Dewaweb Menampilkan Bisnis di Google dengan Google Bisnisku Google My Business

Google Bisnisku: Panduan Lengkap, Cara Daftar dan Verifikasi

Mungkin ketika kamua mencari sebuah bisnis di Google, kamu akan detail bisnis tersebut di bagian sebelah kanan. Bagi pemilik bisnis, mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana agar bisnismu bisa muncul di bagian itu. Jawabannya: Google Bisnisku atau Google My Business.

Dengan perkembangan Google, sebuah bisnis sekarang tidak hanya harus memastikan bahwa mereka muncul di halaman pertama dan mendapat ranking pertama di Google. Google sendiri sudah menyiapkan sebuah produk yang disebut Google Bisnisku untuk membantu bisnis mendapat lebih banyak visibilitas di halaman hasil pencarian.

Di artikel ini, kami akan membahas apa itu Google Bisnisku, mengapa kamu harus menggunakan Google Bisnisku, dan bagaimana cara mendaftar dan verifikasinya.

Apa itu Google Bisnisku?

Google Bisnisku atau mungkin lebih dikenal dengan nama Google My Business adalah sebuah tool yang disediakan oleh Google untuk membantu bisnis mendapat tampilan profilsecara gratis pada halaman hasil pencarian (SERP).

Listingan ini akan muncul saat orang-orang mencari nama bisnis atau memilih sebuah tempat pada Google Maps.

Google Bisnisku dapat membantu kamu membuat dan mengupdate entri  ini agar calon pelanggan dapat menemukannya dengan mudah. Berikut adalah contoh profil Google Bisnisku:

Panel Google Bisnisku

Manfaat Google Bisnisku

Ada beberapa alasan mengapa kamu perlu memanfaatkan Google Bisnisku sebagai bagian dari online marketing:

1. Mengembangkan Bisnis Scara Online dengan Gratis

Google Bisnisku adalah sebuah tool gratis dari Google. Selain itu, Google Bisnisku dapat membantu kamu meningkatkan online presence dan mendapatkan lebih banyak pemasukan. Tentu saja, ada banyak hal yang kamu harus optimasi sebelum mendapatkan hasil yang baik.

Salah satu langkah terpenting yang perlu kamu lakukan adalah mengisi profil bisnis selengkap mungkin. Google menerangkan bahwa “bisnis lokal adalah hasil yang paling relevan dalam setiap pencarian, dan halaman bisnis yang mempunyai profil lengkap dan informasi akurat akan lebih mudah untuk ditampilkan di pencarian yang tepat.”

2. Membantu Pelanggan Menemukan Bisnis

Dengan Google Bisnisku, kamu bisa memberikan informasi lokasi bisnis yang tepat, lengkap dan akurat di Google Maps. Fitur ini tentunya sangat memudahkan pelanggan kamu dalam mencari jalan menuju bisnismu. Fitur ini sangat berguna bagi bisnis yang memerlukan interaksi langsung dengan pelanggan seperti restoran, supermarket, toko buku, bengkel, atau rumah sakit.

alamat kantor di google bisnisku

3. Meningkatkan Visibilitas di Mesin Pencari

Ketika kamu mencari sebuah tempat atau destinasi dengan kategori tertentu di Google, misal: restoran, toko buku, toko bangunan, dan sebagainya, kamu akan diberikan sebuah panel visibilitas di bagain atas halaman yang berisi bisnis yang ada dalam dengan kategori tersebut.

Biasanya, panel ini terdiri dari 3 bisnis lokal dan informasi mereka. Isi dari panel ini berasal dari entri Google My Business. Dengan profil Google Bisnis yang lengkap dan teroptimasi, panel ini dapat membantu bisnis kamu untuk muncul di pencarian yang tepat.

Dengan profil Google Bisnisku yang lengkap, pelanggan dapat melihat nomor telpon, jam buka, website, dan beberapa informasi penting lainnya yang sangat berguna saat mereka ingin mengunjungi atau menghubungi bisnismu.

Listing Google Bisnisku

4. Memberikan Informasi Penting Mengenai Bisnis

Google Bisnisku adalah sebuah wadah untuk memberikan informasi penting tentang bisnis kamu kepada pelanggan. Berikut ini adalah informasi yang mereka kamu tampilkan di halaman Google Bisnisku:

  • Jam buka
  • Jam-jam sibuk
  • Rute menuju bisnis
  • Foto lokasi
  • Tombol ‘call now’ dan ‘website’ di perangkat mobile
  • Deskripsi singkat bisnis

5. Berkomunikasi dengan Pelanggan

Dengan Google Bisnisku, kamu juga bisa memanfaatkan produk Google lainnya yaitu Google Hangout. Google Hangout memungkinkan kamu untuk berkomunikasi dengan sepuluh sampai lima belas customers di saat yang bersamaan.

Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan.

6. Mendapat Insight Tentang Pelanggan

Saat kamu menggunakan Google Bisnisku, kamu akan menemukan tab “Insights” yang akan memberikan data lengkap website untuk bisnis kamu. Kamu bisa mengkustomisasi data apa yang ingin kamu monitor.

  • Visibility menunjukkan jumlah tampilan yang didapatkan oleh profil, postingan, dan foto di Google Bisnisku milik kamu.
  • Engagement menunjukkan bagaimana pengunjung atau pelanggan kamu berinteraksi dengan postingan-postingan di halaman Google Bisnis kamu.
  • Audience menunjukkan demografi pengunjung yang mengikuti akunmu di Google Bisnisku. Bagian ini memperlihatkan umur, gender, dan negara asal pengunjung akun kamu.

Dengan mengetahui lebih banyak tentang audience kamu, kamu dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan dan penjualan kamu.

7. Mengenal Traffic Website dan Pelanggan Bisnis

Google Bisnisku memiliki integrasi dengan Google Analytics yang memungkinkan kamu untuk menyambungkan kedua tools ini.

Insight pada Google Bisnisku lebih terfokus pada traffic yang didapatkan oleh akun Google Bisnisku. Dengan integrasi ke Google Analytics, kamu akan dapat mengakses laporan lebih terperinci dan mendalam tentang traffic website kamu.

8. Meningkatkan Engagement

Pelanggan yang sudah mengunjungi toko, restoran, atau bisnis kamu dapat meninggalkan ulasan dan penilaian pada halaman Google Bisnisku milik kamu.

Interaksi ini akan meningkatkan kualitas profilmu dengan memberi tanda ke mesin pencari Google bahwa bisnismu masih aktif.

Semakin banyak pelanggan yang meninggalkan ulasan baik, tentunya akan meningkatkan reputasi bisnis kamu di halaman Google. Jumlah ulasan dan kualitas ulasan yang baik adalah salah satu faktor penentu sebelum pelanggan baru mengunjungi bisnis kamu.

9. Merespon Ulasan dengan Cepat

Kamu dapat merespon semua ulasan yang ditulis oleh pelanggan secara cepat dan terbuka di Google Bisnisku.

Dengan merespon ulasan, pelanggan lain akan melihat bahwa kamu memikirkan pendapat mereka mengenai bisnismu. Jadi, jangan takut untuk merespon ulasan buruk, karena dengan merespon keluhan pelanggan, kamu menunjukkan bahwa bisnismu akan terus berkembang menjadi lebih baik.

10

. Membantu Pengelolaan Online Presence

Hanya dengan login ke dashboard Google Bisnisku, kamu sudah bisa mengakses semua tools Google. Google memang menawarkan alat-alat ini untuk membantu kamu dalam mengembangkan bisnismu di dunia digital.

Selanjutnya, kami akan membahas bagaimana cara daftar Google Bisnisku.

Untuk mempermudah proses, kamu perlu siapkan beberapa hal di bawah ini:

  • Lokasi toko atau kantor:
    Pastikan bahwa bisnismu memiliki lokasi fisik, ya! Informasi ini diperlukan untuk menentukan titik yang dapat digunakan untuk penunjuk arah oleh pelanggan di Google Maps
  • Informasi pasti:
    Pastikan kamu mempunyai informasi yang sudah dipastikan dan tidak akan berubah seperti nama bisnis, nomor telpon, email, dan website.
  • Interaksi pelanggan:
    Google Bisnisku mengutamakan bisnis yang kesehariannya memerlukan interaksi dengan pelanggan.

Selanjutnya, mari kita bahas cara daftar Google Bisnisku secara lengkap. Simak di bawah ini.

Cara Daftar Google Bisnisku

Di sini kamu akan mempelajari cara daftar Google Bisnisku. Untuk memulai, kamu memerlukan akun Google.

Kamu dapat menggunakan akun Gmail personal untuk mengatur profil Google Bisnisku. Tapi lebih ideal lagi kamu mempunyai email dengan domain bisnis kamu menggunakan produk bisnis G-Suite.

Dewaweb---Memulai-Google-Bisnisku

  • Isi nama bisnis.

Dewaweb---Nama-Bisnis-Anda

  • Isi alamat bisnis dengan akurat dan benar.

Dewaweb---Lokasi-Bisnis-Anda-Google-Bisnisku

  • Pilihan area pengiriman

Dewaweb---Area-Pengiriman-Google-Bisnisku-Google-My-Business

  • Pilih titik letak bisnis kamu di Google Maps.

Dewaweb---Google-My-Business-google-bisnisku-lokasi-bisnis-google-maps

 

 

  • Pilih kategori bisni dan isi informasi kontak bisnis

Dewaweb---Google-Bisnisku-Informasi-Bisnis-Anda

  • Verifikasi akun Google Bisnisku.

Dewaweb---Verifikasi-Google-Bisnisku

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah verifikasi kepemilikan atau hubungan kamu dengan bisnis yang baru saja didaftarkan. Kamu dapat memilih dari beberapa metode verifikasi:

  • Kartu pos
  • Telpon kantor
  • Email
  • Kepemilikan website
  • Verifikasi partai

Tetapi di antara 5 metode verifikasi, hanya metode kode pos yang  dapat digunakan oleh semua bisnis. Metode verifikasi lainnya memerlukan beberapa prasyarat dari Google yang harus dipenuhi . Maka dari itu, cara terbaik adalah dengan memverifikasi menggunakan kartu pos.

Cara Verifikasi Google Bisnisku dengan Kartu Pos

Verifikasi dengan kartu pos adalah salah satu metode yang dapat digunakan oleh semua jenis bisnis. Kartu pos dari Google ini akan dikirim dalam waktu 12 hari.

Ada baiknya jika kamu tidak melakukan perubahan informasi alamat bisnismu selama periode verifikasi.  Setelah kartu pos tiba, berikut adalah langkah yang harus kamu ikuti:

  • Masuk ke akun Google Bisnisku
  • Pilih opsi Manage Location
  • Klik tombol enter code
  • Masukkan kode verifikasi
  • Pilih submit

Jika kamu belum menerima kartu pos dalam 12 hari, atau menghilangkan kartu pos yang sudah dikirim, kamu dapat meminta kode verifikasi baru dan mengulangi langkah di atas.

Setelah memasukkan kode verifikasi, kamu akan akan menerima pemberitahuan bahwa profil bisnis kamu sudah diverifikasi.

Kemudian kamu akan melihat panel berisi detail bisnis kamu yang sudah dikonfirmasi. Kamu juga harus mengonfirmasi bahwa kamu mempunyai hak dalam mengatur bisnis yang terdaftar dan menyetujui syarat dan ketentuan.

Bagaimana jika profil Google Bisnisku sudah diverifikasi oleh orang lain?

Ini adalah salah satu masalah yang sering terjadi ketika seseorang membuat profil Google Bisnisku. Ada beberapa cara untuk menghadapinya:

  • Periksa apakah cantuman kamu telah melakukan verifikasi sebelumnya.
  • Hubungi pemilik profil untuk meminta akses.
  • Mintalah akses ke profil ke Google.

Dua cara pertama cukup mudah, dan kamu bisa melakukannya sendiri. Tetapi jika kamu sampai harus menghubungi Google untuk meminta akses, berikut adalah cara yang bisa diikuti:

  • Cari bisnis kamu di Google
  • Setelah menemukan profil bisnis, Google akan meminta akses admin
  • Jawab semua pertanyaan verifikasi dengan tepat
  • Google akan menghubungi pemilik profil saat ini, dan memintanya untuk menghubungi kamu
  • Jika permintaan kamu diverifikasi, kamu akan menerima akses manajemen ke profil bisnis Anda.
  • Jika permintaan ditolak, kamu mungkin masih berada dalam proses verifikasi Google.
  • Hubungi lagi Google Bisnisku jika tidak ada kabar dalam satu minggu.

Lengkapi Profil Google Bisnisku

Setelah verifikasi, kami sarankan kamu untuk mengoptimasi profil Google Bisnisku milikmu. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan:

Informasi Bisnis

Setelah kamu mendapat akses dashboard, pastikan bahwa semua informasi dasar bisnismu sudah tersedia. Informasi bisnis ini akan muncul di halaman hasil pencarian untuk profil bisnis kamu.

Selain informasi dasar seperti nama, website, nomor telpon dan alamat, kamu juga dapat menyertakan beberapa informasi tambahan seperti waktu operasional, link untuk membuat appointment, detail pembayaran, dan foto.

Google Post

Dari dashboard Google Bisnisku, kamu dapat membuat postingan berupa foto, video, dan teks hingga 300 kata. Postingan ini bekerja seperti status Facebook atau Twitter.

Kamu dapat memanfaatkan ini untuk mempromosikan event, diskon, atau konten-konten lainnya yang menyangkut bisnis kamu.

Foto Lokasi Bisnis

Menambahkan foto ke profil  ke bisnis kamu akan membantu pengguna mendapatkan gambaran tentang bisnis kamu dengan lebih baik.

Banyak bisnis meremehkan kegunaan foto dalam membangun reputasi bisnis. Faktanya, bisnis dengan foto di halaman hasil pencarian mendapatkan 35% lebih banyak klik daripada bisnis tanpa foto.

Selain foto profil bisnis, kamu dapat mengunggah foto pilihan yang akan ditampilkan di halaman profil Google Bisnisku.

Selain foto yang diunggah oleh pemilik, pelanggan juga dapat meninggalkan ulasan dengan foto. Jadi pastikan pelayanan dan kondisi toko kamu selalu rapih, ya!

Mengatur Ulasan di Google Bisnisku

Sebagai pemilik bisnis, kamu pasti sadar  bahwa ulasan adalah salah satu hal penting dalam membangun reputasi baik dan menambah pelanggan.

Google menyertakan fitur di Google Bisnisku yang memungkinkan pelanggan untuk meninggalkan ulasan mengenai usahamu.

Dewaweb-Contoh-Review-Google-Bisnisku-Google-My-Business

Ketika toko, kantor, atau restoranmu muncul di halaman hasil pencarian, ulasan ini akan muncul sebagai bagian informasi yang ditayangkan.

Setiap ulasan pelanggan sangatlah berarti, jadi jangan lupa untuk menanggapi semua ulasan, termasuk ulasan buruk.

Pastikan kamu menanggapi ulasan negatif dengan baik dan memberikan pesan bahwa bisnismu akan menjadi lebih baik dalam mengatasi masalah yang ada pada ulasan tersebut.

Kami juga sudah menyediakan video tutorial Google My Business untuk sahabat Dewaweb semua!

Jam Operasional

Waktu operasional sebuah bisnis sering juga digunakan oleh pelanggan untuk menentukan kapan mereka akan berkunjung. Jadi, pastikan kamu memasukkan informasi ini di halaman Google Bisnisku untuk membantu pelanggan data ng di waktu yang tepat.

Jam operasional Google Bisnisku

Fasilitas

Kamu juga sebaiknya memberikan informasi mengenai fasilitas yang ditawarkan oleh bisnismu. Rincian fasilitas untuk setiap kategori bisnis pasti berbeda. Untuk restoran, fasilitas yang terdaftar bisa dalam bentuk ketersediaan metode pembayaran, dine-in, takeaway, & delivery. Sedangkan untuk hotel dan penginapan,  jenis fasilitas mungkin berupa alat-alat mandi, sarapan, gym, kolam renang, dan sebagainya.

Jadi, pastikan kamu sudah menambahkan informasi mengenai fasilitas yang tersedia di bisnismu, ya!

Menu

Jika kamu memiliki restoran atau kafe, kamu juga dapat menambahkan menu untuk ditampilkan sebagai foto. Tersedianya menu di halaman Google Bisnisku tentunya akan memudahkan pelanggan dalam menentukan pesanan mereka sebelum datang.

Simpulan

Itulah informasi tentang apa saja yang perlu kamu lakukan untuk membuat halaman di Google Bisnisku. Sebagai salah satu alat terbaik untuk membangun online presence bisnis, sangat disayangkan jika kamu tidak memanfaatkan Google Bisnisku.

Pada era digital ini, hampir semua aktivitas dapat dilakukan secara online, termasuk mencari informasi tentang toko, bisnis, kantor, hotel, dan lokasi-lokasi lain di sekitar kita. Untuk membangun profil Google Bisnisku yang terpercaya, kamu tentunya perlu menambahkan website untuk usahamu, ‘kan?

Pastikan kamu sudah mempelajari cara membuat website agar proses digitasi usahamu semakin lancar. Jangan lupa gunakan layanan hosting website terbaik untuk bisnismu dari Dewaweb!