekomendasi dari Google menyarankan sebaiknya karakter di channel Youtube tidak lebih dari 1000 karakter. Dalam membuat deskripsi maupun judul sebaiknya gunakan kata-kata interaktif dan tidak membingungkan.

  • Gunakan Kata ‘Video’

Erick Freeman, seorang pakar dari The Search Agency menganjurkan dalam membuat judul di channel Youtube sebaiknya sematkan kata ‘video’. Meskipun hal ini terlihat sepele tetapi memberikan dampak yang sangat besar. Sebagian besar orang mencari konten di Youtube memasukkan kata ‘video’ dalam judul. Contohnya saja adalah ‘video tutorial kecantikan terkini’

  • Pakai keywords

Biasanya keywords banyak digunakan dalam menulis artikel agar mendapatkan peringkat teratas di halaman hasil pencarian Google. Ternyata, menggunakan keywords juga penting untuk diterapkan dalam membuat judul video channel Youtube kamu. Untuk mengetahui keywords yang paling sering digunakan, kamu bisa menggunakan tools seperti Google AdWords atau Wordtracker.

 

Semoga panduan dan cara membuat channel Youtube di atas dapat membantu kamu dalam mengembangkan bisnis dan keperluan promosi lainnya. Ingat, untuk menunjang bisnis online tidak sekadar promosi melalui channel Youtube. Kamu juga perlu memiliki website agar bisnis lebih kredibel. Sebaiknya gunakan pula jasa hosting terpercaya demi kemudahan dan keamanan situs bisnismu.