Pengertian dan Fungsi URL Permalink

URL Permalink – Dalam perkembangan zaman, semua sektor tidak luput dari perkembangan teknologi yang bisa membantu aktivitas sehari-hari. Teknologi membuat semua aktivitas lebih mudah dijalani. Tidak terkecuali perkembangan internet yang juga mendukung seluruh pekerjaanmu.

Di dunia maya, internet menjadi salah satu kewajiban di dalam hidup. Rasanya sulit untuk menjalani aktivitas tanpa menyentuh internet. Ketika bangun tidur, menuju ke tempat kerja hingga mengerjakan tugas kantor pun, internet selalu menjadi tumpuan. Ketika sambungan internet berjalan lambat atau mati, tentu menjadi tidak menyenangkan.

Apalagi hal buruk itu terjadi di dalam pekerjaan kamu yang berhubungan dengan mengurus website. Ya, ketika website tidak bisa diakses, semua bisa berjalan kacau. Padahal ada banyak hal yang harus diurus. Salah satunya adalah penggunaan URL permalink yang sangat penting untuk kemudahan dalam mengakses bagian tertentu dalam satu website.

Tapi apa sebenarnya URL permalink itu? Berikut penjelasan lebih lengkap tentang URL permalink beserta fungsi yang perlu dipahami.

Pengertian URL Permalink

Sebelum masuk ke penjelasan URL Permalink, maka yang harus dijelaskan lebih awal adalah mengenai URL. Uniform Resource Locator atau yang biasa dikenal dengan URL bisa disebut sebagai alamat website. Ketika kamu membuka sebuah website, contohnya https://www.dewaweb.com/, maka itu merupakan URL yang biasanya terdiri dari protocol (http) dan hostname (www.dewaweb.com).

Namun ketika kamu membuka website hanya dengan URL yang biasa seperti di atas, maka kamu akan masuk ke dalam laman utamanya saja. Nah, ketika kamu sedang ingin masuk ke laman tertentu dari website tersebut, maka akan muncul tulisan tambahan di belakang URL yang biasa. Contohnya seperti https://www.dewaweb.com/domain-murah.

Melihat contoh di atas, maka tambahan bagian /domain-murah membuat keseluruhan https://www.dewaweb.com/domain-murah menjadi URL permalink. Dengan begitu, kamu bisa langsung menuju ke laman tertentu dari sebuah website. Biasanya, tersedia pula tambahan kategori, tanggal, judul dan kode lainnya yang dibuat sedemikian rupa agar berbeda antara satu link dengan link lainnya.

Dengan adanya URL permalink, maka kinerja kamu dalam membuka website menjadi lebih mudah dan gampang digunakan karena ada bagian-bagian tertentu yang menandakan perbedaan masing-masing link.  

Fungsi URL Permalink

Sekarang masuk ke dalam penjelasan fungsi URL permalink. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, fungsi utama dari URL permalink adalah memudahkan kamu dalam masuk ke dalam laman tertentu dari sebuah website. Kamu tidak perlu membuka laman  utama dari sebuah website dan menelusuri mana laman yang kamu inginkan. Hal ini akan membuat kamu buang-buang waktu saja.

Fungsi yang kedua dari URL permalink adalah memudahkan pemilik website dalam memberikan SEO kepada artikel-artikel yang ada di dalam website mereka. Ya, dengan memberikan judul hingga kategori ke dalam URL permalink, maka mesin pencari seperti Google akan memudahkan penggunanya dalam mencari artikel dari keyword tertentu dan langsung ditujukan kepada website yang memuat keyword tersebut di dalam URL permalink mereka.

 

Itulah penjelasan mengenai URL permalink yang sebenarnya sering dipakai tapi tidak banyak orang tahu. Setelah memahaminya tentu kamu akan lebih mempertimbangkan lagi untuk penggunaannya agar website dapat digunakan secara lebih efektif dan efisien. Semoga bermanfaat untuk kamu yang baru membangun sebuah website ya!

Daftar dan tonton webinar Dewatalks