Field Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Perannya Bagi Bisnis

Field Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Perannya Bagi Bisnis

Salah satu teknik pemasaran dalam sebuah bisnis adalah field marketing. Mungkin di antara kamu ada yang masih belum tahu apa itu field marketing. Field marketing dapat diterapkan pada bisnis kamu untuk membantu meningkatkan penjualan.

Maka dari itu, di artikel kali ini Dewaweb akan membahas apa itu field marketing, bentuk, hingga manfaatnya untuk bisnis. Yuk, langsung simak hingga akhir!

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Strategi STP Marketing (Segmenting, Targeting, Positioning)

Apa Itu Field Marketing?

Apa itu field marketing? Seperti artinya, field marketing adalah sebuah teknik pemasaran lapangan yang dilakukan langsung pada tempatnya. Sehingga perusahaan akan berinteraksi langsung dengan pelanggan atau konsumen.

Bentuk pemasaran field marketing diantaranya seperti promosi di jalanan, pengambilan sampel, merchandising, dan masih banyak lagi. Namun, pada beberapa perusahaan field marketing diartikan dengan kegiatan distribusi hingga koordinasi dengan tim marketing.

Ketika berbicara mengenai promosi di jalanan mungkin akan identik dengan SPG. Nah, saat ini SPG tidak hanya membantu proses penjualan produk, tetapi juga melakukan wawancara pada konsumen untuk mengumpulkan consumer insight.

Begitu pula dengan para merchandiser yang melakukan field marketing, dulu mereka hanya sebatas membantu merapikan produk yang sedang dipajang saja. Tapi sekarang, mereka turut aktif mengawasi dan mengidentifikasi ketersediaan produk milik kompetitor.

Kemudian, apa fungsi dari field marketing? Langsung saja simak penjelasannya di bawah!

Baca Juga: Apa Itu Branding? Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Fungsi dan Tanggung Jawab Field Marketing

Menjadi seorang field marketing tentu memiliki fungsi dan tanggung jawab yang harus dilakukan. Berikut ini fungsi field marketing:

  • Membangun kepercayaan pelanggan terhadap performa perusahaan serta produk yang dijual.
  • Membantu pelanggan dalam menemukan produk yang mereka butuhkan atau yang diinginkan.
  • Menjawab pertanyaan serta melayani komplain dengan baik.
  • Memberikan informasi terkait kualitas produk hingga cara perawatannya.
  • Melakukan standar pelayanan pramuniaga dengan baik.
  • Bertanggung jawab dalam mencapai target sales yang sudah ditentukan.
  • Bertanggung jawab melakukan produktivitas kerja secara maksimal.
  • Dapat menjaga tingkat angka kehilangan barang.
  • Memberikan informasi yang sebenar mungkin pada pelanggan.

Itulah beberapa tanggung jawab yang sekiranya harus dilaksanakan seorang field marketing pada lapangan.

Baca Juga: 7 Trik Psikologi Marketing Agar Penjualan Meningkat

Peran Penting Field Marketing untuk Bisnis

Seorang field marketing nantinya tidak hanya diminta agar bisa menarik pengunjung, tetapi mengedukasi konsumen dengan baik. Mereka adalah orang-orang terdepan yang paling dekat dengan konsumen, maka dari itulah seorang FM akan merepresentasikan seperti apa citra bisnis kamu.

Karena mereka berinteraksi langsung dengan pelanggan, penting untuk perusahaan mencari seorang FM  terbaik, sehingga pastikan selektif ketika memilihnya.

Selain menyeleksi sendiri, perusahaan juga dapat mencari lewat jasa penyedia field marketing. 

Intinya, seorang field marketing dapat dikatakan orang pertama yang akan membuat konsumen tertarik untuk membeli produk. Dari FM juga konsumen akan mendapatkan informasi detail produknya.

Baca Juga: 7 Cara Membangun Brand Awareness

Manfaat Field Marketing

Setelah mengetahui peran field marketing pada sebuah bisnis, selanjutnya apa manfaat yang bisa didapatkan dari teknik pemasaran tersebut? Berikut diantaranya.

Meningkatkan citra merek

Manfaat pertama adalah membantu meningkatkan citra merek. Seperti yang kita tahu teknik field marketing ini bersinggungan langsung dengan pelanggan, oleh karena itu kesempatan untuk mengenalkan merek lebih besar dan bisa lebih efektif.

Semakin pelanggan dekat dengan kamu, maka semakin mudah juga mereka dalam mempelajari merek bisnis. Dengan memberi citra yang positif maka akan membantu meningkatkan kredibilitas merek di mata pelanggan.

Menghasilkan penjualan lebih tinggi

Pemasaran produk yang dilakukan secara langsung dapat memberikan tingkat kepercayaan yang lebih besar, maka dari itu pelanggan akan lebih yakin ketika hendak membeli.

Terlebih jika seorang FM sudah sangat menguasai product knowledge bisnis kamu, dengan penjelasan produk yang baik pelanggan akan lebih mudah teryakinkan dan percaya.

Apabila pelanggan mendapat pengalaman berbelanja yang positif, bukan tidak mungkin jika di kemudian hari mereka akan belanja lagi dan menjadi loyal pada bisnis kamu.

Mengumpulkan data pasar yang akurat

Sebelum melakukan field marketing, perusahaan terlebih dulu akan melakukan lokasi tertentu yang menjadi target pemasaran. Target ini didapat dari penelitian atau riset pasar yang sudah dilakukan sebelumnya.

Ketika sudah menemukan lokasinya, perusahaan akan mulai melakukan pemasaran mulai dari demonstrasi produk. Apabila pada lokasi tersebut target pasarnya sesuai, maka kamu berpeluang besar untuk menjadikan mereka sebagai pelanggan bisnis kamu. 

Dari situlah sebuah bisnis akan mendapat gambaran yang lebih akurat mengenai siapa saja yang akan menjadi target marketnya.

Baca Juga: Pahami Apa Itu Customer Journey dan Manfaatnya bagi Bisnis

Mengerti kebutuhan pelanggan dengan baik

Dengan berinteraksi secara langsung dengan pelanggan dapat membantu kamu lebih mengetahui apa kebutuhan dan keinginan mereka. Dari data tersebut kamu bisa mengembangkannya untuk membantu meningkatkan strategi pemasaran serta pembuatan produk.

Memasarkan produk yang lebih efisien

Jika dibandingkan dengan teknik pemasaran lain, field marketing dinilai lebih efisien dalam menjualkan produk. Channel pemasaran lain mungkin akan membutuhkan lebih banyak waktu, tenaga, dan biaya.

Dengan field marketing kamu dapat berinteraksi langsung dengan prospek, serta menghapus atau mengonversi prospek lebih cepat.

Mengumpulkan data pelanggan potensial

Ketika berinteraksi langsung dengan pelanggan di lapangan, kamu dapat mengumpulkan data penting dari pelanggan. Data inilah yang dapat membantu perusahaan untuk membuat produk atau layanan yang lebih relevan. 

Selanjutnya, strategi pemasaran juga dapat dilakukan lebih tepat lagi karena sebelumnya kamu sudah tahu seluk beluk kebutuhan pelanggan.

Baca Juga: Mengenal AIDA: Metode Ampuh Meningkatkan Penjualan Bisnismu

Bentuk-Bentuk Field Marketing

Setelah mengetahui apa saja manfaat field marketing, selanjutnya terdapat beberapa bentuk dari field marketing, diantaranya sebagai berikut.

Demo produk

Bentuk pertama adalah demonstrasi produk, demo produk adalah strategi untuk mengenalkan sebuah produk kepada calon pelanggan, dalam hal ini yaitu mendemonstrasikan masalah yang bisa diatasi oleh produk tersebut kepada calon pengguna.

Dari demo produk tersebut, calon pelanggan bisa mendapat informasi seperti apa produk tersebut sebelum mereka benar-benar membelinya.

Direct selling

Bentuk ke dua adalah direct selling atau teknik penjualan langsung. Artinya para sales atau SPG akan mendatangi target konsumen secara langsung dan menawarkan produknya.

Bentuk ini termasuknya efektif karena pelanggan dapat lebih mengenal produk serta bisnis kamu melalui salesman.

Baca Juga: Apa itu Direct Marketing? Penjelasan Terlengkap Direct Marketing di 2022

Merchandising

Merchandising adalah strategi pemasaran produk yang di mana produk tersebut ditata dalam sebuah display. Kegiatan pemasaran ini dilakukan dengan tujuan membangun brand image serta mengenalkan merek pada calon pelanggan.

Sudah Tahu Apa Itu Field Marketing?

Sampai penjelasan ini apakah membuat kamu lebih paham pengertian field marketing? Field marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan secara langsung atau terjun ke lapangan berinteraksi dengan pelanggan.

Teknik ini dianggap lebih efektif dan memberikan banyak manfaat bagi bisnis. Jadi, untuk kamu yang memiliki bisnis, tidak ada salahnya untuk mencoba. Semoga artikel ini membantu ya, selamat mencoba!