Mau Jadi Content Creator? Ini Tugas, Skill, & Kunci Suksesnya

Mau Jadi Content Creator? Ini Tugas, Skill, & Kunci Suksesnya

Secara bahasa, content creator adalah siapa saja yang membuat dan menghasilkan sebuah konten kemudian disebarluaskan ke berbagai platform.

Tetapi sebenarnya lebih dari itu, konten kreator berperan penting dalam dunia pemasaran digital seperti sekarang ini.

Banyak perusahaan kini menggandeng para konten kreator untuk mencapai tujuan pemasarannya, bahkan dapat dikatakan sebagai elemen utama dalam content marketing.

Lalu, apa saja tugas content creator? Skill apa yang diperlukan? Yuk simak di sini. Kamu juga akan mengetahui cara menjadi konten kreator yang sukses, lho!

Baca Juga: Mengenal Content Marketing dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Apa Itu Content Creator?

Content creator adalah individu atau organisasi yang secara rutin memproduksi konten untuk dibagikan melalui platform digital.

Adapun contoh content creator bermacam-macam mulai dari penulis blog seperti Raditya Dika, streamer YouTube seperti Windah Basudara, hingga video content creator seperti David ‘Gadgetin’

Umumnya, tujuan utama seorang content creator adalah mendapatkan penghasilan, mempromosikan produk, atau meningkatkan personal branding.

Menurut HubSpot, para konten kreator ini merupakan orang-orang yang membuat konten dengan nilai edukasi dan hiburan. Setiap pembuat konten biasanya memiliki target audiens masing-masing.

apa itu content creator
Gambar: Unsplash

Konten kreator bisa bekerja untuk diri sendiri maupun untuk perusahaan atau agensi digital.

Pembuat konten yang bekerja untuk perusahaan akan membuat konten-konten dengan tujuan pemasaran sesuai dengan arahan perusahaan.

Adapun gaji seorang content creator cukup menggiurkan, yakni berkisar Rp3,5 juta – Rp10 juta. Namun angka ini masih bisa berubah tergantung perusahaan tempatmu bekerja, pengalaman, dan skill yang kamu miliki.

Maka dari itu, jangan heran mengapa kini profesi content creator banyak diminati oleh anak-anak muda, bahkan mungkin kamu salah satunya.

Oleh karena banyak peminat, kamu perlu mengetahui juga cara menjadi content creator yang standout dan sukses yang akan dibahas juga di sini. Simak terus ya!

Tugas Content Creator

Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh seorang konten kreator:

1. Memproduksi dan promosi konten

Peran utama content creator bagi bisnis yaitu membuat konten dan menyebarkannya ke target audiens. Tidak semua perusahaan memiliki sumber daya yang potensial dalam hal produksi konten. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, mereka memerlukan pembuat konten yang mampu memikat audiens dengan konten berkualitas.

2. Menganalisa target pasar

Pembuat konten bertanggung jawab menghasilkan konten yang sesuai dengan minat audiens. Hal tersebut dapat tercapai dengan melakukan analisa terhadap audiens atau target pasar.

Dengan bantuan tools pendukung dan kemampuan analisa yang baik, pembuat konten dapat membantu perusahaan mencapai tujuan pemasarannya.

Baca Juga: Panduan Lengkap Social Media Marketing untuk Bisnis

3. Membangun branding

Content creator mampu mewujudkan strategi ke dalam bentuk karya yang menarik di mata audiens. Hal tersebut berperan penting dalam membangun branding perusahaan atau sebuah brand.

Untuk membangun branding yang baik, para pembuat konten berperan dalam membuat konten bertujuan pemasaran, tanpa terkesan terlalu promosi.

4. Menyusun strategi konten

Penyusunan strategi perlu dilakukan agar konten yang dihasilkan berhasil menarik perhatian dan disukai audiens.

Untuk itulah jasa seorang konten kreator sangat dibutuhkan dalam menyusun dan mengelola strategi konten sebuah bisnis atau perusahaan.

5. Membantu membangun kredibilitas bisnis

Seorang pembuat konten dapat membantu meningkatkan kredibilitas perusahaan atau brand. Pasalnya, konten yang relevan dengan audiens mengenai produk bisnis akan menambah value yang baik terhadap perusahaan di mata konsumen.

Peran mereka sebagai pembuat konten akan sangat membantu perusahaan mencapai hal tersebut.

Baca Juga: Apa itu influencer dan Bagaimana Cara Memilih Influencer yang Tepat untuk Bisnis

Skill yang Harus Dimiliki Content Creator

Jika ingin menjadi seorang content creator, setidaknya ada beberapa skill yang harus kamu miliki, di antaranya:

1. Kemampuan riset

Sebelum membuat suatu konten, langkah pertama pastinya harus melakukan riset terlebih dahulu. Riset yang dapat dilakukan seperti riset target pasar, jenis konten, hingga kompetitor.

2. Kreatif

Tentu saja, pencipta konten harus memiliki ide kreatif. Untuk menghasilkan konten yang orisinil, para konten kreator harus memanfaatkan ide-ide kreatifnya.

Skill kreativitas akan terasah seiring dengan berjalannya waktu jika kamu rajin memproduksi banyak konten.

3. Fleksibel

Seperti air, seorang konten kreator harus capable membuat konten pada berbagai platform dan juga jenis konten.

Kamu tidak bisa hanya menguasai satu platform atau satu jenis konten saja, namun dituntut untuk memahami beberapa sistem content management, platform, dan alat lain untuk optimalisasi konten.

4. Up to date

Menjadi content creator berarti harus mengikuti tren terbaru. Skill ini berfungsi untuk menyesuaikan konten yang hendak dibuat agar selaras dengan fenomena terkini.

5. Komunikatif dan kolaboratif

Dalam pembuatan konten tentu akan melibatkan banyak tim dan divisi. Di sinilah skill komunikasi berperan penting.

Kamu harus bisa menyampaikan pesan dengan baik tanpa mengurangi atau melebihkan serta memiliki kemampuan kolaborasi yang baik.

Cara untuk Menjadi Content Creator yang Sukses

Kalau kamu tertarik menjadi konten kreator, tips berikut ini bisa membantumu agar bisa menjadi content creator yang sukses. Yuk disimak!

1. Lakukan personal branding

Pertama dan utama, kunci menjadi konten kreator yang sukses adalah harus melakukan personal branding secara konsisten.

Mengutip buku Strategi Semut Melawan Gajah karya Freddy Rangkuti (2013: 2), personal branding merupakan proses masuk ke pasar dan cara menjual diri sebagai brand agar sukses berbisnis.

Menurut Rangkuti, untuk memiliki asosiasi yang unik di benak target pasarnya, personal branding membutuhkan kreasi yang kuat, unik, dan sesuai dengan karakteristik diri.

Dengan begitu, orang lain akan mudah mengingat kita karena memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan kompetitor. Branding ini tentunya penting untuk kesuksesan konten kreator yang profesinya sedang banyak diminati.

2. Tingkatkan skill komunikasi

Untuk jadi seorang content creator yang andal, kamu harus memiliki skill komunikasi yang baik. Konten kreator harus pintar menerjemahkan pesan yang ingin disampaikan ke dalam bentuk konten yang mampu memikat audiensnya.

3. Memanfaatkan tren

Seorang pembuat konten harus aware terhadap tren yang ada. Untuk menghasilkan konten yang berhasil menarik audiens, kamu harus up to date dengan hal-hal yang terjadi di sekitar dan bisa memanfaatkan tren tersebut.

Dengan melihat hal-hal yang sedang hangat dibicarakan, kamu bisa mendapat ide untuk membuat konten yang menarik audiens.

4. Pelajari audiens

Mempelajari audiens dan melakukan segmentasi pasar adalah salah satu cara menjadi creator yang sukses. Kamu harus memahami karakteristik audiens supaya bisa membuat konten yang relevan dan menarik perhatian mereka.

Pelajarilah demografi, karakteristik, dan kebiasaan audiens kamu. Dari situ kamu bisa membuat konten yang lebih relate dan disukai audiens.

Baca Juga: Pengertian Market Segmentation, Jenis & Manfaatnya bagi Bisnis

5. Menguasai tools

Untuk menjadi konten kreator yang sukses, kamu harus menguasai tools pendukung sehingga ide dan kemampuan dalam pembuatan konten bisa efektif.

Misalnya saja dalam hal produksi video, kamu perlu memahami software editing video supaya menghasilkan konten video menarik dan berkualitas.

Selain itu, beberapa tools analytic perlu dikuasai supaya kamu bisa memaksimalkan performa konten-kontenmu selanjutnya.

6. Melakukan analisa performa konten

Agar konten yang dihasilkan bisa lebih efektif dan tepat sasaran ke depannya, kamu perlu mengevaluasi performanya.

Platform-platform analytic seperti Google Analytics bisa kamu manfaatkan untuk menganalisis konten. Dari situ kamu akan tahu apa yang harus dikembangkan ataupun dihindari pada kontenmu.

Baca Juga: Cara Menggunakan Google Analytics Sebagai Alat Tracking Bisnis

7. Bangun koneksi dengan creator lain

Terakhir, bangunlah network dengan creator lain guna menambah exposure dan relasi. Nantinya, kamu juga bisa bekerja sama atau melakukan kolaborasi konten dengan mereka.

Selain menambah teman, kamu juga bisa mendapat banyak ide dan inspirasi dalam menciptakan konten-konten yang menarik.

Rata-Rata Gaji Content Creator di Indonesia

Survei gaji di Glassdoor per Maret 2023 menyatakan bahwa rentang gaji content creator di Indonesia berkisar dari Rp4 juta – Rp16 juta dengan rata-rata gaji pokok adalah Rp4.051.362 per bulan.

gaji content creator

Dari rata-rata gaji itu, Glassdoor mengestimasi tambahan gaji sebanyak Rp4.442.689 per bulan sehingga estimasi total gaji content creator di Indonesia adalah Rp8.494.051 per bulan.

Tambahan gaji yang dimaksud tersebut seperti bonus tunai, komisi, tip, dan pembagian keuntungan.

Tertarik Jadi Content Creator?

Jadi, content creator adalah individu atau organisasi yang tugasnya membuat konten untuk dibagikan melalui platform digital seperti media sosial, website, dan lain-lain.

Profesi ini kian menjamur seiring masifnya terpaan media digital sehingga banyak anak muda turut berminat jadi konten kreator.

Selain itu, rata-rata gaji content creator juga cukup menjanjikan yakni antara Rp4 – Rp16 juta namun tergantung perusahaan dan juga pengalaman.

Bagaimana, apakah kamu tertarik menjadi konten kreator? Jika ya, pastikan kamu mampu menjalankan tugasnya, memiliki skill mumpuni, serta cobalah tips cara menjadi content creator yang sukses seperti dijabarkan di atas.

Demikian artikel ini, semoga membantu ya. Kumpulan artikel informatif lainnya bisa kamu temukan di blog Dewaweb.

Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks. Salam sukses online!