Pengertian OneDrive untuk Menyimpan Data & Fungsi Lainnya

Pengertian OneDrive untuk Menyimpan Data & Fungsi Lainnya

OneDrive adalah sebuah layanan penyimpanan berbasis cloud atau cloud storage milik Microsoft. Jika berbicara mengenai penyimpanan data cloud, mungkin kamu akan lebih familiar dengan Google Drive.

Padahal, ada sebuah layanan yang bisa digunakan sebagai alternatif penyimpanan data agar tetap aman. Untuk kamu yang tertarik menggunakan OneDrive, sebaiknya ketahui dulu pengertian fungsi OneDrive hingga apa bedanya OneDrive dengan Google Drive. 

Maka dari itu simak terus artikel Dewaweb kali ini sampai akhir agar kamu tahu layanan satu ini!

Apa itu OneDrive?

OneDrive adalah sebuah platform penyimpanan data berbasis cloud, platform ini dapat digunakan pengguna Microsoft secara gratis dengan kapasitas yang tertentu.

Fungsi OneDrive yaitu memudahkan pengguna dalam menyimpan data berupa file gambar, dokumen, video, dan berbagai jenis file lainnya. Karena berbasis cloud, maka kamu bisa mengakses data tersebut di manapun dan kapanpun selama terhubung ke internet.

Microsoft OneDrive adalah layanan yang dapat dinikmati pengguna Microsoft secara gratis, namun juga terdapat tawaran paket yang berbayar. Lebih lanjut berikut ini beberapa pilihan paket OneDrive yang ditawarkan.

  • OneDrive basic 5 GB – layanan penyimpanan gratis, namun kamu hanya diberikan ukuran 5 GB saja.
  • OneDrive standalone 100 GB – untuk mendapatkan ukuran penyimpanan 100GB, kamu harus membayar sekitar Rp28.999 tiap bulan.
  • Microsoft 365 personal – paket ini menawarkan kapasitas penyimpanan sebesar 1TB, Skype, serta akses ke produk Microsoft lain seperti Outlook, Word, PowerPoint, dan Excel. Untuk menggunakan paket ini kamu perlu membayar Rp959.999 tiap tahun atau Rp95.999 tiap bulan.
  • Microsoft 365 family – paket ini diperuntukkan untuk keluarga dengan kapasitas storage sebesar 6TB, paket tersebut ditawarkan dengan harga Rp129.999 tiap bulan.

Fungsi dan Kegunaan OneDrive

Sama seperti layanan penyimpanan cloud yang lain, fungsi Microsoft OneDrive adalah memberikan tempat untuk pengguna dalam menyimpan data-data mereka lewat internet. 

Selama perangkat terhubung ke internet, maka selama itu juga kamu bisa mengakses data-data tersebut pada OneDrive. Sehingga data bisa didapatkan sewaktu-waktu.

Karena merupakan produk Microsoft, maka untuk mengakses OneDrive mereka harus masuk ke akun Microsoft masing-masing terlebih dulu.

Jika kamu adalah pengguna sistem operasi Windows 10, maka kamu tidak perlu memasang aplikasi tersebut, karena sudah ada pada Windows tersebut. Berbeda apabila kamu hendak menggunakan di perangkat seluler, kamu bisa menemukan aplikasinya di PlayStore dan AppStore.

Fitur-Fitur OneDrive

OneDrive adalah layanan dengan fitur utama yang sangat bermanfaat, di bawah ini beberapa fitur utama OneDrive yang bisa kamu gunakan.

1. Files on demand

Fitur ini membantu kamu dalam mengakses dokumen dari Windows 10, sehingga kamu tidak memakan banyak penyimpanan di perangkat komputer. Selain itu kamu juga bisa memberikan akses agar OneDrive dapat tersinkronkan dengan dokumen pada perangkat serta berbagi dokumen hanya lewat link OneDrive.

2. Document scanning

Fitur document scanning dari OneDrive adalah fitur yang dapat digunakan untuk memindai sebuah dokumen. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot menggunakan aplikasi lain untuk memindai. Setelah itu hasil softcopy dokumennya akan otomatis tersimpan pada OneDrive.

3. Personal vault

Fitur terakhir adalah personal vault, merupakan fitur penyimpanan yang memiliki perlindungan lebih aman. Di sini kamu dapat menyimpan berbagai dokumen penting baik gambar, file, video atau yang lain.

Kelebihan dan Kekurangan OneDrive

Setelah mengerti fungsi OneDrive hingga fitur-fiturnya, layanan penyimpanan tersebut tentu memiliki kelebihan serta kekurangan tersendiri. 

Kedua hal tersebut dapat kamu jadikan pertimbangan sebelum memutuskan untuk menyimpan data-data kamu di sini.

Kelebihan OneDrive

  • Memungkinkan pengguna dalam menyimpan berbagai jenis format file yang dapat diakses baik dari PC Windows maupun perangkat lain.
  • Setiap pengguna yang memiliki akun Microsoft dapat menikmati layanan OneDrive dengan kapasitas 5GB.
  • Memungkinkan pengguna untuk saling berbagi file serta mengunjungi file pengguna lain lewat link OneDrive.
  • Sinkronisasi OneDrive memungkinkan kamu untuk mengunduh dokumen ke perangkat kemudian melanjutkan pengerjaan dokumen tersebut. 
  • Pengguna dapat mengatur sinkronisasi file tertentu atau sekaligus sesuai keinginan.
  • OneDrive adalah layanan yang tersinkronisasi dengan berbagai produk Microsoft lainnya. Sehingga apabila kamu membuka Microsoft Word misalnya, kamu bisa melihat daftar dokumen terbaru termasuk yang ada pada OneDrive.

Kekurangan OneDrive

  • OneDrive adalah layanan gratis yang memberikan ruang cukup kecil yaitu 5GB, sehingga apabila pengguna membutuhkan ruang yang lebih besar mau tidak mau harus membeli paket yang berbayar.
  • Microsoft memiliki kebijakan untuk memindai file yang tersimpan pada OneDrive dengan tujuan mengantisipasi konten yang tidak pantas. Hal tersebut membuat pengguna cukup khawatir terhadap masalah privasi.
  • Seringkali terjadi masalah saat sinkronisasi file, seperti file yang rusak hingga tidak bisa dibuka.
  • Pengguna terkadang kesulitan ketika hendak masuk akun OneDrive.
  • Ketika pengguna menyalakan komputer, maka saat itu juga layanan OneDrive mulai berjalan. Hal ini dikhawatirkan akan membuat proses booting menjadi lebih lama.

Baca Juga: Cara Membuat Cloud Storage Pribadi di Nextcloud

Perbedaan OneDrive dan Google Drive

Fungsi Microsoft OneDrive adalah sebagai penyimpanan data pada cloud dan mirip seperti Google Drive, namun masih terdapat beberapa perbedaan terhadap kedua layanan tersebut. Berikut ini beberapa perbedaan OneDrive dan Google Drive.

1. Ruang penyimpanan

Perbedaan pertama yang sangat terlihat jelas yakni pada ruang penyimpanan yang ditawarkan. OneDrive adalah penyimpanan yang menawarkan kapasitas sebesar 5GB yang bisa ditingkatkan menjadi 6TB. 

Sedangkan Google Drive memberikan ruang sebesar 15 GB dan bisa ditingkatkan hanya sampai 2TB.

2. Biaya langganan

Tidak hanya menawarkan layanan gratis, OneDrive dan Google Drive juga memberikan layanan berbayar. Biaya langganan kedua layanan tersebut juga berbeda. 

 

Di bawah ini masing-masing paket dari OneDrive.

  • OneDrive Standalone – kapasitas 100GB, biaya langganan Rp28.999 per bulan.
  • Microsoft 365 Personal – kapasitas 1TB dan akses ke beberapa produk Microsoft dengan harga  Rp959.999 tiap tahun atau Rp95.999 tiap bulan.
  • Microsoft 365 Family – kapasitas 6 TB ditawarkan dengan biaya sebesar Rp129.999 tiap bulan.

Di samping itu, layanan Google Drive menawarkan beberapa paket berikut.

  • Ruang penyimpanan 100GB, biaya langganan Rp 26,900 per bulan atau Rp 269,000 per tahun.
  • Ruang penyimpanan 200GB, biaya langganan Rp43.000 per bulan atau Rp 430.000 per tahun.
  • Ruang penyimpanan 2TB, biaya langganan Rp 135.000 per bulan, atau Rp 1,350,000 per tahun.

3. Tingkat keamanan

Kedua layanan penyimpanan tersebut memberikan tingkat keamanan yang cukup baik sehingga data kamu akan tetap aman, namun OneDrive memberikan perlindungan lebih dengan cara memberikan fitur keamanan personal vault. 

Lapisan autentikasi tambahan itu bisa berupa sidik jari, pin, kode OTP, hingga pemindai wajah. 

4. Kecepatan data

Jika dilihat dari kecepatan transfer datanya, OneDrive memang lebih unggul karena sudah menggunakan teknologi block-level copying yaitu memungkinan identifikasi perubahan dari sinkronisasi terakhir.

Tetapi dari segi pencarian file, Google Drive lebih unggul, karena bagaimanapun juga Google adalah mesin pencari dengan kemampuan pencarian yang cepat, sehingga tidak mengherankan jika Google Drive juga demikian.

Kamu bisa mencari dengan memasukan kata kunci yang terkait dengan file yang dicari.

5. Integrasi dengan platform lain

Berbicara mengenai integrasi, Google Drive memiliki integrasi dengan platform lain yang lebih luas dibanding OneDrive. 

Karena, Google memiliki banyak pasar aplikasi pihak ketiga seperti Slack, Lucidchart, dll. Sedangkan OneDrive terintegrasi dengan Zoom, Trello, dll. Namun, integrasi OneDrive seringkali difokuskan hanya pada urusan perusahaan. 

Baca Juga: Mengenal Cloud Computing: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Kesimpulan

Sampai sini kamu sudah lebih familiar dengan layanan OneDrive. OneDrive adalah layanan penyimpanan milik Microsoft yang dapat digunakan oleh pengguna untuk menyimpan data mereka di cloud.

Fungsi Microsoft OneDrive membantu pengguna dalam menyimpan data sehingga tidak memakan memori di komputer. Layanan ini menawarkan banyak paket, mulai dari yang gratis dengan ruang sebesar 5GB hingga paket berbayar lainnya.

Terlepas dari itu, bagi kamu yang membutuhkan cloud server untuk penyimpanan data yang cukup besar, cloud server Dewaweb telah tersertifikasi ISO 27001 dan terjamin 100% Uptime SLA. Dengan begitu kinerja website atau aplikasi kamu akan terus stabil. Selamat mencoba ya!