Sejarah WordPress, Pengertian, dan Fakta-Faktanya

Sejarah WordPress, Pengertian, dan Fakta-Faktanya

Mendengar nama WordPress mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian kalangan, terutama para blogger. Namun, bagi sebagian lainnya mungkin masih kurang mengetahui apa itu WordPress dan bagaimana sejarah WordPress.
Secara umum, WordPress adalah aplikasi open source yang bisa dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti PHP dan database MySQL. Dengan kata lain, WordPress adalah tool vital untuk membuat berbagai macam website.

Adapun hal-hal yang bisa kamu lakukan dengan WordPress antara lain adalah membuat blog. Bahkan sampai saat ini WordPress masih banyak digunakan oleh para blogger sebagai platform blog mereka. Selain itu, WordPress biasanya digunakan untuk menyimpan berbagai portofolio seperti gambar, lightbox, dan sebagainya terutama bagi para freelancer.

WordPress juga kerap digunakan oleh berbagai perusahaan hingga sektor pemerintahan untuk menjadi platform website yang aman.

Baca Juga: Tutorial XAMPP dan Cara Install WordPress Offline

Sejarah WordPress dan Perkembangannya

sejarah wordpress

Sejarah WordPress dimulai pada tahun 2003 silam ketika dikembangkan oleh dua orang developer bernama Matt Mullenweg dan Mike Little. Kedua developer tersebut merasa kesulitan tidak memiliki publishing secara online. Terlebih ketika fitur B2 atau Cafeblog dihentikan. Kemudian mereka mulai mengembangkan layanan publikasi online melalui cara mereka sendiri.

Pada tanggal 27 Mei 2003, versi pertama WordPress dirilis dan dilanjutkan dengan WordPress Wiki atau lebih dikenal dengan codex.wordpress yang publish pada Desember 2003. Pada saat itu, WordPress mengalami popularitas yang terus meningkat, sehingga membuat CMS ini mendapatkan update besar-besaran di Januari 2004, seperti menambahkan sejumlah fitur seperti edit link,multiple category, dan interface admin yang lebih baik dari versi sebelumnya.

Akhirnya, update pun dilanjutkan pada bulan Mei 2004, di mana saat perilisan versi 1.2, WordPress turut memperkenalkan fitur baru, mulai dari arsitektur plugin versi baru, sistem moderasi komentar, serta post review. Pada tahun 2005, WordPress merilis versi baru, yakni 1.5 yang telah diunduh sebanyak 900 ribu kali, serta memulai service layanannya melalui wordpress.com.

Kemudian, dari tahun ke tahun WordPress berhasil berkembang dan menghadirkan fitur-fitur canggih di dalamnya. Bahkan, WordPress memiliki dua alamat yang berbeda yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan, yakni WordPress.com dan WordPress.org.

Keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. WordPress.com dibuat untuk pengguna yang ingin memiliki blog pribadi dan alamat website dengan cara yang cepat. Sementara WordPress.org ditujukan bagi penggunanya yang menginginkan modifikasi sesuai kebutuhan serta menggunakan alamat situs dan server sendiri.

Baca Juga: Trik Menjaga Keamanan Data WordPress Anda

Fakta Mengenai WordPress yang Perlu Kamu Ketahui

Setelah kamu mengetahui sejarah WordPress dan bagaimana perkembangannya, ternyata WordPress juga memiliki fakta-fakta menarik. Berikut beberapa fakta di antaranya yang perlu kamu ketahui.

1. Lebih tua dari media sosial lain

Selama ini kita hanya mengetahui Facebook dan Twitter adalah media sosial tertua di dunia. Nampaknya anggapan tersebut kurang tepat, hal ini dikarenakan WordPress jauh lebih dahulu ada di dalam dunia internet. Facebook diluncurkan pada tahun 2004 silam, sementara Twitter lahir dua tahun setelahnya yakni tepat pada 2006. Jadi, bisa disimpulkan jika WordPress ini adalah salah satu platform media sosial yang tertua.

2. Tidak memiliki CEO

Fakta menarik lainnya adalah ternyata WordPress tidak memiliki CEO. Ini dikarenakan WordPress adalah platform open source dan tidak dimiliki oleh perusahaan mana saja di dunia. Maka dari itu, WordPress hadir di kalangan masyarakat tanpa CEO resmi dan hanya dijalankan oleh developer-developer terbaik dari seluruh dunia.

3. Beragam bahasa yang digunakan

WordPress memiliki keunggulan lainnya yakni menyediakan lebih dari 60 bahasa sehingga bisa digunakan oleh siapa saja dengan mudah. Selain bahasa, WordPress juga memiliki tema-tema yang menarik. Jadi, bukan hal yang aneh apabila berbagai perusahaan, sektor pemerintah, hingga selebritis mancanegara menggunakannya.

Bagaimana menurut pendapatmu setelah mengetahui pengertian, sejarah WordPress, dan fakta uniknya? Bila kamu menggunakan platform ini untuk urusan bisnis, ada baiknya jika ditunjang dengan penyedia web hosting Indonesia terpercaya demi kelancaran dan kenyamanan bisnis online.

Penutup

WordPress adalah platform content management system terpopuler. Sebanyak 39.5% dari seluruh website yang ada menggunakan WordPress sebagai platform-nya. Salah satu hal yang membuat WordPress sangat diminati adalah sifatnya yang open source.

Dengan membuka akses kodenya untuk publik, WordPress mengundang ribuan developer untuk membuat plugin, tema, dan aplikasi-aplikasi lain yang dapat meningkatkan fungsionalitas sebuah website.
Dengan banyaknya pilihan tema dan plugin, otomatis pemilik website akan lebih tertarik untuk menggunakan WordPress untuk content management system mereka.