Pengertian dan Fungsi Perintah Ping CMD pada Windows

Fitur dalam komputer sangatlah banyak sementara orang-orang yang belum begitu memahami fitur tersebut. Salah satunya adalah fitur Ping CMD pada Windows yang berfungsi membantu pengguna mengetahui jaringan komputer apakah baik atau buruk. Perintah Ping pertama kali dicetuskan oleh Mike Muss di tahun 1983 untuk melihat dari mana sumber masalah di sebuah komputer.

Awalnya, kerja fitur tersebut terinspirasi dari cara kerja sonar pada kapal selam. Sonar ini dapat mengirimkan sinyal untuk mengetahui benda di sekitar. Ini pula yang berlaku pada Ping yang bisa mengirimkan sinyal berupa paket dalam memantau permasalahan di komputer.

Lalu, apa itu Ping MCD, fungsi dan cara menggunakannya? Berikut ulasan singkatnya.

Definisi Ping CMD

Ping sebenarnya merupakan akronim dari Packet Internet Gopher yakni sebuah perangkat dalam windows yang biasa digunakan dalam pengecekan koneksi di sebuah komputer yang saling terhubung satu sama lain.

Caranya bisa dilakukan dengan mengirim pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) dalam IP address. Pada umumnya fitur ini hanya bisa digunakan saat komputer memiliki koneksi internet.

Baca Juga: Apa Itu Spoofing, Jenis, dan Cara Menghindarinya

Ping memiliki cara kerja dengan mengirimkan paket ICMP_ECHO serta beberapa data ke suatu host. Host tujuan tersebut akan memberikan balasan dengan paket ICMP_ECHOREPLAY. Untuk dapat mengaktifkan fitur Ping ini, kamu bisa mengetikkan kode-kode tertentu sebagai berikut:

  • Ping –t

Untuk melakukan perintah ke host tujuan secara terus menerus

  • Ping –a

Digunakan untuk perintah ping dalam mencari nama domain host komputer tujuan. Contohnya saja bila kamu memasukkan Ping -a 74.125.24.100, dari kode tersebut akan muncul hostname yakni Google.com.

  • Ping –w

Perintah ping ini bisa digunakan oleh pengguna dalam mengatur timeout request dalam satuan mili-seconds. Kurun waktu ini juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan, contohnya saja ping –w 10000 Google.com, maka intervalnya adalah 10000 milisecond atau setara dengan 10 detik.

Baca Juga: 6 Keunggulan Cloud Hosting untuk Website Kamu

Fungsi Ping CMD

Ping CMD pada Windows memiliki fungsi beragam dan sangat berguna bagi para penggunanya. Khususnya dalam penggunaan internet dan perangkat komputer itu sendiri.

Fungsi pertama dari Ping CMD ini adalah sebagai cara mengecek ping dan troubleshooting dalam sebuah jaringan komputer.

Kedua, kamu bisa mengecek koneksi internet di sebuah jaringan. Bila kamu melakukan ping dan dibalas, itu artinya komputer terhubung dengan internet. Namun, apabila tidak mendapatkan balasan maka kamu perlu memeriksa kembali apakah ada kabel yang terlepas atau LAN card mengalami kerusakan.

Tidak hanya berfungsi untuk cek ping internet saja, fungsi Ping CMD ketiga kamu bisa melihat kualitas koneksi jaringan.

Saat kamu melakukan Ping pada sebuah host maka akan muncul sebuah statistik paket lost yang menunjukan angka nol atau biasa tertulis 0% lost maka bisa dipastikan kualitas koneksi internet yang ada dalam kondisi baik.

Selain itu, adanya Ping CMD pada Windows dapat menggambarkan ketersediaan bandwidth. Semisalnya saja bila bandwidth habis, maka statistik Time akan semakin besarnya. Penyedia layanan  internet juga biasanya akan menyediakan bandwidth ping secara khusus.

Baca Juga: Cara Melindungi Komputer dari Malware dan Bahaya Lainnya

Cara Ping lewat CMD pada Windows

Melakukan cara Ping CMD pada Windows tidaklah begitu sulit. Beberapa langkah yang bisa kamu lakukan sebagai cara ping jaringan atau ping website lewat CMD sebagai berikut:

  • Pertama kamu klik pada Start Menu Windows, lalu klik RUN, dan ketik CMD serta OK. Kemudian akan muncul tampilan pada layar, kamu bisa ketikkan Ping google.com. Hal ini untuk mengecek apakah komputermu sudah terhubung dengan Google atau belum.
  • Bila muncul balasan dengan tulisan berupa kode-kode tertentu, berarti komputer dalam keadaan baik dan terhubung. Akan tetapi bila muncul tulisan Request Time Out, maka komputer tidak terhubung dan mengalami gangguan.

Itulah sekelumit pengertian, fungsi, dan cara cek ping di CMD Windows. Apabila komputer sudah terhubung dengan internet, pastikan juga kamu telah memilih layanan penyedia web hosting yang terpercaya untuk kenyamanan.

Anda juga bisa memilih hosting murah gratis domain dari Dewaweb yang lengkap dengan sertifikat SSL demi keamanan Anda dan aset digital Anda.