Panduan Singkat Mendapatkan Keywords Terbaik untuk Konten Website

Panduan Singkat Mendapatkan Keyword Terbaik untuk Konten Website

Dalam digital marketing ada salah satu istilah yang sering kali kita dengar yakni keyword. Istilah ini merujuk pada kata kunci yang wajib ada di dalam konten. Tujuan dari adanya kata kunci ini adalah untuk menampilkan konten tersebut di urutan teratas mesin pencari. Selain itu, memudahkan pengguna atau calon konsumen untuk bisnis. Lantas, bagaimana caranya mendapatkan keyword terbaik untuk konten website tersebut?

Kata kunci utama adalah wajib

Langkah awal untuk menentukan keywords terbaik adalah dengan membuat kata kunci utama. Cara ini bisa kamu lakukan dengan membuat daftar atau list kata kunci utama, catat beberapa varian kata kunci yang kamu anggap perlu. Lalu, pilah hingga ada yang cocok dan sesuai dengan bisnis atau hal yang ingin kamu promosikan di website. Kamu bisa mengeliminasi kata yang dianggap kurang cocok.

Semakin mudah diingat dan diucapkan, maka akan semakin besar pula potensi meningkatkan trafik kunjungan website. Kemudian kata kunci yang dibuat harus sesuai dengan isi website. Misalnya, untuk obat pelangsing, pengguna akan menggunakan keyword ‘obat pelangsing tubuh’. Bila website ternyata tidak sesuai kata kunci maka akan ditutup oleh pengguna karena kurang menarik dan bisa menurunkan traffic.

Perhatikan tren yang ada di Google

Menyambung poin yang pertama, untuk membuat keyword terbaik dan kata kunci utama kamu pun perlu memperhatikan tren yang sedang marak dibicarakan di Google. Mencari kata-kata yang sedang tren ini tidaklah sulit, kamu bisa mengunakan Google Trends. Platform ini adalah berisi grafik pencarian di website dengan menampilkan tren Google dengan menampilkan data berdasar kota, wilayah, maupun bahasa.

Tampilan yang disajikan juga mencakup fluktuasi dan volume pencarian selama kurun waktu tertentu. Misalnya dalam waktu satu bulan, enam bulan hingga satu tahun. Cara seperti ini bisa kamu pertimbangkan untuk mencari ide membuat artikel dalam website brand kamu.

Jangan buat kata kunci pendek

Kamu tentu pernah melakukan pencarian di internet dengan kata yang panjang bukan? Ternyata teknik ini juga berpengaruh dalam mendapatkan keyword terbaik. Biasanya pengunjung di internet akan menggunakan empat bahkan hingga lima kata lebih untuk menemukan apa yang mereka cari. Maka dari itulah, kata kunci yang cukup panjang adalah hal wajib bila ingin meningkatkan traffic.

Contohnya saja adalah untuk keywords ‘Jam Tangan’, hal ini memang menjual tapi masih kurang spesifik dan tidak efektif atau biasa disebut dengan ‘vanity keywords. Menghindari hal tersebut, kamu sebaiknya tambahkan kata lainnya yang cukup panjang dan lebih spesifik. Semisalnya saja seperti ‘Jam Tangan Pria’, ‘Jam Tangan Murah’, ‘Jam Tangan Rolex’ dan sebagainya.

Gunakan tools agar makin mudah

Menentukan kata kunci memang tidak bisa dilakukan dengan hanya mengira-ngira saja. Dalam melakukan riset pencarian keyword terbaik diperlukan sebuah tools untuk memperoleh kata yang tepat. Saat ini ada banyak tools untuk melihat kata kunci apa saja yang memiliki nilai tinggi, paling banyak dibicarakan di Google, dan tingkat kesulitan dalam mendapatkan traffic tinggi.

Beberapa tools tersebut antara lain adalah Ubersuggest, Google Keyword Planner, Hittail, dan masih banyak lagi yang bisa kamu pilih. Tools tersebut memiliki keunggulannya masing-masing. Jadi sebaiknya kamu tidak ada salahnya mencobanya satu persatu lalu lakukan perbandingan manakah yang paling efektif.

Tidak ada salahnya melirik keyword kompetitor

Mungkin cara yang satu ini terlihat sedikit gambling, namun dalam dunia bisnis melirik kompetitor adalah hal wajar. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apa yang membuat kompetitor ini menjadi sedikit unggul, dan kita pun bisa mengoreksi kekurangan diri untuk menyaingi kompetitor. Melirik keywords terbaik yang digunakan oleh kompetitor juga bisa dibilang tidak sulit.

Kamu bisa menggunkan tools seperti SpyFu untuk menganalisa situs milik kamu atau kompetior. Di situ kamu bisa bandingkan apa saja kata yang efektif digunakan kompetitor untuk kamu evaluasi dan bisa diterapkan dalam website kamu.

Tidak hanya itu saja, untuk mencari keywords terbaik dan meningkatkan traffic serta keamanan data dalam website, kamu juga bisa menggunakan jasa hosting terbaik di Indonesia demi kelancaran bisnis. Semoga bermanfaat.