Peluang Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0

Perkembangan zaman membuat industri teknologi semakin berkembang secara alami. Para inovator selalu ingin terus menggali lebih dalam lagi inovasi-inovasi baru dalam rangka mempermudah kinerja hidup manusia.

Pada saat ini, semuanya sedang berfokus kepada revolusi industri 4.0 yang terus didengungkan setiap harinya. Di dalam industri 4.0, semua beralih ke arah modern dan sangat teknologi. Semua berharap dari teknologi dan bergantung dari teknologi juga.

Hal inilah yang membuat muncul berbagai peluang bisnis di era revolusi industri 4.0. Apa saja peluang bisnis yang ditawarkan dari industri terbaru ini? Apakah bisa memberikan keuntungan besar bagi lapisan masyarakat Indonesia? Berikut penjelasannya.

Fintech

Peluang bisnis pertama di era revolusi industri 4.0 adalah Fintech. Saat ini, kata ‘fintech’ sudah sangat sering terdengar di telinga masyarakat dunia, termasuk Indonesia, khususnya kalangan menengah ke atas yang melihat berbagai peluang bisnis dari urusan finansial.

Milenial menjadi salah satu target utama dari perusahaan fintech itu sendiri karena banyak perusahaan fintech yang memberikan kemudahan dalam pengelolaan keuangan, salah satu hal yang sebenarnya sulit untuk dilakukan oleh milenial.

Tidak hanya itu saja, fintech juga memberikan kemudahan dalam urusan pembayaran di dalam transaksi jual beli. Hal inilah yang membuat fintech menjadi salah satu bisnis yang sangat sukses di industri 4.0.

Baca juga: Manfaat Website di Era Revolusi Industri 4.0

Cloud Hosting

Peluang bisnis kedua di era revolusi industri 4.0 adalah cloud hosting. Sering melihat penawaran jasa cloud akhir-akhir ini? Itulah yang dijual oleh mereka. Cloud adalah salah satu teknik penyimpanan database yang ringan sekaligus mudah diakses.

Pada dasarnya, masyarakat pastinya sudah pernah memakai cloud tapi tidak tahu kalau itu adalah cloud. Sebut saja Google Drive dan Dropbox, dua cloud yang paling sering digunakan di dalam industri saat ini. Itulah yang membuat cloud hosting sangat laku di industri 4.0 saat ini karena sangat berdekatan dengan dunia industri dan proses bisnis.

Bisnis Jual Beli Online

Selanjutnya, ada juga bisnis jual beli online yang semakin menjanjikan di era revolusi industri 4.0. Memang bisnis jual beli online sudah besar sejak 10 tahun yang lalu berkat Forum Jual Beli di Kaskus, namun munculnya berbagai macam e-commerce di Indonesia membuat para pelaku bisnis kecil-kecilan bisa memanfaatkan kehadiran mereka secara maksimal.

Promosi yang tidak harus digembar-gemborkan serta tidak perlu menyediakan biaya operasional yang tinggi membuat bisnis jual beli online semakin besar di industri 4.0. Cara pembayaran yang lebih mudah pun juga ada pada saat ini. Tidak harus selalu ke ATM untuk transfer. Cash on Delivery, virtual account hingga berbagai pembayaran lewat perusahaan fintech membuat bisnis jual beli online terus berkembang.

Baca juga: Cara Meningkatkan Penjualan Produk Untuk Bisnis Berskala Kecil

On-Demand Service

Peluang bisnis keempat di era revolusi industri 4.0 adalah On-Demand Service. Tidak perlu bingung jika asing dengan nama ini karena sebenarnya on-demand service sering sekali digunakan oleh masyarakat.

Sebut saja beberapa aplikasi transportasi online. Itulah yang disebut on-demand service. Pada dasarnya on-demand service adalah layanan jasa yang hanya muncul di sekitar kita jika kita menginginkannya. Bisnis yang fleksibel inilah yang membuat on-demand service semakin digemari di dalam industri 4.0.

Baca Juga: 10 Cara Menghasilkan Uang dari Youtube Update 2019

Itulah beberapa peluang bisnis di era revolusi industri 4.0. Jika memang kamu jeli, maka kamu bisa memanfaatkan revolusi industri ini menjadi pundi-pundi uang yang menguntungkan.

Daftar dan tonton webinar Dewatalks