Pengertian, Jenis dan Fungsi RAM yang Perlu Kamu Ketahui

Pengertian, Jenis dan Fungsi RAM yang Perlu Kamu Ketahui

Sebagai pengguna teknologi, kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah RAM atau Random Access Memory. RAM adalah peranti yang biasanya bisa ditemukan untuk komputer dan gadget lainnya seperti smartphone. Namun, tahukah kamu apa itu fungsi RAM dan jenis-jenisnya?

RAM dapat digunakan sebagai penyimpanan data primer, namun ada pula yang menjadikannya sebagai penyimpanan data sekunder dalam jangka panjang. Berikut penjelasan apa itu RAM, jenis dan fungsi RAM yang sudah Dewaweb siapkan untukmu. Yuk simak!

Baca Juga: Penjelasan Cache dan Jenis-Jenisnya

Pengertian RAM

RAM atau Random Access Memory adalah hardware yang terdapat pada perangkat untuk menyimpan data. RAM pertama kali ditemukan pada tahun 1968 oleh Robert Dennard. RAM bekerja dengan mengolah setiap data dan perintah yang dimasukkan pengguna kemudian menyimpan data sementara. Data tersebut kemudian diteruskan ke hard disk yang merupakan alat untuk menyimpan data secara permanen.

Kapasitas RAM di dalam sebuah perangkat sangat berpengaruh pada kecepatan memproses data di perangkat tersebut. Seluruh aktivitas yang dilakukan pada perangkat, misalnya proses penyimpanan dan membuka data, menjalankan program, dan sebagainya akan semakin cepat sesuai kapasitas RAM pada perangkat tersebut.

Baca Juga: Mengenal Hardware: Definisi, Contoh, dan Fungsinya

Fungsi RAM

Setelah mengetahui apa itu RAM, berikut ini beberapa fungsi RAM yang perlu kamu ketahui. Yuk simak penjelasannya!

Membantu penggunaan yang multitasking pada gadget

Multitasking di sini dapat kita artikan sebagai kondisi dimana komputer dapat menjalankan lebih dari satu aplikasi sekaligus sekali jalan. Fungsi RAM ini tidak hanya dijalankan pada komputer saja melainkan juga pada gadget seperti smartphone yang sedang kamu gunakan saat ini.

Dengan demikian, apabila ukuran RAM semakin besar maka proses multitasking dalam sebuah komputer maupun gadget akan makin lancar. Jika ukurannya semakin besar dapat menghindari terjadinya hang pada sebuah komputer dan freeze dalam smartphone.

Baca Juga: Software Antivirus Terbaik untuk PC Windows

Sebagai penyimpan memori sementara

Selanjutnya, fungsi RAM yang perlu untuk kamu ketahui adalah sebagai penyimpan memori sementara. Fungsi ini merupakan fungsi RAM yang paling utama. Memori yang ada pada RAM kemudian akan diteruskan menuju CPU untuk diproses informasi dari aplikasi maupun program yang ada dan kamu simpan di dalam RAM.

Proses pengolahan informasi ini sangatlah cepat. Bahkan dapat dilakukan dalam waktu hitungan detik. Namun, tentu saja ini tergantung pada ukuran RAM yang kamu gunakan. Mudahnya adalah semakin besar kapasitas RAM-nya, semakin cepat pula proses penyimpanan memori dalam sebuah komputer.

Dapat menentukan spesifikasi gadget

Tidak hanya itu saja, fungsi RAM juga dapat kamu gunakan untuk menentukan spesifikasi sebuah gadget. Ketika kamu memilih sebuah komputer baru atau gadget lainnya selain CPU, yang menjadi tolok ukur lainnya adalah RAM. Maka dari itu, sebaiknya kamu pilih RAM yang dapat menunjang kebutuhan penggunaan.

Contohnya saja bila kamu menggunakan smartphone atau gadget untuk harian, kamu bisa memilih kapasitas RAM yang tidak terlalu besar. Untuk komputer maupun gadget lainnya, RAM berukuran minimal 2GB sudah termasuk cukup untuk penggunaan sehari-hari. Baik itu untuk aplikasi dan game yang bersifat mendasar. Namun, jika kamu menggunakan untuk keperluan lainnya bisa tingkatkan kapasitas RAM tersebut agar prosesnya berjalan dengan baik.

Baca Juga: 6 Jenis Virus Komputer dan Cara Mengatasinya!

Dapat diakses kapan saja

Berbeda dengan ROM, fungsi RAM sangatlah fleksibel. Bila dilihat dari segi penyimpanan memori, RAM dapat menyimpan banyak data secara acak. Sementara ROM hanya bisa menyimpan data-data internal saja. Dari sini bisa kita lihat kalau RAM lebih memiliki keunggulan. Dengan begitu kamu bisa menggunakannya kapan saja dan dimana saja.

Namun, kamu juga perlu sesekali untuk mengecek kapasitas RAM tersebut apakah masih ada space ataukah sudah penuh.

Berperan vital dalam gaming dan desain

Bagi kamu yang gemar bermain game dan selalu memiliki tugas dengan aplikasi berbasis desain dan juga 3D, RAM berukuran cukup besar akan sangat penting dalam membantu proses yang ada. Mengingat kedua hal tersebut memiliki kapasitas ruang yang besar.

Bayangkan saja jika aplikasi yang kamu gunakan berukuran besar sementara RAM yang digunakan tidak memadai atau ukurannya cukup kecil. Tentu ini akan berdampak pada kinerja komputer atau smartphone menjadi lebih lambat dari biasanya.

Baca Juga: Modem: Penjelasan, Fungsi, dan Bedanya dengan WiFi

Jenis-jenis RAM

Setelah mengetahui apa itu RAM dan fungsi-fungsinya, sekarang mari simak jenis-jenis RAM yang ada di sekitar kita.

SD RAM

Sychronous Dynamic Random Access Memory atau SDRAM memiliki kecepatan hingga 100 sampai 133 MHz. SD RAM mampu menampung data sebesar 1 GB. RAM jenis ini memiliki dua celah pada bagian kakinya dan biasanya diletakkan pada slot DIMM/SD RAM di motherhood.

DDR RAM

Double Rate Random Access Memory atau DDR RAM merupakan jenis RAM yang mampu menjalankan dua instruksi sekaligus dalam waktu yang sama dengan kecepatan tinggi. Memiliki kapasitas 184 pin dan banyak digunakan pada perangkat laptop karena dapat menghemat daya listrik. Kapasitas memori DDR RAM cukup besar hingga mencapai 16 GB.

RD RAM

RD RAM atau Rambus Dynamic Random Access Memory memiliki performa yang lebih cepat dan umumnya relatif lebih mahal dibandingkan SD RAM. Jenis RAM ini digunakan pada perangkat komputer yang menggunakan Pentium 4 dengan slot memori mencapai 184 pin.

EDO RAM

Extended Data Out Random Access Memory atau EDO RAM memiliki kemampuan yang lebih cepat ketika membaca dan mentransfer data dibandingkan dengan RAM biasa. Kecepatan EDO RAM mencapai hingga lebih dari 66 Mhz. Berbentuk Single Inline Memory Module (SIMM) dengan slot memori 72 pin.

Baca Juga: PaaS (Platform as a Service): Pengertian, Jenis dan Kelebihannya

Sudah Tahu Pengertian dan Fungsi RAM?

RAM adalah hardware yang terdapat pada perangkat untuk menyimpan data. Fungsi RAM bermacam-macam, mulai dari penyimpanan hingga menentukan performa perangkat dalam menjalankan aplikasi. Kini, setelah kamu mengetahui fungsi RAM untuk komputer maupun smartphone penting pula buat kamu memperhatikan jenis dan ukuran RAM ketika memilihnya untuk mendukung kinerja gadget. Semoga artikel ini bermanfaat!