13 Rekomendasi Penyedia Blog Gratis Terpopuler, Harus Dicoba

13 Rekomendasi Penyedia Blog Gratis Terpopuler, Harus Dicoba

Memilih platform blog gratis adalah salah satu langkah awal bagi kamu yang tertarik menjadi seorang blogger atau content writer. Di internet ada berbagai rekomendasi penyedia blog gratis yang dapat kamu gunakan untuk mulai blogging.

Nah, bagi kamu yang baru ingin memulai blogging tapi masih bingung di mana platform untuk mempublikasikan artikel, yuk simak rekomendasi penyedia blog gratis berikut yang populer digunakan.

1. WordPress

blog gratis - wordpress

Rekomendasi blog gratis pertama adalah WordPress, layanan ini menyediakan 2 pilihan yaitu wordpress.com dan wordpress.org. WordPress.com adalah layanan yang dapat kamu gunakan secara gratis untuk membuat website.

Untuk menggunakan WordPress kamu hanya perlu mendaftar dan buat website secara mudah, selain itu kamu juga akan mendapatkan domain dengan ekstensi .wordpress.com dan penyimpanan sebesar 3 GB. Meskipun menawarkan secara gratis, kamu tetap bisa menggunakan tema yang tersedia dari WordPress dan beragam pilihan plugin yang bisa kamu tambahkan pada blog.

Baca Juga: Cara Membuat Blog di WordPress, Gratis dan Praktis!

2. Wix

wix

Penyedia blog gratis berikutnya adalah Wix. Wix adalah website builder gratis yang menawarkan lebih dari 500 template website menarik yang ramah pengguna, baik pemula maupun profesional.

Cara membuat blog gratis pada Wix juga cukup mudah, kamu hanya perlu daftar blog gratis Wix, pilih layout dan template, kemudian edit tampilan blog sesuai selera, kamu juga akan sekaligus mendapatkan subdomain gratis dari Wix. Tidak hanya itu, Wix juga menyediakan plugin dan ekstensi yang dapat kamu pasang pada blog.

Baca Juga: Cara Membuat Blog di Wix, Gratis dan Prosesnya Cepat

3. Blogger

blog gratis - blogger

Blogger adalah salah satu penyedia blog gratis yang populer di dunia dan telah digunakan banyak pengguna sejak diluncurkan pada tahun 1999 lalu. 

Blogger merupakan platform blogging milik Google yang menawarkan berbagai fitur untuk membuat, mengedit, dan mempublikasikan konten blog dengan mudah. Selain fitur-fitur untuk mengedit konten, platform Blogger juga memungkinkan kamu untuk custom domain apabila hendak menggunakan domain berbayar.

Baca Juga: Cara Membuat Blog Sendiri dan di Blogger dengan Mudah

4. Weebly

weebly

Penyedia blog gratis selanjutnya adalah Weebly. Dengan menggunakan Weebly, pengguna memiliki blog secara cepat dan efisien tanpa membutuhkan pengetahuan tentang coding. 

Di dalam Weebly, kamu hanya perlu drag & drop dan mengatur layout website sesuai yang kamu mau. Selain itu, ada beragam pilih situs yang dapat kamu buat seperti bisnis, portofolio, dan masih banyak lagi. Untuk melengkapi blog, kamu juga dapat menambahkan 200 pilihan aplikasi yang disediakan oleh Weebly yang mencakup aplikasi live chat, scheduling, dan yang lainnya.

Baca Juga: Cara Buat Website dan Blog di Weebly, Gratis dan Mudah!

5. Ghost

blog gratis - ghost

Ghost adalah penyedia blog gratis yang diluncurkan pada tahun 2013 lalu, meski tergolong masih baru, Ghost mampu menarik perhatian para pengguna karena waktu aksesnya yang cepat. Hal ini salah satunya karena Ghost dibangun dari framework JavaScript.

Ghost menyediakan dua pilihan yaitu hosted dan nonhosted. Jika kamu baru pertama kali membangun blog maka disarankan untuk menggunakan layanan yang hosted agar kamu tidak pusing memikirkan hosting blog kamu.

Baca Juga: Pengertian Ghost CMS & Manfaatnya untuk Para Blogger

6. Penzu

penzu

Penzu adalah platform yang memungkinkan pengguna untuk mencatat dan menyimpan pengalaman, dan refleksi pengguna dalam bentuk tulisan pribadi. Platform ini diluncurkan pada tahun 2008 yang dirancang sebagai alat untuk menciptakan dan menjaga jurnal digital secara pribadi.

Penzu menawarkan antarmuka yang sederhana dan intuitif yang mirip dengan menulis di buku harian biasa. Kamu dapat membuat entri jurnal, mengatur catatan berdasarkan tanggal, menambahkan gambar, dan mengatur entri dalam kategori atau label tertentu. 

Selain itu, Penzu juga menyediakan fitur untuk mengatur pengingat harian atau mingguan untuk menulis, dan berbagai fitur menarik lainnya. 

7. Webs

blog gratis - webs

Rekomendasi penyedia blog gratis berikutnya yaitu Webs, platform ini menyediakan alat pembuat situs web yang intuitif dengan antarmuka drag & drop, yang memungkinkan pengguna untuk membuat tampilan dan struktur situs web dengan mudah. Webs menawarkan versi gratis dengan fitur terbatas, serta paket berbayar yang memberikan fitur tambahan dan dukungan yang lebih baik.

Apabila nanti kamu menggunakan versi gratis, kamu tetap akan mendapatkan fitur seperti galeri foto, formulir kontak, toko online, dan lainnya.

Baca juga: Cara Menulis di Blog dan Tips Menarik Pembaca ke Blog Kamu

8. Medium

medium

Medium adalah penyedia blog gratis yang didirikan pada tahun 2012 oleh Evan Williams, salah satu pendiri Twitter. Tujuan pembuatan Medium adalah menyediakan platform yang mudah digunakan untuk berbagi ide dan cerita dengan pembaca secara lebih luas. 

Platform ini memiliki tampilan minimalis yang membuat pengguna betah berlama-lama di sana. Selain itu Medium juga dilengkapi dengan fitur-fitur seperti simpan, claps, serta komentar yang memungkinkan pembaca untuk berpartisipasi dan berinteraksi dengan penulis.

9. Joomla

blog gratis - joomla

Joomla adalah salah satu (CMS) content management system yang memungkinkan kamu membuat blog gratis serta mempublikasikan konten. Selain memiliki fitur yang memudahkan publikasi konten, Joomla juga menyediakan berbagai plugin dan ekstensi tambahan.

Namun, perlu kamu tahu bahwa Joomla tidak menyediakan layanan hosting, sehingga kamu harus menggunakan hosting pribadi.

Baca Juga: 10 Plugins Joomla yang Wajib Dimiliki untuk Lengkapi Website

10. Postach

postach

Postach.io adalah platform blog gratis memungkinkan kamu membuat dan mengelola blog menggunakan catatan Evernote. 

Dengan Postach.io, kamu dapat membuat catatan dalam akun Evernote kemudian catatan tersebut akan secara otomatis diubah menjadi posting blog yang dapat dilihat oleh pembaca di situs web. Selain itu kamu juga dapat dapat menambahkan label dan tag untuk mengatur konten. 

Baca juga: Alasan Memulai Blogging dan Tips Membuat Blog untuk Pemula

11. Tumblr

blog gratis - tumblr

Rekomendasi penyedia blog gratis selanjutnya adalah Tumblr. Dengan Tumblr kamu dapat mempublikasikan konten tidak hanya dalam bentuk teks saja, tetapi juga gambar, kutipan, audio, hingga video. Selain itu kamu juga dapat dapat membuat blog pribadi.

Tumblr dikenal dengan antarmuka yang sederhana dan intuitif  dan menyediakan berbagai tema serta tata letak yang dapat disesuaikan. Fitur unik dari Tumblr adalah “reblog” yang memungkinkan kamu untuk menyebarkan konten dari blog pengguna lain ke blog mereka sendiri.

12. LiveJournal

livejournal

LiveJournal adalah penyedia blog gratis yang memungkinkan kamu dalam membuat entri jurnal, yang dapat berisi teks, gambar, video, dan bahkan musik. 

Tidak hanya itu LiveJournal dilengkapi dengan fitur grup atau komunitas, di mana pengguna dapat bergabung dan berdiskusi bersama.

13. Substack

blog gratis - substack

Platform blog gratis terakhir adalah Substack, platform ini cukup berbeda dengan kebanyakan lainnya. Substack adalah platform yang memungkinkan kamu untuk membuat dan mendistribusikan konten berlangganan kepada pembaca.

Dengan Substack, kamu dapat memonetisasi konten dengan cara mengenakan biaya berlangganan tiap bulan atau tahun kepada pembaca untuk mengakses konten eksklusif penulis.

Selain itu, Substack juga menyediakan tools untuk menganalisis kinerja konten, seperti jumlah pelanggan, engagement, dan berbagai metrik lainnya.

Baca juga: Cara Mengganti Domain Bawaan Blogspot Jadi Custom Domain

Kesimpulan

Sampai sini kamu sudah tahu beberapa rekomendasi penyedia blog gratis yang dapat membantu kamu memulai blogging. Dari berbagai rekomendasi tersebut, kamu bisa memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Selain memilih platform dan mendaftar blog gratis, kamu juga perlu mempertimbangkan dalam membeli domain dan hosting. Karena bagaimanapun juga, meskipun menggunakan versi gratis dari berbagai platform di atas, semakin lama kebutuhan penyimpanan blog pasti akan semakin besar, sehingga kamu perlu membeli hosting pribadi.

Salah satu penyedia layanan hosting terpercaya untuk blog kamu yaitu Dewaweb. Dewaweb telah memiliki sertifikasi ISO 27001 sehingga terjamin keamanannya, kamu juga dapat memilih paket hosting mulai dari penyimpanan 1 GB hingga 8 GB. 

Tunggu apa lagi? Segera bergabung bersama 65 ribu pelanggan lainnya!