Pengertian Modem, Fungsi, Cara Kerja, & Bedanya dengan WiFi

Pengertian Modem, Fungsi, Cara Kerja, & Bedanya dengan WiFi

Selain WiFi dan hotspot, modem adalah perangkat jaringan yang bisa digunakan sebagai alternatif agar perangkat elektronikmu dapat terhubung ke internet dengan mudah. Yap, perangkat yang praktis ini sudah banyak digunakan oleh siapa saja.

Kendati kini modem sudah banyak digunakan hampir di seluruh dunia, tetapi mungkin belum banyak yang tahu tentang pengertian modem, fungsi, hingga bedanya modem dengan WiFi router. Melalui artikel kali ini, kamu akan mengetahui lebih jelas lagi tentang seluk beluk modem. Yuk simak!

Pengertian Modem

Modulator demodulator atau disingkat modem adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk menghubungkan komputer, laptop, handphone maupun perangkat lainnya ke internet.

Jika dijabarkan, modulator adalah sebuah alat yang memiliki fungsi melakukan proses modulasi atau memancarkan beberapa data pada gelombang atau frekuensi sinyal yang nantinya bisa dikirim ke penerima. Sementara demodulator adalah proses mendapatkan kembali beberapa data dari sinyal yang sudah diterima oleh pengirim.

Dari pengertian di atas dapat dikatakan bahwa pengertian modem adalah sebuah perangkat keras (hardware) yang menggabungkan fungsi modulator dan demodulator sehingga perangkat elektronik bisa tersambung ke internet.

Baca Juga: Mengenal Hardware: Definisi, Contoh, dan Fungsinya

Cara Kerja Modem

Modem bekerja dengan cara mengubah data digital yang ada di perangkat komputer menjadi sinyal analog (modulasi). Kemudian sinyal analog ini akan dikirimkan melalui jaringan telekomunikasi.

Ketika sinyal analog tadi sudah sampai ke komputer tujuan, maka modem yang ada di perangkat tujuan akan mengubah sinyal tersebut menjadi sinyal digital kembali (demodulasi). Proses demodulasi ini berfungsi agar perangkat komputer dapat membacanya sinyalnya. Dengan begitu, perangkatmu dapat terhubung ke internet yang tersedia.

Prinsip dari cara kerja modem ini adalah komunikasi dua arah dalam mengubah sinyal digital ke analog lalu dikirimkan ke perangkat penerima. Setelah sampai di penerima, maka modem penerima akan mengubah sinyal tersebut kembali ke digital.

Fungsi Modem

Berikut ini beberapa fungsi modem yang penting untuk diketahui, di antaranya:

1. Mengubah sinyal digital ke sinyal analog (modulasi)

Fungsi modem yang pertama ini memang sudah diketahui semua orang, yaitu sebagai pengubah sinyal digital menjadi analog atau dinamakan modulasi. Fungsi yang satu ini memiliki peran yang sangat penting dalam menyambungkan perangkat ke internet.

2. Mengubah sinyal analog ke sinyal digital (demodulasi)

Selain mengubah sinyal digital ke analog, fungsi modem juga mengembalikan sinyal analog tadi menjadi sinyal digital atau dinamakan demodulasi. Fungsi modem yang satu ini dijalankan oleh modem penerima dan dikembalikan ke modem awal.

3. Menghubungkan perangkat dengan jaringan

Fungsi modem yang selanjutnya tentu saja sebagai penghubung antara perangkat komputer dengan jaringan. Namun seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa sebelum bisa terkoneksi dengan jaringan, modem akan melakukan komunikasi dua arah terlebih dulu berupa proses modulasi dan demodulasi.

4. Memeriksa paket data dan komunikasi

Modem juga memiliki fungsi sebagai pemeriksa paket data dan komunikasi. Setelah menjalankan beberapa fungsi sebelumnya, modem akan melakukan pemeriksaan paket data dan komunikasi agar pengguna bisa mengakses internet dengan baik.

5. Kompresi data

Setelah melakukan pemeriksaan paket data dan komunikasi, selanjutnya modem akan melakukan proses pengompresan data yang tadi dikirim melalui sinyal. Kompresi data bertujuan untuk mengurangi jumlah waktu yang diperlukan dalam mengirim data serta mengurangi jumlah kesalahan dalam sinyal.

6. Pengoreksi data

Ketika informasi ditransmisi antar modem, terkadang dapat terjadi kerusakan seperti data yang berubah atau hilang. Untuk mengatasinya, modem menggunakan pengoreksi data, di mana data dikelompokkan ke dalam batch yang disebut frame. Kemudian, setiap frame ditandai dengan checksum, yaitu potongan kecil data yang berasal dari informasi di dalam frame.

Checksum dapat diibaratkan sebagai sidik jari unik untuk data yang ada dalam frame tertentu. Modem yang menerima informasi akan memperoleh checksum-nya sendiri dari frame yang telah dikirim. Lalu, data checksum tersebut dibandingkan dengan checksum yang dikirim oleh modem pengirim.

Jika checksum tersebut cocok, maka informasinya tidak rusak. Namun jika checksum tidak cocok, itu artinya data telah rusak dalam proses transmisi. Jika tidak cocok, modem penerima akan mengirimkannya kembali dan menunggu modem pengirim untuk mengirim ulang frame tersebut.

Jenis-Jenis Modem

Ada beberapa jenis modem dilihat dari bentuk dan cara kerjanya. Di bawah ini penjelasan beberapa jenis modem yang ada:

1. Modem Kabel

modem kabel
Gambar: Wikipedia

Modem kabel adalah jenis modem yang memerlukan perantara kabel agar perangkatmu dapat terhubung ke internet. Kebanyakan modem kabel disambungkan dengan TV kabel, sehingga penyedia fasilitas modem kabel biasanya sudah dilengkapi dengan layanan TV kabel.

2. Modem Dial-up

modem dial up
Gambar: wikipedia

Dial-up modem disebut juga sebagai modem analog. Jenis modem ini bekerja dengan mengubah data digital menjadi sinyal analog dan mentransmisi sinyal tersebut hingga kembali ke perangkat komputer. Sehingga, perangkatmu dapat terhubung ke internet.

3. Modem DSL

modem dsl
Gambar: Wikipedia

Jenis modem lainnya yaitu modem DSL (Digital Subscribe Line). Modem ini memungkinkan kamu untuk tetap dapat menggunakan telepon. Berbeda dengan modem analog yang tidak dapat memberikan sinyal internet ketika digunakan untuk melakukan panggilan telepon.

Modem DSL terbagi ke dalam dua jenis, yaitu yaitu modem Symmetrical DSL (SDSL) dan Asymmetrical DSL (ASDL). Keduanya dibedakan berdasarkan ukuran bandwidth-nya. Modem SDSL memiliki kecepatan mengunduh dan mengunggah yang sama. Sedangkan modem ADSL memiliki kecepatan mengunduh yang lebih besar ketimbang mengunggah file.

4. Modem GSM dan CDMA

modem gsm
Gambar: Tokopedia

GSM dan CDMA modem adalah jenis modem yang memanfaatkan jaringan seluler dengan menggunakan simcard GSM maupun CDMA dari suatu provider. Modem jenis ini biasanya berukuran kecil dan mudah dibawa kemana-mana.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Your Connection is Not Secure

Perbedaan Modem dan Wi-Fi Router

Perbedaan modem dan Wi-Fi router paling dasar dapat dilihat dari cara kerjanya dalam menghubungkan perangkat ke internet. Berikut ini beberapa poin penting yang membedakan keduanya:

  • Modem bekerja dengan memodulasi data digital ke sinyal analog dan melakukan demodulasi atau mengembalikan sinyal analog ke data digital agar dapat dibaca oleh perangkat komputer;
  • WiFi router bekerja dengan menjadi penerima dan pengirim sinyal internet ke perangkat komputer tanpa fitur modulasi dan demodulasi yang mengubah data;
  • Modem memungkinkan perangkat komputer milikmu agar dapat menerima sinyal radio yang disediakan oleh ISP (Internet Service Provider) agar dapat terhubung ke internet;
  • WiFi router membantu perangkat komputer terhubung dengan jaringan LAN sehingga dapat mengakses internet.

Baca Juga: Apa Itu Router? Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Sudah Tahu Apa Itu Modem?

Jadi, pengertian modem adalah perangkat elektronik yang dapat kamu gunakan untuk menghubungkan komputer, laptop, handphone maupun perangkat lainnya ke internet. Berbeda dengan WiFi router, modem memanfaatkan fitur modulasi dan demodulasi agar perangkat komputer dapat terhubung ke internet.

Salah satu kelebihan modem yaitu kecepatan internet yang ditawarkan tentunya dengan biaya yang juga disesuaikan. Semakin besar biaya yang kamu keluarkan, maka kecepatan internet yang kamu dapat juga akan semakin baik. Jadi, apakah kamu tertarik menggunakan perangkat elektronik ini untuk berinternet?

Demikian artikel ini semoga bermanfaat, ya! Kamu juga bisa membaca artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks yang pastinya bermanfaat untuk menambah wawasanmu seputar dunia digital dan pengembangan website. Salam sukses online!