Artikel ini adalah panduan lengkap mengenai website mulai dari pengertian website, sejarah website, fungsi website dan cara membuat website. Simak langsung penjelasannya ya!

Apa itu Website?

Website adalah kumpulan informasi/kumpulan page yang biasa diakses lewat jalur internet. Setiap orang di berbagai tempat dan segala waktu bisa menggunakannya selama terhubung secara online di jaringan internet. Secara teknis, website adalah kumpulan dari page, yang tergabung kedalam suatu domain atau subdomain tertentu. Website-website yang ada berada di dalam World Wide Web(WWW) Internet.

Pengertian Website Menurut Para Ahli

  • Website adalah fasilitas internet penghubung dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh. Dokumen pada website disebut dengan web page sementara link dalam website memungkinkan pengguna bisa berpindah dari satu page ke page lain (hyper text), baik diantara page yang disimpan dalam server yang sama maupun server diseluruh dunia. Pages diakses dan dibaca lewat browser seperti Netscape Navigator, Internet Explorer, Mozila Firefox, Google Chrome dan aplikasi browser lainnya (pengertian website dari Hakim Lukmanul, 2004)
  • Website adalah kumpulan halaman web yang saling terhubung dan file-filenya saling terkait satu sama lain. Web terdiri dari page/halaman, dan kumpulan halaman yang disebut homepage. Homepage berada pada posisi teratas, dengan halaman-halaman terkait yang berada di bawahnya. Biasanya setiap halaman di bawah homepage disebut child page, yang berisi hyperlink ke halaman lain dalam web (pengertian website dari Gregorius, 2000)
  • Website adalah suatu metode untuk menampilkan informasi pada internet, baik berupa teks, gambar, suara atau video yang interaktif dan mempunyai kelebihan untuk menghubungkan (link) satu dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext), dapat diakses melalui sebuah browser (pengertian website dari Yuhefizar, 1998)

Sejarah Website

Siapa orang berjasa dibalik website yang kini sering kita kunjungi? Berikut kami akan mengulasnya secara singkat dan jelas. Kami merangkumnya dari situs resmi World Wide Web Foundation . Simak lagi ya!

Orang yang berjasa tersebut adalah Sir Tim Berners-Lee. Ia seorang ilmuwan komputer di Inggris. Berners dilahirkan di London, dan orang tuanya juga ilmuwan komputer di era-era awal komputasi.

Setelah Berners lulus dari Universitas Oxford, Berners-Lee akhirnya menjadi insinyur software di CERN. CERN adalah laboratorium fisika(partikel besar) yang berada di dekat Jenewa, Swiss. Akhirnya, para ilmuwan yang hebat datang dari seluruh dunia untuk menggunakan akseleratornya, namun Berners menemukan bahwa mereka punya masalah/kesulitasn soal bagaimana untuk berbagi informasi satu sama lain.

Kemudian pada bulan Oktober 1990, Berners menulis tiga teknologi dasar hingga kini menjadi dasar web dibuat (yang juga muncul pada bagian-bagian browser web Anda). Ketiganya yaitu:

  • HTML: HyperText Markup Language. HTML adalah bahasa format buat web.
  • URI: Uniform Resource Identifier. Semacam “alamat” yang unik. Fungsinya untuk mengidentifikasi ke setiap sumber daya yang ada di web. Kini lebih awam disebut URL.
  • HTTP: Hypertext Transfer Protocol. Memungkinkan Anda untuk mengambil kembali sumber daya yang terhubung dari seluruh web.

Berners juga menulis halaman web editor/browser pertama (“WorldWideWeb.app”) serta server web pertama (“httpd”). Pada akhir tahun 1990, halaman web pertama akhirnya disediakan di internet secara terbuka. Kemudian pada tahun 1991, orang-orang di luar CERN termasuk orang awam juga diundang untuk bergabung dengan komunitas web baru ini.

Fungsi Website

Website ini pastinya punya banyak manfaat. Jadi, jika kita ingin mengetahui fungsi website, dapat dibagi sesuai kategori jenisnya. Jenis website yang berbeda tentunya punya fungsi yang cukup berbeda juga. Apa saja? Mari ketahui lebih lanjut!

  • Website Sebagai Sarana Informasi

Ini adalah fungsi utama dari website umumnya yaitu sebagai sarana informasi. Website bisa jadi suatu media untuk menyebarkan informasi-informasi ke publik. Idealnya, memang website dijadikan sarana edukasi akan berbagai topik yang ada. Contohnya, Anda menemukan website berisi berita, tips, tutorial, pengumuman penting dan lain sebagainya.

Follow Instagram @dewaweb
  • Website Sebagai Sarana Hiburan

Menjadi sarana hiburan bagi publik juga termasuk ke dalam fungsi website. Misalnya ketika Anda membaca majalah online, berita soal gaya hidup, atau ulasan film dan karya seni lainnya dari website-website yang ada. Nah terkait navigasi, website yang bertujuan sebagai sarana hiburan biasanya lebih mengutamakan kemudahan web visitor dalam bernavigasi dan estetika visualnya biasanya optimal. Untuk jenis konten, biasanya banyak berupa video, gambar terpisah, galeri foto, atau podcast.

  • Website Sebagai Sarana Jual Beli/eCommerce (Toko Online)

Apakah Anda pernah mendengar nama-nama situs belanja besar semacam Tokopedia, Bukalapak, atau website beli tiket transportasi Traveloka? Ini termasuk dalam aktivasi fungsi website sebagai ecommerce. Tujuan dari website seperti ini adalah mendapat customer yang bertransaksi, meningkatkan penjualan dan loyalitas customer terhadap brand perusahaan. Website-nya juga tidak hanya berisi konten-konten informatif saja tetapi juga dukungan fitur tertentu semacam payment gateway. Ada banyak sekali elemen website yang harus dioptimasi untuk mensukseskan sebuah ecommerce yaitu proses transaksi yang mudah dilakukan web visitor/pengunjung, tampilan atraktif website, produk yang populer, penawaran menarik, metode pembayaran produk yang bervariasi, dan desain yang mobile-friendly (mengingat orang lebih banyak mengakses dari handphone).

  • Website Sebagai Blog

Pernah dengar istilah profesi blogger? Fungsi blog sebagai website adalah untuk update konten-konten terbaru yang banyak diminati/dibaca orang atau sekadar menjadi catatan pribadi seseorang (opini dan sebagainya). Walaupun begitu, blog tak hanya dikerjakan individu, sangat banyak brand ternama yang punya blog sendiri sebagai suatu cara/strategi juga dalam meningkatkan brand perusahaan dan mengarahkan pembaca ke pembelian produk. Blog perusahaan bisa jadi sarana pengumuman/informasi juga jika ada hal-hal baru yang perlu diketahui oleh customer.

Cara Membuat Website

Pengertian Website Sejarah Website Fungsi Website Lengkap dari Dewaweb

Pada dasarnya ada tiga langkah utama dalam membuat website. Ketiganya sebagai berikut!

  • Pilih Platform/CMS yang Tepat

Ada banyak sekali platform atau CMS yang bisa Anda gunakan seperti WordPress, Joomla, dan Drupal. Jika Anda bingung hendak memilih yang mana, kami sarankan memulai dengan CMS terpopuler yang didukung komunitas kuat di seluruh dunia yaitu WordPress. CMS ini tak hanya cocok bagi pemula tetapi juga developer tingkat menengah dan lanjutan. Mengapa? Karena CMS ini cukup fleksibel untuk dimodifikasi secara leluasa.

  • Pilih Nama Domain dan Hosting Terbaik

Nama domain juga penting ketika Anda hendak membuat website. Buatlah nama yang unik namun sesuai dengan tujuan dari konten/isi website Anda. Biasanya domain dapat dibeli sepaket dengan jasa hosting (jika Anda ingin domain yang tidak membawa nama CMS, seperti .com .id .net dan sebagainya). Lalu hosting seperti apa yang bagus untuk keperluan Anda? Silakan baca panduan Cara Memilih Hosting Terbaik dari kami.

  • Install dan Konfigurasi Website

Untuk melakukan instalasi, biasanya provider hosting yang bagus sudah menyediakan username dan password agar Anda bisa langsung masuk ke CMS dari website Anda dan tinggal melakukan konfigurasi tambahan sesuai keperluan. Cobalah cari referensi plugin yang bagus buat CMS site Anda dan pilih theme yang responsif.

Nah, untuk membuat website dengan WordPress, kami sudah buat tutorial video menariknya khusus bagi Anda. Simak langsung!

Sebelumnya kami juga telah membuat panduan Cara Membuat Website dengan WordPress secara tertulis di blog sehingga Anda lebih mudah mengikuti langkah-langkahnya, silakan membacanya. Panduan tersebut disampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan tersusun secara sistematis disertai screenshot/gambar layar.

Simpulan

Itulah pengertian website, sejarah website, fungsi website dan cara membuat website dari kami. Panduan lengkap mengenai website ini adalah bentuk komitmen kami sebagai provider hosting murah Indonesia profesional berkualitas internasional . Dewaweb memiliki misi untuk mensukseskan Anda secara online. Anda mungkin juga tertarik untuk membaca Pengertian Domain dan mendapat Domain Gratis Indonesia selamanya. Selamat mengembangkan usaha Anda dan semoga berhasil ya!