Mengapa mengetahui tren-tren terbaru atau perkembangan WordPress penting? Terutama, tentunya karena jumlah pengguna yang sangat besar dan pengguna tersebut banyak mengembangkan WordPress Site mereka dengan serius dalam berbisnis. Apakah Anda termasuk salah satunya?

Berdasarkan data statistik yang kami peroleh, WordPress merupakan CMS yang paling banyak digunakan untuk membuat website di dunia . Dulu, pada awal-awal WordPress diperkenalkan ke publik, mungkin tidak banyak orang yang menduga bahwa WordPress bisa jadi CMS yang sangat populer seperti sekarang. Menurut data yang dilansir oleh website W3Techs (November 2017), WordPress digunakan oleh sekitar 29,2% website yang ada di Internet.

Most Popular Content Management System

Jumlah tersebut jauh lebih besar bila dibandingkan dengan CMS yang populer lainnya semacam Joomla dan Drupal . Dari waktu ke waktu jumlah pengguna WordPress terus meningkat. Pertumbuhannya bahkan mencapai 591 website tiap harinya, tertinggi dibandingkan dengan keseluruhan software CMS yang ada.

Sejarah Singkat WordPress

WordPress adalah merupakan software yang bisa Anda gunakan untuk membuat website. Bermacam-macam jenis website sebenarnya baik website personal semacam blog, website portal berita atau bahkan online shop.

Tahun 2003 Matt Mullenweg menemukan WordPress karena melihat adanya kebutuhan akan sebuah software publishing online . Saat itu sebenarnya ada software b2, salah satu software serupa yang sudah dihentikan pengembangannya. Lalu Matt sama-sama dengan beberapa rekannya melakukan forking pada coding b2 dan jadilah WordPress ini.

Beberapa saat setelahnya, muncul Movable Type, salah satu platform online publishing lainnya yang menerapkan harga atau tarif untuk penggunaannya. Jadinya makin banyak orang mencari alternatif yang gratis dan WordPress adalah pilihan yang paling diminati saat itu.

Sampai sekarang, WordPress berkembang sangat pesat di bawah perusahaan yang didirikan Matt, Automattic.Inc. WordPress ini terbagi menjadi dua jenis yaitu WordPress.com dan WordPress.org

WordPress.com

WordPress com Sign Up

Jika Anda benar-benar mengetahui seperti apakah WordPress yang satu ini, Anda bisa mengunjungi WordPress.com dan mendaftar di sana. Anda akan mendapatkan sebuah blog dengan nama seperti nama.wordpress.com secara gratis. Jika tidak mau, Anda bisa memilih nama lain seperti nama.com dengan dikenakan tarif tahunan untuk domain maupun hosting yang sebenarnya relatif mahal.

Pilihan nama domain custom seperti yang kami sebutkan di atas adalah salah satu usaha bisnis dari WordPress. Mengapa? Walaupun WordPress adalah sebuah software yang 100% gratis dan open source, namun untuk pengembangannya pasti juga diperlukan biaya.

WordPress.com adalah salah satu sumber penghasilan korporat ini demi kelangsungan development, di samping berbagai layanan berbayar yang tersedia lainnya.

WordPress.org

WordPress org Sign Up

Sementara itu, WordPress.org menjadi salah satu rujukan pertama bagi pengguna WordPress. Pengguna internet yang ingin membuat blog dengan domain dan hosting sendiri, bisa download WordPress dengan jenis satu ini. Selain itu juga bisa download themes dan plugin yang kebanyakan gratis.

Biasanya WordPres.org ini disebut juga sebagai WordPress Self-Hosted (karena menggunakan hosting sendiri). Anda tinggal membeli domain dan hosting murah (dibandingkan dengan WordPress.com) lalu install WordPress di servernya, terakhir install themes dan plugin yang Anda perlukan.

Themes dapat menjadikan design website Anda lebih menarik karena bisa diubah-ubah sesuai keinginan. Sedangkan, dengan plugin Anda dapat menambahkan berbagai fitur tambahan yang belum ada dalam WordPress. Themes serta plugin inilah yang menjadikan WordPress Anda fleksibel, maksudnya adalah bisa jadi blog biasa atau website portal berita atau online shop seperti yang kami sebutkan sebelumnya.

Jika Anda menemukan masalah tertentu dengan WordPress yang Anda pakai, Anda pun bisa mencari solusinya lewat forum WordPress, di mana kebanyakan pengguna lainnya bisa membantu sesama pengguna.

Tren WordPress Pada Tahun 2018

2018 akan menjadi tahun yang istimewa bagi WordPress. CMS yang akan berusia 15 tahun ini nantinya merilis salah satu pembaruan terbesar sejak tahun 2014 – untuk software yaitu dengan WordPress 5.0.

Apa sih artinya update ini bagi blogger, perancang web, dan usaha kecil? Tren macam apa yang bisa kita lihat di tahun 2018 setelah adanya update besar ini? Mari kita lihat daftarnya!

  • WordPress 5.0

Matt Mullenweg dan tim pengembang WordPress di Automattic dikabarkan telah bekerja keras untuk mengembangkan perangkat lunak CMS selama 15 tahun belakangan ini. Mereka telah bekerja untuk meningkatkan WordPress 4.0 selama lebih dari 3 tahun lamanya. WordPress 5.0 akan menjadi rilis utama terbesar dari CMS Platform satu ini ini sejak mereka merilis WordPress 4 pada tahun 2014.

Menurut halaman resmi dari developer WordPress, WordPress 5.0 akan dirilis pada tahun 2018. Kita bisa mengharapkan beberapa perubahan besar dengan update baru ini, termasuk pengaturan editor baru.

Pembaruan baru ini akan membantu menentukan masa depan WordPress dan juga jenis fitur baru apa saja yang akan dibawa ke tema dan desain WordPress Site Anda nantinya.

  • Perbaikan Utama Pada UI

WordPress 5.0 pasti akan memulai banyak tren baru dan juga akan membawa banyak fitur baru serta update ke interface pengguna admin CMS. Pembaruan terbesar adalah bagian editor yang dirubah untuk menulis posting blog dan mengelola halaman.

Jika Anda memiliki akun di WordPress.com, Anda juga bisa melihat pratinjau fitur baru ini. Meskipun tidak jelas apakah kita akan melihat editor WordPress.com yang sudah pas bagi software WordPress.org, namun ada kebiasaan di mana WordPress biasanya merilis update besar ke platform berbayarnya dulu sebelum merilisnya untuk software yang gratisnya.

  • Theme Variatif Bagi Website e-Commerce

Saat WordPress pertama kali dirilis, tidak ada bedanya platform yang digunakan untuk membangun blog sederhana dan yang profesional atau rumit. Sekarang lebih dari sekedar blogging atau pembuatan situs web, WordPress bisa menangani semuanya. Apa saja? Mulai dari situs berita besar hinggawebsite e-Commerce semacam online shop yang dilengkapi dengan keranjang belanja dan ratusan halaman produk.

Tahun 2018 permintaan para pengguna akan tema serbaguna demi membangun website bisnis yang lebih maju pastinya meningkat mengingat pertumbuhan e-Commerce yang ada dari tahun ke tahun. Akibatnya, tema-tema WordPress akan semakin ketat persaingannya dari sebelumnya. Kita akan melihat lebih banyak tema yang dibuat dengan developer halaman seperti Visual Composer yang akan memberi pengguna kebebasan dalam membangun website yang kaya akan fitur yang dipersonalisasi.

  • UX Lebih Baik Dengan Interaksi Mikro

Microinteractions adalah tren baru yang telah beredar di dunia desain web sekarang. Anda mungkin sudah mendapat atau menggunakannya di situs maupun pada berbagai aplikasi populer. Tren ini akan segera membuat lebih banyak bermunculannya tema WordPress yang sesuai.

Interaksi mikro sebenarnya soal menambahkan interaksi kecil ke elemen website untuk meningkatkan pengalaman pengguna atau yang biasa disenut sebagai user experience (UX). Tanda centang yang Anda lihat setelah mengirimkan formulir di situs web atau ikon yang hidup saat Anda mengarahkan kursor ke atasnya adalah beberapa contoh dari desain micro-interaction.

Unsur interaktif sederhana ini tidak hanya mendorong pengguna untuk bisa berinteraksi lebih banyak dengan website atau bersifat menghibur, tetapi juga membantu membuat pengguna tetap terlibat / engange dengan situs web melalui pemberian feedback.

  • Desain Tema Duotone

Tren desain web Duotone dimulai dari tahun 2017 yaitu saat makin banyaknya website yang mengadopsi gaya warna-warni baru ini. Kita mulai melihat lebih banyak tema yang dikembangkan dengan gaya desain yang sama.

Tren desain ini biasa terlihat di situs hiburan dan bisnis. Alasan utama mengapa desainer memilih gaya ini adalah efek duotone membantu menyoroti tipografi situs web dengan lebih jelassehingga lebih menarik pula bagi pengunjung.

Walaupun begitu, tidak banyak tema WordPress yang memanfaatkan tren desain ini. Mudah-mudahan, kita dapat melihat lebih banyak yang menggunakannya dalam beberapa bulan mendatang.

  • Website Berbasis Foto

Anda mungkin pernah mendengar istilah “sebuah gambar bernilai seribu kata”. Perancang web mengikuti prinsip ini secara harafiah akhir-akhir ini. Tren ini juga yang mulai ada di banyak WordPress Site.

Saat ini, ada banyak situs WordPress yang menampilkan desain dengan menggunakan gambar untuk menarik perhatian para pengguna. Usaha mereka termasuk menampilkan foto besar-besar yang mengambil sebagian besar dari tata letak atau layout website.

Tema WordPress juga menggunakan tren desain yang sama untuk menyoroti produk dan layanannya. Lebih banyak tema akan dirilis pada tahun 2018 yang berbasis foto.

  • Lebih banyak Website Berbasis VR

Realitas virtual atau virtual reality (VR) perlahan menjadi mainstream. Dengan dirilisnya beberapa gadget dan perangkat VR, lebih banyak game berbasis VR dan tur virtual sekarang dikembangkan agar bisa menarik orang untuk mencoba teknologi baru ini. Segera, website juga akan menyertakan fitur untuk mendukung perangkat semacam ini.

WordPress sebenarnya sudah sepenuhnya mendukung perangkat VR seperti Google Cardboard dan Oculus Rift. Namun, kita belum melihat tema VR yang dikemas dengan fitur bagi WordPress. Semoga tahun 2018 akan menjadi tahun di mana kita akhirnya bisa melihat tema WordPress yang dilengkapi dengan fitur built-in khusus gadget VR.

Plugin-Plugin Terbaik di Tahun 2018 untuk WordPress

44.000 adalah jumlah plugin WordPress yang telah dirilis di internet. Sebanyak itu. Maka dengan banyaknya plugin, menjadi cukup sulit bagi Anda untuk memilih yang terbaik. Inilah mengapa kami akan memberikan juga 10 plugin terbaik bagi WordPress Site Anda.

Tapi pertama, mari kita definisikan apa sebenarnya plugin dan bagaimana cara kerjanya dengan WordPress Site Anda (Jika Anda sudah mengetahuinya, Anda bisa langsung scroll down dan membaca ke daftar plugin-nya).

Apa itu Plugin?

Plugin adalah aplikasi tambahan bagi WordPress Site Anda. WordPress sebenarnya bisa berfungsi dengan sendirinya, tetapi Anda bisa membuatnya melakukan hal-hal spesifik yang Anda inginkan dengan plugin ini.

Contohnya bila Anda ingin memastikan untuk tidak mempublikasikan sesuatu secara tidak sengaja? Ada plugin yang bisa di-install untuk melakukan itu.

Berikut adalah 9 daftar plugin terbaik yang telah kami ulas khusus bagi Anda!

1. OptinMonster

OptinMonster adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengoptimalkan tingkat konversi dan paling populer digunakan saat ini. OptinMonster ini memungkinkan Anda untuk mengubah pengunjung website yang meninggalkan halaman Anda menjadi subscriber email. Jika Anda ingin mengembangkan daftar email Anda, maka ini jadi plugin WordPress yang wajib ada pada tahun 2018.

2. WPForms

Sebagai pebisnis, memungkinkan pelanggan Anda untuk menghubungi Anda harusnya menjadi prioritas utama Anda. WPForms adalah plugin kontak yang paling cocok bagi pemula untuk mengembangkan bisnis dengan WordPress. Fitur pembuat formulir drag & drop online memungkinkan Anda untuk dengan mudah membuat formulir kontak, formulir subscriber email, formulir pemesanan, formulir pembayaran, dan jenis formulir online lainnya hanya dengan beberapa klik saja. Tersedia versi WPForms Lite gratis yang tersedia bagi mereka yang mencari solusi sederhana. Jika ingin lebih banyak fitur canggih, coba dapatkan versi Pro yang berbayar.

3. MonsterInsights

MonsterInsights merupakan plugin terkait Google Analytics terbaik bagi WordPress Site Anda. Plugin ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan website Anda dengan Google Analytics, sehingga Anda nantinya bisa mempelajari lebih lanjut soal pengunjung website Anda, dari mana asal mereka dan apa saja yang mereka lakukan di website Anda. Anda kemudian bisa mengoptimalkan situs Anda sesuai harapan untuk meningkatkan penghasilan Anda. MonsterInsights juga tersedia dalam versi gratis. Jika Anda ingin memanfaatkan fitur canggih, maka Anda harus mendapatkan versi Pro.

4. Constant Contact

Constant Contact adalah salah satu penyedia layanan email marketing terbaik. Plugin ini memungkinkan Anda untuk membuat daftar email dan mengirim email ke pelanggan Anda. Platformnya tergolong ramah bagi para pemula, dengan pengaturan yang cepat dan mudah. Constant Contact didukung dengan alat built-in untuk menambahkan formulir pendaftaran dan juga bisa bekerja maksimal dengan software unggulan pendukung semacam OptinMonster.

5. BackupBuddy

Jika kita berbicara soal keamanan, tidak ada fitur keamanan yang lebih baik daripada fitur yang punya sistem cadangan atau backup yang andal. Sebagai pengelola bisnis dengan WordPress Site, Anda pastinya tak mau kehilangan data bisnis dan pelanggan jika terjadi kegagalan di hardware atau serangan hacker pada server host Anda. Hal pertama yang harus Anda setup di semua situs WordPress Anda adalah plugin cadangan. Sebaiknya Anda menggunakan BackupBuddy karena plugin ini adalah salah satu cara termudah dan termurah untuk membuat backup dan memulihkan situs WordPress Anda hanya dengan beberapa klik saja. Namun, provider hosting yang sudah jelas tersertifikasi pasti sudah memiliki time machine backup yang rutin melakukan backup dan benar-benar aman.

6. Yoast SEO

Yoast SEO ini sebelumnya dikenal sebagai “WordPress SEO by Yoast”. Plugin ini adalah salah satu plugin WordPress yang paling populer digunakan. Yoast SEO memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan situs WordPress Anda bagi mesin penelusur semacam Google agar pengunjung website Anda meningkat. Yoast ini tidak hanya membantu Anda menambahkan tag meta, tetapi juga akan mengoptimalkan situs Anda secara keseluruhan. Namun, jika Anda agak kesulitan dengan pengembangan website rumit, Anda bisa menggunakan SEO tools rankingCoach yang tersedia dalam bahasa Indonesia. rankingCoach ini benar-benar mudah digunakan karena ada panduan sederhana yang diberikan langkah demi langkah supaya Anda bisa melakukan optimasi website bagi mesin penelusur.

7. W3 Total Cache

W3 Total Cache ini bisa memungkinkan Anda untuk menyimpan file yang dikompres dan di-cache ke pengunjung Anda. Hal ini mengurangi beban pada server Anda dan jadinya situs Anda bisa berjalan lebih cepat. Jika Anda sudah membaca artikel kami sebelumnya soal Panduan Lengkap SEO 2018 , kecepatan loading page dapat berpengaruh terhadap peringkat Anda di mesin penelusur seperti Google. Jadi ini plugin yang ada hubungannya dengan SEO.

8. MaxCDN

Gambar dan konten statis lainnya di website Anda memerlukan waktu paling lama untuk dimuat atau di-loading. Jika Anda ingin membuat website Anda lebih cepat lagi loading-nya, Anda perlu menggunakan CDN untuk mengirimkan file statis Anda. MaxCDN ini adalah layanan CDN yang dapat dikatakan paling andal. Selain itu, plugin ini mudah diintegrasikan dengan WordPress.

9. Galeri Envira

Meskipun Anda dapat dengan mudah membuat galeri foto di WordPress tanpa menggunakan plugin, plugin galeri ini cukup mendasar tingkat kebutuhannya bagi website Anda. Galeri Envira memungkinkan Anda membuat galeri responsif yang menarik di WordPress Site Anda. Anda dapat membuat beberapa galeri, menambahkannya di manapun Anda mau, membuat album, membuka gambar di popup lightbox, dan banyak lagi fiturnya.

Simpulan

Melalui artikel ini, Anda telah mengetahui perkembangan apa saja yang akan berpengaruh bagi WordPress Anda di tahun 2018. Penting untuk mengetahui tren-tren terbaru yang ada agar website Anda yang dibangun dengan platform terkenal ini bisa sukses. Kami juga memberikan beberapa saran plugin terbaik yang bisa Anda manfaatkan dalam mengembangkan website Anda. Sebelumnya, kami pernah membahas artikel-artikel bermanfaat lainnya terkait WordPress. Anda dapat membaca Cara Membuat Halaman HTML Static dengan WordPress , 30 Tips dan Trik Keamanan WordPress , dan 15 Tips Penting untuk Mengamankan WordPress Site . Selamat mengembangkan website Anda, semoga sukses!