Yandex: Mesin Pencari dari Rusia yang Mirip Seperti Google

Yandex: Mesin Pencari dari Rusia yang Mirip Seperti Google

Yandex adalah salah satu jenis mesin pencari terbesar di dunia yang memiliki banyak pengguna. Berbicara mengenai mesin pencari, masyarakat Indonesia mungkin akan langsung teringat dengan Chrome, sebab Chrome adalah search engine yang paling sering digunakan pengguna untuk menjelajah internet.

Maka itu, bagi kamu yang baru mendengar Yandex ataupun masih belum mengerti seperti apa fitur-fiturnya. Simak artikel Dewaweb kali ini yang akan membahas detail pengertian Yandex, ya!

Apa Itu Yandex?

Yandex adalah kependekan dari Yet Another iNDEXer, yakni mesin pencari buatan Rusia yang fungsinya mirip seperti Google dan mesin pencari pada umumnya. Fungsi Yandex adalah menampilkan hasil pencarian yang dilakukan pengguna berdasarkan keyword yang dimasukkan.

Meski fungsinya mirip, Yandex memiliki teknologi yang cukup unik yaitu location-based search. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan penyempitan hasil pencarian berdasarkan lokasi negara kamu. 

Sehingga meskipun terdapat dua pengguna yang mencari kata kunci yang sama, hasilnya akan beda jika berada pada lokasi yang berbeda.

Baca Juga: Apa itu SEO: Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Sejarah Yandex

Yandex bermula pada tahun 1990 ketika dua orang yaitu Arkady Volozh dan Arkady Borkovsky mendirikan Arkadia, yaitu perusahaan pengembang software MS-DOS  yang digunakan untuk klasifikasi paten dan barang.

Tiga tahun setelah itu, tahun 1993 Arkady Volozh dan temannya yakni Ilya Sagalovich bekerja sama hendak mengembangkan sebuah mesin pencari di internet. 

Akhirnya, mereka sepakat memberi nama Yandex dari kata Yet Another iNDEXer. Mesin pencari ini mulai diperkenalkan pada masyarakat umum pada tahun 1997. Di tahun yang sama, Yandex pertama kali mengikuti pameran Softool di Moskow.

Tidak hanya mengembangkan mesin pencari, Yandex juga menciptakan berbagai produk teknologi seperti aplikasi navigasi, periklanan online, e-commerce, dan sebagainya.

Oleh karena itu, tidak heran jika produk buatan Yandex sangat dikenal masyarakat Rusia, bahkan digunakan oleh lebih dari 50% pengguna. Hal itu yang membuat Yandex lebih unggul dari Google di negara Rusia.

Terlebih, adanya kebijakan yang tidak memperbolehkan smartphone Android menggunakan Google sebagai search engine default sejak tahun 2017. 

Selain di Rusia, aplikasi Yandex adalah mesin pencari yang juga banyak digunakan di negara seperti Belarusia, Tajikistan, Kazakhstan, serta beberapa negara lainnya. 

Baca Juga: SEM 101: Pentingnya Search Engine Marketing

Fitur-Fitur Yandex

Yandex adalah mesin pencari yang menawarkan fitur cukup komplit dan menarik, sehingga banyak digunakan pengguna. Berikut ini beberapa fitur Yandex yang akan kamu temui.

  • Browser: merupakan fitur browsing yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan dan mencari informasi berdasarkan kata kunci yang dimasukan. 
  • Connect: merupakan fitur B2B yang cenderung digunakan untuk konektivitas jaringan internet.
  • DNS: sebuah fitur DNS publik yang diberikan secara gratis ke pengguna, sehingga kamu tidak akan diminta biaya apapun.
  • Disk: Yandex menawarkan fitur cloud storage seperti Google Drive dan OneDrive.
  • Images: sebuah fitur pencarian informasi yang hasilnya khusus gambar. Pengguna dapat menggunakan kata kunci maupun gambar tertentu dalam pencariannya.
  • Mail: fitur layanan email gratis tanpa batas yang dapat digunakan pengguna. Fitur ini mirip seperti Gmail pada Google.
  • Money: fitur pembayaran digital milik Yandex yang dapat digunakan secara gratis. Pengguna dapat saling mentransfer uang tanpa biaya apapun.
  • Taxi: fitur layanan transportasi yang dapat menghubungkan pengguna dengan jasa taxi di Rusia. 
  • Translate: layanan penerjemah teks secara online mirip seperti Google Translate.
  • Video: fitur terakhir dari aplikasi Yandex adalah Yandex video yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian video.

Baca Juga: Kenali Apa Itu SERP, Fitur dan Kaitannya dengan SEO

Kelebihan Yandex

Setelah mengetahui pengertian Yandex hingga fitur-fiturnya, selanjutnya terdapat kelebihan Yandex yang membuat mesin pencari ini populer digunakan khususnya di Rusia.

  • User interface yang sederhana: tampilan aplikasi adalah salah satu faktor yang sangat berpengaruh pada pengguna. Untuk kamu yang masih baru menggunakan Yandex, tidak perlu khawatir karena tampilannya yang sederhana.
  • Menawarkan fitur lengkap: layaknya mesin pencari lainnya, Yandex memiliki fitur yang lengkap, mulai dari pencarian dengan gambar, pencarian, video, hingga translate.
  • Hasil pencarian berdasarkan lokasi: kelebihan ini tidak ada pada mesin pencari lainnya, yakni hasil pencarian yang dapat disesuaikan berdasarkan lokasi negara kamu.
  • Hasil pencarian bahasa Rusia yang baik: Yandex dapat memberikan hasil pencarian dengan bahasa Rusia yang baik dan lebih detail dibanding mesin pencari lainnya.

Baca Juga: 20 Mesin Pencari Selain Google yang Baik dan Aman

Kekurangan Yandex

Meski menawarkan banyak kelebihan, Yandex juga masih memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan Yandex dapat dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan menggunakannya.

  • Bahasa default-nya Rusia: Yandex adalah mesin pencari dengan bahasa default Rusia, maka dari itu pengguna dari negara lain perlu konfigurasi ulang bahasa dan region sesuai kebutuhan.
  • Belum selengkap Google: meski menyediakan beragam informasi yang dibutuhkan pengguna, namun database informasi mereka belum selengkap di Google.
  • Teknologi web crawler belum terlalu canggih: algoritma pada Yandex belum terlalu canggih, sehingga seringkali masih menampilkan informasi yang kurang relevan.
  • Waktu pencarian relatif lama: Yandex memiliki waktu pencarian yang relatif lama, sehingga pengguna harus menunggu beberapa lama hingga informasi ditampilkan.

Baca Juga: Web Crawler: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Kesimpulan

Itulah informasi seputar pengertian Yandex, Yandex adalah mesin pencari buatan Rusia yang memiliki banyak pengguna di beberapa negara sehingga berhasil menempati posisi ke-4 setelah Google, Bing, dan Yahoo.

Yandex memiliki beragam fitur unik dan kelebihan yang menarik, hal itulah yang membuatnya banyak digemari pengguna.

Terlepas dari itu, untuk kamu yang sedang membutuhkan domain dan hosting untuk pembuatan web, Dewaweb memiliki layanan cloud hosting dengan kualitas terbaik yang dapat membantu bisnis online kamu semakin sukses, yuk tunggu apa lagi bergabung bersama 65 ribu pelanggan lainnya dan grow up bersama!