26 Parallax Website Terbaik di 2023 untuk Inspirasimu

Parallax website merupakan situs yang dilengkapi dengan fitur scrolling sehingga membuat tampilannya menjadi lebih hidup. Fitur scrolling ini sendiri dapat diterapkan pada bagian homepage, halaman penjualan, atau halaman lainnya dengan tujuan meringkas konten yang panjang.

Fitur ini diterapkan agar bisa dinikmati dengan lebih mudah dan menyenangkan. Efek parallax merupakan teknik desain website modern yang memungkinkan elemen latar belakang bergulung lebih lambat dibandingkan dengan konten di bagian latar depan.

Untuk membuat situs parallax lebih menarik, desain website biasanya disusun dengan dua layer atau lebih yang saling tumpang tindih. Kondisi ini memungkinkan kamu mengatur kecepatan scroll yang berbeda pada layer bagian depan dengan layer di belakangnya.

26 Parallax Website Terbaik untuk Inspirasi Kamu

Tertarik untuk menerapkan fitur parallax di website yang kamu miliki? Beberapa situs berikut ini bisa memberikan inspirasi terbaik buat kamu. Daripada penasaran, lets check it out!

1. Firewatch

Firewatch bisa menjadi salah satu contoh parallax website terbaik dengan efek yang sederhana, namun sangat memukau. Kamu dapat menemukan enam layer bergerak sehingga situs gaming ini terlihat lebih hidup. Didominasi dengan warna-warna tanah, seperti cokelat dan kuning tua, website Firewatch seolah mengajak pengunjungnya bertualang secara nyata.

website parallax firewatch

2. Dogstudio

Dogstudio memamerkan karya seni 3D yang memukau siapa saja yang mengunjungi website mereka. Ada puluhan efek parallax di website ini, sehingga mata kamu akan dimanjakan dengan transisi yang sangat menarik perhatian. Ditambah lagi, website ini menggunakan sound effect dan background sound seolah kamu berada di tengah hutan.

website parallax dogstudio

3. Madwell

Madwell adalah sebuah agensi desain dan web development yang memamerkan kreativitasnya dengan elemen 3D lengkap dengan efek parallax pada halaman utama website mereka.

website parallax madwell

4. Downtown Bentonville

Situs ini menunjukkan berbagai hal menarik tentang Bentonville, Arkansas, Amerika Serikat. Terdapat banyak sekali konten yang dapat dibaca di sini, tetapi efek parallax yang digunakan membantu kamu untuk membaca semuanya dengan mudah.

website parallaks bentonville

Baca Juga: Manfaat SEO untuk Website dan Bisnis Online Anda

5. Louie Sellers

Sebagai seorang UX designer modern, Louie Seller menerapkan keahliannya dalam memancing interaksi pengguna dengan website ini. Pada portofolio online miliknya ini, ia menampilkan beberapa visual yang keren dan menangkap perhatian pengunjung.

website parallax louie seller

6. Alex Dram

Sebagai seorang UI/UX designer, Alex Dram menerapkan efek parallax yang ciamik di website portofolionya. Di sini ia menyusun beberapa segitiga minimalis dan beberapa kata tentang dirinya. Dengan sedikit gerakan ke bawah dari layar utama, kamu akan dikejutkan dengan visual menyerupai planet yang luar biasa.

Website parallax Alex Dram

7. Web Design & Art History

Web Design & Art History adalah situs mikro milik webflow yang menyuguhkan informasi mengenai sejarah seni dan desain web. Setiap informasi yang ada di halaman ini didampingi oleh grafis apik untuk menemani kamu belajar sejarah seni dan desain web.

website parallax webflow

8. The Goonies

Website ini adalah sebuah penghormatan kepada film The Goonies yang menjadi topik perbincangan hangat di tahun 80-an. Situs ini menyambut kita dengan parallax yang menggambarkan salah satu scene ikonik dari tersebut, yaitu sebuah pantai berbatu di Oregon.

website parallax the goonies

9. Dockyard Social

Kebanyakan restoran pada umumnya tidak menghabiskan banyak usaha untuk website mereka. Tetapi Dockyard Social, sebuah restoran cepat saji asal Skotlandia membuat website mereka dengan efek parallax dan kombinasi warna yang memanjakan mata. Efek parallax ini dapat membuat pengunjung betah untuk scrolling sampai bawah!

website parallax dockyard social

10. Jomor Design

Sebagai salah satu firma branding dan desain website di Amerika Serikat, tentunya Jomor Design perlu menunjukkan keahliannya dalam membuat halaman internet yang menarik perhatian.

Banyaknya efek parallax di situs ini, digabungkan dengan teks yang bergeser sedikti demi sedikit menciptakan pengalaman pengunjung yang sangat menyenangkan.

website parallax jomor design

11. Timeslot

Timeslot menggunakan parallax horizontal untuk membantu menceritakan cara kerja aplikasi mereka kepada para pengunjung websitenya. Di bagian atas halamannya, kamu dapat melihat foto-foto yang saling bertumpukan. Saat kamu scroll ke bawah, foto-foto tersebut bergabung dan ditampilkan di layar smartphone.

website parallax timeslot

12. Weglot

Weglot adalah salah satu situs turunan milik Webflow yang dapat membantu deainer dalam membuat website multilingual tanpa mengerti bahasa lain.

Parallax website Weglot ini dimulai dengan peta dunia yang terpecah-belah. Saat kamu scroll down, maka bagian-bagian di peta tersebut akan bersatu dan membentuk sebuah globe.

website parallax weglot

13. Neueform

Neueform adalah situs milik Andres Jasso, seorang pemusik R&B elektronik. Di Neueform, ia menunjukkan karakterisik minimalis musiknya dengan skema warna hitam putih dan pilihan font khas mesin ketik yang menciptakan kesan modern.

website parallax neueform

14. Avenir Creative

Website parallax milik Avenir yang satu ini menunjukkan berbagai elemen bersudut dengan berbagai bentuk-bentuk condong dan miring. Kamu dapat melihat sejumlah efek parallax yang menambahkan kesan eksentris dari website ini.

website paralaks aveniir

15. Terusama

Terusama menerapkan efek parallax kepada segudang ilustrasi smartphone dan screenshot yang memenuhi bagian kanan websitenya. Efek parallax di sini sangatlah tersembunyi, sehingga para non-desainer akan kesulitan melihatnya.

website paralaks terusama

16. UDX Bike

Efek parallax yang terdapat di website UDX Bike ini memberikan penekanan kepada foto produk sepeda BMX yang tampak kekar dan kuat dalam segala medan. Saat kamu scroll ke bawah, warna background foto akan berubah dan akan muncul beberapa ilustrasi warna lain untuk produk sepeda ini.

website paralaks UDX bike

17. Superlab

Efek parallax website Superlab dipenuhi dengan bentuk-bentuk geometris berwarna terang yang dapat menarik perhatian setiap pengunjung. Mereka juga menerapkan efek parallax ke setiap featured project yang ada di halaman utama websitenya.

website parallax superlab

18. Vectary

Tata letak dari website Vectary ini  dipenuhi dengan grafik bergaya 3D dengan efek-efek parallax. Situs ini layak dijadikan referensi untuk kamu yang ingin membuat efek parallax ringan untuk website kamu.

website paralaks vectary

19. Creative South

Website milik event desain grafis Creative South yang berlokasi di Georgia, Amerika Serikat ini menayangkan serangkaian tekstur organik lengkap dengan efek parallax yang menggambarkan semangat acaranya.

Ilustrasi pembuka berupa seorang karakter yang menaiki balon udara yang akan terbang saat kamu scroll ke bawah juga menjadi sebuah sentuhan apik.

website parallax creative south

20. Digital Bake

Digital Bake adalah website milik Aaron Grieve, seorang web desainer. Layout website ini penuh dengan efek parallax yang inovatif dan mulus dengan berbagai bentuk geometris dengan warna yang memikat mata.

website paralaks digital bake

21. Qode Interactive Catalog

QI Catalog adalah sebuah website yang membuktikan bahwa WordPress dapat dijadikan sebagai media untuk memamerkan karya seni. Katalog ini adalah kumpulan tema-tema berseni WordPress buatan Qode Interactive.

website parallax QI catalog

22. ToyFight

Sebagai agensi kreatif yang sudah memenangkan berbagai penghargaan, ToyFight menunjukkan imajinasi mereka di website ini. Karakter yang kamu lihat di sini adalah Leigh Whipday dan Jonny Lander, kedua pendiri perusahaan. Penggunaan efek parallax yang cerdik di situs ini mempertegas elemen 3D yang ada pada kedua karakter ini.

website parallax toyfight

23. Upper

Upper adalah sebuah platform produktivitas yang dapat kamu download di smartphone kamu. Di website mereka, Upper menggunakan efek parallax untuk menunjukan berbagai tampilan di aplikasi mereka dalam satu bagian layar.

website parallax upper

24. Avengers Parallax

Meskipun efek parallax yang digunakan pada website pengguna GitHub bernama Tirtha Priya ini terbilang cukup sederhana, tetapi dapat membuat pengalaman membaca pengunjung jauh lebih menyenangkan. Wajib dikunjungi buat para penggemar Avengers.

website parallax avengers

25. Snowfall

Halaman ini adalah salah satu artikel milik New York Times dengan puluhan efek parallax yang melengkapi cerita bencana salju longsor yang terjadi di Tunnel Creek. Website ini adalah salah satu bukti bahwa long form content dapat dijadikan sebuah konten yang tidak membosankan.

website parallax snowfall

 

 

26. Bonus: Halaman 404 GitHub

GitHub menggunakan pendekatan kreatif dalam mengatasi masalah halaman 404 di website mereka. Di sini mereka menggunakan efek parallax dengan referensi dari franchise film populer Star Wars.

website parallax github

Simpulan

Jika diimplementasikan dengan tepat, desain website parallax dapat meningkatkan pengalaman pengunjung saat berada di website kamu, sehingga meningkatkan dwell time.

Semakin lama pengunjung berada di halaman situs kamu, maka semakin baik pula penilaian algoritma Google. Berbekal beberapa inspirasi parallax website di atas, kamu bisa menciptakan sendiri storyline yang menarik sehingga branding yang dibangun lebih kuat.

Pastikan kamu menggunakan web hosting terbaik Indonesia dari Dewaweb yang terbukti aman, cepat, dan handal untuk mengoptimalkan tampilan website kamu yang ciamik!.