Pengertian LAN, Fungsi, Kelebihan dan Cara Kerjanya

Pengertian LAN, Fungsi, Kelebihan dan Cara Kerjanya

LAN adalah kepanjangan dari Local Area Network yang dirancang untuk wilayah yang cukup kecil dan terbatas. Biasanya jaringan LAN ini bisa mudah ditemukan ditemui di beberapa kompleks perkantoran, sekolah, rumah, hingga cafe.

LAN sendiri tergabung dalam jaringan internet yang di dalamnya juga terdapat MAN dan WAN. Sebagai informasi, MAN (Metropolitan Area Network) adalah jenis jaringan komputer dengan jangkauan lebih luas dan lebih canggih dibandingkan LAN.

Sementara itu, WAN (Wide Area Network) adalah jaringan komputer yang membentang di wilayah geografis yang luas, meskipun mungkin terbatas dalam batas-batas negara. Berdasarkan penjelasan tersebut, bisa disimpulkan bahwa LAN adalah jaringan internet yang memiliki jangkauan cukup kecil dan tidak sebesar MAN dan WAN.

Pada kesempatan kali ini, Dewaweb akan membahas secara lengkap pengertian, komponen, fungsi, cara kerja, hingga kelebihan dan kekurangan LAN yang perlu kamu ketahui. Simak informasinya pada artikel di bawah ini, ya!

Baca juga: Mengenal Sistem Jaringan WPA2-PSK dalam Keamanan WiFi

Apa itu Jaringan LAN?

LAN adalah kepanjangan dari Local Area Network sebagai jaringan komputer yang cakupannya hanya wilayah lokal saja. Artinya, jaringan ini hanya bisa digunakan oleh pengguna di area LAN saja. Sebab, LAN menghubungkan perangkat ke jaringan internet menggunakan perangkat jaringan yang sederhana.

Contoh tempat-tempat yang termasuk jaringan LAN adalah jaringan komputer di perkantoran, sekolah, cafe, rumah pribadi, dan lain sebagainya. Jadi, cakupan wilayah LAN ini hanya ruangan antar ruangan, maupun gedung antar gedung. Oleh karena itu, biaya perawatan dan pemasangan jaringan LAN lebih murah dibandingkan dengan jenis jaringan lainnya, seperti MAN atau WAN.

LAN terbagi menjadi dua jenis, di antaranya berbasis kabel dan jaringan nirkabel. Apa perbedaan dari keduanya? Berikut informasi singkatnya, yaitu:

  • Berbasis kabel (wired) adalah jaringan LAN konvensional dan paling sering digunakan. Pada umumnya, jaringan ini ada di hampir setiap komputer atau perangkat dan saling terhubung melalui sebuah switch hub.
  • Jaringan nirkabel (wireless) adalah jaringan LAN yang terhubung secara wireless atau tanpa kabel. Jadi dalam pengerjaannya pun, LAN menggunakan jaringan gelombang radio supaya bisa berkomunikasi.

Baca juga: Pengertian Port, Jenis, dan Fungsinya pada Jaringan Komputer

Komponen Jaringan LAN

Jaringan LAN terdiri dari beberapa komponen dasar. Komponen-komponen tersebut yang nantinya berfungsi menghubungkan setiap jaringan komputer. Lantas, apa saja komponen dasar jaringan LAN? Berikut informasi lengkap, di antaranya:

1. Workstation

Workstation adalah perangkat komputer berspesifikasi tinggi yang dimanfaatkan untuk keperluan pekerjaan berat, seperti perhitungan ilmiah atau bidang teknik. Adanya workstation ini dibutuhkan untuk mempermudah dan meningkatkan produktivitas pekerjaan.

2. Server

Server adalah suatu sistem komputer yang memiliki layanan khusus berupa penyimpanan data. Jadi, server berperan penting dalam menyediakan layanan akses lebih cepat untuk mengirim atau menerima data maupun informasi yang tersedia pada server.

3. Link

Link adalah bagian dari jaringan LAN yang berfungsi menghubungkan peralatan, seperti workstation dan server secara fisik.

Baca juga: Pengertian dan Cara Kerja Firewall pada Jaringan Komputer

4. Network Interface Card

NIC adalah sebuah perangkat keras jaringan, yang secara fisik berbentuk seperti sebuah kartu ekspansi, yang memungkinkan setiap komputer dapat terhubung dengan suatu jaringan dengan menggunakan kabel jaringan.

5. Network Software

Network software pada komponen jaringan LAN berfungsi untuk menjalankan jaringan LAN agar bisa berfungsi sebagaimana seharusnya. Network software ini juga bisa diartikan sebagai perangkat lunak.

Fungsi LAN

Pada umumnya, fungsi LAN yakni untuk menghubungkan beberapa komputer atau perangkat di dalam jaringan. Tujuannya agar proses kerja bisa berjalan lebih mudah dan cepat. Namun tidak hanya itu, ada berbagai macam fungsi LAN yang jarang diketahui. Ingin tahu apa saja fungsi LAN? Berikut informasinya, yaitu:

Memindahkan file dari satu komputer ke komputer lainnya

Fungsi jaringan LAN yang pertama adalah memindahkan file dari satu komputer ke komputer lainnya. Ketika menggunakan jaringan LAN, penggunanya bisa dengan mudah melakukan pemindahan data melalui metode sharing pada komputer milik kita.

Mengirim pesan menggunakan adanya LAN chatting

Jaringan LAN juga berfungsi untuk mengirim pesan karena adanya LAN chatting. Aktivitas ini bahkan bisa dilakukan tanpa harus terkoneksi ke internet, meskipun nantinya jaringan LAN tetap terlihat online. Ketika menjalankan LAN chatting, pengguna bisa menggunakan aplikasi bawaan Windows, seperti winchat.exe atau menggunakan perangkat lunak LAN chatting lainnya.

Baca juga: Apa itu Hotspot? Pengertian dan Cara Menggunakannya dengan Aman

Remote komputer

Pada jaringan LAN, terdapat remote komputer yang dapat dilakukan tanpa harus terkoneksi di internet. Nantinya kamu bisa memanfaatkan fitur Remote Desktop Manager atau Connection yang sudah disediakan sistem operasi Microsoft.

Adanya sharing printer

Tidak hanya berbagi data dan memindah file dengan mudah, jaringan LAN yang digunakan juga bisa memungkinkan penggunaannya untuk berbagi printer. Setelah dibagikan ke seluruh pengguna, printer bisa dipakai secara bersama-sama tanpa harus memindahkan komputer maupun printer. Biasanya fungsi LAN ini bisa ditemukan di beberapa tempat, seperti warnet, sewa komputer, dan lain sebagainya.

Menghubungkan dua komputer atau lebih

Jaringan LAN bisa dimanfaatkan untuk menghubungkan dua komputer atau lebih baik secara langsung atau dengan menggunakan media perantara. Beberapa komputer tersebut bisa dihubungkan langsung dengan menggunakan kabel UTP yang tersambung pada kedua komputer.

Baca juga: Apa Itu Mbps? Ini Pengertian dan Perbedaannya dengan MBps

Cara Kerja Jaringan LAN

Sebetulnya, jaringan LAN bekerja dengan cara-cara yang mirip dengan jaringan internet lainnya. Namun pada jaringan LAN, jaringannya akan menghubungkan komputer bersama-sama dan menyediakan akses bersama ke printer, file, dan lain sebagainya. Untuk arsitektur jaringannya sendiri, LAN masuk ke dalam kategori peer to peer atau client server.

Karena termasuk ke dalam arsitektur client server, beberapa perangkat klien sudah terhubung ke server pusat. Dengan begitu, perangkat-perangkat tersebut bisa mengakses aplikasi hingga menyimpan beberapa file tertentu.

cara kerja jaringan LAN

Baca juga: Apa Itu Figma? Penjelasan, Fitur, Keunggulan dan Manfaatnya

Kelebihan dan Kekurangan LAN

Meski LAN terdiri dari berbagai macam fungsi, nyatanya LAN juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu untuk diketahui. Lebih jelasnya, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan LAN yang perlu untuk diketahui, di antaranya:

Kelebihan LAN

  • Ketika penggunanya menggunakan jaringan LAN, penggunanya bisa dengan mudah berbagi resource dengan komputer yang lainnya. Karena kelebihan ini, penggunanya bisa mengerjakan sesuatu dengan lebih efisien.
  • LAN tidak membutuhkan operator telekomunikasi untuk dapat membuat jaringannya.
  • Jaringan LAN tidak memerlukan biaya yang besar, karena hal ini jangkauannya hanya mencakup area kecil dan tidak membutuhkan perangkat mahal, seperti serat optik hingga satelit.
  • Data jaringan LAN lebih terpusat. Kelebihan ini akan memudahkan user untuk saling mengakses file yang dimiliki oleh komputer lainnya. Tidak hanya itu, hal ini juga bisa membantu untuk membackup data user, jika terjadi sebuah kesalahan.

Baca juga: Pengertian Gateway, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya pada Jaringan

Kekurangan LAN

  • Keamanan jaringan LAN cukup rentan. Sebab, kebanyakan user tidak dapat menjaga rahasia password yang dimiliki, sehingga hal ini menyebabkan user yang tidak sah bisa dengan mudah menerobos masuk ke dalam jaringan melalui user tadi.
  • Seperti yang diketahui, luas wilayah koneksi jaringan LAN cukup terbatas dan hanya mencakup area lokal saja.
  • Munculnya beberapa masalah server pusat yang bisa berpengaruh pada seluruh jaringan komputer, bahkan mampu menyebabkan komputer tidak bisa melakukan komunikasi dengan komputer lainnya.
  • Instalasi jaringan LAN lebih mahal tergantung dari kebutuhan dan kondisi yang ada di lapangan.

Baca juga: 10 Cara Mudah untuk Cek Kecepatan Internet di HP dan PC

Penutup

LAN adalah Local Area Network sebagai jaringan yang dirancang untuk wilayah yang cukup kecil dan terbatas. Artinya, jaringan ini hanya bisa digunakan oleh pengguna di area LAN saja, seperti perkantoran, sekolah, cafe, rumah pribadi, dan lain sebagainya.

Untuk fungsinya sendiri, jaringan LAN bermanfaat untuk memindahkan file dari satu komputer ke komputer lainnya, mengirim pesan karena adanya LAN chatting, dan lain sebagainya. Kendati demikian, LAN memiliki kekurangan, salah satunya adalah keamanan jaringan LAN yang cukup rentan.

Nah, bagaimana? Apakah kamu sudah paham apa yang dimaksud dengan jaringan LAN dan apa saja fungsi-fungsi yang dimilikinya? Semoga artikel yang sudah Dewaweb rangkum ini bermanfaat untuk kamu, ya.