Modem: Penjelasan, Fungsi, dan Bedanya dengan WiFi

Modem: Penjelasan, Fungsi, dan Bedanya dengan WiFi

Segala aktivitas digital yang kamu lakukan seperti bekerja, pastinya seringkali membutuhkan internet. Selain WiFi, modem adalah cara alternatif agar kamu dapat terhubung ke internet dengan mudah.

Berbeda dengan WiFi yang bekerja sebagai perantara transmisi jaringan internet, modem memiliki caranya tersendiri untuk membuat perangkatmu terhubung ke internet. Melalui artikel kali ini, kamu akan mengetahui lebih jelas lagi apa itu modem, fungsi, dan cara kerjanya.

Baca juga: Pengertian Internet, Sejarah Perkembangan dan Manfaatnya

Apa Itu Modem?

Modulator demodulator atau disingkat modem adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk menghubungkan komputer, laptop, handphone maupun perangkat lainnya ke internet.

Modem bekerja dengan cara mengubah atau modulasi data digital yang ada di perangkat komputer menjadi sinyal analog. Kemudian sinyal tersebut akan dikirimkan melalui jaringan telekomunikasi.

Ketika sinyal analog dikirimkan kembali ke perangkat komputer, sinyal tersebut akan diubah lagi atau demodulasi ke dalam data digital, agar perangkat komputer dapat membacanya. Begitulah cara kerja modem agar perangkatmu dapat terhubung ke internet.

Baca juga: Mengenal Hardware: Definisi, Contoh, dan Fungsinya

Fungsi Modem

Fungsi utama modem adalah membantu perangkatmu terhubung ke internet. Namun selain itu, modem memiliki beberapa fungsi lain yang tidak dimiliki oleh beberapa perangkat sejenis, seperti:

Memodulasi sinyal

Fungsi penting dari modem adalah untuk memodulasi atau mengubah sinyal sehingga mudah ditransmisi secara utuh tanpa kehilangan sedikit informasi apa pun.

Umumnya, modem digunakan untuk mengirim informasi melalui saluran telepon, tetapi modem juga dapat digunakan untuk menyampaikan data melalui sistem apa pun yang menyediakan sarana transmisi sinyal analog, termasuk radio dan jaringan optik.

Kompresi data

Modem juga berfungsi sebagai perangkat yang dapat mengkompresi data, sehingga mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk mengirim data serta mengurangi jumlah kesalahan dalam sinyal.

Baca Juga: Pengertian Port, Jenis, dan Fungsinya pada Jaringan Komputer

Pengoreksi Kesalahan

Ketika informasi ditransmisi antar modem, terkadang dapat terjadi kerusakan seperti data yang berubah atau hilang. Untuk mengatasinya, modem menggunakan pengoreksi data. Di mana data dikelompokkan ke dalam batch yang disebut frame. Kemudian, setiap frame ditandai dengan checksum, yaitu potongan kecil data yang berasal dari informasi di dalam frame.

Checksum dapat diibaratkan sebagai sidik jari unik untuk data yang ada dalam frame tertentu. Modem yang menerima informasi akan memperoleh checksumnya sendiri dari frame yang telah dikirim. Lalu, data checksum tersebut dibandingkan dengan checksum yang dikirim oleh modem pengirim.

Jika checksum tersebut cocok, maka informasinya tidak rusak. Namun jika checksum tidak cocok, itu artinya data telah rusak dalam proses transmisi. Jika sudah begitu, modem penerima akan mengirimkannya kembali dan menunggu modem pengirim untuk mengirim ulang frame tersebut.

Baca juga: Mengenal Apa itu Server: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Jenis-Jenis Modem

Ada beberapa jenis modem dilihat dari bentuk dan cara kerjanya. Di bawah ini penjelasan beberapa jenis modem yang ada:

Modem Kabel

modem kabel
Gambar: Wikipedia

Modem kabel adalah jenis modem yang memerlukan perantara kabel agar perangkatmu dapat terhubung ke internet. Kebanyakan modem kabel disambungkan dengan TV kabel, sehingga penyedia fasilitas modem kabel biasanya sudah dilengkapi dengan layanan TV kabel.

Modem Dial-up

modem dial up
Gambar: wikipedia

Dial-up modem disebut juga sebagai modem analog. Jenis modem ini bekerja dengan mengubah data digital menjadi sinyal analog dan mentransmisi sinyal tersebut hingga kembali ke perangkat komputer. Sehingga, perangkatmu dapat terhubung ke internet.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Your Connection is Not Secure

Modem DSL

modem dsl
Gambar: Wikipedia

Jenis modem lainnya yaitu modem DSL (Digital Subscribe Line). Modem ini memungkinkan kamu untuk tetap dapat menggunakan telepon. Berbeda dengan modem analog yang tidak dapat memberikan sinyal internet ketika digunakan untuk melakukan panggilan telepon.

Modem DSL terbagi ke dalam dua jenis, yaitu yaitu modem Symmetrical DSL (SDSL) dan Asymmetrical DSL (ASDL). Keduanya dibedakan berdasarkan ukuran bandwidth-nya. Modem SDSL memiliki kecepatan mengunduh dan mengunggah yang sama. Sedangkan modem ADSL memiliki kecepatan mengunduh yang lebih besar ketimbang mengunggah file.

Modem GSM dan CDMA

modem gsm
Gambar: Tokopedia

GSM dan CDMA modem adalah jenis modem yang memanfaatkan jaringan seluler dengan menggunakan simcard GSM maupun CDMA dari suatu provider. Modem jenis ini biasanya berukuran kecil dan mudah dibawa kemana-mana.

Baca juga: Jaringan Komputer: Pengertian, Topologi, dan Jenisnya

Perbedaan Modem dan Wi-Fi Router

Perbedaan modem dan Wi-Fi router paling dasar dapat dilihat dari cara kerjanya dalam menghubungkan perangkat ke internet. Berikut ini beberapa poin penting yang membedakan keduanya:

  • Modem bekerja dengan memodulasi data digital ke sinyal analog dan melakukan demodulasi atau mengembalikan sinyal analog ke data digital agar dapat dibaca oleh perangkat komputer;
  • WiFi router bekerja dengan menjadi penerima dan pengirim sinyal internet ke perangkat komputer tanpa fitur modulasi dan demodulasi yang mengubah data;
  • Modem memungkinkan perangkat komputer milikmu agar dapat menerima sinyal radio yang disediakan oleh ISP (Internet Service Provider) agar dapat terhubung ke internet;
  • WiFi router membantu perangkat komputer terhubung dengan jaringan LAN sehingga dapat mengakses internet.

Baca juga: Apa Itu Router? Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Tertarik Menggunakan Modem?

Modem adalah jenis perangkat elektronik yang dapat kamu gunakan untuk menghubungkan komputer, laptop, handphone maupun perangkat lainnya ke internet. Berbeda dengan WiFi router, modem memanfaatkan fitur modulasi dan demodulasi agar perangkat komputer dapat terhubung ke internet.

Salah satu kelebihan modem yaitu kecepatan internet yang ditawarkan tentunya dengan biaya yang juga disesuaikan. Semakin besar biaya yang kamu keluarkan, maka kecepatan internet yang kamu dapat juga akan semakin baik. Setelah membaca penjelasan mengenai apa itu modem, apakah kamu tertarik menggunakan perangkat elektronik ini untuk berinternet?