peluang bisnis rumahan featured image

‘Peluang bisnis rumahan dengan modal kecil’ mungkin terdengar kurang menjanjikan bagi sebagian orang. Padahal, banyak bisnis-bisnis besar dimulai dari rumah dengan modal tak begitu besar. Namun, jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh, bukan tidak mungkin peluang bisnis rumahan bisa mengantarkanmu menjadi pemilik bisnis yang lebih besar.

Meski disebut dengan “modal kecil”, tapi kamu tetap wajib memiliki modal. Tak melulu soal materi, tapi modal yang dimaksud juga bisa dalam bentuk pengetahuan soal bisnis. Ada dua kategori bisnis yang bisa kamu jalankan, yaitu bisnis offline dan online. Selain kategori, kamu juga bisa menemukan inspirasi bisnis menguntungkan dari artikel ini.

Bisnis Rumahan Offline

Sejak pandemi COVID-19 mulai memengaruhi kegiatan normal, mau tak mau masyarakat harus mampu bertahan untuk tak keluar rumah. Oleh karena itu, beberapa ide bisnis menguntungkan yang bisa dilakukan dari rumah ini mungkin bisa menjadi inspirasi untukmu.

Meski tak sepenuhnya offline, karena kamu harus menggunakan internet untuk mempromosikan diri dan berkomunikasi dengan pelanggan, tapi setidaknya kegiatan produksi dari beberapa peluang bisnis rumahan berikut dapat dilakukan tanpa internet alias offline.

Baca juga: Cara SEO untuk UKM dan Bisnis Startup

Bisnis Kuliner

peluang bisnis rumahan kuliner

Menjual makanan merupakan salah satu peluang bisnis rumahan yang menguntungkan, mengingat semua orang memerlukan makanan. Tentukan pasar yang akan kamu targetkan dan cari tahu bagaimana caranya mempromosikan produk makananmu, misalnya promosi di Instagram. Jangan lupa, pastikan bahan makanan yang kamu gunakan higienis dan berkualitas.

Bisnis Laundry Pakaian

Jika kamu mempunyai mesin cuci, tak ada salahnya jika kamu menawarkan bisnis laundry pakaian yang dihitung per kilogram. Akan lebih baik jika kamu mempunyai modal tambahan berupa mesin cuci atau budget untuk membeli mesin cuci khusus laundry. Namun yang terpenting, pastikan bahwa kamu bisa menjamin kebersihan pakaian yang telah kamu cuci, ya!

Pembuat Pakaian

Apakah kamu mempunyai passion di bidang fashion? Jika ya, mungkin inilah kesempatanmu untuk mengembangkan diri. Buatlah beberapa sampel pakaian terlebih dulu dan promosikan di media sosial. Lalu setelah menerima beberapa pesanan, kamu bisa mulai memproduksi pakaian hasil desainmu dalam jumlah yang lebih besar.

Baca juga: Cara Meningkatkan Penjualan Produk Untuk Bisnis Berskala Kecil

Budidaya ikan hias

Peluang bisnis rumahan yang satu ini bisa memberikan keuntungan besar jika dijalankan dengan baik. Namun, tentunya kamu harus memahami target pasar dan jenis-jenis ikan yang biasanya dijual beserta kisaran harganya. Pastikan pula kamu memahami bagaimana cara merawat ikan yang benar.

Jasa memperbaiki barang elektronik

Tidak semua orang memahami bagaimana cara memperbaiki barang elektronik. Di saat yang bersamaan, semua barang elektronik akan rusak pada waktunya. Jika kamu mempunyai kemampuan atau pemahaman dalam memperbaiki barang elektronik, mengapa tidak dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan? Lumayan, ‘kan?

Event organizer

Meski pasca dimulainya pandemi ada banyak event atau acara yang dibatalkan, namun perlahan bisnis ini dapat kembali bernapas. Namun, kamu harus tau bagaimana memastikan acara dapat berjalan sukses dan protokol kesehatan tetap dijalankan.

Bisnis ini mungkin membutuhkan modal awal yang tidak sedikit. Oleh karena itu, kamu bisa mengakalinya dengan menyewa beberapa barang dari tempat lain. Namun tetap saja, orisinalitas ide harus dari dirimu.

Baca juga: Membuat Website Gratis dengan Google Bisnisku

Bisnis Rumahan Online

Tak hanya offline, ada pula berbagai jenis bisnis online yang bisa kamu lakukan tanpa perlu keluar rumah. Tapi jangan lupa, persiapkan koneksi internet dan perangkat yang memadai, ya! Setelah itu, simak beberapa peluang bisnis rumahan yang menguntungkan berikut.

Membuat toko online

Ketika jiwa berdagangmu tak lagi terbendung dan di saat yang bersamaan sudah banyak layanan yang bisa kamu maksimalkan, sudah saatnya kamu mengasah kemampuan berjualan secara online. Kamu bisa membuat toko online-mu sendiri.

Jika belum mempunyai cukup modal untuk memproduksi sendiri, mungkin kamu bisa menjalankan bisnis dengan sistem reseller atau dropship. Namun, pastikan kamu paham bagaimana cara mempromosikan produk tersebut di media sosial.

Virtual photographer

Apakah kamu pernah mendengar virtual photography? Istilah ini mulai terkenal beberapa bulan sejak masyarakat diwajibkan untuk mengisolasi diri di rumah. Tanpa dibatasi oleh jarak, kegiatan fotografi ternyata tetap dapat dilakukan secara virtual melalui video call. Mungkin kamu juga bisa mengasah kemampuan fotografimu dengan peluang bisnis rumahan yang satu ini.

Jasa membuat website

peluang bisnis rumahan membuat website

Mengingat banyak orang mulai membuat bisnis mereka dari rumah, kamu bisa memanfaatkan situasi ini untuk membuka jasa membuat dan mengelola website. Selain tak memerlukan modal besar, kamu juga bisa mengasah kemampuanmu mengenai website, baik dasar-dasar SEO maupun mendesain website.

Meski kamu tidak diwajibkan untuk menguasai coding dan programming, tapi setidaknya kamu harus memahami konsep dan cara membuat website. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan layanan cloud hosting murah dan terpercaya dari Dewaweb yang sudah dijamin cepat, aman, dan selalu bisa diandalkan, ya!

Baca juga: Panduan Memulai Bisnis Online bagi Pemula

Jasa desain grafis

Banyaknya waktu yang dihabiskan selama di rumah aja bisa kamu manfaatkan untuk mencoba usaha menguntungkan yang satu ini, terlebih jika kamu mempunyai ketertarikan pada desain grafis. Tak hanya membuka jasa desain grafis sesuai permintaan orang lain, kamu juga bisa membuat desain sesuai keinginanmu yang bisa dicetak sebagai kaos, mug, atau merchandise lainnya. Tertarik?

Penulis lepas

Peluang bisnis rumahan yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang gemar menulis. Bagaimana tidak, jika menjadi penulis lepas, kamu akan lebih sering menulis dengan berbagai topik sesuai permintaan klienmu. Tentunya akan menjadi tantangan tersendiri, ‘kan?

Namun sebelum itu, sebaiknya kamu persiapkan beberapa hal terlebih dulu, misalnya website portofolio untuk menyimpan contoh tulisanmu dalam bentuk blog. Selain itu, setidaknya kamu juga harus memahami dasar-dasar menulis konten untuk blog yang bisa kamu cari di internet atau simak langsung dari tayangan webinar Dewatalks berikut.

Baca Juga: Bagaimana Market Segmentation Bisa Memengaruhi Jalannya Bisnis?

Simpulan

Apakah kamu tertarik mencoba salah satu dari 10 bisnis di atas? Atau mungkin, kamu pernah mencobanya? Jangan ragu untuk membagikannya di kolom komentar, ya! Selain dari daftar di atas, kamu juga bisa menyimak artikel terkait lainnya tentang 10 Bisnis untuk Mahasiswa yang wajib kamu coba.

Apapun peluang bisnis rumahan yang kamu pilih, jangan lupa untuk tetap fokus dan bersungguh-sungguh saat mengerjakannya. Belajar dari kegagalan orang lain juga tak kalah pentingnya ketimbang melihat kesuksesan orang lain. Selain itu, gali terus pengetahuan dari berbagai sumber, termasuk dari blog Dewaweb, YouTube, atau melalui tontonan webinar dari Dewatalks.com. Salam sukses online!

Daftar dan tonton webinar Dewatalks