Panduan Singkat Cara Mengganti Password WiFi untuk Semua Provider [Update 2023]

Koneksi internet menjadi salah satu bagian hidup tak terpisahkan dari masyarakat zaman sekarang. Itulah mengapa jumlah pengguna WiFi menjadi semakin meningkat. Di artikel ini, kamu akan mempelajari panduan singkat cara mengganti password WiFi.

Bagi para pengguna baru, mungkin ada beberapa kesulitan yang dihadapi seperti tidak tahu cara mengubah sandi atau password WiFi.

Mengganti password WiFi penting untuk dilakukan agar tidak banyak orang yang menggunakan jaringan internetmu secara cuma-cuma. Simak artikel selengkapnya tentang cara mengganti password WiFi.

Cara mengganti password WiFi menggunakan PC

Yang pertama adalah cara mengganti password WiFi menggunakan PC. Berikut langkahnya:

  1. Buka halaman konfigurasi router melalui 192.168.1.1. Alamat ini biasanya tercantum di bagian belakang router.
  2. Masukkan username dan password administrasi router. Login default ada di bagian belakang router.
  3. Pilih menu Network di bagian kiri layar, lalu cari menu Wireless atau WLAN.
  4. Klik pilihan Setting > Security.
  5. Cari kolom dengan label WPA Passphrase.
  6. Masukkan kata sandi baru.

Baca Juga: Trik Aman dan Nyaman Menggunakan WiFi Publik

Cara mengganti password WiFi menggunakan HP

Selain menggunakan PC, cara mengubah password WiFi juga bisa dilakukan melalui HP Android atau iPhoneBerikut adalah cara ganti password WiFi melalui HP:

  1. Buka halaman  pengaturan router melalui 192.168.1.1 melalui browser HP. Jika alamat tersebut tidak dapat diakses, lihatlah alamat IP default yang ada di bagian belakang router.
  2. Masukkan username dan password. Kamu dapat melihat username dan password bawaan di bagian belakang router.
  3. Pilih menu Network, lalu tap WLAN.
  4. Untuk mengganti password, cari kolom yang bertuliskan WPA Passphrase.
  5. Masukkan kata sandi yang diinginkan inginkan.

Itulah cara ganti password atau sandi WiFi yang bisa kamu coba untuk terapkan. Cara mengganti password WiFi ini penting kamu tahu dan harus diingat-ingat supaya tidak banyak yang bisa mengakses jaringan internetmu. Banyaknya pengguna yang mengakses internet dari satu jaringan yang sama akan menyebabkan koneksi menjadi lebih lambat.

Baca Juga: Proxy: Pengertian, Cara Kerja, Manfaat dan Jenis-jenis Proxy

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terkait penggunaan website, baik untuk umum, bisnis, maupun individu. Simak informasinya dalam tayangan berikut!

Di samping memerhatikan keamanan password WiFi, kamu yang memiliki website sendiri juga harus memerhatikan keamanannya agar tidak terkena malware, down, atau mengalami loading lambat. Gunakan domain dan hosting murah dari Dewaweb yang terjamin handal, cepat, dan aman.