Panduan Install Webmin di Cloud Server (VPS) CentOS 6

Panduan Install Webmin di Cloud Server (VPS) CentOS 6

Bagi anda para pengguna Cloud Server (VPS) mungkin pernah dengar atau bahkan menggunakan Webmin.Webmin sendiri adalah pengelola sistem berbasis web yang bisa digunakan untuk melakukan administrasi di server linux.

Fungsinya antara lain anda dapat melakukan konfigurasi service, backup & restore filesystem, edit password system, konfigurasi jaringan seperti interface yang akan digunakan, konfigurasi DNS,  dan masih banyak lagi.

Untuk lebih lanjut terkait Webmin sendiri silakan kunjungi link berikut untuk dokumentasi lengkapnya : Webmin Documentation

Baca Juga: Virtual Private Server (VPS) Sangat Cocok untuk Website Kapasitas Besar

Cara Install Webmin di VPS CentOS 6

Langkah pertama anda terlebih dahulu login ke Cloud Server (VPS) via akses root. Kemudian silakan di copy dan paste step by step command dibawah ini dan sertakan dengan Enter.

1.yum update && yum groupinstall "Development Tools"

2.wget http://prdownloads.sourceforge.net/webadmin/webmin-1.690-1.noarch.rpm

3.rpm -U webmin-1.690-1.noarch.rpm && chkconfig webmin on

4.chkconfig webmin on

Sekedar informasi apabila installasi telah selesai dilakukan,maka untuk akses Webmin pada browser anda adalah dengan mengetik http://x.x.x.x:10000 yang dimana x.x.x.x adalah IP Cloud Server ( VPS ) milik Anda.

Demikian panduan singkat proses installasi Webmin pada Cloud Server (VPS) berbasis Centos.Silakan untuk anda bereksplorasi sesuai dengan kebutuhan server milik anda.