cara menggunakan dropbox featured image

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Dropbox untuk Pemula

Dropbox adalah layanan penyimpanan data cloud yang dioperasikan oleh perusahaan asal California, Dropbox, Inc.. Layanan ini menawarkan penyimpanan cloud hingga sinkronisasi file. Mengingat banyaknya manfaat dan kemudahan menggunakan Dropbox, maka kamu perlu mempelajari cara menggunakannya, mulai dari cara mendaftar, install Dropbox hingga melakukan transfer file.

Layanan yang didirikan tahun 2007 oleh dua mahasiswa MIT, Drew Houston dan Arash Ferdowsi, ini menawarkan fitur gratis dan berbayar. Di fitur gratis, kamu mendapatkan kuota penyimpanan sebesar 2 GB, di atas itu, kamu bisa berlangganan premium. Dropbox versi gratis bisa menjadi solusi jika kamu memerlukan penyimpanan file yang tidak terlalu besar.

Daftar untuk membuat akun Dropbox

Sebelum memulai cara menggunakan Dropbox, kamu harus terlebih dulu mempunyai akun Dropbox. Caranya, kunjungi halaman utama Dropbox, lalu buat akun baru dengan memasukkan data yang diperlukan seperti pada gambar berikut.

Cara menggunakan dropbox halaman utama dropbox

Setelah akunmu jadi, kamu bisa memilih untuk menggunakan akses premium gratis selama sebulan penuh atau langsung menggunakan akun Basic dengan kapasitas penyimpanan sebesar 2 GB. Pilih sesuai keinginanmu lalu kamu akan sampai di halaman¬†install¬†Dropbox, di mana kamu hanya perlu mengklik “Unduh Dropbox” atau “Install Dropbox”.

pilih paket dropbox lalu install dropbox

Klik penginstal yang baru saja diunduh, lalu ikuti arahan di perangkat komputermu untuk menjalankan instalasi Dropbox hingga selesai. Cara lainnya, kamu bisa langsung mengklik tautan pengunduhan Dropbox ini. Namun, kamu juga bisa memilih untuk tetap menggunakan Dropbox di website aslinya, yaitu dengan mengakses kembali halaman utama Dropbox.

Siapkan Dropbox

Setelah install Dropbox selesai, salah satu hal pertama yang akan kamu lihat adalah layanan ini menambahkan ikon ke dalam sistem tray-mu. Ikon tray tersebut adalah cara termudah dan tercepat bagimu untuk mengakses Dropbox melalui komputer/laptop. Klik kiri satu kali atau klik kanan untuk membuka Dropbox. Terdapat dua tab di sudut kiri atas dan empat tombol di kanan atas.

Tab pertama adalah “Notifications” yang akan menampilkan pemberitahuan mengenai datamu di Dropbox. Satu lagi, “Recent Files” yang menampilkan 30 file terakhir yang diunggah ke Dropbox. Kamu bisa mengakses file tersebut dari Recent Files dan mendapatkan tautan untuk file tersebut dengan mengklik ‚ÄúCopy Link‚ÄĚ di sebelah file.

Setelah mengklik file untuk yang hendak dibuka, kamu akan sampai ke folder Dropbox di komputer/laptopmu lalu kamu harus mengklik dua kali di file tersebut untuk mengaksesnya.

Cara Menggunakan Dropbox di Desktop

Menggunakan Dropbox di desktop sangatlah mudah. Tambahkan folder di bawah nama penggunamu yang berjudul “Dropbox,” dan file yang kamu tambahkan ke folder tersebut secara otomatis disalin ke akun Dropbox-mu. Kamu bisa menemukan folder dengan membuka File Explorer dan menavigasi ke bagian yang disebut “This PC” pada Windows. Lalu, klik dua kali pada drive tempat kamu menginstal Dropbox.

Selanjutnya, klik dua kali pada folder bernama “Users,” kemudian folder dengan username milikmu. Dalam folder tersebut, kamu akan menemukan Dropbox, klik dua kali untuk membuka folder Dropbox. Folder ini sama dengan yang kamu akses dengan mengklik tombol kedua pada menu ikon yang disebutkan di atas. Di Windows, kamu juga dapat menemukan folder Dropbox di bawah “quick access“.

Selain dari aplikasi desktop, kamu juga bisa menggunakan Dropbox dari browser di desktop-mu. Setelah mempunyai akun dan kembali ke halaman beranda, kamu akan menemukan beberapa tombol untuk menavigasikan akun di menu bar sebelah kiri, seperti semua file di Dropbox-mu, file yang dibagikan dan yang kamu minta dari orang lain hingga file yang baru saja kamu hapus.

Cara menggunakan dropbox beranda dropbox

Baca Juga: Cara Menghapus Cache dari Berbagai Browser

Transfer File dengan Dropbox

Cara mudah menggunakan fitur transfer file¬†di Dropbox bisa kamu lakukan juga dari website aslinya. Dari halaman beranda, perhatikan menu di sebelah kanan lalu pilih “Unggah file” atau “Unggah folder” dan masukkan¬†file yang akan ditransfer atau dibagikan.

Cara menggunakan dropbox upload dropbox

Klik “Bagikan” di file¬†yang baru saja kamu unggah.

Cara menggunakan dropbox bagikan file

Kemudian masukkan alamat email penerima dan tambahkan pesan bila perlu, atau buat link untuk file ini jika kamu ingin membagikannya langsung melalui aplikasi perpesanan selain email.

kirim file dropbox

Baca Juga: Lupa Password Gmail? Ini Cara Mengatasinya!

Sekarang kamu sudah berhasil mengetahui cara membagikan file¬†di Dropbox, menggunakan cara yang sama pula, kamu bisa mengatur kapan kamu ingin berhenti membagikan file dengan mengklik pengaturan di halaman pop-up setelah mengklik “Bagikan” lalu pilih “Batalkan berbagi file”.

batalkan berbagi file dropbox

Selain membagikan¬†file, kamu juga bisa meminta¬†file¬†dari orang lain, bahkan jika mereka tidak memiliki akun Dropbox. Caranya, klik “Permintaan file” di menu bar sebelah kiri, lalu klik “Permintaan baru” di sebelah kanan atas seperti gambar berikut.

Cara menggunakan dropbox minta file dropbox

Isi kolom judul yang akan sekaligus menjadi nama foldermu di Dropbox, lalu tambahkan keterangan folder¬†file¬†bila perlu, dan klik “Buat”.

Cara menggunakan dropbox buat permintaan baru

Sama seperti membagikan file, kamu perlu memasukkan alamat email atau menyalin tautan untuk memungkinkan transfer file. Setelah itu, bagikan tautan yang sudah disalin, atau kabari penerima email yang tadi kamu undang untuk saling mentransfer file.

Cara menggunakan dropbox transfer file dropbox

Baca Juga: Panduan cPanel untuk Pemula

Install Dropbox untuk Android dan iOS

Selain menggunakan Dropbox di perangkat komputer atau laptop, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi Dropbox di perangkat telepon genggam atau HP. Tidak perlu repot, kamu hanya perlu mengklik link berikut untuk install Dropbox di Android maupun iOS.

Simpulan

Selain mempunyai banyak fitur, cara menggunakan Dropbox juga tidak sulit. Tak hanya itu, kamu juga bisa berkolaborasi dengan orang lain di Dropbox menggunakan fitur transfer file, baik mereka mereka mempunyai akun Dropbox atau tidak.

Jika 2 GB tidak cukup untukmu, kamu tetap bisa menambah kapasitas penyimpanan di Dropbox menggunakan akun premium dengan mengklik halaman pricing Dropbox. Mulai dari US$9,99 (sekitar Rp140 ribuan) per bulan, kamu sudah bisa mendapatkan memori penyimpanan hingga 2 TB. Penyimpanan ini bisa kamu gunakan pula untuk melakukan backup data website-mu.

Namun, jika website-mu menggunakan cloud hosting di Dewaweb, kamu bisa mendapatkan backup data otomatis gratis untuk setiap pembelian paket hosting menggunakan JetBackup. Demikian artikel tentang cara menggunakan Dropbox yang bisa kamu pelajari, semoga berguna untukmu, salam sukses online!