Dewacloud blog featured image

Penentuan Harga Berdasarkan Pemakaian di Dewacloud

Ketika mengelola sebuah aplikasi di cloud, harga menjadi salah satu hal yang patut dipertimbangkan ketika memilih layanan aplikasi cloud. Tak sedikit aplikasi yang mematok tarif lumayan tinggi karena tarifnya didasarkan pada penggunaan batas maksimal yang akan digunakan. Tapi untungnya, di Dewacloud kamu tak perlu mencemaskan hal tersebut.
Dewacloud memanfaatkan fitur Pay-per-Use dari Jelastic untuk menyesuaikan harga dengan resource atau daya yang kamu gunakan. Ada berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan, misalnya:

  • Resource dihitung menggunakan unit granular, yaitu cloudlet (128 MiB RAM dan 400 MHz CPU). Alhasil, kamu bisa mengalokasikan dengan tepat jumlah sumber daya yang dibutuhkan.
  • Kemampuan penskalaan (scaling) secara vertikal dan horizontal dapat memastikan bahwa kamu hanya akan diberikan kapasitas sesuai keperluan tanpa membayar lebih untuk resource yang tidak digunakan.
  • Sistem diskon otomatis membuat penggunaan Dewacloud semakin menguntungkan ketika volume resource yang digunakan meningkat.
    pay per use dewacloud

Cara Kerja Pay-per-Use

Penskalaan otomatis (automatic scaling) mempermudah kamu sehingga kamu tak perlu memprediksi load yang akan masuk. Dewacloud akan secara otomatis menyesuaikan jumlah yang akan dialokasikan ke enviroment resourceberdasarkan kebutuhan atau permintaan.
Scaling Limit dapat menentukan jumlah cloudlet maksimum yang bisa dialokasikan ke berbagai server sehingga kamu bisa menggunakannya untuk menentukan anggaran (budget) maksimum untuk project selanjutnya. Setelah itu, cloudletakan ditambahkan ke server kamu berdasarkan konsumsi resource aplikasimu.
Jenis cloudlet ini disebut dengan Dynamic Cloudlets karena mereka secara dinamis bertambah dan berkurang sesuai penggunaanmu. Alhasil, kamu hanya perlu membayar berdasarkan penggunaan per jam.
Mengingat hampir semua aplikasi memerlukan sejumlah resource tertentu untuk di-load dan dijalankan, maka aplikasimu akan selalu mengonsumsi sejumlah cloudlet terlepas dari level load-nya. Oleh karena itu, kamu bisa mengalokasikannya terlebih dulu dengan Reserved Cloudlets dan memanfaatkan keuntungan dari diskon otomatis.
Asset Blog Dewaweb
Jarak penskalaan ini terkonfigurasi secara individual untuk masing-masing server sehingga kamu bisa menentukan batas berbeda untuk setiap container, tergantung kebutuhan dan preferensi kamu.

Mengatur Perincian Harga Berdasarkan Penggunaan

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menerapkan penetapan harga berdasarkan penggunaan di environment kamu:

  • Atur slider heksagonal transparan “Scaling Limit” ke arah kanan hingga ke batas resource maksimal yang kamu inginkan. Hati-hati, karena mengatur Scaling Limit terlalu rendah dapat membuat aplikasimu tidak stabil.
    scaling limit
    Penggunaan resource dihitung per jam, maka konsumsi cloudlet (RAM & CPU) kamu akan naik dan turun sepanjang hari, tergantung kebutuhan aplikasi. Oleh karena itu, kamu akan secara otomatis membayar lebih murah ketika menggunakan resource yang lebih sedikit dan hanya membayar lebih ketika penambahan resource benar-benar dibutuhkan, misalnya ketika traffic sedang tinggi.
  • Atur slider Reserved Cloudlets berwarna putih ke jumlah minimum yang kamu harap selalu bisa mendapatkan diskon. Ukuran pendiskonan yang tepat akan berbeda-beda berdasarkan penyedia hosting dan keseluruhan angka di Reserved Cloudlets di environment kamu (misalnya jumlah untuk semua node).

Contoh Simulasi Pembayaran

Di contoh simulasi berikut ini, sebuah server memiliki 4 Reserved Cloudlet dan 24 Dynamic Cloudlets sebagai batas maksimal. Dengan konfigurasi ini, pembayaran akan dilakukan sebagai berikut:

  • Jika kamu menggunakan 4 atau kurang dari 4 cloudlet, maka kamu hanya perlu membayar 4 cloudlet berdasarkan harga Reserved Cloudlet yang didiskon.
  • Jika kamu menggunakan, misalnya, 16 cloudlets, kamu hanya perlu membayar untuk 4 cloudlets berdasarkan harga Reserved Cloudlets (sebagaimana mereka telah dialokasikan) dan untuk 12 cloudlet berdasarkan harga Dynamic Cloudlets.

Mengombinasikan penggunaan cloudlet Reserved dan Dynamic memungkinkanmu untuk menyimpan budget untuk mempersiapkan lonjakan permintaan dari aplikasi. Cara ini bisa berguna pula untuk menangani permintaan yang masuk di tengah load yang masuk dan, di waktu yang bersamaan, kamu tak perlu membayar untuk resource yang tidak digunakan.

Coba Gratis Dewacloud!

Bagaimana, apakah kamu sudah mengerti konsep pay-per-use dari Dewacloud? Sederhananya, kamu tak perlu takut akan muncul tagihan dengan jumlah sangat tinggi, karena di Dewacloud kamu bisa mengatur resource yang akan digunakan dan hanya membayar resource yang digunakan. Yuk, segera coba gratis 14 hari hanya dengan memasukkan email kamu di Dewacloud.com!