cara jadi content creator

Ingin Jadi Content Creator? Simak Penjelasan dan Tipsnya Di Sini!

Content creator adalah profesi yang banyak diminati khususnya para Gen Z. Di era digital saat ini, semakin banyak jenis pekerjaan baru yang bermunculan. Tren penggunaan media sosial menjadi salah satu penyebab kebutuhan konten makin meningkat. Banyak perusahaan kini menggandeng para konten creator untuk mencapai tujuan pemasarannya.

Lalu, apa itu sebetulnya content creator? Seperti apa pekerjaan dan peran mereka untuk bisnis? Bagaimana tips menjadi content creator yang andal? Simak penjelasannya di artikel ini sampai selesai ya!

Baca juga: Mengenal Content Marketing dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Apa Itu Content Creator?

Content creator adalah individu atau organisasi yang secara rutin memproduksi konten untuk dibagikan melalui platform digital. Umumnya, tujuan utama seorang content creator adalah mendaptakan penghasilan, mempromosikan produk, atau meningkatkan personal branding.

Menurut HubSpot, para konten kreator ini merupakan orang-orang yang membuat konten dengan nilai edukasi dan hiburan. Setiap pembuat konten biasanya memiliki target audiens masing-masing.

apa itu content creator
Gambar: Unsplash

Selain membuat konten sebagai hobi, mereka juga bisa bekerja untuk sebuah perusahaan atau agensi digital. Pembuat konten yang bekerja untuk perusahaan akan membuat konten-konten dengan tujuan pemasaran sesuai dengan arahan perusahaan.

Peran Content Creator dalam Strategi Pemasaran

Profesi ini memang masih dianggap baru, tapi konten kreator bisa dibilang cukup menjanjikan ke depannya. Tren penggunaan media sosial yang semakin meningkat membuat media sosial kini jadi sumber informasi bagi masyarakat luas.

Kesempatan tersebut dimanfaatkan banyak perusahaan untuk melakukan promosi menggunakan strategi marketing konten. Ada beberapa alasan kenapa jasa pembuat konten dibutuhkan perusahaan untuk menyukseskan strategi pemasaran, berikut di antaranya:

Baca Juga: Panduan Lengkap Video Marketing untuk Mengembangkan Bisnis

Memproduksi dan promosi konten

Peran utama content creator bagi bisnis yaitu membuat konten dan menyebarkannya ke target audiens. Tidak semua perusahaan memiliki sumber daya yang potensial dalam hal produksi konten. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, mereka memerlukan pembuat konten yang mampu memikat audiens dengan konten berkualitas.

Menganalisa target pasar

Mengetahui audiens dan memahami karakteristiknya adalah salah satu peran seorang konten kreator. Pembuat konten bertanggung jawab menghasilkan konten yang sesuai dengan minat audiens. Hal tersebut dapat tercapai dengan melakukan analisa terhadap audiens atau target pasar.

Dengan bantuan tools pendukung dan kemampuan analisa yang baik, pembuat konten dapat membantu perusahaan mencapai tujuan pemasarannya.

Baca juga: Panduan Lengkap Social Media Marketing untuk Bisnis

Membangun branding

Content creator mampu mewujudkan strategi ke dalam bentuk karya yang menarik di mata audiens. Hal tersebut berperan penting dalam membangun branding perusahaan atau sebuah brand.

Adanya berbagai konten yang bisa ditemukan saat ini membuat perusahaan harus memikirkan cara yang efektif untuk menarik audiens. Untuk membangun branding yang baik, para pembuat konten berperan dalam membuat konten bertujuan pemasaran, tanpa terkesan terlalu promosi.

Baca Juga: Personal Branding: Strategi Gapai Sukses di Era Digital

Menyusun strategi konten

Memproduksi konten tidaklah semudah yang dibayangkan. Perlu penyusunan strategi yang tepat agar konten yang dihasilkan berhasil menarik perhatian dan disukai audiens. Untuk itulah jasa seorang konten kreator sangat dibutuhkan dalam menyusun dan mengelola strategi konten sebuah bisnis atau perusahaan.

meme content creator

Membantu membangun kredibilitas bisnis

Seorang pembuat konten dapat membantu meningkatkan kredibilitas perusahaan atau brand. Pasalnya, konten yang relevan dengan audiens mengenai produk bisnis akan menambah value yang baik terhadap perusahaan di mata konsumen. Peran mereka sebagai pembuat konten akan sangat membantu perusahaan mencapai hal tersebut.

Baca Juga: Apa itu influencer dan Bagaimana Cara Memilih Influencer yang Tepat untuk Bisnis

Cara untuk Menjadi Content Creator yang Sukses

Kalau kamu tertarik menjadi konten kreator, tips berikut ini bisa membantumu agar berhasil membuat konten yang menarik audiens. Yuk disimak!

tips menjadi content creator
Gambar: Pexels

1. Tingkatkan skill komunikasi

Untuk jadi seorang content creator yang andal, kamu harus memiliki skill komunikasi yang baik. Pencipta konten harus pintar menerjemahkan pesan yang ingin disampaikan ke dalam bentuk konten yang mampu memikat audiensnya. Kemampuan berkomunikasi yang baik berguna agar informasi berhasil tersampaikan dengan jelas ke audiens.

2. Gunakan kreativitas

Tips selanjutnya adalah gunakanlah kreativitas sebaik mungkin. Untuk menghasilkan konten yang orisinil, para konten kreator harus memanfaatkan ide-ide kreatifnya. Skill kreativitas akan terasah seiring dengan berjalannya waktu jika kamu rajin memproduksi banyak konten.

Baca Juga: Memahami YouTube Analytics

3. Memanfaatkan tren

Seorang pembuat konten harus aware terhadap tren yang ada. Untuk menghasilkan konten yang berhasil menarik audiens, kamu harus up to date dengan hal-hal yang terjadi di sekitar dan bisa memanfaatkan tren tersebut. Dengan melihat hal-hal yang sedang hangat dibicarakan, kamu bisa mendapat ide untuk membuat konten yang menarik audiens.

4. Pelajari audiens

Mempelajari audiens adalah salah satu tips menjadi creator yang sukses. Kamu harus memahami karakteristik audiens supaya bisa membuat konten yang relevan dan menarik perhatian mereka. Pelajari demografi, karakteristik dan kebiasaan audiens kamu, dari situ kamu bisa membuat konten yang disukai audiens.

5. Menguasai tools

Ide dan kemampuan dalam pembuatan konten tidak akan efektif bila tanpa didukung dengan keterampilan menguasai tools. Terlebih ketika kamu baru memulainya, mungkin tidak ada tim yang membantumu dalam pembuatan konten. Untuk itu, kamu perlu mengasah kemampuan menggunakan tools yang mendukung pembuatan konten.

Misalnya saja dalam hal produksi video, kamu perlu memahami software editing video supaya menghasilkan konten video menarik dan berkualitas. Selain itu, beberapa tools analytic perlu dikuasai supaya kamu bisa memaksimalkan performa konten-kontenmu selanjutnya.

6. Melakukan analisa performa konten

Selain dalam pembuatan konten, kemampuan analisa atau evaluasi penting bagi seorang pembuat konten. Hal tersebut berguna agar konten yang dihasilkan menjadi lebih efektif dan tepat sasaran ke depannya. Terlebih bagi kreator konten yang bekerja untuk perusahaan, kamu harus mengetahui bagaimana performa dan analitik akun kontenmu.

Platform-platform analytic bisa kamu manfaatkan untuk analisa konten. Dari situ kamu akan tahu bagaimana aktivitas yang terjadi pada akun.

Baca Juga: Cara Menggunakan Google Analytics Sebagai Alat Tracking Bisnis

7. Bangun koneksi dengan creator lain

Tips selanjutnya, bangunlah network dengan creator lain. Hal ini bisa membantu menambah exposure dan audiens pada akunmu. Kamu bisa gabung dalam komunitas-komunitas creator untuk menambah teman dan koneksi. Nantinya kamu bisa bekerja sama atau melakukan kolaborasi konten dengan mereka.

Selain menambah teman,  kamu juga bisa mendapat banyak ide dan inspirasi dalam menciptakan konten-konten yang menarik.

Gaji Terbesar Content Creator di Dunia

Mungkin kamu penasaran, berapa penghasilan terbesar yang bisa didapat seorang konten kreator setiap bulannya. Mari kita lihat contoh dari konten kreator video di YouTube, atau dikenal dengan YouTuber. Dilansir dari Forbes, para YouTuber ini memiliki subscriber melimpah dengan penghasilan yang sangat fantastis. Simak beberapa di antaranya yuk!

Ryan Kaji

gaji content creator - Ryan's world

Bocah 9 tahun asal Amerika ini tercatat di majalah Forbes sebagai YouTuber terkaya di dunia tahun 2020. Melalui channel YouTube-nya bernama Ryan’s World, ia membagikan konten video tentang aktivitas bermain dan belajar bersama ayah, ibu, dan kedua saudara perempuannya. Dalam periode tahun 2019 saja, penghasilan yang didapatnya mencapai 29,5 juta dollar AS atau setara dengan 426 miliar rupiah.

Jimmy Donaldson

youtuber mr.beast

Selanjutnya, ada Jimmy Donaldson atau MrBeast yang masuk dalam jajaran YouTuber terkaya versi Forbes. Penghasilannya dalam satu tahun diperkirakan mencapai 24 juta dollar AS atau 342,6 miliar rupiah. Di kanal YouTube Mr. Beast miliknya, ia kerap kali membagikan konten aksi dan humor. Dilansir dari Socialblade, estimasi penghasilan yang didapatnya per bulan mencapai $122.2K sampai $2M.

Mark Fischbach

youtuber markiplier

Beralih ke niche gaming, kreator YouTube dengan penghasilan terbesar juga diduduki oleh Mark Fischbach, atau dikenal dengan nama Markiplier. Dari kanal YouTube-nya, ia memperoleh penghasilan sebesar 19,5 juta dollar AS, atau 278,4 miliar rupiah. Konten-konten yang kerap dibagikannya berupa gaming, parodi berbentuk animasi, dan komedi.

Jeffrey Lynn Steininger

youtuber jeffree star

Selanjutnya ada YouTuber di bidang kecantikan yang dikenal dengan nama Jeffree Star. Dirinya masuk dalam jajaran YouTuber terkaya di dunia. Melalui kanalnya, ia kerap membagikan hal-hal seputar review kosmetik, tutorial make-up dan kehidupan pribadinya. Forbes mencatat kekayaan yang berhasil diraih dari konten-konten YouTube-nya mencapai 15,5 juta dollar AS atau 214 miliar rupiah dalam setahun terakhir.

Dude Perfect

youtuber dude perfect

Konten kreator yang terdiri dari lima sekawan bernama Coby Cotton, Cory Cotton, Garret Hilbert, Cody Jones and Tyler Toney termasuk ke dalam daftar YouTuber terkaya. Channel YouTube di bidang permainan olahraga ini tercatat meraih keuntungan sebesar 23 juta dollar AS. Dilansir dari Socialblade, estimasi penghasilan per bulan yang mereka raih sekitar $35K sampai $560.1K.

Kesimpulan

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang apa itu content creator, bagaimana perannya untuk bisnis, hingga tips menjadi pembuat konten yang berhasil memikat audiens. Banyak perusahaan yang kini bekerja sama dengan para pencipta konten untuk menarik konsumen. Bisa dibilang peran mereka cukup krusial dalam hal melakukan pemasaran di perusahaan.

Semoga artikel ini membantumu memahami tentang konten kreator. Jika kamu ingin memulai menjadi content creator, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa tips di atas.  Semoga sukses!