Panduan Konfigurasi Firewall Ubuntu dengan UFW

Panduan Konfigurasi Firewall Ubuntu dengan UFW

Uncomplicated Firewall (UFW) menjadi sebuah solusi bagi kamu yang ingin meningkatkan sistem keamanan web server-mu dengan firewall di Ubuntu.

Aplikasi uncomplicated firewall yang dimiliki Ubuntu ini akan mempermudah pengguna Cloud Server (VPS) berbasis Ubuntu Server untuk setting dan konfigurasi firewall VPS via iptables yang benar dan tepat.

Baca Juga: Apa itu Server? Pengertian, Fungsi dan Jenis Aplikasi Server

Manfaat Firewall Ubuntu untuk Amankan Server

Firewall adalah perangkat baik keras (hardware) atau lunak (software) pada komputer yang tugasnya mengontrol traffic masuk dan keluar website. Bisa dikatakan bahwa firewall merupakan hal yang penting untuk keamanan komputer, terlebih jika sedang terhubung ke internet.

Berbagai kejahatan siber (cyber crime) kini semakin marak dan cara yang digunakan bermacam-macam. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menjaga keamanan dengan mengaktifkan sistem keamanan tambahan di server sehingga datamu akan lebih aman dari ancaman.

Salah satu cara untuk mengamankan server yakni dengan melakukan konfigurasi firewall di Ubuntu. Dengan begitu, kamu mampu mengawasi koneksi yang masuk dan keluar dari server. Caranya susah-susah gampang, tetapi tenang saja karena UFW akan membantu proses konfigurasi menjadi lebih mudah.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mencegah Serangan Kejahatan Cyber

Uncomplicated Firewall yang disajikan sebagai front-end iptables ini biasanya sudah ter-install secara default di Ubuntu 18.04. Hanya saja, kemungkinan besar dinonaktifkan jadi kamu harus adalah mengaktifkannya.

Untuk mengaktifkannya, kamu terlebih dahulu harus membuat koneksi ke server dengan menggunakan SSH. Namun apabila Ubuntu 18.04 dijalankan di perangkat lokal, maka kamu tinggal perlu membuka terminalnya saja.

Baca Juga: Pengertian Web Server, Fungsi, Contoh dan Cara Kerjanya

Panduan Konfigurasi UFW

Sebenarnya, aplikasi Uncomplicated Firewall secara default sudah terinstall pada Ubuntu. Jika terhapus, kamu bisa masukkan perintah berikut untuk instalasinya kembali:

sudo apt-get install ufw

Baca Juga: WAMP Server: Cara Download dan Install

Selanjutnya, berikut ini adalah sedikit informasi tentang konfigurasi Uncomplicated Firewall:

Melihat Status UFW

<span style="line-height: 1.5;">sudo ufw status</span>

jika muncul keterangan “Status: inactive” silakan di enable dahulu dengan perintah sebagai berikut.

Enable:

sudo ufw enable

Disable:

sudo ufw disable

Cek apakah firewall sudah aktif

sudo ufw status verbose

Baca Juga: Cara Install Moodle di VPS Ubuntu 18.04

Pengaturan ke Default UFW

Perintah berikut untuk ke setting default:

sudo ufw default deny incoming
sudo ufw default allow outgoing

Setting Login SSH hanya dari IP tertentu.

sudo ufw allow proto tcp from 192.168.10.1 to any port 22

Perintah diatas akan allow koneksi SSH hanya untuk contohnya IP 192.168.10.1,silakan ganti dengan IP Public internet yang anda gunakan untuk login ke server via SSH.

Baca Juga: Panduan CSF Firewall pada Cloud Server (VPS) Centos

Mengizinkan koneksi HTTP port 80

sudo ufw allow http

Mengizinkan koneksi FTP

sudo ufw allow 21/tcp

Baca Juga: Cara Instal Django Framework dengan Pip Installation di Ubuntu

Block koneksi dari ip tertentu,contohnya ip 10.10.10.21

sudo ufw deny from 10.10.10.21

Baca Juga: Berkenalan dengan Ubuntu

Reset Rule yang telah dibuat sebelumnya

sudo ufw reset

Untuk lengkapnya terkait konfigurasi UFW silakan kunjungi Community Help Wiki dari Ubuntu berikut ini: CommunityHelpWiki. Selanjutnya, kamu bisa melakukan kustomisasi dengan rule Cloud Server yang digunakan.

Baca Juga: Mengenal Ubuntu, Berbagai Kelebihan dan Jenis-Jenisnya

Simpulan

Dari namanya, Uncomplicated Firewall (UFW) tentu saja berfungsi untuk memberi kemudahan bagi penggunanya dalam memasang sistem keamanan firewall di Ubuntu tanpa perlu kebingungan (complicated).

Tata cara konfigurasi atau setting Firewall di Ubuntu ternyata tidak sesulit itu berkat adanya UFW. Hanya saja, aplikasi ini memiliki cukup banyak pilihan untuk menambahkan proteksi keamanan terhadap server yang kamu miliki.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat. Kamu juga bisa membaca kumpulan artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks.

Selain itu, jangan lupa selalu memilih Dewaweb sebagai penyedia layanan hosting dengan hosting murah dan domain murah yang dilengkapi backup data dan sertifikat SSL.