mailing list adalah featured image

Pengertian Mailing List, Jenis, Fungsi dan Cara Mudah Membuatnya

Kalau kamu seorang pebisnis atau berkegiatan di komunitas yang butuh media berbagi informasi secara cepat, mailing list adalah salah satu solusi yang bisa digunakan.

Untuk tujuan bisnis, mailing list dimanfaatkan untuk promosi produk karena dapat disesuaikan dengan jenis yang tepat tergantung audiens bisnis.

Sebetulnya, apa itu yang dimaksud dengan mailing list? Apa saja fungsi dan jenisnya, serta bagaimana cara membuatnya?

Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu Mailing List?

Mailing list adalah layanan untuk mengirim email ke banyak orang dalam sebuah kelompok yang sudah ditentukan sebelumnya. Di Indonesia, layanan ini juga dikenal dengan sebutan Milis.

mailing list adalah

Mailing list merupakan media yang digunakan oleh para pengguna internet untuk saling berbagi informasi. Milis dapat membantumu dalam memberikan informasi secara cepat dan praktis. Pesan yang dikirim ke satu alamat email akan otomatis diteruskan ke alamat email lain yang merupakan anggota dari kelompok tersebut.

Baca Juga: Panduan Lengkap Email Marketing untuk Bisnis

Ketimbang mengirim pesan yang sama secara individual kepada setiap orang, mailing list memungkinkan kamu mengirim email sekaligus kepada suatu kelompok dalam sekali pengiriman saja. Hal ini tentu memudahkan dan meringankan pekerjaanmu sehingga lebih efisien dan tidak menghabiskan banyak waktu.

Mailing List untuk Promosi Bisnis

Milis adalah salah satu cara yang tepat untuk dimanfaatkan sebagai sarana promosi bisnis. Kamu bisa melakukan strategi pemasaran dengan memanfaatkan layanan hosting website yang sudah kamu gunakan.

Mengapa mailing list efektif digunakan untuk kegiatan promosi? Keunggulan milis bukan hanya memudahkan penyebaran informasi secara cepat saja, melainkan dapat menjangkau audiens yang tepat pula.

Misalnya kamu sudah memiliki daftar email calon pelanggan, kemudian kamu mengelompokkannya sesuai dengan minat mereka. Baik berdasarkan kategori promo tertentu, demografis pelanggan, dan sebagainya.

Maka, misalnya kamu mengirimkan email info promo untuk pelanggan tertentu, semua orang yang masuk ke dalam daftar mailing list tersebut akan menerima informasi secara langsung. Hal ini tentu menjadikan kegiatan promosi jadi lebih efektif.

Apa Saja Jenis Mailing List?

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan mailing list, yuk simak apa saja jenis-jenisnya di bawah ini!

Announcement Type List

Mailing list jenis ini merupakan tipe komunikasi satu arah, artinya para anggota dalam milis hanya menerima pesan dan tidak bisa membalas email. Biasanya jenis ini digunakan untuk memberikan pengumuman, seperti rilis produk baru, info penting dari perusahaan, promo, atau sebagai newsletter perusahaan.

Response List

Jenis mailing list response menawarkan tipe komunikasi dua arah, tapi jenis respons para anggota sudah kamu tentukan sebelumnya. Misalnya saat kamu ingin melakukan survei kepada para anggota milis, kamu bisa mengatur opsi jawaban seperti ‘Setuju’ dan ‘Tidak setuju’. Jenis ini bisa kamu gunakan misalnya ketika ingin mengetahui minat pelanggan terhadap produk baru.

Discussion Type List

Jenis discussion menawarkan tipe komunikasi dua arah secara sepenuhnya. Artinya, para anggota milis bisa membalas email yang kamu kirimkan seperti halnya berkomunikasi normal.

Baca Juga: 10 Cara List Building untuk Kembangkan Daftar Email Anda

Fungsi Mailing List

Berikut ini beberapa alasan kenapa kamu perlu memanfaatkan mailing list, terlebih untuk tujuan promosi bisnis. Yuk simak!

Memberi informasi dengan cepat

Fungsi utama mailing list adalah untuk mengirimkan informasi secara praktis, cepat dan tepat sasaran. Informasi yang kamu kirimkan bisa otomatis diterima oleh beberapa orang yang sudah kamu masukkan ke dalam list.

Dimanfaatkan sebagai forum diskusi

Bagi sebuah komunitas atau organisasi, fungsi mailing list juga bisa dimanfaatkan sebagai forum diskusi. Untuk tipe tertentu, milis memungkinkanmu untuk menyebarkan informasi secara langsung dan mendapat feedback atau balasan dari anggota yang terdaftar di dalamnya.

Melakukan promosi yang tepat sasaran

Fungsi selanjutnya, milis memudahkanmu melakukan promosi. Promosi dengan cara seperti ini lebih efektif karena tepat sasaran. Sebab ketika membuat mailing list, kamu sudah melakukan pengelompokkan audiens terlebih dahulu.

Audiens yang menerima informasi darimu memang merupakan orang-orang yang memiliki ketertarikan untuk mengetahuinya, sehingga promosi berjalan lebih efektif. Apa pun jenis bisnis yang dijalankan, daftar email adalah elemen terpenting untuk menyukseskan strategi marketing.

Menghemat biaya untuk promosi

Mungkin kamu bertanya bagaimana mailing list bisa menghemat biaya promosi? Jawabannya simple, karena dengan memanfaatkan email dan layanan hosting yang digunakan, kamu sudah bisa promosi dengan efektif, cepat, dan murah.

Bila dibandingkan dengan menggunakan layanan tertentu seperti iklan, sudah pasti kamu memerlukan biaya yang cukup besar. Apalagi, belum tentu semua orang yang melihat promosi iklanmu adalah orang-orang yang tertarik menjadi pelanggan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Penyedia Akun Email Gratis yang Terpercaya

Cara Membuat Mailing List

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat mailing list yang bisa kamu ikuti. Tapi sebelumnya, persiapkan hal-hal di bawah ini supaya prosesnya semakin lancar ya!

Persiapan:

1. Untuk membuat mailing list, pastikan kamu sudah memiliki hosting dan domain terlebih dahulu dengan menggunakan layanan hosting terbaik.

2. (Opsional) Kamu bisa membuat email bisnis terlebih dahulu dengan mengikuti langkah-langkahnya di sini.

Baca Juga: Apa Perbedaan Hosting, Server, dan Domain?

Jika sudah, ikuti cara berikut untuk membuat mailing list dengan mudah.

1. Login ke cPanel

Langkah pertama, akses ke akun cPanel dengan melakukan login. Kamu bisa mengakses URL http://[namadomain.com]/cpanel atau http://namadomain.com:2082.

Kemudian, masukkan username dan password akun cPanel kamu.

mailing list adalah - cara membuat login cpanel

2. Pilih opsi Mailing List

Setelah berhasil login ke cPanel, cari dan klik opsi ‘Mailing List’ pada kategori Email.

mailing list adalah - cara membuat pilih opsi mailing list

3. Lengkapi data untuk membuat Mailing List

Langkah selanjutnya, buat mailing list dengan melengkapi form. Masukkan nama list yang kamu inginkan dan buat password.

mailing list adalah - cara membuat isi data

4. Pilih Access Type

Sebelum menyelesaikannya, pilih jenis akses terlebih dahulu. Ada dua pilihan access type:

  1. Public: Orang yang mendaftar langsung otomatis masuk ke dalam list.
  2. Private: Kamu harus melakukan konfirmasi terlebih dahulu terhadap yang mendaftar sebelum masuk ke dalam list.

Setelah memilih access type yang sesuai dengan kebutuhan, selanjutnya klik ‘Add’. Tunggu beberapa saat, dan mailing list kamu sudah siap digunakan.

cara membuat mailing list

5. Kembali ke menu Mailing List, scroll ke bawah

Untuk menambahkan email pelanggan, kembali ke menu mailing list dengan klik “Go Back”. Scroll ke bawah sampai menemukan bagian Current Lists. Kemudian klik ‘Manage’ di nama list mailing yang kamu inginkan.

mailing list

Selanjutnya, pilih menu ‘Membership Management’.

pilih membership management

Setelah itu, klik ‘Mass Subscription’

klik mass subscription

6. Tambahkan email pelanggan ke Mailing List

Langkah berikutnya, tambahkan email anggota atau pelanggan yang ingin kamu masukkan ke dalam daftar mailing list. Kamu bisa memasukkannya satu per satu di kolom yang sudah tersedia, atau kamu juga bisa memilih file dengan mengimport dari komputer. Format datanya bisa berupa excel atau Opt In Form.

input email pelanggan

Setelah itu, masukkan pesan yang ingin kamu kirimkan kepada anggota atau pelanggan yang terdaftar dalam mailing list tersebut. Misalnya seperti contoh berikut ini.

tulis pesan mail

7. Klik Submit

Jika sudah, klik ‘Submit Your Changes’ dan selesai! Kamu sudah berhasil membuat mailing list dan siap digunakan sesuai kebutuhanmu.

Baca Juga:Panduan Lengkap Cara Membuat Website dari Nol sampai Jadi

Manfaatkan Mailing List untuk Berbagai Keperluan

Seperti yang sudah kamu ketahui, mailing list adalah layanan untuk mengirim email kepada banyak orang dalam suatu kelompok yang sudah diatur sebelumnya. Layanan milis ini sangat efektif dimanfaatkan untuk tujuan bisnis, seperti melakukan promosi kepada pelanggan, mengirimkan info produk dan layanan terbaru, dan sebagainya.

Selain untuk tujuan bisnis, milis juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan komunitas atau organisasi. Sebagai wadah untuk berbagi informasi kepada para anggota, hingga sebagai media forum diskusi.

Cara membuatnya pun cukup mudah dan bisa kamu ikuti dengan tutorial di atas. Yang terpenting, selalu pilih yang terbaik dengan menggunakan layanan cloud hosting dari Dewaweb ya!