Panduan Reels Instagram, Fitur-Fitur, dan Cara Membuatnya

Panduan Reels Instagram, Fitur-Fitur, dan Cara Membuatnya

Saat ini, fitur reels Instagram sedang hits dan digunakan untuk melihat video-video yang menarik seperti TikTok. Tidak hanya menikmati video saja, kamu juga bisa membuat video pada reels Instagram dan mengunggahnya agar dapat dilihat oleh followers atau non followers.

Guna mendukung para penggunanya dalam membuat video reels, Instagram juga menyediakan berbagai macam fitur yang dapat diakses, mulai dari fitur audio, efek AR, timer, pengaturan kecepatan, reels collab tag, dan lain sebagainya. Tentunya, fitur-fitur yang disediakan memiliki berbagai macam manfaat.

Kamu mau tahu lebih lengkap penjelasan tentang reels Instagram dari pengertian, manfaat, fitur-fitur, hingga tips cara membuatnya? Yuk, simak informasinya yang sudah Dewaweb rangkum di bawah ini.

Baca Juga: Panduan Membuat Akun Instagram Bisnis

Apa itu Reels Instagram?

Reels Instagram adalah fitur yang memungkinkan para pengguna untuk membuat video singkat selama 15 detik dengan pilihan audio, efek, dan tools kreatif lainnya. Tidak hanya itu, fitur ini juga memungkinkan kamu untuk menggabungkan atau merekam beberapa klip untuk dapat menjadi satu video yang utuh.

Jika dilihat dari pengertian tersebut, reels Instagram memang mirip dengan TikTok, terlebih fitur ini juga menyertakan beberapa klip video, filter, teks, latar belakang interaktif, stiker, dan banyak lagi. Lebih lanjut, video-video di reels Instagram dapat diakses melalui ikon reels yang terdapat di bagian bawah halaman beranda aplikasi Instagram. Kendati demikian, fitur reels juga bisa diakses melalui halaman Explore.

Baca juga: Strategi Marketing Instagram Untuk Bisnis Anda

Fitur-Fitur pada Reels Instagram

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, reels Instagram memiliki berbagai macam fitur yang dapat dimanfaatkan. Fitur-fitur tersebut terdiri dari audio, efek AR, timer, pengaturan kecepatan, dan lain sebagainya. Lebih jelasnya, berikut penjelasan lengkap dari fitur-fitur reels Instagram.

1. Audio

audio reels

Fitur paling utama adalah adanya audio yang bisa digunakan untuk mencari dan menggunakan lagu dari koleksi musik Instagram. Nantinya, saat membagikan video reels yang disematkan oleh audio asli, audio akan tertulis nama kamu sebagai pembuatnya. Tetapi jika kamu menggunakan audio milik orang lain atau penyanyi, nama audio yang tertulis adalah audio milik orang tersebut.

2. Efek AR

efek ar instagram

Fitur selanjutnya adalah efek AR (Augmented Reality). Melalui fitur ini, kamu bisa memilih berbagai efek yang tersedia di galeri. Efek-efek itu sendiri kebanyakan dibuat oleh pengguna Instagram dan pembuat konten di seluruh dunia. Tujuannya untuk memfasilitasi pengguna Instagram agar dapat merekam berbagai banyak klip video dengan efek AR yang berbeda-beda. Hal ini juga bisa meningkatkan kreativitas seseorang.

3. Timer

set timer video

Pada reels Instagram juga terdapat fitur lainnya, yaitu timer atau fitur perekam klip secara handsfree. Jadi, fitur tersebut bekerja setelah penggunanya menekan tombol rekam atau record, lalu kamu akan melihat adanya hitungan mundur. Fitur timer ini tentunya sangat bermanfaat ketika kamu tidak memiliki seseorang yang dapat dimintai tolong untuk merekam, sehingga kamu bisa menggunakan tripod dan merekam diri sendiri menggunakan fitur timer ini.

Baca juga: Panduan Lengkap Algoritma Instagram, Tips dan Cara Kerjanya

4. Pengaturan Kecepatan

speed video

Reels Instagram juga bisa mempercepat atau memperlambat bagian dari video atau audio yang dipilih. Dengan adanya fitur ini, pengguna tetap bisa mengikuti irama atau membuat video gerakan lama. Jika pada TikTok, fitur ini biasanya digunakan untuk memudahkan seseorang supaya bisa mengikuti tren tarian yang mungkin terlalu cepat, begitu juga dengan reels.

5. Reels Collab Tag

Pada tahun 2022 awal, Instagram mengeluarkan fitur baru yang bertajuk Collab Tag untuk post dan reels. Adanya fitur ini memungkinkan seseorang untuk meluncurkan reels dan postingan bersama dengan creator lain. Itu sebabnya fitur tersebut diberi nama sebagai Collab atau collaboration. Melalui fitur ini, kamu juga bisa meningkatkan engagement dan views dalam sebuah post atau reels.

6. Reels Visual Replies

Selain Reels Collab Tag, ada juga fitur lain yang sudah diperkenalkan pada penghujung tahun 2021 kemarin. Fitur tersebut bernama ‘Reels Visual Replies’. Adanya fitur ini dapat membantu kamu untuk membalas komentar yang diberikan oleh followers pada reels menggunakan video. Jadi, Reels Visual Replies ini dianggap sebagai cara jitu untuk lebih terlibat dengan followers.

Baca juga: 10 Fitur Instagram yang Dapat Membantu Memasarkan Produk

Manfaat Reels Instagram untuk Marketing Produk

Menyadur laman Blue Steak, setidaknya ada beberapa macam manfaat reels Instagram yang dapat digunakan untuk marketing produk. Perlu diketahui bahwa media sosial dapat memudahkan seseorang untuk mempromosikan hingga menjual produk. Lantas, apa saja manfaatnya untuk marketing produk? Berikut informasi lebih lengkapnya.

1. Meningkatkan lebih banyak audiens

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa reels Instagram dapat meningkatkan lebih banyak audiens atau engagement. Kondisi ini disebabkan karena fitur reels Instagram yang terbilang masih baru, sehingga apapun video yang dipromosikan fitur barunya kemungkinan besar akan didorong Instagram untuk masuk ke menu ‘Explore’.

2. Menghemat lebih banyak waktu ketika membuat konten

Ketika menggunakan reels Instagram, tanpa disadari hal ini dapat menghemat lebih banyak waktu ketika akan membuat konten. Sebab seperti yang diketahui, bahwa konten untuk feed Instagram membutuhkan waktu untuk mendesain gambar atau infografik. Berbeda dengan reels, kamu bisa membuat video langsung di aplikasi Instagram. Oleh karena itu, waktu yang dibutuhkan untuk membuat konten pun bisa lebih singkat.

3. Memasarkan produk baru

Beberapa brand dapat memanfaatkan reels Instagram untuk mempromosikan produk dan layanan baru. Caranya dengan memadukan video dengan teks serta efek menarik. Dari segi konten ini, kamu bisa membahas kegunaan, kelebihan, cara kerja, hingga cara pakai produk kamu.

Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Engagement Instagram, Wajib Tahu!

Tips dan Panduan Membuat Reels Instagram

Panduan membuat reels Instagram cukup mudah untuk diikuti bagi pemula. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, reels menyediakan berbagai macam fitur pengeditan, seperti efek, mengontrol kecepatan video, menggabungkan dan memotong video, transisi, dan lainnya. Nah, ketika membuat reels Instagram ini, kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur ini. Lantas, bagaimana tips dan panduan membuat video reels dengan mudah? Berikut informasinya.

1. Buka aplikasi Instagram yang ada di smartphone
2. Pada menu bagian bawah layar, kamu akan melihat berbagai fitur kamera Instagram

reels instagram - pilih fitur kamera
3. Kemudian, geser hingga menemukan ‘Reels’

reels instagram - pilih fitur reels
4. Lalu, pilih tools ‘Reels’ sesuai dengan keinginan
5. Jika ingin merekam video, klik tombol ‘Kamera’ di bagian tengah dan kamu bisa melihat waktu berjalan dengan batas 15-90 detik

reels instagram - set timer untuk rekam video
6. Untuk merekam secara hands free, dapat klik tombol ‘Timer’ dan memilih durasi video
7. Setelah itu, klik ‘Set Timer’
8. Setelah selesai merekam, klik tombol berlogo ‘Next >’ untuk melanjutkan editing

pilih tombol berlogo next
9. Pada bagian ini, kamu bisa menambahkan efek, menambahkan musik, dan lainnya

edit video reels
10. Lalu, tulis caption dan klik ‘Upload’

Baca juga: 9+ Cara Jitu Menambah Jumlah Followers dan Likes di Instagram

Penutup

Reels Instagram termasuk fitur terbaru yang dikeluarkan oleh Instagram dengan berbagai macam fitur yang dimiliki, mulai dari audio, efek AR, timer, pengatur kecepatan, dan lain sebagainya. Itulah penjelasan lebih lengkap dari menu terbaru yang dikeluarkan oleh Instagram yaitu reels, mulai dari pengertian, fitur-fitur yang dimiliki, manfaat, hingga cara untuk membuatnya. Apabila kamu ingin meningkatkan engagement dan audiens, fitur reels Instagram bisa dimanfaatkan. Nah, bagaimana? Apakah kamu sudah paham dengan penjelasan yang sudah Dewaweb rangkum di atas? Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, ya. Selamat mencoba!