Pengertian Bookmark, Fungsi dan Cara Membuatnya dengan Mudah

Pengertian Bookmark, Fungsi dan Cara Membuatnya dengan Mudah

Bookmark adalah salah satu fitur yang digunakan untuk menandai situs yang sering dikunjungi. Ketika menggunakan browser setiap orang pasti memiliki situs atau URL yang akan rutin dikunjungi, misalnya seperti situs media sosial, URL yang berkaitan dengan pekerjaan, dan masih banyak URL lainnya.

Nah, agar kamu tidak perlu menuliskan URL-nya setiap kali akan mengunjungi kamu bisa menggunakan fitur bookmark. Bagi kebanyakan orang mungkin sudah familiar dengan fitur tersebut. Namun, pada artikel kali ini kita akan membahas lebih jauh apa arti bookmark.

Baca Juga: Ini Cara Memulihkan Akun Google yang Terkunci dengan Mudah

Apa Itu Bookmark?

Bookmark adalah fitur yang biasa ditemukan pada browser seperti chrome untuk menandai atau menyimpan situs favorit yang sering dikunjungi. Hanya saja pada browser internet explorer disebut dengan fitur favorite. Nama fiturnya berbeda namun memiliki fungsi yang sama.

Selain terdapat di berbagai browser, bookmark juga tersedia pada Microsoft Word untuk menandai bagian tertentu yang kamu anggap penting. 

Setelah mengetahui arti bookmark, selanjutnya apa saja fungsi dari fitur bookmark ini? Simak penjelasannya di bawah.

Baca Juga: Cara Menghapus Cache dari Berbagai Browser

Fungsi Bookmark

Bookmark terdapat pada browser dan Microsoft Word, maka dari itu di bawah ini terdapat masing-masing fungsi bookmark pada keduanya. Fungsi bookmark adalah sebagai berikut.

Fungsi bookmark pada Ms.Word

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bookmark pada Ms.Word dapat digunakan untuk menandai bagian yang penting dari suatu dokumen. Ketika sebuah kalimat atau gambar telah diberi bookmark, maka kamu dapat melacak letak dari kata-kata tersebut dengan mudah.

Jadi, fitur ini akan sangat berguna apabila dokumen kamu sudah mencapai ratusan halaman. Sehingga proses pencarian kata akan lebih mudah tanpa harus scrolling.

Namun, pelacakan ini hanya bisa digunakan pada satu dokumen tersebut, tidak bisa antar dokumen. 

Baca Juga: Cara Membuat Daftar Isi di Word yang Rapi dan Benar

Fungsi bookmark pada web browser

Jika di web browser, fungsi bookmark adalah menandai situs favorit yang akan rutin kamu kunjungi. Dengan menggunakan bookmark, penyimpanan URL situs dalam jumlah banyak akan lebih mudah.

Selain itu, kamu juga dapat mengelompokkan alamat website sesuai dengan tema atau topik tertentu. Sehingga dapat menghemat waktu ketika akan mengunjungi halaman tersebut.

Itu dia beberapa fungsi bookmark, baik pada Ms.Word maupun pada web browser. Setelah mengetahui fungsinya, selanjutnya kita akan masuk pada cara membuat bookmark.

Cara Membuat Bookmark di Ms.Word

Cara pertama yaitu pembuatan bookmark pada Microsoft Word. Langkah pembuatan bookmark pada Ms.Word adalah sebagai berikut.

1. Buka dokumen yang ingin diberi bookmark.

2. Tandai atau block kalimat yang akan dijadikan bookmark.

3. Klik tab Insert, pilih Bookmark.

cara membuat bookmark di word

4. Kemudian masukkan nama bookmark, pastikan tidak menggunakan spasi. Lalu pilih Add.

5. Setelah itu bookmark berhasil dibuat.cara membuat bookmark di ms word

6. Untuk mengeceknya pilih tab Insert, klik Bookmark.

klik insert bookmark

7. Selanjutnya pilih nama bookmark yang akan dicari, klik Go To.

8. Setelah itu kamu akan dibawa pada bagian bookmark tersebut.pilih nama bookmark

9. Selesai, bookmark berhasil dibuat dan tersimpan pada dokumen.

Baca Juga: 10 Mesin Pencari Selain Google yang Baik dan Aman

Cara Membuat Bookmark di Chrome

Hampir semua web browser tentu memiliki fitur bookmark atau favorite. Hanya saja, saat ini kita akan mencontohkan pada browser chrome saja. Langkah membuat bookmark adalah sebagai berikut.

1. Ketikkan situs yang ingin kamu buat menjadi bookmark pada mesin pencari.cara membuat bookmark di browser

2. Kemudian klik icon bintang pada pojok kanan atas, kemudian pilih Done.klik simbol bintang

3. Untuk mengeceknya apakah sudah berhasil atau belum, klik icon titik tiga di pojok kanan atas, klik Bookmarks. Setelah itu muncul alamat web yang sudah kamu tambahkan tadi.klik bookmark

4. Selesai, kamu berhasil membuat bookmark di Chrome.

Baca Juga: Ini Cara Membuat Tanda Tangan di Word, Ternyata Gampang!

Sudah Tahu Cara Membuat Bookmark?

Sampai sini kamu sudah tahu kan apa arti bookmark? Bookmark adalah fitur yang berfungsi untuk menandai atau menyimpan alamat web yang rutin kamu kunjungi, sedangkan jika pada dokumen yaitu untuk menandai bagian penting dari dokumen tersebut.

Selain itu, dari penjelasan di atas kamu juga sudah tahu bagaimana cara membuat bookmark. Jadi, tunggu apalagi tambahkan URL favoritmu di bookmark untuk memudahkan dalam pencarian. Selamat mencoba!